Dalam versi-versi Alkitab:
bani Korah: FAYH TBbani Korahi: TL
kaum keluarga Korah: BIS
kaum Korah: BIS FAYH
Korah: FAYH
Korakhi: TL
orang Korah: FAYH TB
orang Korahi: TL
orang-orang Korah: TB
KORAH [biotokoh pl]
Arti nama | : | KEBERANIAN |
Ayah | : | Izar - Keluaran 6:21 |
Anak laki-laki | : | Assir, Elkana dan Abisal - Keluaran 6:24 |
Saudara laki-laki | : | Nefeg dan Zikri - Keluaran 6:21 |
Nenek moyang | : | Ayah dari kakeknya adalah Lewi - Keluaran 6:16-21 |
Disebut pertama | : | Keluaran 6:21 |
Namanya disebut | : | 19 kali |
Kitab yang menyebut | : | 3 buku : Keluaran, Bilangan, 1 Tawarikh |
Tempat kematian | : | Dekat Kdesy - Bernia |
Keadaan kematian | : | Ia ditelan bumi yang terbelah - Bilangan 16:32-33 |
Terakhir disebut | : | 1 Tawarikh 9 ; 19 |
Fakta penting | : | IA MEMIMPIN PEMBERONTAKAN MELAWAN MUSA DI PADANG BELANTARA (BILANGAN 16:1-3). |
KORAH [browning]
Pemimpin pemberontakan terhadap Musa dan *Harun (Bil. 16), yang mengeluhkan bahwa para pemimpin bangsa menguasai sendiri tugas-tugas keimamatan. Ceritanya mungkin mengandung suatu peristiwa sejarah, bahwa ada perdebatan mengenai hak-hak istimewa dari para imam: Siapa yang mempunyai hak membawakan korban dupa ke hadapan Tuhan? Menurut ceritanya, mereka yang menentang hak-hak istimewa keturunan *Lewi, ditelan bumi hidup-hidup (Datan dan Abiran -- Ul. 11:6). Namun, anak-anak Korah selamat pada waktu dia mati (Bil. 26:11).
KORAH [ensiklopedia]
(qorakh = botak?).
1. Pemimpin bangsa Edom anak Esau (Kej 36:5, 14, 18; 1 Taw 1:35).
2. Kepala kaum Edom anak Elifas (Kej 36:16). Karena nama Elifas tidak disebut dalam Kej 36:11 dan 1 Taw 1:36, beberapa orang menganggap hanya sebagai penafsiran saja.
3. Seorang anak Hebron (1 Taw 2:43).
4. Seorang cucu Kehat dan nenek moyang dari pemusik-pemusik kudus (bani Korah) yg namanya terdapat dalam judul' Mzm 42 dan 11 mazmur lainnya (1 Taw 6:22).
5. Seorang Lewi keturunan Kehat dari keluarga Yishar, mungkin sama dengan nomor 4. Korah bersama Datan dan Abiram saudara laki-lakinya, dan dengan seorang Ruben lainnya bernama On, memberontak melawan Musa dan Harun. Tiga alasan pemberontakan disebutkan, dan meskipun beberapa penafsir menganggap ini sebagai bukti bahwa Kitab Bil ditulis oleh sekelompok orang, cerita ini kelihatannya merupakan kesatuan yg harmonis. Bil 16 mencatat rasa tidak puas yg disebabkan al:
1. Musa dan Harun mengangkat diri di atas orang-orang Israel lainnya (ay 3, 13).
2. Musa gagal membawa Israel ke tanah perjanjian (ay 14).
3. Musa dan Harun memonopoli jabatan imam untuk mereka sendiri (ay 7-11).
Bahwa disebutkan beberapa keluhan pada waktu yg bersamaan, sudah biasa baik bagi sejarah kuno maupun masa kini. Pada waktu pemberontak sedang siap untuk menyerahkan persembahan mereka, murka Allah nampak, dan sesudah Musa berdoa untuk umat Israel, para pemberontak dan pengikut mereka dibinasakan melalui bumi terbelah menelan mereka dan api dari Tuhan membakar habis mereka (bnd Bil 26:9; Ul 11:6: Mzm 106:17). THJ/SS