Yohanes 14:16-17
14:16 Aku akan minta kepada Bapa 1 , dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong 2 yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran 3 . Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu 4 .
Yohanes 14:26
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus 5 , yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Amsal 1:23
1:23 Berpalinglah kamu kepada teguranku! Sesungguhnya, aku hendak mencurahkan isi hatiku kepadamu dan memberitahukan perkataanku kepadamu.
Yesaya 12:3
12:3 Maka kamu akan menimba air
dengan kegirangan dari mata air
keselamatan.
Yesaya 32:15
32:15 Sampai dicurahkan kepada kita Roh
dari atas
6 : Maka padang gurun akan menjadi kebun
buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.
Yesaya 44:3
44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air
ke atas tanah
yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku
ke atas keturunanmu
7 , dan berkat-Ku
ke atas anak cucumu.
Yoel 2:28
Hari TUHAN
2:28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku
8 ke atas semua manusia,
maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat
9 ;
orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi,
teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.
Lukas 3:16
3:16 Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air,
tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus
10 dan dengan api.
Lukas 24:49
24:49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku 11 . Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."
Kisah Para Rasul 1:4-8
1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan
janji Bapa
12 ,
yang -- demikian kata-Nya --
"telah kamu dengar dari pada-Ku.
1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus 13 ."
Yesus terangkat ke sorga
1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan
kerajaan bagi Israel?"
1:7 Jawab-Nya:
"Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa 14 , kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku 15 di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Kisah Para Rasul 2:4
2:4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus
16 ,
lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain
17 ,
seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
Kisah Para Rasul 2:17
2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir
18 --demikianlah firman Allah--bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia;
maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat
19 ,
dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.
Kisah Para Rasul 2:38
2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis
20 dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu,
maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.
Kisah Para Rasul 4:31
4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah
tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus
21 ,
lalu mereka memberitakan firman Allah
dengan berani
22 .
Roma 8:9
8:9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging,
melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu
23 .
Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus,
ia bukan milik Kristus.
Efesus 1:13-14
1:13 Di dalam Dia
kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran,
yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan
dengan Roh Kudus
24 25 ,
yang dijanjikan-Nya itu.
1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian
kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan
yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.
Efesus 4:30
4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus
27 Allah,
yang telah memeteraikan
kamu menjelang hari penyelamatan.
1 Full Life: AKU AKAN MINTA KEPADA BAPA.
Nas : Yoh 14:16
Yesus akan meminta kepada Bapa untuk memberi sang Penghibur hanya
kepada mereka yang sungguh-sungguh mengasihi Dia dan menaati Firman-Nya.
Dalam ayat Yoh 14:15 Yesus menggunakan bentuk masa kini ("jikalau kamu
mengasihi Aku"), yang menekankan sikap mengasihi dan taat yang
berkesinambungan.
2 Full Life: PENOLONG.
Nas : Yoh 14:16
Yesus menyebut Roh Kudus sebagai "Penolong". Kata ini adalah
terjemahan dari kata Yunani _parakletos_, yang secara harfiah berarti,
"seseorang yang dipanggil untuk mendampingi agar menolong." Kata ini kaya
artinya: Penasihat, Penguat, Penghibur, Penolong, Pembela, Juruselamat,
Sekutu, dan Sahabat.
- 1) Roh Kudus akan melaksanakan bagi para murid apa yang dilaksanakan
Yesus bagi mereka ketika Ia masih bersama mereka. Roh Kudus akan
mendampingi mereka untuk menolong dan menguatkan mereka (bd.
Mat 14:30-31), mengajar mereka dalam hidup yang benar (ayat
Yoh 14:26), menghibur dalam situasi yang sulit (ayat Yoh 14:18),
serta menaikkan doa syafaat bagi mereka (Rom 8:26-27; bd.
Rom 8:34), menjadi seorang sahabat untuk membantu kepentingan mereka
(ayat Yoh 14:17) dan untuk tinggal beserta dengan mereka untuk
selamanya.
- 2) Istilah parakletos ini juga dipakai untuk Tuhan Yesus dalam
1Yoh 2:1. Oleh karena itu Yesus merupakan penolong dan jurusyafaat
kita di sorga (bd. Ibr 7:25), sedangkan Roh Kudus merupakan penolong
dan jurusyafaat yang tinggal di dalam kita di bumi ini (Rom 8:9,26;
1Kor 3:16; 6:19; 2Kor 6:16; 2Tim1:14).
3 Full Life: ROH KEBENARAN.
Nas : Yoh 14:17
Roh Kudus juga disebut "Roh Kebenaran" (Yoh 15:26; 16:13; bd.
1Yoh 4:6; 5:6), karena Dia adalah Roh Yesus, yang adalah kebenaran itu.
Dengan demikian Dia bersaksi tentang kebenaran itu (Yoh 18:37),
menerangkan tentang kebenaran, menyingkapkan hal-hal yang tidak benar
(Yoh 16:8), dan menuntun orang percaya ke dalam seluruh kebenaran
(Yoh 16:13). Mereka yang bersedia mengorbankan kebenaran demi kesatuan,
kasih atau alasan lainnya menyangkal Roh Kebenaran, yang katanya tinggal di
dalam diri mereka. Gereja yang meninggalkan kebenaran adalah gereja yang
telah meninggalkan Tuhan. Roh Kudus tidak akan menjadi Penolong orang-orang
yang acuh tak acuh terhadap iman atau hanya setengah-setengah dalam
komitmen kepada kebenaran. Roh Kudus hanya mendatangi mereka yang menyembah
Tuhan dalam "roh dan kebenaran" (Yoh 4:24).
4 Full Life: IA MENYERTAI KAMU DAN AKAN DIAM DI DALAM KAMU.
Nas : Yoh 14:17
Roh Kudus pada saat itu tinggal bersama dengan para murid, dan
Kristus berjanji bahwa Roh itu akan "diam di dalam kamu". Janji bahwa Roh
Kudus akan diam di dalam orang percaya digenapi setelah kebangkitan Kristus
ketika Yesus mengembusi murid-murid-Nya dan berkata, "Terimalah Roh Kudus"
(Yoh 20:22). Untuk pembahasan mengenai peranan Roh Kudus dalam
pembaharuan,
lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID.
5 Full Life: ROH KUDUS.
Nas : Yoh 14:26
Penghibur di sini disamakan dengan Roh Kudus. Bagi orang Kristen PB
hal yang terpenting tentang Roh Kudus bukanlah kebesaran dan kuasa-Nya
(Kis 1:8), tetapi bahwa Dia adalah "Kudus". Tabiat-Nya yang kudus,
bersamaan dengan manifestasi tabiat yang kudus itu dalam kehidupan
orang-orang percaya itulah yang paling penting (bd. Rom 1:4;
Gal 5:22-26).
6 Full Life: SAMPAI DICURAHKAN KEPADA KITA ROH DARI ATAS.
Nas : Yes 32:15-20
Yesaya kembali kepada tema pemerintahan benar sang raja
(lihat cat. --> Yes 32:1-8).
[atau ref. Yes 32:1-8]
- 1) Kebenaran dan berkat zaman kerajaan akan terjadi karena Roh Kudus
akan dicurahkan atas umat dan akan bekerja di dalam hati mereka (bd.
Yes 44:3).
- 2) Pada zaman ini, berkat-berkat penebusan mencapai kita melalui Roh
Kudus yang telah dicurahkan atas orang percaya (bd. Yoel 2:28-32;
lihat cat. --> Kis 1:8 dan
lihat cat. --> Kis 2:4).
[atau ref. Kis 1:8; Kis 2:4]
Namun pencurahan ini hanya sebagian; kita masih menantikan dan mendoakan
kepenuhan penebusan dan pencurahan penuh Roh Kudus pada akhir sejarah.
7 Full Life: AKU AKAN MENCURAHKAN ROH-KU KE ATAS KETURUNANMU.
Nas : Yes 44:3
Sekalipun sebagian besar Israel merupakan bangsa yang murtad pada
zaman Yesaya, ia bernubuat bahwa akan tiba waktunya ketika Roh Kudus akan
dicurahkan atas angkatan yang akan datang (bd. Yes 32:15; Yer 31:33-34;
Yeh 36:26-27; 39:29; Za 12:10-13:1). Sebagian nubuat ini digenapi pada
hari Pentakosta (bd. Yoel 2:25-29; Kis 2:17-18;
lihat cat. --> Kis 1:8 dan
lihat cat. --> Kis 2:4)
[atau ref. Kis 1:8; Kis 2:4]
dan menantikan penggenapan penuh bagi Israel setelah mereka menerima
Kristus sebagai Mesias
(lihat cat. --> Rom 11:25;
lihat cat. --> Rom 11:26).
[atau ref. Rom 11:25-26]
Pencurahan Roh Allah atas umat-Nya dikaitkan dengan pemulihan, berkat, dan
keproduktifan (ayat Yes 44:3-4).
8 Full Life: MENCURAHKAN ROH-KU.
Nas : Yoel 2:28-29
Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya
atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2:32).
Pencurahan ini akan menghasilkan aliran Roh nubuat kharismatik di antara
umat Allah. Petrus mengutip ayat ini pada hari Pentakosta, serta
menjelaskan bahwa pencurahan Roh pada hari itu adalah awal penggenapan
nubuat Yoel (Kis 2:14-21). Nubuat ini merupakan janji berkesinambungan
bagi setiap orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan, karena semua orang
percaya dapat dan harus dipenuhi dengan Roh Kudus (bd. Kis 2:38-39;
Kis 10:44-48; 11:15-18;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Keterangan selanjutnya tentang Roh Kudus dapat dilihat dalam
lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA, dan
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
9 Full Life: ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.
Nas : Yoel 2:28
Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh
Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubuat.
Penyataan Roh melalui karunia-karunia-Nya memberitahukan kehadiran Allah di
antara umat-Nya. Rasul Paulus menyatakan bahwa jikalau gereja bernubuat,
seorang tamu yang belum percaya akan terpaksa mengaku, "Sungguh, Allah ada
di tengah-tengah kamu!" (1Kor 14:24-25).
10 Full Life: MEMBAPTIS KAMU DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Luk 3:16
Perihal Kristus membaptiskan para pengikut-Nya dengan (atau di
dalam) Roh Kudus (bd. Mat 3:11) merupakan tanda yang baru untuk
mengenali umat Allah.
- 1) Hal ini telah dijanjikan dalam Yoel 2:28 dan diteguhkan kembali
setelah kebangkitan Kristus (Luk 24:49; Kis 1:4-8). Nubuat ini pada
awalnya digenapi pada hari Pentakosta
(lihat cat. --> Kis 2:4).
[atau ref. Kis 2:4]
- 2) Pelayanan Kristus untuk membaptis dalam Roh Kudus merupakan suatu
pelayanan yang berlangsung terus sepanjang zaman sekarang ini
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Hal ini dijelaskan oleh teks Yunani dari Yoh 1:33 ("Dia yang akan
membaptis dengan Roh Kudus"); ungkapan ini memakai kata kerja "bentuk
sedang" (_ho baptizon_), artinya "Dia yang akan terus-menerus
membaptis". Oleh sebab itu, ayat-ayat dalam Lukas dan Yohanes tidak
hanya menunjuk kepada pencurahan Roh Kudus yang pertama pada hari
Pentakosta, tetapi juga kepada peran penting dan pelayanan Yesus selaku
pembaptis dalam Roh Kudus sepanjang zaman ini. "Bagi kamulah janji itu
dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh" (Kis 2:39).
11 Full Life: APA YANG DIJANJIKAN BAPA-KU.
Nas : Luk 24:49
"Apa yang dijanjikan Bapa-Ku" agar mendatangkan "kekuasaan dari
tempat tinggi" menunjuk kepada pencurahan Roh Kudus yang dimulai pada hari
Pentakosta
(lihat cat. --> Kis 1:4;
lihat cat. --> Kis 2:4;
[atau ref. Kis 1:4; 2:4]
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Kita menemukan janji ini tercatat dalam PL (Yes 32:15; 44:3; Yeh 39:29;
Yoel 2:28) dan dalam PB (Yoh 14:16-17,26; 15:26; 16:7; Kis 1:4-8;
Kis 2:33,38-39). Para murid bertekun di dalam doa sementara mereka
menunggu penggenapan janji itu
(lihat cat. --> Kis 1:14).
[atau ref. Kis 1:14]
Sekarang ini orang percaya yang mencari baptisan Roh Kudus seharusnya
melakukan hal yang sama.
12 Full Life: MENANTIKAN JANJI BAPA.
Nas : Kis 1:4
(Dalam versiInggris NIV, ungkapan ini diterjemahkan "karunia yang
dijanjikan Bapa"). Karunia yang dijanjikan Bapa (Yoel 2:28-29; Mat 3:11)
adalah baptisan dalam Roh Kudus
(lihat cat. --> Kis 1:5).
[atau ref. Kis 1:5]
Penggenapan janji itu dilukiskan sebagai "penuhlah dengan Roh Kudus"
(Kis 2:4). Jadi, "dibaptis dengan Roh Kudus" dan "dipenuhi dengan Roh
Kudus" adakalanya dipertukartempatkan dalam kitab ini.
Baptisan dalam Roh Kudus jangan disamakan dengan menerima Roh Kudus pada
saat pembaharuan
(lihat art. PEMBAHARUAN).
Dua pengalaman ini merupakan karya Roh yang berbeda, sering kali dipisahkan
oleh waktu
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
13 Full Life: DENGAN (DALAM) ROH KUDUS.
Nas : Kis 1:5
Kata depan "dengan" adalah terjemahan dari kata Yunani _en_ yang
sering kali diterjemahkan juga sebagai "dalam". Banyak orang lebih suka
terjemahan "kamu akan dibaptiskan dalam Roh Kudus". Dengan demikian,
"dibaptiskan dengan air" dapat juga diterjemahkan "dibaptiskan dalam air".
Yesus sendirilah membaptiskan orang yang percaya kepada-Nya dalam Roh Kudus
(lihat cat. --> Yoh 1:33).
[atau ref. Yoh 1:33]
14 Full Life: KAMU AKAN MENERIMA KUASA.
Nas : Kis 1:8
Ayat ini merupakan ayat kunci kitab ini. Tujuan utama baptisan dalam
Roh ini ialah penerimaan kuasa untuk bersaksi bagi Kristus sehingga orang
yang hilang dapat dimenangkan dan diajarkan untuk menaati semua yang
diperintahkan-Nya. Hasilnya ialah bahwa Kristus dikenal, dikasihi, dipuji,
dan dijadikan Tuhan atas umat pilihan Allah (bd. Mat 28:18-20;
Luk 24:49; Yoh 5:23; 15:26-27).
- 1) "Kuasa" (Yun. _dunamis_) bukanlah sekadar kekuatan atau kemampuan;
istilah ini khusus menunjuk kepada kuasa yang bekerja, yang bertindak.
Lukas (dalam Injilnya dan dalam Kisah Para Rasul) menekankan bahwa kuasa
Roh Kudus termasuk kekuasaan untuk mengusir roh-roh jahat dan urapan
untuk menyembuhkan orang sakit sebagai kedua tanda penting yang
menyertai pemberitaan Kerajaan Allah (mis. Luk 4:14,18,36; 5:17;
Luk 6:19; Luk 9:1-2; Kis 6:8; 8:4-8,12-13; 10:38; 14:3; 19:8-12).
Baptisan dalam Roh Kudus adalah persediaan Allah untuk membebaskan kuasa
dari Roh Kudus ke dalam kehidupan orang percaya
(lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
- 2) Lukas dalam ayat ini tidak menghubungkan baptisan dalam Roh dengan
keselamatan dan pembaharuan pribadi, namun kuasa ilahi di dalam orang
percaya untuk bersaksi dengan keefektifan besar
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID)
- 3) Karya utama Roh Kudus dalam bersaksi dan memberitakan Injil
berhubungan dengan kedatangan-Nya atas orang percaya untuk kuasa dan
kesaksian-Nya mengenai karya penyelamatan dan kebangkitan Kristus (bd.
Kis 2:14-42). Lih. catatan berikutnya untuk ulasan bagaimana Roh
bersaksi dan maknanya dalam kehidupan kita.
15 Full Life: KAMU AKAN MENJADI SAKSI-KU.
Nas : Kis 1:8
Baptisan dalam Roh Kudus bukan hanya memberikan kuasa untuk
memberitakan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat (lih. catatan di atas),
tetapi juga meningkatkan keefektifan kesaksian itu karena hubungan yang
diperdalam dan diperkuat dengan Bapa, Anak, dan Roh Kudus sebagai akibat
kepenuhan Roh itu (bd. Yoh 14:26; 15:26,27).
- 1) Roh Kudus menyingkapkan dan memperdalam kehadiran pribadi Yesus
Kristus kepada kita (Yoh 14:16-18). Kesaksian apa pun mengenai
persekutuan intim dengan Yesus Kristus akan menghasilkan keinginan yang
makin membara pada pihak kita untuk mengasihi, menghormati, dan
menyenangkan Juruselamat kita
(lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
- 2) Roh Kudus memberi kesaksian tentang "kebenaran" (Yoh 16:8,10)
bahkan "seluruh kebenaran" (Yoh 16:13) yang "akan memuliakan
Kristus" (Yoh 16:14), bukan hanya dengan kata-kata, tetapi juga
dengan perbuatan. Demikianlah, kita yang sudah menerima kesaksian Roh
mengenai karya penebusan Kristus dengan sendirinya akan menyatakan sifat
Kristus, kasih, kebenaran, dan keadilan dalam kehidupan kita (bd.
1Kor 13:1-13).
- 3) Baptisan dalam Roh Kudus merupakan titik tolak di mana orang
diberikan kuasa untuk bersaksi tentang Kristus dan menginsafkan orang
yang terhilang akan dosa, kebenaran, dan penghakiman
(lihat cat. --> Yoh 16:8).
[atau ref. Yoh 16:8]
Dampak dari keinsafan semacam itu akan tampak di dalam diri mereka yang
memberitakan berita itu maupun dalam mereka yang menerimanya
(Kis 2:39-40).
- 4) Baptisan dalam Roh Kudus hanya dapat diberikan kepada mereka yang
hatinya sudah berbalik kepada Allah dalam pertobatan dari cara hidup
yang fasik (Kis 2:38; 3:26). Baptisan itu dipelihara dengan komitmen
yang sungguh-sungguh kepada Kristus
(lihat cat. --> Kis 5:32).
[atau ref. Kis 5:32]
- 5) Baptisan dalam Roh Kudus merupakan suatu baptisan ke dalam Roh yang
kudus adanya (bd. "Roh kekudusan" dalam Rom 1:4). Jadi, jikalau Roh
Kudus sungguh-sungguh berkarya di dalam kita dalam segala kepenuhannya,
kita akan hidup lebih selaras dengan kekudusan Kristus.
Berdasarkan kebenaran alkitabiah ini, setiap orang yang dibaptiskan dalam
Roh Kudus akan memiliki kerinduan yang sangat untuk menyenangkan Kristus
dengan segala cara; yaitu, kepenuhan Roh melengkapi karya Roh Kudus yang
menyelamatkan dan menguduskan dalam kehidupan kita. Mereka yang mengakui
dipenuhi Roh Kudus, namun hidup bertentangan dengan Roh kekudusan, menipu
dirinya. Mereka yang mempertunjukkan karunia-karunia rohani, mengadakan
mukjizat dan tanda-tanda ajaib, namun tak punya iman, kasih, dan kebenaran
sejati bukan melakukannya melalui Roh Kudus, melainkan dengan roh yang
tidak suci, yang tidak berasal dari Allah (Mat 7:21-23; bd.
Mat 24:24; 2Kor 11:13-15; juga
lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).
Untuk ulasan lebih lanjut mengenai bersaksi bagi Kristus,
lihat cat. --> Kis 13:31.
[atau ref. Kis 13:31]
16 Full Life: PENUHLAH MEREKA DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 2:4
Apakah makna dari kepenuhan dengan Roh pada hari Pentakosta?
- 1) Itu berarti dimulainya penggenapan janji Allah dalam Yoel 2:28-29
untuk mencurahkan Roh-Nya atas semua manusia pada hari-hari terakhir
(bd. Kis 1:4-5; Mat 3:11; Luk 24:49; Yoh 1:33;
lihat cat. --> Yoel 2:28-29).
[atau ref. Yoel 2:28-29]
- 2) Karena hari-hari terakhir dari zaman akhir ini telah mulai (ayat
Kis 2:17; bd. Ibr 1:2; 1Pet 1:20) semua orang diperhadapkan
dengan tantangan untuk menerima atau menolak Kristus, (Kis 3:19;
Mat 3:2; Luk 13:3;
lihat cat. --> Kis 2:17).
[atau ref. Kis 2:17]
- 3) Para murid "diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi"
(Luk 24:49; bd. Kis 1:8), yang menyanggupkan mereka bersaksi
untuk Kristus, menginsafkan orang akan dosa, kebenaran dan penghakiman
Allah sehingga mereka berbalik dari dosa kepada keselamataan dalam
Kristus (bd. Kis 4:13,33; 6:8; Rom 15:19;
lihat cat. --> Kis 1:8;
lihat cat. --> Yoh 16:8).
[atau ref. Kis 1:8; Yoh 16:8]
- 4) Roh Kudus menyatakan sifat-Nya sebagai Roh yang rindu dan berusaha
demi penyelamatan orang dari setiap bangsa. Mereka yang menerima
baptisan dalam Roh dipenuhi dengan kerinduan yang sama demi penyelamatan
umat manusia (ayat Kis 2:38-40; 4:12,33; Rom 9:1-3; 10:1). Jadi, hari
Pentakosta merupakan awal dari penginjilan dunia (ayat
Kis 2:6-11,39; Kis 1:8).
- 5) Para rasul menjadi pelayan Roh. Mereka bukan hanya memberitakan
Yesus yang disalibkan dan dibangkitkan, menuntun orang lain kepada
pertobatan dan iman kepada Kristus, tetapi mereka juga mempengaruhi
orang-orang bertobat untuk menerima "karunia-karunia Roh Kudus" (ayat
Kis 2:38-39) yang sudah mereka terima pada hari Pentakosta. Hal
menuntun orang lain untuk menerima baptisan Roh Kudus adalah kunci karya
rasuli dalam PB (lih. Kis 8:17; 9:17-18; 10:44-46; 19:6).
- 6) Lewat baptisan dalam Roh ini para pengikut Kristus menjadi
orang-orang yang melanjutkan karya Kristus dalam dunia ini. Dalam kuasa
Roh Kudus, mereka terus melakukan dan mengajarkan hal-hal yang sama
"yang dikerjakan dan diajarkan Yesus" (Kis 1:1;
lihat cat. --> Yoh 14:12;
[atau ref. Yoh 14:12]
lihat art. TANDA-TANDA ORANG PERCAYA).
17 Full Life: MULAI BERKATA-KATA DALAM BAHASA-BAHASA LAIN.
Nas : Kis 2:4
Untuk pembahasan tentang berbahasa roh pada hari Pentakosta dan
dalam gereja, serta kemungkinan adanya bahasa roh palsu,
lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH.
18 Full Life: HARI-HARI TERAKHIR.
Nas : Kis 2:17
Teks :
- 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak
dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejahatan dan membawa
keselamatan kepada umat-Nya (bd. pasal Yes 2:2-21; 3:18-4:6;
Yes 10:20-23; Hos 1:1-2:23; Yoel 1:1-3:21; Am 8:9-11; 9:9-12).
- 2) PB menyingkapkan bahwa "hari-hari terakhir" diawali dengan
kedatangan Kristus yang pertama serta pencurahan pertama Roh Kudus atas
umat Allah, dan berakhir dengan kedatangan-Nya yang kedua (Mr 1:15;
Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai
zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan,
keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah.
- (a) "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus
(Mat 12:28).
- (b) "Hari-hari terakhir" menyangkut serbuan kuasa Allah lewat
Kristus ke dalam alam kekuasaan Iblis dan dosa. Namun peperangan ini
baru saja dimulai; itu belum berakhir karena kejahatan dan kegiatan
Iblis masih sangat berkuasa (Ef 6:10-18). Hanya kedatangan
Kristus yang kedua akan mengakhiri aktivitas kekuatan jahat dan
menyelesaikan "hari-hari terakhir" (bd. 1Pet 1:3-5;
Wahy 19:1-21).
- (c) "Hari-hari terakhir" merupakan saat kesaksian yang memanggil
setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Kristus dan mengalami
pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita
harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus
sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rom 2:5),
yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus
hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan
hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3;
1Tes 4:15-17).
- (d) "Hari-hari terakhir" meresmikan kerajaan Allah yang kini datang
dengan seluruh kuasa
(lihat cat. --> Luk 11:20;
[atau ref. Luk 11:20]
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
Kita harus mengalami kepenuhan kuasa itu waktu kita menghadapi
peperangan rohani (2Kor 10:3-5; Ef 6:11-12) dan penganiayaan
oleh karena kebenaran (Mat 5:10-12; 1Pet 1:6-7).
19 Full Life: ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.
Nas : Kis 2:17
Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat
Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian,
berkata-kata dalam bahasa lain dianggap salah satu bentuk bernubuat. Arti
sesungguhnya dari bernubuat adalah memakai suara seorang di bawah tuntunan
langsung Roh Kudus untuk kemuliaan dan pelayanan Allah. Dalam kitab ini:
- (1) seratus dua puluh orang itu "penuhlah -- dengan Roh Kudus, lalu
mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang
diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya"
(Kis 2:4);
- (2) Roh Kudus turun pada Kornelius dan rumah tangganya, dan Petrus
"mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan
memuliakan Allah" (Kis 10:44-47); dan
- (3) murid-murid di Efesus, ketika "turunlah Roh Kudus ke atas mereka
... berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat" (Kis 19:6).
20 Full Life: BERTOBATLAH DAN ... MEMBERI DIRIMU DIBAPTIS.
Nas : Kis 2:38
Pertobatan, pengampunan dosa, dan baptisan merupakan syarat-syarat
mula-mula untuk menerima karunia Roh Kudus. Akan tetapi, tuntutan Petrus
bahwa para pendengarnya harus dibaptiskan dahulu di dalam air sebelum
menerima janji Roh Kudus (bd. Kis 1:4,8) jangan dipandang sebagai
syarat mutlak untuk kepenuhan Roh, demikian pula baptisan dalam Roh bukan
akibat langsung dari baptisan dalam air.
- 1) Dalam situasi ini, Petrus menuntut baptisan air sebelum menerima
janji itu karena dalam pemikiran para pendengar Yahudi, upacara baptisan
dianggap sebagai termasuk dalam keputusan pertobatan. Akan tetapi,
baptisan air tidak mendahului baptisan Roh dalam peristiwa yang dicatat
dalam Kis 9:17-18 (rasul Paulus) dan Kis 10:44-48 (keluarga
Kornelius).
- 2) Setiap orang percaya setelah bertobat karena dosanya dan dengan iman
menerima Yesus Kristus, harus "menerima" (bd. Gal 3:14) secara
pribadi baptisan Roh Kudus. Di dalam kitab Kisah Para Rasul karunia Roh
Kudus jelas didambakan, dicari, dan diterima untuk diri sendiri
(Kis 1:4,14; 4:31; 8:14-17; 19:2-6); satu-satunya perkecualian
diterima PB mungkin terdapat dalam kasus Kornelius (Kis 10:44-48).
Oleh karena itu, baptisan dalam Roh jangan dianggap sebagai karunia yang
diberikan secara otomatis kepada seseorang yang percaya kepada Kristus.
21 Full Life: MEREKA SEMUA PENUH DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Kis 4:31
Beberapa kebenaran penting menonjol di sini.
- 1) Istilah "dibaptiskan dengan (atau dalam) Roh Kudus"
(lihat cat. --> Kis 1:5)
[atau ref. Kis 1:5]
menguraikan karya Roh Kudus yang mengabdikan orang percaya ketika
menuntunnya ke dalam kuasa ilahi untuk bersaksi. Istilah "penuh",
"diselimuti", dan "diberi kuasa" menunjukkan kepada perlengkapan yang
diberi Roh Kudus untuk pelayanan (Kis 2:4; 4:8,31; 9:17; 13:9,52).
Sebagaimana diperlukan, "kepenuhan" ini dapat diulangi.
- 2) Istilah "mencurahkan Roh" (Kis 2:17-18; 10:45), "menerima
karunia Roh Kudus" (Kis 2:38; 8:15), "Roh Kudus turun ke atas"
(Kis 8:16; 10:44; 11:15; 19:6) merupakan ungkapan-ungkapan yang
berbeda tentang peristiwa ketika orang percaya "penuh dengan Roh Kudus"
(Kis 2:4; 4:31; 9:17).
- 3) Semua orang percaya, termasuk para rasul yang telah dipenuhi
sebelumnya (Kis 2:4), kini dipenuhi kembali untuk menghadapi
perlawanan yang terus-menerus dari golongan Yahudi (ayat Kis 4:29).
Kepenuhan kembali dengan Roh Kudus merupakan bagian dari kehendak dan
persediaan Allah bagi semua orang yang telah menerima baptisan dalam Roh
Kudus (bd.
lihat cat. --> Kis 4:8;
lihat cat. --> Kis 13:52).
[atau ref. Kis 4:8; 13:52]
Kita harus mengharapkan dan mencari kepenuhan kembali ini.
- 4) Roh Kudus di sini mengunjungi seluruh jemaat. Karena itu, untuk
memenuhi kehendak Allah untuk gereja, yang dipenuhi bukan saja
perseorangan (ayat Kis 4:8; 9:17; 13:9), namun seluruh jemaat
(Kis 2:4; 4:31; 13:53) harus meng-alami berbagai kunjungan Roh Kudus
apabila terjadi kebutuhan dan tantangan khusus.
- 5) Gerakan Allah di atas seluruh jemaat dengan kepenuhan Roh Kudus yang
baru menghasilkan keberanian dan kuasa dalam bersaksi, saling mengasihi
dan kasih karunia berlimpah bagi semuanya.
22 Full Life: MEMBERITAKAN FIRMAN ALLAH DENGAN BERANI.
Nas : Kis 4:31
Kuasa Roh Kudus yang ada di dalam batin dan realitas kehadiran Allah
yang dihasilkan dari kepenuhan Roh membebaskan orang percaya dari ketakutan
terhadap orang lain dan meningkatkan keberanian dalam memberitakan Firman
Allah.
23 Full Life: ROH ALLAH DIAM DI DALAM KAMU.
Nas : Rom 8:9
Semua orang percaya sejak saat menerima Yesus Kristus sebagai
Juruselamat dan Tuhan memiliki Roh Kudus yang berdiam dalam mereka (bd.
1Kor 3:16; 6:19-20; Ef 1:13-14;
lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
24 Full Life: DIMETERAIKAN DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Ef 1:13
Sebagai meterai, Roh Kudus dianugerahkan kepada orang percaya
sebagai tanda kemilikan Allah. Dengan mencurahkan Roh Kudus, Allah
memeteraikan kita sebagai milik-Nya (lih. 2Kor 1:22). Demikianlah, kita
mempunyai bukti bahwa kita adalah anak angkat Allah dan bahwa penebusan
kita itu nyata jikalau Roh Kudus ada dalam hidup kita (ayat Ef 1:5).
Kita dapat mengetahui bahwa kita sungguh-sungguh menjadi milik Allah
apabila Roh Kudus mengubah dan memperbaharui kita (Yoh 1:12-13; 3:3-6),
membebaskan kita dari kuasa dosa (Rom 8:1-17; Gal 5:16-25), memberikan
kesadaran bahwa Allah adalah Bapa kita (ayat Ef 1:5; Rom 8:15; Gal 4:6)
dan memenuhi kita dengan kuasa untuk bersaksi bagi-Nya (Kis 1:8; 2:4).
25 Full Life: ROH KUDUS.
Nas : Ef 1:13
Roh Kudus dan tempat-Nya dalam penebusan orang percaya menjadi
penekanan inti surat ini. Roh Kudus
- (1) adalah meterai hak milik Allah (ayat Ef 1:13);
- (2) adalah jaminan dari bagian warisan orang percaya (ayat
Ef 1:14);
- (3) merupakan Roh hikmat dan wahyu (ayat Ef 1:17);
- (4) menolong orang percaya apabila menghampiri Allah (Ef 2:18);
- (5) membangun tubuh Kristus menjadi bait yang kudus
(Ef 2:21-22);
- (6) menyatakan rahasia Kristus (Ef 3:4-5);
- (7) memperkuat orang percaya dengan kuasa di dalam batin
(Ef 3:16);
- (8) mendorong kesatuan dalam iman Kristen dengan menjadi sepenuhnya
serupa dengan Kristus (Ef 4:3,13-14);
- (9) berduka bila ada dosa dalam diri orang percaya (Ef 4:30);
- (10) rindu senantiasa memenuhi dan memberi kuasa kepada orang
percaya (Ef 5:18); dan
- (11) menolong dalam doa dan peperangan rohani (Ef 6:18).
26 Full Life: ROH KUDUS ... JAMINAN.
Nas : Ef 1:13-14
Roh Kudus adalah "jaminan", yaitu cengkeram atau panjar dari warisan
kita. Pada zaman ini Roh Kudus dianugerahkan kepada orang percaya sebagai
persekot dari apa yang akan kita miliki sepenuhnya pada masa yang akan
datang. Kehadiran dan karya-Nya dalam kehidupan kita menjadi jaminan dari
bagian warisan kita pada masa yang akan datang (bd. Rom 8:23; 2Kor 1:22;
2Kor 5:5).
27 Full Life: MENDUKAKAN ROH KUDUS.
Nas : Ef 4:30
Roh Kudus yang tinggal di dalam diri orang percaya (Rom 8:9;
1Kor 6:19), adalah Oknum yang dapat mengalami duka atau kesedihan yang
mendalam sebagaimana halnya Yesus ketika Dia menangisi Yerusalem atau
bersedih pada peristiwa lainnya (Mat 23:37; Mr 3:5; Luk 19:41;
Yoh 11:35).
- 1) Orang percaya mendukakan Roh Kudus apabila mereka mengabaikan
kehadiran, suara, atau pimpinan-Nya (Rom 8:5-17; Gal 5:16-25; 6:7-9).
- 2) Mendukakan Roh Kudus membawa kepada penolakan Roh Kudus
(Kis 7:51); yang seterusnya menghasilkan pemadaman api Roh
(1Tes 5:19), dan akhirnya menghina Roh kasih karunia
(Ibr 10:29). Tindakan terakhir ini dapat dihubungkan dengan hal
menghujat Roh, sesuatu yang tidak bisa diampuni
(lihat cat. --> Mat 12:31).
[atau ref. Mat 12:31]