Hakim-hakim 1:33
Konteks1:33 Suku Naftali tidak menghalau penduduk Bet-Semes d dan penduduk Bet-Anat, e sehingga mereka diam di tengah-tengah orang Kanaan, penduduk asli di negeri itu; tetapi penduduk Bet-Semes dan Bet-Anat itu menjadi orang rodi bagi mereka.
Hakim-hakim 2:12
Konteks2:12 Mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah j lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, k dan sujud menyembah kepadanya, sehingga mereka menyakiti l m hati TUHAN.
Hakim-hakim 2:17-18
Konteks2:17 Tetapi juga para hakim itu tidak mereka hiraukan, karena mereka berzinah y dengan mengikuti allah z lain dan sujud menyembah kepadanya. a Mereka segera menyimpang b dari jalan yang ditempuh oleh nenek moyangnya 1 yang mendengarkan perintah c TUHAN; mereka melakukan yang tidak patut. 2:18 Setiap kali apabila TUHAN membangkitkan seorang hakim bagi mereka, maka TUHAN menyertai hakim itu dan menyelamatkan d mereka dari tangan musuh mereka selama hakim itu hidup; sebab TUHAN berbelas kasihan e mendengar rintihan f mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas g mereka.
Hakim-hakim 3:15
Konteks3:15 Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan bagi mereka seorang penyelamat x yakni Ehud, y anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. z Dengan perantaraannya orang Israel biasa mengirimkan upeti a kepada Eglon, raja Moab.
Hakim-hakim 6:2
Konteks6:2 dan selama itu orang Midian berkuasa atas orang Israel. Karena takutnya c kepada orang Midian itu, maka orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni gua-gua d dan kubu-kubu. e
Hakim-hakim 6:8
Konteks6:8 maka TUHAN mengutus seorang nabi n kepada orang Israel, yang berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang menuntun kamu keluar dari Mesir o dan yang membawa kamu keluar dari rumah perbudakan. p
Hakim-hakim 9:7
Konteks9:7 Setelah hal itu dikabarkan kepada Yotam, u pergilah ia ke gunung Gerizim v dan berdiri di atasnya, lalu berserulah ia dengan suara nyaring kepada mereka: "Dengarkanlah aku, kamu warga kota Sikhem, maka Allah akan mendengarkan kamu juga.
Hakim-hakim 14:12
Konteks14:12 Kata Simson kepada mereka: "Aku mau mengatakan suatu teka-teki v kepada kamu. Jika kamu dapat memberi jawabnya yang tepat kepadaku dalam tujuh hari selama perjamuan w ini berlangsung dan menebaknya, maka aku akan memberikan kepadamu tiga puluh pakaian x lenan dan tiga puluh pakaian kebesaran.
Hakim-hakim 14:17-18
Konteks14:17 Tetapi isterinya itu menangis di sampingnya selama ketujuh hari c mereka mengadakan perjamuan itu. Pada hari yang ketujuh diberitahukannyalah kepadanya, karena ia merengek-rengek kepadanya, kemudian perempuan itu memberitahukan jawab teka-teki itu kepada orang-orang sebangsanya. 14:18 Lalu pada hari yang ketujuh itu, sebelum matahari terbenam, berkatalah orang-orang kota itu kepadanya: "Apakah yang lebih manis dari pada madu? Apakah yang lebih kuat dari pada singa? d " Sahutnya kepada mereka: "Kalau kamu tidak membajak dengan lembu betinaku, pasti kamu tidak menebak teka-tekiku."
Hakim-hakim 18:7
Konteks18:7 Sesudah itu pergilah kelima orang g itu, lalu sampailah mereka ke Lais. h Dilihat merekalah, bahwa rakyat yang diam di sana hidup dengan tenteram, menurut adat orang Sidon, aman dan tenteram. i Orang-orang itu tidak kekurangan apapun yang ada di muka bumi, malah kaya harta. Mereka tinggal jauh dari orang Sidon j dan tidak bergaul dengan siapapun juga.
Hakim-hakim 18:28
Konteks18:28 Tidak ada orang yang datang menolong, sebab kota itu jauh dari Sidon i dan orang-orang kota itu tidak bergaul dengan siapapun juga. Letak kota itu di lembah Bet-Rehob. j Kemudian bani Dan membangun kota itu kembali dan diam di sana.
Hakim-hakim 18:30
Konteks18:30 Bani Dan menegakkan bagi mereka sendiri patung pahatan itu, lalu Yonatan bin Gersom m bin Musa bersama-sama dengan anak-anaknya menjadi imam bagi suku Dan, sampai penduduk negeri itu diangkut sebagai orang buangan.
Hakim-hakim 19:24
Konteks19:24 Tetapi ada anakku perempuan, o yang masih perawan, dan juga gundik orang itu, baiklah kubawa keduanya ke luar; perkosalah mereka dan perbuatlah dengan mereka apa yang kamu pandang baik, tetapi terhadap orang ini janganlah kamu berbuat noda."
Hakim-hakim 21:22
Konteks21:22 Apabila ayah atau saudaranya laki-laki datang untuk menuntutnya kepada kami, maka kami akan berkata kepada mereka: Serahkanlah mereka itu kepada kami dengan rela hati, sebab dalam pertempuran kita tidak dapat menangkap seorang perempuan untuk menjadi isteri mereka masing-masing. Memang kamu ini tidak memberikan z anak-anak gadis itu kepada mereka; sebab seandainya demikian, kamu bersalah."
[2:17] 1 Full Life : MENYIMPANG DARI JALAN YANG DITEMPUH OLEH NENEK MOYANGNYA.
Nas : Hak 2:17
Kunci untuk memahami sifat mendasar dari kemerosotan rohani Israel terdapat dalam ayat Hak 2:10-17.
- 1) Sepanjang masa hakim-hakim, angkatan Israel yang baru menyimpang dari jalan dan ajaran nenek moyang mereka. Mereka meninggalkan hubungan perjanjian mereka dengan Allah (ayat Hak 2:10) dan berbalik kepada yang jahat (ayat Hak 2:11-13). Mereka mulai meragukan standar-standar dan hukum-hukum angkatan pendiri mereka (ayat Hak 2:17).
- 2) Mereka menyimpang dari ketaatan kepada firman Allah (ayat Hak 2:2,17) dan sebaliknya hidup menurut keinginan sendiri (bd. Hak 17:6; 21:25).
- 3) Bangsa Israel gagal untuk memisahkan diri sepenuhnya dari kebudayaan
Kanaan yang jahat (ayat Hak 2:11-13; 1:28); sebaliknya, mereka
memilih berbagai keuntungan materiel dan kesenangan asusila orang-orang
Kanaan (ayat Hak 2:12-13; 1:27-28,30,33;
lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA).
Mereka menikah dengan orang Kanaan (Hak 3:5-6) dan mulai menyembah Baal dan Asytoret (ayat Hak 2:13). Demikian, perpaduan yang tak terelakkan terjadi antara dua kebudayaan dan gaya hidup. - 4) Sejarah ini menunjukkan bahwa arah alami tabiat manusia sejak kejatuhan adalah menurun; kekuatan rohani baik dari perseorangan maupun kelompok orang percaya akan berkurang kecuali kalau pembaharuan rohani terjadi secara berkala oleh kasih karunia Allah melalui pertobatan, doa, dan penyerahan kembali (bd. 2Taw 7:14; Yes 57:15; Mat 5:6; Yud 1:20).