Teks -- Zakharia 4:3-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Za 4:3 - (DUA) POHON ZAITUN.
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat
Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[a...
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[atau ref. Hag 1:1]
- 1) Pohon melambangkan sumber minyak yang tidak pernah habis; kedua pemimpin itu harus menuntun umat itu kepada hidup yang dimungkinkan oleh kuasa Roh Kudus (ayat Za 4:12).
- 2) Demikian, kedua pohon itu melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat Yesus Kristus sendiri. Dialah yang membaptis dalam Roh Kudus, dan semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.
Full Life: Za 4:6 - BUKAN DENGAN KEPERKASAAN DAN BUKAN DENGAN KEKUATAN, MELAINKAN DENGAN ROH-KU.
Nas : Za 4:6
Sekalipun berita ini disampaikan kepada Zerubabel, itu dapat
diterapkan kepada semua orang percaya (bd. 2Tim 3:16). Kekuatan
senjata, ...
Nas : Za 4:6
Sekalipun berita ini disampaikan kepada Zerubabel, itu dapat diterapkan kepada semua orang percaya (bd. 2Tim 3:16). Kekuatan senjata, kuasa politik atau kekuatan manusia tidak dapat melaksanakan pekerjaan Allah; kita hanya dapat melaksanakan pekerjaan-Nya jikalau kita diberi kuasa oleh Roh Kudus (bd. Hak 6:34; Yes 31:3). Yesus memulai pelayanan-Nya dengan kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18), dan gereja diberi kuasa oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Hanya jikalau Roh Kudus terus memerintah dan menguasakan hidup kita barulah kita dapat melaksanakan kehendak Allah bagi kita; inilah sebabnya Yesus membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus
(lihat cat. --> Luk 3:16).
[atau ref. Luk 3:16]
Full Life: Za 4:7 - GUNUNG YANG BESAR.
Nas : Za 4:7
Kesulitan yang tampaknya sebesar gunung dapat diatasi dengan kuasa
Roh Kudus yang bekerja melalui kita. Sebaliknya, ketika manifestasi...
Nas : Za 4:7
Kesulitan yang tampaknya sebesar gunung dapat diatasi dengan kuasa Roh Kudus yang bekerja melalui kita. Sebaliknya, ketika manifestasi Roh Kudus tidak ada di antara umat Allah, maka perlawanan terhadap pekerjaan Tuhan dan persoalan-persoalan rohani akan membuat mereka kewalahan
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).
Full Life: Za 4:10 - SIAPA YANG MEMANDANG HINA HARI PERISTIWA-PERISTIWA YANG KECIL?
Nas : Za 4:10
Yang dilakukan umat itu bagi kalangan tertentu kelihatan tidak
penting; akan tetapi, tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan dalam kuas...
Nas : Za 4:10
Yang dilakukan umat itu bagi kalangan tertentu kelihatan tidak penting; akan tetapi, tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan dalam kuasa dan dengan berkat Roh Allah yang tidak penting, sebaliknya itu memiliki nilai dan kepentingan kekal.
BIS -> Za 4:10
Jerusalem: Za 4:6 - Katanya Sebaik-baiknya Zak 4:10-14 di tempatkan di sini dan Zak 4:6 (inilah firman TUHAN... ) -Zak 4:9 dibaca sesudah Zak 4:14. Zak 4:10-14 merupakan suatu nu...
Sebaik-baiknya Zak 4:10-14 di tempatkan di sini dan Zak 4:6 (inilah firman TUHAN... ) -Zak 4:9 dibaca sesudah Zak 4:14. Zak 4:10-14 merupakan suatu nubuat khusus mengenai Zerubabel.
Jerusalem: Za 4:7 - gunung yang besar Gunung itu kiranya timbunan puing. Dari orang menggali batu penjuru (batu utama) bait Allah yang lama, bdk Zak 4:9-10.
Gunung itu kiranya timbunan puing. Dari orang menggali batu penjuru (batu utama) bait Allah yang lama, bdk Zak 4:9-10.
Jerusalem: Za 4:10 - peristiwa-peristiwa yang kecil Ialah peletakan batu dasar bait Allah oleh Zerubabel yang juga akan menyelesaikan pembangunan bait Allah dengan meletakkan batu yang disebut dalam Zak...
Ialah peletakan batu dasar bait Allah oleh Zerubabel yang juga akan menyelesaikan pembangunan bait Allah dengan meletakkan batu yang disebut dalam Zak 4:7
Jerusalem: Za 4:10 - batu pilihan Dalam naskah Ibrani tertulis: timah hitam. Yang dimaksudkan mungkin: tali unting-unting
Dalam naskah Ibrani tertulis: timah hitam. Yang dimaksudkan mungkin: tali unting-unting
Jerusalem: Za 4:10 - mata TUHAN Tujuh pelita, Zak 4:2, itu mengibaratkan pengetahuan Tuhan yang merangkum segala sesuatu.
Tujuh pelita, Zak 4:2, itu mengibaratkan pengetahuan Tuhan yang merangkum segala sesuatu.
Harafiah: emas. Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: minyak.
Jerusalem: Za 4:14 - Inilah kedua orang... Manusia kerap kali dibandingkan dengan pohon, bdk Yer 11:19; Maz 1:3; Ayu 29:19; Yeh 31
Jerusalem: Za 4:14 - orang yang diurapi Harafiah: anak-anak minyak. Yang dimaksud ialah Yosua yang memegang kekuasaan rohani dan Zerubabel yang memegang kuasa keduniaan. Yosua sebagai imam b...
Harafiah: anak-anak minyak. Yang dimaksud ialah Yosua yang memegang kekuasaan rohani dan Zerubabel yang memegang kuasa keduniaan. Yosua sebagai imam besar sudah diurapi, Ima 4:3,5,16 sedangkan Zerubabel diharapkan akan diurapi menjadi raja. Begitu digenapi nubuat, Yer 33:14-18; di zaman keselamatan kedua kuasa itu bersatu padu.
Ende: Za 4:6 - -- Ajat2 6b-10a (Zak 4:6-10) memutuskan djalan pikiran dan karenanja
dipindahkan (aj.14)(Zak 4:14).
Ajat2 6b-10a (Zak 4:6-10) memutuskan djalan pikiran dan karenanja dipindahkan (aj.14)(Zak 4:14).
ialah tenaga ilahi, jang menolong Zerubabel dalam pembangunan Bail = Allah.
Ende: Za 4:7 - gunung besar ialah timbunan puing baitullah jang lama. Zerubabel
"meratakannja" dengan membangun baitullah jang baru.
ialah timbunan puing baitullah jang lama. Zerubabel "meratakannja" dengan membangun baitullah jang baru.
Ende: Za 4:7 - Batu pokok ialah batu pertama baitullah jang baru. Itu diletakkan oleh
Zerubabel, hal mana sangat menggembirakan rakjat.
ialah batu pertama baitullah jang baru. Itu diletakkan oleh Zerubabel, hal mana sangat menggembirakan rakjat.
Ende: Za 4:10 - -- Ketudjuh pelita itu mengibaratkan penjelanggaraan chusus dari pihak
Jahwe untuk Bait-Allah.
Ketudjuh pelita itu mengibaratkan penjelanggaraan chusus dari pihak Jahwe untuk Bait-Allah.
Ende: Za 4:10 - hari perkara2 ketjil ialah permulaan pembangunan Bait-Allah jang
dihinakan oleh beberapa orang.
ialah permulaan pembangunan Bait-Allah jang dihinakan oleh beberapa orang.
Ende: Za 4:14 - -- Kedua pohon zaitun melambangkan Zerubabel dan imam Jesjua',jang dibawah
perlindungan Jahwe dan atas pilihanNja bertugas untuk memulihkan baitullah dan...
Kedua pohon zaitun melambangkan Zerubabel dan imam Jesjua',jang dibawah perlindungan Jahwe dan atas pilihanNja bertugas untuk memulihkan baitullah dan ibadahnja.
Ditinggalkan: "simpanan".
diperbaiki. Naskah Hibrani pakai mufrad.
diperbaiki. Tertulis: "emas".
Ref. Silang FULL: Za 4:3 - pohon zaitun · pohon zaitun: Za 4:11; Mazm 1:3; Mazm 1:3; Wahy 11:4; Wahy 11:4
Ref. Silang FULL: Za 4:6 - kepada Zerubabel // bunyinya: Bukan // dengan kekuatan // dengan roh-Ku · kepada Zerubabel: 1Taw 3:19; 1Taw 3:19; Ezr 5:2; Ezr 5:2
· bunyinya: Bukan: 1Sam 13:22; 1Sam 13:22; 1Raj 19:12; 1Raj 19:12
· de...
· kepada Zerubabel: 1Taw 3:19; [Lihat FULL. 1Taw 3:19]; Ezr 5:2; [Lihat FULL. Ezr 5:2]
· bunyinya: Bukan: 1Sam 13:22; [Lihat FULL. 1Sam 13:22]; 1Raj 19:12; [Lihat FULL. 1Raj 19:12]
· dengan kekuatan: 1Sam 2:9; [Lihat FULL. 1Sam 2:9]
· dengan roh-Ku: Neh 9:20; [Lihat FULL. Neh 9:20]; Yes 11:2-4; Dan 2:34; [Lihat FULL. Dan 2:34]; Hos 1:7
Ref. Silang FULL: Za 4:7 - tanah rata // batu utama // orang bersorak · tanah rata: Mazm 26:12; Mazm 26:12; Yer 51:25
· batu utama: Mazm 118:22; Mazm 118:22
· orang bersorak: 1Taw 15:28; 1Taw 15:28
· tanah rata: Mazm 26:12; [Lihat FULL. Mazm 26:12]; Yer 51:25
· batu utama: Mazm 118:22; [Lihat FULL. Mazm 118:22]
· orang bersorak: 1Taw 15:28; [Lihat FULL. 1Taw 15:28]
Ref. Silang FULL: Za 4:9 - meletakkan dasar // akan menyelesaikannya // mengutus aku · meletakkan dasar: Ezr 3:11; Ezr 3:11
· akan menyelesaikannya: Ezr 3:8; Ezr 6:15; Ezr 6:15; Za 6:12
· mengutus aku: Za 2:9; Za...
Ref. Silang FULL: Za 4:10 - hina hari // peristiwa-peristiwa // tangan Zerubabel // adalah mata · hina hari: Hag 2:24; Hag 2:24
· peristiwa-peristiwa: Hag 2:4
· tangan Zerubabel: Ezr 5:1; Ezr 5:1; Neh 12:1; Neh 12:1; Ayub 38:...
Ref. Silang FULL: Za 4:14 - yang diurapi · yang diurapi: Kel 29:7; 40:15; Mazm 45:8; Mazm 45:8; Yes 20:3; Yes 20:3; Dan 9:24-26; Dan 9:24 s/d 26
· yang diurapi: Kel 29:7; 40:15; Mazm 45:8; [Lihat FULL. Mazm 45:8]; Yes 20:3; [Lihat FULL. Yes 20:3]; Dan 9:24-26; [Lihat FULL. Dan 9:24] s/d 26