1 Tawarikh 15:10-24
Konteks15:10 dari bani Uziel: Aminadab, seorang pemimpin, dan saudara-saudara sepuaknya: seratus dua belas orang. 15:11 Lalu Daud memanggil Zadok f dan Abyatar, g imam-imam itu, dan orang-orang Lewi, yakni Uriel, Asaya, Yoel, Semaya, Eliel dan Aminadab, 15:12 dan berkata kepada mereka: "Hai kamu ini, para kepala puak dari orang Lewi, kuduskanlah h dirimu 1 , kamu ini dan saudara-saudara sepuakmu, supaya kamu mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel, ke tempat yang telah kusiapkan untuk itu. 15:13 Sebab oleh karena pada pertama kali kamu i tidak hadir, maka TUHAN, Allah kita, telah menyambar di tengah-tengah kita, j sebab kita tidak meminta petunjuk-Nya 2 seperti seharusnya. k " 15:14 Jadi para imam dan orang-orang Lewi menguduskan dirinya untuk mengangkut tabut TUHAN, Allah Israel. 15:15 Kemudian bani Lewi mengangkat tabut Allah itu dengan gandar pengusung di atas bahu mereka, seperti yang diperintahkan l Musa, sesuai dengan firman TUHAN. m 15:16 Daud n memerintahkan para kepala orang Lewi o itu, supaya mereka menyuruh berdiri saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, p dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, q untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira. 15:17 Maka orang Lewi itu menyuruh berdiri Heman r bin Yoel; dan dari saudara-saudara sepuaknya: Asaf s bin Berekhya; dari bani Merari, t saudara-saudara sepuak mereka: Etan bin Kusaya; 15:18 dan bersama-sama mereka itu saudara-saudara mereka dari tingkat kedua: Zakharia, Yaaziel, Semiramot, Yehiel, Uni, Eliab, Benaya, Maaseya, Matica, Elifele, Mikneya, dan Obed-Edom u serta Yeiel, para penunggu pintu gerbang. 15:19 Para penyanyi, yakni Heman, v Asaf dan Etan harus memperdengarkan lagu dengan ceracap tembaga. 15:20 Zakharia, Aziel, Semiramot, Yehiel, Uni, Eliab, Maaseya, Benaya harus memainkan gambus yang tinggi nadanya, 15:21 sedang Matica, Elifele, Mikneya, Obed-Edom, Yeiel dan Azazya harus memainkan kecapi yang delapan nada lebih rendah tingkatnya untuk mengiringi nyanyian. 15:22 Kenanya, pemimpin orang Lewi, mendapat tugas pengangkutan; ia mengepalai pengangkutan, sebab ia paham dalam hal itu. 15:23 Berekhya dan Elkana adalah penunggu pintu pada tabut; 15:24 dan Sebanya, Yosafat, Netaneel, Amasai, Zakharia, Benaya dan Eliezer, yakni imam-imam itu, meniup nafiri w di hadapan tabut Allah, sedang Obed-Edom dan Yehia adalah penunggu pintu pada tabut itu.
1 Tawarikh 15:1
Konteks1 Samuel 10:5
Konteks10:5 Sesudah itu engkau akan sampai ke Gibea p Allah, tempat kedudukan q pasukan orang Filistin. Dan apabila engkau masuk kota, engkau akan berjumpa di sana dengan serombongan nabi, r yang turun dari bukit s pengorbanan dengan gambus, rebana, t suling u dan kecapi v di depan mereka; mereka sendiri akan kepenuhan w seperti nabi 4 .
1 Samuel 10:2
Konteks10:2 Apabila engkau pada hari ini pergi meninggalkan aku, maka engkau akan bertemu dengan dua orang laki-laki di dekat kubur k Rahel, di daerah Benyamin, di Zelzah. Mereka akan berkata kepadamu: Keledai-keledai l yang engkau cari itu telah diketemukan; dan ayahmu tidak memikirkan keledai-keledai itu lagi, tetapi ia kuatir m mengenai kamu, katanya: Apakah yang akan kuperbuat untuk anakku itu?
1 Samuel 6:5
Konteks6:5 Jadi buatlah gambar borok-borokmu m dan gambar tikus yang merusak tanahmu, dan sampaikanlah hormatmu n kepada Allah Israel. Mungkin Ia akan mengangkat dari padamu, dari pada allahmu dan dari pada tanahmu tangan-Nya yang menekan dengan berat.
1 Samuel 6:2
Konteks6:2 maka orang Filistin itu memanggil para imam dan para petenung, g lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang harus kami lakukan dengan tabut TUHAN itu? Beritahukanlah kepada kami, bagaimana kami harus mengantarkannya kembali ke tempatnya."
Kisah Para Rasul 3:15
Konteks3:15 Demikianlah Ia, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati; b dan tentang hal itu kami adalah saksi. c
Mazmur 47:5
Konteks47:5 (47-6) Allah telah naik j dengan diiringi sorak-sorai, k ya TUHAN itu, dengan diiringi bunyi sangkakala. l
Mazmur 68:25-27
Konteks68:25 (68-26) Di depan berjalan penyanyi-penyanyi, t di belakang pemetik-pemetik u kecapi, di tengah-tengah dayang-dayang yang memalu rebana. v 68:26 (68-27) "Dalam jemaah w pujilah Allah, yakni TUHAN, hai kamu yang berasal dari sumber Israel! x " 68:27 (68-28) Itu Benyamin, y yang bungsu, z yang berjalan di depan mereka, pemuka-pemuka Yehuda berbondong-bondong, pemuka-pemuka Zebulon, pemuka-pemuka Naftali. a
Mazmur 150:3-5
Konteks150:3 Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, t pujilah Dia dengan gambus dan kecapi! u 150:4 Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, v pujilah Dia dengan permainan kecapi w dan seruling! x 150:5 Pujilah Dia dengan ceracap y yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang!
[15:12] 1 Full Life : KUDUSKANLAH DIRIMU.
Nas : 1Taw 15:12
Untuk melakukan pekerjaan Tuhan, orang percaya harus memisahkan diri dari segala yang tidak menyenangkan hati Allah dan mempersembahkan diri kepada-Nya sebagai alat-alat kebenaran (bd. Rom 6:17-22; 12:1-2;
lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).
Sebagai Allah yang kudus, Dia menuntut bahwa hamba-hamba-Nya itu kudus.
[15:13] 2 Full Life : KITA TIDAK MEMINTA PETUNJUK-NYA.
Nas : 1Taw 15:13
Lihat cat. --> 1Taw 13:10.
[atau ref. 1Taw 13:10]
[15:1] 3 Full Life : MENYIAPKAN TEMPAT BAGI TABUT ALLAH.
Nas : 1Taw 15:1
Tabut Allah berisi dua loh batu bertulis sepuluh hukum, buli-buli manna dan tongkat Harun yang bertunas (lih. Kel 25:10-22; Ul 10:2-5). Tabut itu melambangkan pengarahan, persediaan, kuasa, dan kemurahan Allah yang dijumpai dalam ketaatan yang setia kepada Dia dan perjanjian-Nya (lih. Mazm 132:8; Ibr 9:1-28). Menempatkan tabut di Yerusalem menunjukkan bahwa Daud ingin mengembalikan bangsa itu kepada maksud keberadaan yang semula dan mendasar, yaitu menjaga agar Allah dan Firman-Nya tetap menjadi pusat hidup mereka
(lihat cat. --> Kel 25:10).
[atau ref. Kel 25:10]
[10:5] 4 Full Life : MEREKA SENDIRI AKAN KEPENUHAN SEPERTI NABI
Nas : 1Sam 10:5
(versi Inggris NIV -- bernubuat seperti nabi). Kepenuhan seperti nabi ini (ayat 1Sam 10:6,10-11,13) mungkin sekali mencakup pujian kepada Allah melalui ucapan nubuat dan nyanyian yang diilhamkan Roh Kudus (bd. Bil 11:25).