: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Gidalti | Giddalti | Giddel | Gidel | Gideom | Gideon | Gideoni | Gidom | Gihon | Gilalai | Gilboa
Daftar Isi
GAMBAR: Gideon
GREEK: 1066 gedewn Gedeon
HEBREW: 1439 Nwedg Gid`own 3378 lebry Y@rubba`al 3380 tvbry Y@rubbesheth
BARCLAY: 1066
HAAG: Gideon Yerubaal
KECIL: Gideon
TOKOH: Gideon
BROWNING: GIDEON
ENSIKLOPEDIA: GIDEON YERUBAAL
BIOTOKOH PL: GIDION

Gideon

Dalam versi-versi Alkitab:

DJidxawn: LDKDR
Gedeon: ENDE
Gideon: BIS FAYH KL1870 SBDR TB TL WBTCDR
Gidion: BABA KL1863
seorang yang memotong. Hak 6:11; Ibr 11:32.
biarlah yang malu berbantah-bantah; nama lain untuk Yeru-Baal. 2Sam 11:21.

Gambar

Gideon: selebihnya..
Topik: Gideon Asks for a Sign; Gideon in Various Compositions; Other Portraits of Gideon; Portraits of Jotham, Son of Gideon; The Call of Gideon

Yunani

Strongs #1066: gedewn Gedeon

Gideon = "the cutter down"

1) a of the judge of Israel who delivered them from the Midianites

1066 Gedeon ghed-eh-own'

of Hebrew origin (1439); Gedeon (i.e. Gid(e)on), an Israelite: KJV -- Gedeon (in the King James Version).
see HEBREW for 01439

Ibrani

Strongs #01439: Nwedg Gid`own

Gideon = "hewer"

1) youngest son of Joash of the Abiezrites, fifth judge of Israel who
led the Israelites against the Midianites

1439 Gid`own ghid-ohn'

from 1438; feller (i.e. warrior); Gidon, an Israelite: KJV -- Gideon.
see HEBREW for 01438

Strongs #03378: lebry Y@rubba`al

Jerubbaal = "let Baal contend"

1) name given to Gideon by his father when he destroyed the altar of
Baal

3378 Yrubba`al yer-oob-bah'-al

from 7378 and 1168; Baal will contend; Jerubbaal, a symbol. name of Gideon: KJV -- Jerubbaal.
see HEBREW for 07378
see HEBREW for 01168

Strongs #03380: tvbry Y@rubbesheth

Jerubbesheth = "shame will contend"

1) a variant name of Jerubbaal (the other name of Gideon [03378])
substituting the word 'shame' for the name of the pagan god 'Baal'

3380 Yrubbesheth yer-oob-beh'-sheth

from 7378 and 1322; shame (i.e. the idol) will contend; Jerubbesheth, a symbol. name for Gideon: -Jerubbesheth.
see HEBREW for 07378
see HEBREW for 01322

[Barclay]

Strongs #1066:

[maskulin] Gideon (Ibr 11.32)

Gideon [haag]

Gideon. (Arti kata tersebut tidak jelas).

Seorang pahlawan dalam salah satu cerita mengenai seorang penyelamat pada Kitab para Hakim (Hak 6:1-8:35). Ia anak Yoas dari marga Abiezer di Manasye. Menurut tradisi yang lebih kuno, ia memobilisir marganya (Hak 6:34). Kemudian ia berangkat memerangi --> orang Midian dengan kekuatan 300 orang (Hak 7:7-8). Ia telah menangkap dan membunuh raja Zebah dan Salmuno (Hak 8:10-12,18-21). Di dalam tradisi yang lebih muda diungkapkan, bahwa pembalasan darah marga ini diperluas menjadi suatu maalah Isr. (Hak 6:35). Pasukan ~G berkekuatan 32.000 orang (Hak 7:3). Pada pihak musuh masih tergaung pula orang-orang --> Amalek dan "orang-orang dari Timur" (Hak 6:3,33; 7:12; bdk. Hak 8:10). Cerita penggalian ~G (Hak 6:11-18) terkaitkan pada cerita rakyat dari tempat kudus di Ofra (Hak 6:11,9-24) dan cerita rakyat dari sebuah tempat kudus yang tidak dikenal (Hak 6:25-31). Cerita tentang penyerangan orang Midian diperkaya dengan peristiwa Hak 7:24-8:3 dan Hak 8:4-9,13,17. Oleh persamaannya dengan --> Yerubaal (Hak 6:32; 7:1; 8:29), ~G dikaitkan dengan cerita --> Abimelek (Hak 9:1-57).

Yerubaal [haag]

Yerubaal. (Bhs. Ibr.: Semoga Baal menunjukkan dirinya agung).

Bapaknya --> Abimelekh. Pada Kitab Hak 6:32 nama itu ditambahkan pada --> Gideon, yang secara etimologi rakyat diartikan "semoga Baal berperang melawan dia" (Baal = Yahwe. Bdk.: 1Sam 12:11; 2Sam 11:21). Meskipun demikian Gideon baru disamakan dengan ~Y.,jauh di waktu berikutnya.

Gideon [kecil]

KS.- [PL] Hak 6:11-8:27
[PB] Ibr 11:32

Gideon [tokoh]

Gideon

Hakim; juga dipanggil Yerubaal; membebaskan orang Israel dari orang Midian (dalam Hak 6:1-8:35; Ibr 11:32).

Diberi tanda guntingan bulu (Hak 6:36-40).

GIDEON [browning]

Salah seorang *hakim (juga disebut Yerubaal, Hak. 6:32). Ia tersohor karena kesuksesan pasukannya melawan bangsa *Midian, yang mengembangkan wilayah ke arah barat. Gideon memilih sekelompok kecil prajurit, terdiri dari 300 orang, sebagai intelijen mereka (Hak. 7:7) dan dalam suatu serangan malam yang mengejutkan pasukan Gideon berhasil membuat orang-orang Midian kocar-kacir dan membunuh kedua pemuka mereka (Mzm. 83:11-12). Penolakannya untuk menjadi raja (Hak. 8: 23: bud. 1Sam 8:7) merupakan bagian dari alur tradisi anti-monarkhi. Lihat juga raja.

GIDEON [ensiklopedia]

(Ibrani gide'on, 'penebang, pemukul'). Putra Yoas, dari kaum Abiezer, dari suku Manasye (Hak 6:11,15), juga disebut Yerubaal. Hakim yg melepaskan Israel dari tangan orang Midian, suatu bangsa Beduin yg menguasai wilayah tengah Palestina (Hak 6-8).

Sewaktu Gideon sembunyi mengirik gandum karena takut terhadap orang Midian, malaikat Tuhan mendatangi dia dan menugasinya melepaskan bangsanya. Penugasan itu dikukuhkan dengan tanda ajaib (Hak 6:11-24). Tugas pertama yg dilakukan Gideon adalah memusnahkan mezbah Baal dan Asherah; sebagai akibatnya ia terancam, tapi selamat dan hukuman karena kelihaian ayahnya (Hak 6:25-32). Tantangan tugas Gideon adalah protes terhadap pembauran ibadah kepada Yahweh dan pemujaan kepada Baal. Tindakan ini dikaitkan dengan pemberian nama Yerubaal (yerubba'al) kepada Gideon, yg mengandung makna jamak seperti 'Baal berjuang', 'Baal mendirikan', atau 'kiranya Baal memberikan pertambahan'. Ada yg mengatakan bahwa nama Yerubaal itu telah menjadi nama Gideon sebelumnya, yg memantulkan sinkretisme yg berlaku, namun dalam makna baru setelah perbuatan menentang pemujaan patung berhala (bnd F. F Bruce, The New Bible Commentary, 1954, hlm 245; R Kittel, Great Men and Movements in Israel, 1929, hlm 65). Dalam 2 Sam 11:21 ia tampil sebagai Yerubeset (yerubbesyet), menggantikan nama Baal yg tidak disukai karena berarti 'hina'.

Serangan orang Midian yg berikutnya mendorong Gideon mengerahkan suku-suku Manasye, Asyer, Zebulon dan Naftali. Penugasannya sebagai pemimpin dikukuhkan dengan tanda ajaib bulu domba. Atas perintah Allah ia mengurangi pasukannya dari 32.000 menjadi 300, dan ia menerima keyakinan pribadi dalam suatu pengintaian rahasia, pada saat mana Gideon mendengar seorang tentara Midian menceritakan mimpinya tentang kekalahan mereka. Gideon melancarkan serangan mendadak pada waktu malam, yg mematahkan semangat musuh dan mengacaukan mereka sehingga lari mengundurkan diri (Hak 6:33-7:25).

Sewaktu suku Efraim diperintahkan maju menyempurnakan kemenangan (Hak 7:24), mereka tersinggung dan marah karena tidak dilibatkan dari semula. Tapi kemarahan mereka diredakan oleh ucapan Gideon yg bijaksana (Hak 8:1-3). Kemudian Gideon mengejar Zebah dan Salmuna, raja-raja Midian, dipacu oleh ingatan akan saudara-saudaranya yg mati di tangan mereka. Penduduk kota Sukot dan Pnuel menolak membantu Gideon, karena itu ia menghukum mereka kemudian. Ketika akhirnya ia berhasil menangkap raja-raja itu, ia sendiri membunuh mereka (Hak 8:4-21).

Setelah kemenangan itu Gideon diminta untuk mendirikan suatu kerajaan turun temurun, tapi ia menolak. Namun ia menerima anting-anting emas dari hasil jarahan perang, dan dengan itu ia membuat sebuah 'efod' (mungkin bercitra Yahweh). Efod itu ia tempatkan di Ofra, kotanya, tapi di kemudian hari menjadi sumber kemurtadan (Hak 8:22-27).

Midian dikalahkan secara telak, dan Israel tenteram selama sisa hidup Gideon. Kehidupan akhir Gideon adalah masa tua yg damai tenteram. Sayang seorang di antara anaknya, Abimelekh, terkenal buruknya (Hak 8:28-32).

Ibrani 11:32 menempatkan Gideon di antara pahlawan iman. Ia lebih mempercayai Allah ketimbang pasukan tentara yg besar. Ia meraih kemenangan besar dengan hanya sepasukan kecil tentara, membuktikan bahwa Allah yg memprakarsai semuanya. 'Hari kekalahan Midian', agaknya menjadi pepatah yg mengungkapkan pembebasan oleh Tuhan tanpa pertolongan manusia (Yes 9:4). Kerendahan hati Gideon juga khas, dan penolakannya untuk diangkat menjadi raja membuktikan kenyataan bahwa yg tepat dan serasi bagi Israel adalah teokrasi (Hak 8:23).

KEPUSTAKAAN. Commentaries oleh G. F Moore (ICC), 1895; G. A Cooke (CBSC), 1918; C. F Burney, 1930; H. W Hertzberg (Das Alte Testament Deutsch), 1953. Fleming James, Personalities of the Old Testament, 1947. JGGN/JMP

YERUBAAL [ensiklopedia]

Lihat GIDEON.

GIDION [biotokoh pl]

Arti nama:PEJUANG PERKASA
AyahYoas - Hakim-hakim 6:11.
Anak laki-laki71, dua diantaranya bernama Abimeleks dan Yotam (Hakim-hakim 9:1, 5).
Disebut pertamaHakim-hakim 6:11.
Namanya disebut40 kali.
Kitab yang menyebut2 buku : Hakim -hakim, Ibrani.
PekerjaanTentara, Hakim (Hakim-hakim 6:14; 8:28).
Tempat kelahiranOfra - Hakim-hakim 6:11, 12; 8:27.
Terakhir disebutIbrani 11:32.
Fakta pentingIA MENGALAHKAN MUSUH YANG BANYAK HANYA DENGAN 300 ORANG (HAKIM-HAKIM 7:22; 8 10-12).
[+] Bhs. Inggris



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.16 detik
dipersembahkan oleh YLSA