Kejadian 10:1-32
KonteksKejadian 35:27
Konteks35:27 Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, f ayahnya, di Mamre g dekat Kiryat-Arba h --itulah Hebron i --tempat Abraham dan Ishak tinggal j sebagai orang asing.
Keluaran 12:32
Konteks12:32 Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, v seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat w bagiku."
Bilangan 6:23-24
Konteks6:23 "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati e orang Israel 5 , katakanlah kepada mereka: 6:24 TUHAN memberkati engkau f dan melindungi engkau; g
Yosua 14:13
Konteks14:13 Lalu Yosua memberkati m Kaleb bin Yefune, n dan diberikannyalah Hebron o kepadanya menjadi milik pusakanya. p
Yosua 14:1
Konteks1 Samuel 2:20
Konteks2:20 Lalu Eli memberkati Elkana dan isterinya, katanya: "TUHAN kiranya memberikan keturunan kepadamu dari perempuan ini pengganti yang telah diserahkannya l kepada TUHAN." Sesudah itu pulanglah mereka ke tempat kediamannya.
1 Samuel 2:2
Konteks2:2 Tidak ada yang kudus x seperti y TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu z seperti Allah kita.
1 Samuel 8:10
Konteks8:10 Dan Samuel menyampaikan i segala firman TUHAN kepada bangsa itu, yang meminta seorang raja kepadanya,
1 Samuel 8:2
Konteks8:2 Nama anaknya yang sulung ialah Yoel, dan nama anaknya yang kedua ialah Abia; q keduanya menjadi hakim di Bersyeba. r
1 Samuel 19:1
Konteks1 Samuel 19:1
KonteksKisah Para Rasul 1:1-2
KonteksKisah Para Rasul 4:29
Konteks4:29 Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian g untuk memberitakan firman-Mu 7 .
Matius 26:26
KonteksLukas 22:19
Konteks22:19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya c dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku."
Lukas 22:1
KonteksPengkhotbah 2:17
Konteks2:17 Oleh sebab itu aku membenci hidup, karena aku menganggap menyusahkan apa yang dilakukan di bawah matahari, sebab segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha menjaring angin. t
[10:1] 1 Full Life : KETURUNAN SEM, HAM DAN YAFET.
Nas : Kej 10:1
Maksud pasal Kej 10:1-32 ialah menunjukkan bagaimana semua bangsa di dunia berasal dari Nuh dan putra-putranya setelah air bah (ayat Kej 10:32).
[10:2] 2 Full Life : KETURUNAN YAFET.
Nas : Kej 10:2-5
Ayat-ayat ini mendaftarkan keturunan Yafet yang pergi ke utara dan menetap di wilayah pantai Laut Hitam dan Laut Kaspia. Mereka menjadi nenek moyang orang Media dan orang Yunani, dan juga bangsa-bangsa kulit putih dari Eropa dan Asia.
[10:6] 3 Full Life : KETURUNAN HAM.
Nas : Kej 10:6-20
Ayat-ayat ini mendaftarkan keturunan Ham yang tinggal di wilayah Arab Selatan, Mesir Selatan, dan pantai timur Laut Besar, dan pantai utara Afrika. Keturunan Kanaan (ayat Kej 10:15-19) menetap di wilayah yang diberi nama Kanaan, wilayah yang kemudian menjadi tempat tinggal bangsa Yahudi.
[10:21] 4 Full Life : ANAK-ANAK BAGI SEM.
Nas : Kej 10:21-31
Ayat-ayat ini mendaftarkan keturunan Sem yang tinggal di wilayah Arab dan lembah Timur Tengah. Keturunannya termasuk bangsa Yahudi, Asyur, Siria, dan Elam.
[6:23] 5 Full Life : MEMBERKATI ORANG ISRAEL.
Nas : Bil 6:23
Ayat Bil 6:22-27 menunjukkan tanggapan Allah yang pengasih kepada umat-Nya jikalau mereka memelihara kesucian di tengah jemaat dan mengungkapkan pengabdian dengan segenap hati sebagaimana terlihat dalam nazar seorang Nazir
(lihat cat. --> Bil 6:2).
[atau ref. Bil 6:2]
"Memberkati" (Ibr. _barak_) mengandung ide bahwa kehadiran, tindakan, dan kasih Allah memasuki kehidupan dan lingkungan seseorang.
- 1) Berkat ini diperhadapkan di depan hamba-hamba Allah yang setia sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh-Nya (Ul 11:26,27).
- 2) Berkat keimaman itu terdiri atas tiga bagian:
- (a) Pemberian berkat Allah dan perlindungan-Nya dari kuasa-kuasa kejahatan dan segala sesuatu yang merugikan kesejahteraan hidup seseorang (ayat Bil 6:24; bd. Mazm 71:1-6).
- (b) Sinar wajah Tuhan, yaitu kebaikan hati, kehendak baik, dan kasih
karunia Allah kepada umat-Nya (ayat Bil 6:25) adalah berlawanan
dengan murka-Nya (bd. Mazm 27:1; 31:16; Ams 15:30; 16:14;
Yes 57:17). Kasih karunia Allah ialah pengampunan, kasih, dan
kuasa penyelamatan-Nya
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
- (c) Wajah Allah yang dihadapkan kepada mereka (ayat Bil 6:26),
yaitu pemeliharaan dan pemberkatan mereka dengan sepenuh hati (bd.
Mazm 4:8-9; 33:18; 34:17). Yang dianugerahkan oleh Allah ialah
"damai sejahtera" (ayat Bil 6:26). Damai sejahtera (Ibr.
_shalom_) berarti tidak ada kekurangan apa-apa dan menerima segala
sesuatu yang diperlukan untuk menjadikan hidup ini sungguh-sungguh
hidup (bd. Mal 2:5), termasuk harapan akan masa depan
(Yer 29:11). Lawan dari "damai sejahtera" bukan hanya ketiadaan
keselarasan, tetapi kejahatan dalam segala bentuk (bd. Rom 1:7;
1Kor 1:3; 1Tes 5:23;
lihat art. DAMAI SEJAHTERA ALLAH).
- 3) Berkat Allah atas umat-Nya akan menghasilkan keselamatan yang
memancar bagaikan obor penerang kepada semua bangsa (Mazm 67:1-8;
Mazm 133:3; Yeh 34:26;
lihat cat. --> Mat 28:19;
lihat cat. --> Luk 24:50).
[1:1] 6 Full Life : BUKUKU YANG PERTAMA.
Nas : Kis 1:1
Dalam Injil Lukas tertulis segala sesuatu yang dilakukan dan diajarkan Yesus dalam kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18). Dalam Kisah Para Rasul tertulis lanjutan cerita bagaimana para pengikut Yesus, dengan kuasa Roh yang sama, menyampaikan Injil yang sama, mengadakan mukjizat-mukjizat yang sama dan cara hidup yang sama dengan Yesus. Roh Kudus yang menghasilkan kembali kehidupan dan pelayanan Yesus melalui gereja merupakan tema teologis kitab Kisah Para Rasul. Kitab ini memang dapat disebut "Kisah Roh Kudus". Perhatikan hal-hal berikut mengenai catatan yang diilhami Roh Kudus dalam kitab ini:
- 1) Semua ayat, termasuk narasi-narasi historis dalam Kisah Para Rasul ini, memiliki makna didaktis (yaitu, mengajar) dan teologis. Hal ini didukung oleh dua kenyataan:
- (a) pernyataan Alkitab bahwa "segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran" (2Tim 3:16);
- (b) pernyataan Paulus bahwa semua narasi historis dalam PL bertujuan mendidik dan bersifat pelajaran (1Kor 10:11). Paulus berpendapat bahwa peristiwa-peristiwa itu menjadi contoh dengan relevansi praktis dan teologis bagi orang percaya (Rom 15:4). Yang berlaku terhadap narasi sejarah dalam PL juga berlaku bagi Kisah Para Rasul.
- 2) Catatan Lukas yang diilhamkan mengenai gereja mula-mula merupakan:
- (a) pola definitif dari kegiatan Roh Kudus yang harus diikuti sepanjang zaman gereja,
- (b) data untuk mengembangkan suatu doktrin Roh Kudus dan
- (c) penyataan mengenai bagaimana pelayanan Roh Kudus berhubungan dengan kehidupan orang percaya di dalam Kristus. Perhatikan secara khusus dua unsur di dalam kitab ini yang bersifat normatif secara praktis dan teologis:
- (i) baptisan dalam atau kepenuhan dengan Roh Kudus adalah
janji Allah bagi semua orang percaya
(lihat cat. --> Kis 2:39;
[atau ref. Kis 2:39]
bd. Kis 1:5,8; 2:4; 4:8,31; 8:15-17; 9:17; 10:44-46; Kis 13:9,52; 15:8; 19:1-6); - (ii) berbagai aktivitas Roh Kudus yang memberikan kepada gereja tolok ukur kebenaran, kesaksian dan kuasa yang dikehendaki Allah bagi umat-Nya pada hari-hari terakhir ini (yaitu, zaman gereja).
[4:29] 7 Full Life : BERIKANLAH KEPADA HAMBA-HAMBA-MU KEBERANIAN UNTUK MEMBERITAKAN FIRMAN-MU.
Nas : Kis 4:29
Para murid memerlukan keberanian baru untuk bersaksi dan berbicara tentang Kristus. Sepanjang kehidupan Kristen kita, kita juga perlu berdoa supaya mengatasi ketakutan, penolakan, kecaman, dan penganiayaan. Kasih karunia Allah, lewat kepenuhan Roh Kudus, akan membantu kita untuk berbicara tentang Yesus dengan berani (bd. Mat 10:32).
[26:26] 8 Full Life : AMBILLAH, MAKANLAH, INILAH TUBUHKU.
Nas : Mat 26:26
Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25,
[atau ref. 1Kor 11:24-25]
mengenai Perjamuan Tuhan.
Nas : Luk 22:1
Lihat cat. --> Mat 26:2.
[atau ref. Mat 26:2]