: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
16 Maret 1998

Orang Kristen Tingkat Dasar

Topik : -

Nats : Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? (Galatia 3:3)
Bacaan : Galatia 3:1-14

Sebagian besar dari kita memulai karier dari posisi yang terendah. Dalam posisi tersebut ditentukan standar gaji terendah pula. Setelah kita bekerja selama beberapa saat dan membuktikan kemampuan, biasanya kita mendapatkan promosi ke pekerjaan yang memberikan tanggung jawab dan gaji yang lebih besar. Pekerja-pekerja yang baik biasanya tidak tinggal pada tingkat dasar untuk waktu yang lama.

Orang Kristen juga tidak seharusnya tinggal pada "tingkat dasar" untuk waktu yang lama. Paulus menegur jemaat Galatia karena mereka tetap berada pada tingkat dasar dalam kehidupan rohani mereka. Ketergantungan yang kuat pada hukum-hukum Musa menghambat mereka untuk bertumbuh. Mereka memulai dengan kekuatan Roh Kudus, tetapi mengalami kemunduran karena bergantung pada perbuatan baik mereka sendiri dan bukan pada Kristus (Galatia 3:3).

Orang-orang percaya di Korintus mengalami masalah yang serupa. Mereka terus-menerus bertengkar dan memusatkan perhatian pada manusia dan perbuatan mereka (1Korintus 3). Mereka berperilaku seperti bayi-bayi rohani dan bukan orang beriman yang dewasa dalam Kristus (ayat 1-2).

Masalah ini masih mengganggu kita saat ini. Kita berbangga atas usaha kita sendiri dan bukan atas apa yang telah Kristus lakukan bagi kita. Allah tidak akan terkesan oleh perbuatan-perbuatan baik kita.

Janganlah kita tetap tinggal di tingkat dasar. Sebaliknya, mari kita bertumbuh dalam kasih karunia dan melayani Tuhan dengan hati yang penuh kasih. Dengan bergantung pada Roh Kudus, kita dapat hidup dengan cara yang memuliakan Kristus [DCE]


It is our Fahter's will,
And precious in His sight,
That Christians learn to walk
In wisdom, love, and light. --Hess



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA