Mazmur 115:3-8
Konteks115:3 Allah kita di sorga; s Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya! t 115:4 Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, u buatan tangan manusia, v 115:5 mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, w mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat, 115:6 mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium, 115:7 mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan, dan tidak dapat memberi suara dengan kerongkongannya. 115:8 Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya.
Mazmur 135:15
Konteks135:15 Berhala bangsa-bangsa b adalah perak dan emas, buatan tangan manusia, c
Mazmur 135:18
Konteks135:18 Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, semua orang yang percaya kepadanya.
Yesaya 44:8-28
Konteks44:8 Janganlah gentar dan janganlah takut, sebab memang dari dahulu telah Kukabarkan m dan Kuberitahukan hal itu kepadamu. Kamulah saksi-saksi-Ku! Adakah Allah n selain dari pada-Ku? Tidak ada Gunung Batu o yang lain, tidak ada Kukenal!"
Yesaya 46:1-2
KonteksYeremia 10:3-5
Konteks10:3 Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat s oleh tangan tukang kayu? t 10:4 Orang memperindahnya dengan emas dan perak; u orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. v 10:5 Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; w orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. x Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, y dan berbuat baikpun z tidak dapat."
Yeremia 10:11-12
Konteks10:11 Beginilah harus kamu katakan kepada mereka: "Para allah yang tidak menjadikan langit dan bumi akan lenyap o dari bumi dan dari kolong langit ini." 10:12 Tuhanlah yang menjadikan p bumi q dengan kekuatan-Nya, yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaan-Nya, r dan yang membentangkan langit s dengan akal budi-Nya.
Yeremia 10:14-15
Konteks10:14 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu x karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, y tidak ada nyawa di dalamnya, 10:15 semuanya adalah kesia-siaan, z pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum.
Kisah Para Rasul 19:26
Konteks19:26 Sekarang kamu sendiri melihat dan mendengar, bagaimana Paulus, bukan saja di Efesus, l tetapi juga hampir di seluruh Asia m telah membujuk dan menyesatkan banyak orang dengan mengatakan, bahwa apa yang dibuat oleh tangan manusia bukanlah dewa. n
Kisah Para Rasul 19:1
KonteksKolose 1:4
Konteks1:4 karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu g terhadap semua orang kudus, h
[44:24] 1 Full Life : YANG MENJADIKAN SEGALA SESUATU.
Nas : Yes 44:24
Lihat art. PENCIPTAAN.
[44:28] 2 Full Life : KORESY ... BAIT SUCI.
Nas : Yes 44:28
Yesaya menyebut Koresy dengan nama sebagai tokoh yang akan memulai kelepasan orang Yahudi dari penawanan (ayat Yes 44:28). Nubuat ini disampaikan 150 tahun sebelum penggenapannya; pada tahun 538 SM, Koresy mengeluarkan ketetapan yang mengizinkan orang Yahudi kembali ke Yerusalem dan membangun kembali kota dan bait suci mereka (Ezr 1:1-2). Allah mengatur peristiwa kelahiran dan kehidupan Koresy demikian rupa sehingga rencana dan maksud Allah sendiri tergenapi dengan tepat menurut perjanjian-Nya
(lihat cat. --> Yes 41:2).
[atau ref. Yes 41:2]
[46:1] 3 Full Life : BEL ... NEBO.
Nas : Yes 46:1
Bel, juga disebut Marduk (bd. Yer 50:2) menjadi dewa tertinggi Babel; Nebo adalah dewa pengetahuan, tulis-menulis, dan astronomi. Dewa-dewa ini tidak dapat melindungi Babel dari kebinasaan.
[19:1] 4 Full Life : EFESUS ... BEBERAPA ORANG MURID.
Nas : Kis 19:1
Apakah dua belas murid di Efesus ini orang Kristen atau murid Yohanes Pembaptis? Kemungkinan keduanya.
- 1) Beberapa orang mengira bahwa mereka adalah orang Kristen.
- (a) Lukas menyebut mereka "murid", kata yang biasa dipakainya untuk orang Kristen. Seandainya yang dimaksudkan Lukas bahwa mereka hanya murid Yohanes Pembaptis, bukan Kristus, maka hal itu pasti akan dinyatakannya.
- (b) Paulus menyebut mereka sebagai sudah percaya (ayat
Kis 19:2). Kata kerja "percaya" dipakai kira-kira dua puluh kali
di dalam kitab Kisah Para Rasul tanpa menyebut pelengkap penderita.
Dalam setiap kasus yang lain, konteks menunjukkan bahwa yang
dimaksudkan adalah percaya pada Kristus untuk keselamatan
(lihat cat. --> Kis 19:2 selanjutnya).
[atau ref. Kis 19:2]
- 2) Orang yang lain lagi beranggapan bahwa murid-murid di Efesus ini adalah murid Yohanes Pembaptis yang masih menantikan kedatangan Mesias. Setelah mendengar tentang Yesus dari Paulus, mereka percaya kepada-Nya sebagai Kristus yang dijanjikan dan mereka dilahirkan kembali oleh Roh Kudus (ayat Kis 19:4-5).
- 3) Bagaimanapun kasusnya, jelas bahwa kepenuhan mereka dalam Roh Kudus terjadi setelah mereka beriman, dibaptis dan ditumpangi tangan (ayat Kis 19:5-6).