TOKOH: Gehazi
BIOTOKOH PL: GEHAZI
BROWNING: GEHAZI
ENSIKLOPEDIA: GEHAZI
Gehazi
Dalam versi-versi Alkitab:
Gehazi: BIS FAYH TB TLIbrani
Strongs #01522: yzxyg Geychaziy or yzxg Gechaziy
Gehazi = "valley of vision"1) the servant of Elisha
1522 Geychaziy gay-khah-zee'
or Gechaziy {gay-khah-zee'}; apparently from 1516 and 2372; valley of a visionary; Gechazi, the servant of Elisha: KJV -- Gehazi.see HEBREW for 01516
see HEBREW for 02372
GEHAZI [biotokoh pl]
Arti nama | : | PENYANGKAL, TUKANG INGKAR, TUKANG MENGURANGI |
Disebut pertama | : | 2 Raja-raja 4:12 |
Namanya disebut | : | 12 kali |
Kitab yang menyebut | : | 1 buku : 2 Raja-raja |
Pekerjaan | : | Pelayan utama dari Nabi Elisa - 2 Raja-raja 5:25-27 |
Terakhir disebut | : | 2 Raja-raja 8:5 |
Fakta penting | : | IA ADALAH PELAYAN ELISA YANG MENCOBA MENIPU DIA DENGAN CARA DIAM-DIAM MENERIMA PERSEMBAHAN/HADIAN DARI NAAMAN (RAJA- RAJA 5:21-25). |
GEHAZI [browning]
Bujang *Elise (2Raj. 4:12). Setelah Elise menyembuhkan *Naaman, panglima raja *Aram yang menderita sakit kusta, Gehazi secara tidak jujur mendapatkan upah atas penyembuhan itu, dan karena kejahatan tersebut ia ditimpa kusta (2Raj. 5:27).
GEHAZI [ensiklopedia]
Hamba Elisa. Mungkin dialah 'hamba' yg tidak disebut namanya dalam 2 Raj 4:43 dan 'hamba' dalam 2 Raj 6:15. Tapi secara khusus namanya disebut pada tiga kesempatan.
Dalam 2 Raj 4 ia mengatakan bahwa Elisa patut memberi upah kepada perempuan Sunem dengan menjanjikan seorang anak laki-laki. Di kemudian hari ia mengambil tongkat Elisa, meletakkannya di atas anak yg telah meninggal dengan harapan dapat mengembalikan nafas anak itu, namun sia-sia.
Dalam 2 Raj 5, Elisa menolak menerima hadiah dari Naaman yg sembuh dari penyakit kustanya. Gehazi memperoleh hadiah-hadiah itu bagi dirinya sendiri atas alasan-alasan palsu. Sebagai hukumannya Gehazi kena penyakit kusta Naaman. Kusta dalam 2 Raj 5:27 dapat dibandingkan dengan jenis kusta dalam Im 13:12-13. Apabila penyakit kulit yg khas demikian, entah penyakit kulit apa pun itu, mengubah seluruh kulit menjadi putih, maka penderita masih 'bersih', dan tidak dikucilkan. Jadi Gehazi boleh tetap menjadi hamba Elisa.
Dalam 2 Raj 8:1-6 Gehazi menceritakan kepada raja Yoram tentang anak perempuan Sunem dihidupkan kembali. Sementara ia bercerita datanglah perempuan itu sendiri menghadap raja, memohon hak miliknya dipulihkan. JSW/JMP