kecilkan semua  

Teks -- Roma 5:14-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang. 5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus. 5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran. 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. 5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. 5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar. 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, 5:21 supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law


Topik/Tema Kamus: Adam | Roma, Surat | Manusia | Paulus | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Hukum Terhadap Orang | Jatuh, Kejatuhan Manusia | Kasih Karunia | Ampun, Pengampunan | Hukum, Penghukuman | Hidup Kekal | Anugerah Allah | Mati, Kematihan Rohani | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Benar, Membenarkan, Dibenarkan | Gambaran, Teladan Kristus | Hukum, Hukum Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 5:14 - MAUT TELAH BERKUASA DARI ZAMAN ADAM SAMPAI KEPADA ZAMAN MUSA. Nas : Rom 5:14 Umat manusia mengalami kematian, bukan karena mereka melanggar hukum Allah yang lisan dengan hukuman matinya seperti halnya Adam (ay...

Nas : Rom 5:14

Umat manusia mengalami kematian, bukan karena mereka melanggar hukum Allah yang lisan dengan hukuman matinya seperti halnya Adam (ayat Rom 5:13-14), tetapi karena mereka sesungguhnya orang berdosa baik karena tindakan maupun tabiatnya dan pelanggar hukum hati nurani yang tertulis di dalam hatinya (Rom 2:14-15).

Full Life: Rm 5:15 - JAUH LEBIH BESAR LAGI KASIH KARUNIA ALLAH. Nas : Rom 5:15 Dalam ayat Rom 5:12-21 Paulus menekankan kemampuan tertinggi dari penebusan yang disediakan oleh Yesus Kristus untuk menghapus dampa...

Nas : Rom 5:15

Dalam ayat Rom 5:12-21 Paulus menekankan kemampuan tertinggi dari penebusan yang disediakan oleh Yesus Kristus untuk menghapus dampak-dampak kejatuhan. Inilah inti berita bagian ini: Adam membawa dosa dan kematian; Kristus membawa kasih karunia dan hidup (ayat Rom 5:17).

Full Life: Rm 5:18 - SEMUA ORANG BEROLEH PEMBENARAN UNTUK HIDUP. Nas : Rom 5:18 Penghukuman dosa atas semua orang menjadi kenyataan bagi setiap orang yang menolak Allah dan penyataan-Nya yang tertulis dalam hati ...

Nas : Rom 5:18

Penghukuman dosa atas semua orang menjadi kenyataan bagi setiap orang yang menolak Allah dan penyataan-Nya yang tertulis dalam hati mereka atau dinyatakan dalam Firman-Nya yang tertulis (bd. Rom 2:12-16). "Pembenaran untuk hidup" bagi semua orang mempunyai potensi juga; dijadikan kenyataan dalam orang waktu mereka percaya kepada Kristus dan menerima kasih karunia, hidup dan karunia kebenaran melalui Yesus Kristus (ayat Rom 5:17).

Full Life: Rm 5:21 - KASIH KARUNIA. Nas : Rom 5:21 Untuk pembahasan mengenai arti kata "kasih karunia" dalam Alkitab, lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA.

Nas : Rom 5:21

Untuk pembahasan mengenai arti kata "kasih karunia" dalam Alkitab,

lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA.

Jerusalem: Rm 5:1--11:36 - -- Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk...

Pokok yang diuraikan dalam bagian kedua Roma dapat disebutkan sebagai: pembenaran sebagai jaminan keselamatan orang Kristen yang sudah dibenarkan, bdk Rom 1-4, mendapat dalam kasih Allah dan karunia Roh Kudus suatu jaminan keselamatan. Pokok ini diuraikan dalam Rom 5:1-11 dan diuraikan kembali dalam bab 8, sedangkan dalam Rom 5:12-7:25 diperlawankan dengan kebalikannya (dosa, maut, hukum Taurat).

Jerusalem: Rm 5:12-20 - -- Dosa bercokol di dalam manusia, Rom 7:14-24: nah, maut yang merupakan hukuman dosa, sudah masuk ke dalam dunia ini dikarenakan kesalahan Adam, Wis 2:2...

Dosa bercokol di dalam manusia, Rom 7:14-24: nah, maut yang merupakan hukuman dosa, sudah masuk ke dalam dunia ini dikarenakan kesalahan Adam, Wis 2:24: maka Paulus menyimpulkan bahwa dosa sendiri memasuki bangsa manusia melalui kesalahan semula itu; ini tidak lain dari ajaran mengenai dosa asal. Sang Rasul di sini menaruh perhatian padanya oleh karena memberi kesempatan baik untuk memperlihatkan kesejalanan (paralel) antara tindakan sial Adam pertama dan pemulihan melimpah yang dikerjakan "Adam yang akhir", Rom 5:15-19; 1Ko 15:21 dst, 1Ko 15:25. Justru sebagai Kepala Keturunan Adam yang baru, sebagai Gambar yang di dalamnya Allah memulihkan ciptaanNya, Rom 8:29+; 2Ko 5:17+, maka Kristus menyelamatkan bangsa manusia.

Jerusalem: Rm 5:14 - gambaran Bdk 1Ko 10:6+. Kata Yunani itu (tipos) berarti: penyerupaan tetapi tidak sempurna. Perbandingan yang dimulai dalam Rom 5:12 terputus oleh Rom 5:13-14 ...

Bdk 1Ko 10:6+. Kata Yunani itu (tipos) berarti: penyerupaan tetapi tidak sempurna. Perbandingan yang dimulai dalam Rom 5:12 terputus oleh Rom 5:13-14 yang seolah-olah ditempatkan antar kurung. Perbandingan itu dalam Rom 5:15 berubah menjadi pertentangan yang memperlawankan Adam dan Kristus.

Jerusalem: Rm 5:15 - semua orang Harafiah: orang banyak, tetapi yang dimaksudkan benar-benar semua orang, bdk Rom 5:18; lihat Mat 20:28+.

Harafiah: orang banyak, tetapi yang dimaksudkan benar-benar semua orang, bdk Rom 5:18; lihat Mat 20:28+.

Jerusalem: Rm 5:19 - semua orang menjadi orang benar Ini tidak hanya dalam penghakiman terakhir (menurut Paulus pembenaran sekarang sudah terjadi, bdk Rom 1:5, dll) tetapi sekedar orang lahir kembali dal...

Ini tidak hanya dalam penghakiman terakhir (menurut Paulus pembenaran sekarang sudah terjadi, bdk Rom 1:5, dll) tetapi sekedar orang lahir kembali dalam Kristus Yesus.

Jerusalem: Rm 5:20 - hukum Taurat Harafiah: hukum, dengan tidak pakai kata sandang, jadi: tata hukum (Taurat).

Harafiah: hukum, dengan tidak pakai kata sandang, jadi: tata hukum (Taurat).

Ende: Rm 5:14 - -- Djalan pikiran Paulus disini: Sebelum hukum ada, njatalah semua orang mati, tetapi itu bukan lantaran pelanggaran mereka sendiri, sebab djuga orang-or...

Djalan pikiran Paulus disini: Sebelum hukum ada, njatalah semua orang mati, tetapi itu bukan lantaran pelanggaran mereka sendiri, sebab djuga orang-orang jang tak bersalah mati, misalnja anak-anak ketjil.

Ende: Rm 5:15-19 - -- Kerahiman Allah kepada orang jang pertjaja (Jang bertobat) djauh lebih besar dari pada "murka"Nja terhadap orang berdosa, sehingga Ia mengampuni denga...

Kerahiman Allah kepada orang jang pertjaja (Jang bertobat) djauh lebih besar dari pada "murka"Nja terhadap orang berdosa, sehingga Ia mengampuni dengan sepenuhnja, lalu memberi rahmat kebenaran selimpah-limpahnja.

Ende: Rm 5:19 - Ketaatan Bdl. Fili 2:8

Bdl. Fili 2:8

Ref. Silang FULL: Rm 5:14 - oleh Adam // akan datang · oleh Adam: Kej 3:11,12 · akan datang: 1Kor 15:22,45

· oleh Adam: Kej 3:11,12

· akan datang: 1Kor 15:22,45

Ref. Silang FULL: Rm 5:15 - satu orang // Yesus Kristus · satu orang: Rom 5:12,18,19 · Yesus Kristus: Kis 15:11

· satu orang: Rom 5:12,18,19

· Yesus Kristus: Kis 15:11

Ref. Silang FULL: Rm 5:17 - orang, maut // akan hidup · orang, maut: Rom 5:12; Rom 5:12 · akan hidup: Yoh 10:10

· orang, maut: Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]

· akan hidup: Yoh 10:10

Ref. Silang FULL: Rm 5:18 - semua orang // beroleh pembenaran // untuk hidup · semua orang: Rom 5:12; Rom 5:12 · beroleh pembenaran: Rom 4:25; Rom 4:25 · untuk hidup: Yes 53:11

· semua orang: Rom 5:12; [Lihat FULL. Rom 5:12]

· beroleh pembenaran: Rom 4:25; [Lihat FULL. Rom 4:25]

· untuk hidup: Yes 53:11

Ref. Silang FULL: Rm 5:19 - satu orang // orang berdosa // oleh ketaatan · satu orang: Rom 5:12 · orang berdosa: Rom 3:9; Rom 3:9 · oleh ketaatan: Fili 2:8; Fili 2:8

· satu orang: Rom 5:12

· orang berdosa: Rom 3:9; [Lihat FULL. Rom 3:9]

· oleh ketaatan: Fili 2:8; [Lihat FULL. Fili 2:8]

Ref. Silang FULL: Rm 5:20 - semakin banyak // menjadi berlimpah-limpah · semakin banyak: Rom 3:20; 7:7,8; Gal 3:19 · menjadi berlimpah-limpah: Rom 6:1; 1Tim 1:13,14

· semakin banyak: Rom 3:20; 7:7,8; Gal 3:19

· menjadi berlimpah-limpah: Rom 6:1; 1Tim 1:13,14

Ref. Silang FULL: Rm 5:21 - alam maut // kasih karunia // yang kekal · alam maut: Rom 5:12,14; Rom 6:16; Rom 6:16 · kasih karunia: Rom 3:24; Rom 3:24 · yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46

· alam maut: Rom 5:12,14; Rom 6:16; [Lihat FULL. Rom 6:16]

· kasih karunia: Rom 3:24; [Lihat FULL. Rom 3:24]

· yang kekal: Mat 25:46; [Lihat FULL. Mat 25:46]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 5:14 - -- 5:14 Sungguhpun demikian maut berkuasa289 dari Adam sampai kepada Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa yang mirip dengan pelanggaran yang d...

5:14 Sungguhpun demikian maut berkuasa289 dari Adam sampai kepada Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa yang mirip dengan pelanggaran yang dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.

Walaupun pada zaman itu dosa orang tidak dicatat dalam Perjanjian Lama (atau dosa tidak diperhitungkan pada orang dengan cara yang sama dengan apa yang akan dipakai kelak) tetapi maut masih bertakhta sebagai raja zaman itu, walaupun mereka tidak melanggar hukum yang diilhamkan kepada mereka. Adanya kuasa maut membuktikan adanya dosa.

...Adam, yang adalah gambaran290 Dia yang akan datang.

Anak kalimat ini menjadi batu loncatan yang dipakai Paulus untuk melanjutkan penjelasan mengenai kesejajaran antara Adam dan Kristus. Tetapi kesejajaran ini begitu terbatas sehingga Paulus harus menguraikan ketidaksamaan antara Kristus dan Adam dalam pasal 5:15-17 sebelum dia berani menyelesaikan kesejajaran tersebut dalam pasal 5:18.

Adam... adalah gambaran Kristus justru karena pelanggaran Adam dapat dibandingkan dengan kasih karunia Kristus. Paulus tidak mengangkat Adam sebagai pemimpin manusia. Dia tidak menghormati Adam dalam nats ini.

Hagelberg: Rm 5:14 - -- 5:14 Sungguhpun demikian maut berkuasa289 dari Adam sampai kepada Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa yang mirip dengan pelanggaran yang d...

5:14 Sungguhpun demikian maut berkuasa289 dari Adam sampai kepada Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa yang mirip dengan pelanggaran yang dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.

Walaupun pada zaman itu dosa orang tidak dicatat dalam Perjanjian Lama (atau dosa tidak diperhitungkan pada orang dengan cara yang sama dengan apa yang akan dipakai kelak) tetapi maut masih bertakhta sebagai raja zaman itu, walaupun mereka tidak melanggar hukum yang diilhamkan kepada mereka. Adanya kuasa maut membuktikan adanya dosa.

...Adam, yang adalah gambaran290 Dia yang akan datang.

Anak kalimat ini menjadi batu loncatan yang dipakai Paulus untuk melanjutkan penjelasan mengenai kesejajaran antara Adam dan Kristus. Tetapi kesejajaran ini begitu terbatas sehingga Paulus harus menguraikan ketidaksamaan antara Kristus dan Adam dalam pasal 5:15-17 sebelum dia berani menyelesaikan kesejajaran tersebut dalam pasal 5:18.

Adam... adalah gambaran Kristus justru karena pelanggaran Adam dapat dibandingkan dengan kasih karunia Kristus. Paulus tidak mengangkat Adam sebagai pemimpin manusia. Dia tidak menghormati Adam dalam nats ini.

Hagelberg: Rm 5:1--8:39 - -- B. Dia yang Dibenarkan karena Iman akan Hidup 5:1-8:39 Dari 3:21 sampai 4:25 Paulus bersikap tegas untuk membuktikan bahwa pembenaran hanya dapat dipe...

B. Dia yang Dibenarkan karena Iman akan Hidup 5:1-8:39

Dari 3:21 sampai 4:25 Paulus bersikap tegas untuk membuktikan bahwa pembenaran hanya dapat diperoleh melalaui iman, tetapi dalam bagian ini dia bersemangat untuk menjelaskan hasil dari pembenaran karena iman.

Hasil pembenaran tersebut dapat dibagi empat, menurut Nygren.248 Dalam pasal 5 dijelaskan bahwa orang yang dibenarkan hidup bebas dari murka, dalam pasal 6 dia hidup bebas dari kuasa dosa, dalam pasal 7 bebas dari kuasa hukum Taurat, dan dalam pasal 8 bebas dari kuasa maut.

Kesatuan pasal 5-8 didukung dengan pengulangan satu anak kalimat dalam 5:1 dan ayat terakhir dalam pasal 5, pasal 6, pasal 7, dan pasal 8. Anak kalimat yang diulangi adalah "melalui (atau dalam) Tuhan kita Yesus Kristus." Urutan kata dalam anak kalimat ini tidak kaku, tidak persis sama, tetapi pengulangan kata-kata khidmat ini mengikat keempat pasal menjadi satu bagian, dan juga menyatakan bahwa setiap keempat pasal memiliki kesatuan sendiri.249

Pada tempat ini Paulus beralih dari hal pembenaran pada hal pendewasaan orang percaya. Tuhan Allah telah memperoleh pembenaran bagi kita, dengan satu persyaratan saja, yaitu iman. Lalu berdasarkan kebenaran itu kehidupan kita harus berubah. Kita harus, misalnya, "bermegah dalam harapan pada kemuliaan Allah." Tetapi sebaiknya maksud dari istilah "harus" ini dijelaskan lebih lanjut, karena ada penafsir yang berkata, "Ya, harus, dan kalau tidak, maka pembenaran orang hilang!" Ada juga teolog yang berkata, "Pembenaran itu tidak hilang, tetapi kalau kehidupan orang tidak berubah, maka kita tahu bahwa sebenarnya dia tidak pernah percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat." Tetapi itu bukan yang diuraikan oleh Rasul Paulus. Memang di balik istilah "harus" ada sanksi. "Kamu harus melakukan ini dan itu, atau aku akan...." Pasti ada sanksi terhadap ketidaktaatan, tetapi Paulus tidak memakai hukuman kekal sebagai sanksi kepada orang percaya.

Sebenarnya Paulus tidak suka memakai istilah "harus". Kalau kita mengamati pasal-pasal ini kita melihat bahwa dia hanya berkata "kita bermegah dalam harapan pada kemuliaan Allah." Inilah pola Rasul Paulus dalam Surat Roma. Dia mengemukakan apa yang wajar bagi kita dengan berkata, "Ya, inilah yang kita lakukan." Kalimat Paulus dibentuk seolah-olah kita semua melakukan apa yang wajar bagi orang percaya, walaupun dia mengerti bahwa kita sering berdosa, dan tidak melakukan apa yang pantas bagi orang percaya. Paulus tidak mau mengemukakan apa yang sudah terlalu nyata, yaitu bahwa memang orang yang sudah dibenarkan dapat berdosa. Mungkin dia tidak mau mengemukakan hal ini karena tidak ada gunanya. Kita sudah tahu bahwa kita dapat berdosa, dan kalau disebut dalam surat ini, maka orang akan berkata, "Ya, lihat, boleh saja kita berdosa! Paulus memperbolehkan dosa!"

Roma 5-8 menjelaskan bagaimana "melalui Tuhan kita Yesus Kristus" kita dapat hidup bebas dari kuasa-kuasa aiwn/aion lama, sehingga kita bertumbuh secara rohani dan mengenal Yesus Kristus.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 5:15 - -- 5:15 Tetapi bukanlah 'demikian dosa, demikian karunia'. Sebab, jika karena satu dosa maka orang banyak291 mati, lebih-lebih kasih karunia Allah dan2...

5:15 Tetapi bukanlah 'demikian dosa, demikian karunia'. Sebab, jika karena satu dosa maka orang banyak291 mati, lebih-lebih kasih karunia Allah dan292 pemberian itu yang didatangkan dengan kasih karunia satu orang manusia, yaitu Yesus Kristus, berkelimpahan kepada orang banyak.

Nygren293 menjelaskan bahwa walaupun Paulus ingin membentuk suatu perbandingan antara Adam dan Kristus, tetapi dia "gagal" dalam usaha itu, bukan karena perbandingan itu tidak tepat, tetapi karena di seluruh bumi tidak ada yang layak dibandingkan dengan Kristus. Hanya satu hal yang dapat dibandingkan dengan besarnya kasih karunia Kristus, yaitu besarnya dosa Adam. Tetapi perbandingan itupun gagal, karena kasih karunia Kristus tidak terbatas, sedangkan dosa Adam hanya "menjalar kepada semua orang" di dunia ini.

Salah satu unsur yang menggaris bawahi keterbatasan dari kesejajaran antara Kristus dan Adam adalah ketidak terbatasannya hasil ketaatan Kristus. Pemberian yang dimaksudkan adalah kebenaran, bahwa Allah membenarkan orang durhaka. Pemberian itu dilimpahkan kepada manusia. Kasih karunia Allah begitu melebihi maut sehingga Paulus segan membandingkan Kristus dan Adam. Nygren294 berkata, "Kalau peristiwa yang paling dahsyat yang dialami manusia- malah kalau dosa yang mendatangkan maut untuk semua orang- dibandingkan dengan berkat kasih karunia Allah, maka kasih karunia Allah masih menonjol sebagai sesuatu yang berkelimpahan."

Hagelberg: Rm 5:15 - -- 5:15 Tetapi bukanlah 'demikian dosa, demikian karunia'. Sebab, jika karena satu dosa maka orang banyak291 mati, lebih-lebih kasih karunia Allah dan2...

5:15 Tetapi bukanlah 'demikian dosa, demikian karunia'. Sebab, jika karena satu dosa maka orang banyak291 mati, lebih-lebih kasih karunia Allah dan292 pemberian itu yang didatangkan dengan kasih karunia satu orang manusia, yaitu Yesus Kristus, berkelimpahan kepada orang banyak.

Nygren293 menjelaskan bahwa walaupun Paulus ingin membentuk suatu perbandingan antara Adam dan Kristus, tetapi dia "gagal" dalam usaha itu, bukan karena perbandingan itu tidak tepat, tetapi karena di seluruh bumi tidak ada yang layak dibandingkan dengan Kristus. Hanya satu hal yang dapat dibandingkan dengan besarnya kasih karunia Kristus, yaitu besarnya dosa Adam. Tetapi perbandingan itupun gagal, karena kasih karunia Kristus tidak terbatas, sedangkan dosa Adam hanya "menjalar kepada semua orang" di dunia ini.

Salah satu unsur yang menggaris bawahi keterbatasan dari kesejajaran antara Kristus dan Adam adalah ketidak terbatasannya hasil ketaatan Kristus. Pemberian yang dimaksudkan adalah kebenaran, bahwa Allah membenarkan orang durhaka. Pemberian itu dilimpahkan kepada manusia. Kasih karunia Allah begitu melebihi maut sehingga Paulus segan membandingkan Kristus dan Adam. Nygren294 berkata, "Kalau peristiwa yang paling dahsyat yang dialami manusia- malah kalau dosa yang mendatangkan maut untuk semua orang- dibandingkan dengan berkat kasih karunia Allah, maka kasih karunia Allah masih menonjol sebagai sesuatu yang berkelimpahan."

Hagelberg: Rm 5:16 - -- 5:16 Dan bukanlah 'demikian hasil dosa satu orang, demikian pemberian itu.' Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan hukuman,...

5:16 Dan bukanlah 'demikian hasil dosa satu orang, demikian pemberian itu.' Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan hukuman, tetapi karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan kelakuan yang benar.

Kalimat pertama dalam pasal 5:16 mirip sekali dengan kalimat pertama dalam pasal 5:15. Paulus tetap menekankan perbedaan antara Kristus dan Adam dengan dua perbedaan yang besar. Yang pertama adalah, walaupun dapat dimengerti bahwa Allah menanggapi satu pelanggaran dengan penghukuman, tetapi tidak dapat dipahami bahwa banyak pelanggaran ditanggapi oleh Allah dengan penganugerahan karunia! Perbedaan yang ke dua adalah antara akibat perbuatan Adam dan Kristus. Adam menghasilkan hukuman,295 sedangkan Kristus menghasilkan kelakuan yang benar.296

Hagelberg: Rm 5:16 - -- 5:16 Dan bukanlah 'demikian hasil dosa satu orang, demikian pemberian itu.' Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan hukuman,...

5:16 Dan bukanlah 'demikian hasil dosa satu orang, demikian pemberian itu.' Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan hukuman, tetapi karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan kelakuan yang benar.

Kalimat pertama dalam pasal 5:16 mirip sekali dengan kalimat pertama dalam pasal 5:15. Paulus tetap menekankan perbedaan antara Kristus dan Adam dengan dua perbedaan yang besar. Yang pertama adalah, walaupun dapat dimengerti bahwa Allah menanggapi satu pelanggaran dengan penghukuman, tetapi tidak dapat dipahami bahwa banyak pelanggaran ditanggapi oleh Allah dengan penganugerahan karunia! Perbedaan yang ke dua adalah antara akibat perbuatan Adam dan Kristus. Adam menghasilkan hukuman,295 sedangkan Kristus menghasilkan kelakuan yang benar.296

Hagelberg: Rm 5:17 - -- 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut berkuasa melalui yang satu itu, lebih-lebih mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan297 p...

5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut berkuasa melalui yang satu itu, lebih-lebih mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan297 pemberian kebenaran, akan berkuasa dalam hidup melalui satu orang, yaitu Yesus Kristus.)

Pengertian Hodges298 tepat mengenai ayat ini. Di sini Paulus mengembangkan apa yang sudah diuraikan. Dalam pasal 5:14 "maut berkuasa", atau dengan kata lain manusia mengalami "hukuman", maka sangat masuk akal kalau kita yang sudah mengalami kelimpahan kasih karunia dapat berkuasa299 dalam hidup. Dengan demikian perbandingan hasil yang dikemukakan dalam pasal 5:16 dikembangkan. Paulus menceriterakan kemenangan yang disediakan bagi orang percaya. Dalam 5:16 hidup yang berkemenangan disebut "kelakuan yang benar". Jadi, manusia hidup di bawah kuasa dosa dan maut, tetapi orang yang menerima kasih karunia dari Tuhan Yesus dapat mengalahkan dosa dan maut, dan mereka dapat menang dalam hidup ini. Dalam pasal 5:10 Paulus sudah berkata bahwa kita "diselamatkan oleh hidupNya." Dalam pasal 1:17 dia berkata bahwa "orang yang benar karena iman akan hidup." Kata "akan hidup" dan kata akan300 berkuasa dalam hidup menunjuk pada hal yang sama, yaitu kehidupan yang berkemenangan.

Dengan kalimat ini penyisipan yang dimulai dengan pasal 5:13 ditutup.

Hagelberg: Rm 5:17 - -- 5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut berkuasa melalui yang satu itu, lebih-lebih mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan297 p...

5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut berkuasa melalui yang satu itu, lebih-lebih mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan297 pemberian kebenaran, akan berkuasa dalam hidup melalui satu orang, yaitu Yesus Kristus.)

Pengertian Hodges298 tepat mengenai ayat ini. Di sini Paulus mengembangkan apa yang sudah diuraikan. Dalam pasal 5:14 "maut berkuasa", atau dengan kata lain manusia mengalami "hukuman", maka sangat masuk akal kalau kita yang sudah mengalami kelimpahan kasih karunia dapat berkuasa299 dalam hidup. Dengan demikian perbandingan hasil yang dikemukakan dalam pasal 5:16 dikembangkan. Paulus menceriterakan kemenangan yang disediakan bagi orang percaya. Dalam 5:16 hidup yang berkemenangan disebut "kelakuan yang benar". Jadi, manusia hidup di bawah kuasa dosa dan maut, tetapi orang yang menerima kasih karunia dari Tuhan Yesus dapat mengalahkan dosa dan maut, dan mereka dapat menang dalam hidup ini. Dalam pasal 5:10 Paulus sudah berkata bahwa kita "diselamatkan oleh hidupNya." Dalam pasal 1:17 dia berkata bahwa "orang yang benar karena iman akan hidup." Kata "akan hidup" dan kata akan300 berkuasa dalam hidup menunjuk pada hal yang sama, yaitu kehidupan yang berkemenangan.

Dengan kalimat ini penyisipan yang dimulai dengan pasal 5:13 ditutup.

Hagelberg: Rm 5:18 - -- 5:18 Maka301 sama seperti akibat dosa satu orang302 adalah hukuman bagi semua manusia, demikian pula akibat kelakuan benar satu orang bagi semua manu...

5:18 Maka301 sama seperti akibat dosa satu orang302 adalah hukuman bagi semua manusia, demikian pula akibat kelakuan benar satu orang bagi semua manusia adalah pembenaran hidup.

Di sini Paulus kembali kepada apa yang mau dikatakan dalam pasal 5:12, tetapi saat itu belum bisa karena dia tidak mau orang berpikir bahwa Adam layak dibandingkan dengan Kristus. Sekarang dia sudah menjelaskan bahwa Kristus jauh lebih mulia dari pada Adam, sehingga dia berani menyelesaikan perbandingan. Dalam pasal 5:17 dia sudah berkata bahwa orang percaya, orang yang sudah menerima "pemberian kebenaran" dapat "berkuasa dalam hidup", dengan arti bahwa mereka dapat mengalahkan dosa yang dulunya bertakhta dalam hidup mereka. Sekarang dia berkata bahwa Kristus telah menyediakan pembenaran hidup bagi mereka. Dengan demikian dia menyatukan dua gagasan yang sudah dikemukakan dalam 5:17, yaitu pembenaran dan kuasa dalam hidup ini. Dengan kata lain, kita tidak dibenarkan lalu dibiarkan saja. Kita dibenarkan dan ditolong untuk hidup dengan "berkelimpahan" (5:15 dan 5:17).

Mungkin kalau orang tertentu membaca ayat ini, dan hanya ayat ini, dalam Perjanjian Baru, mereka akan berkata bahwa semua manusia diselamatkan karena salib Kristus. Dia harus membaca Alkitab karena Alkitab mengajar dengan jelas bahwa orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat tidak dibenarkan, dan tidak diampuni. Juga, ternyata kata bagi303 dalam ayat ini berarti "kepada", sehingga kita mengerti bahwa ayat ini berarti Tuhan menyediakan pembenaran bagi semua orang, tetapi orang yang tidak percaya pada Kristus tidak menerima apa yang disediakan bagi mereka.

Pasal 5:18 meringkaskan maksud Paulus dalam bagian ini. Oleh karena dosa Adam yang ada hanya "perbudakan sebagai hukuman"304, yaitu pengalaman manusia dalam Roma pasal 1, tetapi oleh karena salib Kristus ada pembenaran yang membawa kepada hidup yang sejati, kemenangan atas kuasa dosa yang bertakhta dalam Aiwn/Aion Adam.

Hagelberg: Rm 5:18 - -- 5:18 Maka301 sama seperti akibat dosa satu orang302 adalah hukuman bagi semua manusia, demikian pula akibat kelakuan benar satu orang bagi semua manu...

5:18 Maka301 sama seperti akibat dosa satu orang302 adalah hukuman bagi semua manusia, demikian pula akibat kelakuan benar satu orang bagi semua manusia adalah pembenaran hidup.

Di sini Paulus kembali kepada apa yang mau dikatakan dalam pasal 5:12, tetapi saat itu belum bisa karena dia tidak mau orang berpikir bahwa Adam layak dibandingkan dengan Kristus. Sekarang dia sudah menjelaskan bahwa Kristus jauh lebih mulia dari pada Adam, sehingga dia berani menyelesaikan perbandingan. Dalam pasal 5:17 dia sudah berkata bahwa orang percaya, orang yang sudah menerima "pemberian kebenaran" dapat "berkuasa dalam hidup", dengan arti bahwa mereka dapat mengalahkan dosa yang dulunya bertakhta dalam hidup mereka. Sekarang dia berkata bahwa Kristus telah menyediakan pembenaran hidup bagi mereka. Dengan demikian dia menyatukan dua gagasan yang sudah dikemukakan dalam 5:17, yaitu pembenaran dan kuasa dalam hidup ini. Dengan kata lain, kita tidak dibenarkan lalu dibiarkan saja. Kita dibenarkan dan ditolong untuk hidup dengan "berkelimpahan" (5:15 dan 5:17).

Mungkin kalau orang tertentu membaca ayat ini, dan hanya ayat ini, dalam Perjanjian Baru, mereka akan berkata bahwa semua manusia diselamatkan karena salib Kristus. Dia harus membaca Alkitab karena Alkitab mengajar dengan jelas bahwa orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Juruselamat tidak dibenarkan, dan tidak diampuni. Juga, ternyata kata bagi303 dalam ayat ini berarti "kepada", sehingga kita mengerti bahwa ayat ini berarti Tuhan menyediakan pembenaran bagi semua orang, tetapi orang yang tidak percaya pada Kristus tidak menerima apa yang disediakan bagi mereka.

Pasal 5:18 meringkaskan maksud Paulus dalam bagian ini. Oleh karena dosa Adam yang ada hanya "perbudakan sebagai hukuman"304, yaitu pengalaman manusia dalam Roma pasal 1, tetapi oleh karena salib Kristus ada pembenaran yang membawa kepada hidup yang sejati, kemenangan atas kuasa dosa yang bertakhta dalam Aiwn/Aion Adam.

Hagelberg: Rm 5:19 - -- 5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang, banyak305 telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang, banyak menjadi o...

5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang, banyak305 telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang, banyak menjadi orang benar.

Menurut Hodges306 istilah menjadi307 dalam ayat ini berarti bahwa waktu kita dibenarkan kita diberi status "benar" di hadapan Tuhan Allah, dan juga kita diubahkan supaya melakukan yang benar juga, seperti apa yang dikatakan dalam Galatia 2:20 dan I Yohanes 3:9. Menurut Cranfield308 dan Dunn309 kita hanya diberi status "benar".

Hagelberg: Rm 5:19 - -- 5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang, banyak305 telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang, banyak menjadi o...

5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang, banyak305 telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang, banyak menjadi orang benar.

Menurut Hodges306 istilah menjadi307 dalam ayat ini berarti bahwa waktu kita dibenarkan kita diberi status "benar" di hadapan Tuhan Allah, dan juga kita diubahkan supaya melakukan yang benar juga, seperti apa yang dikatakan dalam Galatia 2:20 dan I Yohanes 3:9. Menurut Cranfield308 dan Dunn309 kita hanya diberi status "benar".

Hagelberg: Rm 5:20 - -- 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran bertambah banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-...

5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran bertambah banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah

Dengan adanya hukum Taurat, maka dosa bertambah banyak. Kalau ada hukum yang berkata, "Jangan melihat ke arah sana" maka kita akan melihat, justru ke arah yang terlarang. Demikianlah hakekat hukum. Hukum dan peraturan tidak mengantar kuasa untuk mentaatinya.310

Tetapi, Paulus menjelaskan, biarlah dosa bertambah banyak, karena pada saat itu kasih karunia menjadi berlimpah-limpah.311

Dengan tambahan ini mengenai hukum Taurat, ada kesan yang meyakinkan bahwa Roma 5:12-21 merupakan ringkasan yang cukup lengkap dari Roma 1-8. Memang, apa yang dikatakan di sini mengenai hukum Taurat sesuai dengan apa yang sudah dikatakan dalam Roma 2.

Hagelberg: Rm 5:20 - -- 5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran bertambah banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-...

5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran bertambah banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah

Dengan adanya hukum Taurat, maka dosa bertambah banyak. Kalau ada hukum yang berkata, "Jangan melihat ke arah sana" maka kita akan melihat, justru ke arah yang terlarang. Demikianlah hakekat hukum. Hukum dan peraturan tidak mengantar kuasa untuk mentaatinya.310

Tetapi, Paulus menjelaskan, biarlah dosa bertambah banyak, karena pada saat itu kasih karunia menjadi berlimpah-limpah.311

Dengan tambahan ini mengenai hukum Taurat, ada kesan yang meyakinkan bahwa Roma 5:12-21 merupakan ringkasan yang cukup lengkap dari Roma 1-8. Memang, apa yang dikatakan di sini mengenai hukum Taurat sesuai dengan apa yang sudah dikatakan dalam Roma 2.

Hagelberg: Rm 5:21 - -- 5:21 supaya312, sama seperti dosa berkuasa dalam alam313 maut, demikian juga kasih karunia berkuasa314 melalui kebenaran ke dalam hidup kekal melalui...

5:21 supaya312, sama seperti dosa berkuasa dalam alam313 maut, demikian juga kasih karunia berkuasa314 melalui kebenaran ke dalam hidup kekal melalui Yesus Kristus, Tuhan kita.

Kasih karunia berlimpah-limpah untuk meniadakan kuasa dosa, dan untuk berkuasa sendiri, melalui kebenaran yang sudah diberikan kepada kita, sehingga kita dapat menikmati hidup kekal,315 atau hidup dari aiwn/aion hidup.

Kontras ini, antara maut dan hidup dalam pengalaman kita, akan dikembangkan dalam pasal 6:23, sebuah ayat yang dipakai untuk menutup pasal 6.

Tetapi kita masih belum mengerti bagaimana caranya di mana kasih karunia berkuasa dalam hidup kita. Kalau dosa, kita sudah mengerti dari Roma pasal 1 bagaimana caranya dosa berkuasa atas orang yang berdosa. Dosa bertakhta sama seperti seorang diktator. Apakah kasih karunia mau bertakhta dengan cara yang sama? Tidak. Tetapi Paulus belum menguraikan hal ini kepada kita.

Yang jelas adalah bahwa kasih karunia mau bertakhta dalam hidup kita hanya melalui Yesus Kristus, Tuhan kita. Tidak melalui upacara, tetapi melalui pribadi Yesus Kristus. Inipun masih harus diceriterakan lebih lanjut oleh Rasul Paulus. Dan kita yakin dia akan menjelaskannya, karena anak kalimat ini diulangi pada akhir pasal 6, 7, dan 8, bukan sebagai liturgi saja, tetapi karena hubungan pribadi kita dengan Tuhan Yesus merupakan kunci realisasi kemenangan kasih karunia atas dosa dan maut.

Hagelberg: Rm 5:21 - -- 5:21 supaya312, sama seperti dosa berkuasa dalam alam313 maut, demikian juga kasih karunia berkuasa314 melalui kebenaran ke dalam hidup kekal melalui...

5:21 supaya312, sama seperti dosa berkuasa dalam alam313 maut, demikian juga kasih karunia berkuasa314 melalui kebenaran ke dalam hidup kekal melalui Yesus Kristus, Tuhan kita.

Kasih karunia berlimpah-limpah untuk meniadakan kuasa dosa, dan untuk berkuasa sendiri, melalui kebenaran yang sudah diberikan kepada kita, sehingga kita dapat menikmati hidup kekal,315 atau hidup dari aiwn/aion hidup.

Kontras ini, antara maut dan hidup dalam pengalaman kita, akan dikembangkan dalam pasal 6:23, sebuah ayat yang dipakai untuk menutup pasal 6.

Tetapi kita masih belum mengerti bagaimana caranya di mana kasih karunia berkuasa dalam hidup kita. Kalau dosa, kita sudah mengerti dari Roma pasal 1 bagaimana caranya dosa berkuasa atas orang yang berdosa. Dosa bertakhta sama seperti seorang diktator. Apakah kasih karunia mau bertakhta dengan cara yang sama? Tidak. Tetapi Paulus belum menguraikan hal ini kepada kita.

Yang jelas adalah bahwa kasih karunia mau bertakhta dalam hidup kita hanya melalui Yesus Kristus, Tuhan kita. Tidak melalui upacara, tetapi melalui pribadi Yesus Kristus. Inipun masih harus diceriterakan lebih lanjut oleh Rasul Paulus. Dan kita yakin dia akan menjelaskannya, karena anak kalimat ini diulangi pada akhir pasal 6, 7, dan 8, bukan sebagai liturgi saja, tetapi karena hubungan pribadi kita dengan Tuhan Yesus merupakan kunci realisasi kemenangan kasih karunia atas dosa dan maut.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 5:6-21 - Adam yang Pertama dan Kedua; Pengaruh Kasih Karunia Adam yang Pertama dan Kedua; Pengaruh Kasih Karunia (Roma 5:6-21) ...

SH: Rm 5:12-21 - Kristus melebihi Adam. (Sabtu, 20 Mei 1998) Kristus melebihi Adam. Kristus melebihi Adam. Asal muasal dosa di dunia ini bermula dari keinginan man...

SH: Rm 5:12-21 - Dua garis kemanusiaan (Sabtu, 3 Juni 2006) Dua garis kemanusiaan Judul: Dua garis kemanusiaan Semua orang dalam dunia ini berasal dari nenek ...

SH: Rm 5:12-21 - Ikut Adam atau Kristus? (Jumat, 15 Mei 2009) Ikut Adam atau Kristus? Judul: Ikut Adam atau Kristus? Paulus membandingkan Adam dan Kristus sebagai w...

SH: Rm 5:12-21 - Kasih karunia melumpuhkan dosa (Sabtu, 21 April 2012) Kasih karunia melumpuhkan dosa Judul: Kasih karunia melumpuhkan dosa Bagi manusia berlaku pepatah "sej...

SH: Rm 5:12-21 - Adam vs Kristus (Sabtu, 22 Oktober 2016) Adam vs Kristus Secara geografis, Israel memiliki dua laut yang sangat kontras, yaitu Laut Galilea (di sebelah Ut...

SH: Rm 5:12-21 - Curiga kepada Allah? (Selasa, 28 Juni 2022) Curiga kepada Allah? Meragukan Allah adalah bagian dari natur manusia setelah kejatuhan. Kita sering mempertanyak...

Utley: Rm 5:12-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 5:12-14...

Utley: Rm 5:15-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 5:15-17...

Utley: Rm 5:18-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 5:18-21...

Topik Teologia: Rm 5:14 - -- Yesus Kristus Adam Rom 5:14 ...

Topik Teologia: Rm 5:15 - -- Yesus Kristus Paulus Menyebut-Nya Seorang Manusia Kis 17:31 ...

Topik Teologia: Rm 5:16 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

Topik Teologia: Rm 5:17 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

Topik Teologia: Rm 5:18 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

Topik Teologia: Rm 5:19 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

Topik Teologia: Rm 5:20 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

Topik Teologia: Rm 5:21 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Paulus Menyebut-Nya Seorang ...

TFTWMS: Rm 5:12-14 - Adam Dan Kristus Diperkenalkan Adam Dan Kristus Diperkenalkan (Roma 5:12-14) 12 Sebab itu, sama se...

TFTWMS: Rm 5:15-17 - Perbedaan Adam Dan Kristus Perbedaan Adam Dan Kristus (Roma 5:15-17) 15 Tetapi karunia Allah t...

TFTWMS: Rm 5:18-21 - Perbandingan Adam Dan Kristus Perbandingan Adam Dan Kristus (Roma 5:18-21) 18 Sebab itu, sama sep...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) "Oleh Satu Orang" (Roma 5:12-21) Jika sebuah rambu jalan ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 5 JEMBATAN: BERKAT DAMAI SEJAHTERA Bagaima...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Letter to the Romans, rev. ed., The Daily Study Bible (Philadelphi...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.16 detik
dipersembahkan oleh YLSA