Penglihatan kelima: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
4:1 Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah
aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?
" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil,
dari emas
1 seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya
dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.
4:3 Dan pohon zaitun
2 ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4:4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
4:5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku:
"Tidak, tuanku!"
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel
bunyinya: Bukan
dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,
melainkan dengan roh-Ku
3 ,
firman TUHAN semesta alam.
4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar
4 ? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata.
Ia akan mengangkat batu utama,
sedang orang bersorak:
Bagus! Bagus sekali batu itu!"
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar
Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya.
Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku
kepadamu.
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari
peristiwa-peristiwa
yang kecil
5 , mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel.
Yang tujuh ini adalah mata
TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."
4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun
yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
4:12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
4:13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi
yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"
1 Full Life
Nas : Za 4:2
Kandil ini adalah kandil minyak zaitun.
- 1) Kandil ini memiliki tujuh pelita yang setingkat, disusun di bawah
sebuah tempat minyak. Minyak mengalir dari tempat minyak sehingga pelita
itu tetap penuh. Tempat minyak melambangkan kuasa Allah melalui Roh
Kudus yang tak habis-habis dan berlimpah.
- 2) Setiap pelita memiliki tujuh saluran atau corot dengan sumbu, jadi
seluruhnya terdiri atas 49 lampu. Lampu-lampu ini melambangkan umat
Allah yang memancarkan terang ke dunia karena aliran Roh Kudus yang
berlimpah-limpah.
2 Full Life
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat
Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[atau ref. Hag 1:1]
- 1) Pohon melambangkan sumber minyak yang tidak pernah habis; kedua
pemimpin itu harus menuntun umat itu kepada hidup yang dimungkinkan oleh
kuasa Roh Kudus (ayat Za 4:12).
- 2) Demikian, kedua pohon itu melambangkan pelayanan pemerintahan dan
imamat Yesus Kristus sendiri. Dialah yang membaptis dalam Roh Kudus, dan
semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.
3 Full Life
Nas : Za 4:6
Sekalipun berita ini disampaikan kepada Zerubabel, itu dapat
diterapkan kepada semua orang percaya (bd. 2Tim 3:16). Kekuatan
senjata, kuasa politik atau kekuatan manusia tidak dapat melaksanakan
pekerjaan Allah; kita hanya dapat melaksanakan pekerjaan-Nya jikalau kita
diberi kuasa oleh Roh Kudus (bd. Hak 6:34; Yes 31:3). Yesus memulai
pelayanan-Nya dengan kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18), dan gereja diberi
kuasa oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Hanya jikalau Roh Kudus terus memerintah dan menguasakan hidup kita barulah
kita dapat melaksanakan kehendak Allah bagi kita; inilah sebabnya Yesus
membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus
(lihat cat. --> Luk 3:16).
[atau ref. Luk 3:16]
4 Full Life
Nas : Za 4:7
Kesulitan yang tampaknya sebesar gunung dapat diatasi dengan kuasa
Roh Kudus yang bekerja melalui kita. Sebaliknya, ketika manifestasi Roh
Kudus tidak ada di antara umat Allah, maka perlawanan terhadap pekerjaan
Tuhan dan persoalan-persoalan rohani akan membuat mereka kewalahan
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).
5 Full Life
Nas : Za 4:10
Yang dilakukan umat itu bagi kalangan tertentu kelihatan tidak
penting; akan tetapi, tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan dalam kuasa dan
dengan berkat Roh Allah yang tidak penting, sebaliknya itu memiliki nilai
dan kepentingan kekal.