Daftar Isi
GREEK: 2430 Ikonion Ikonion
BARCLAY: 2430
KECIL: Ikonium
BROWNING: IKONIUM
ENSIKLOPEDIA: IKONIUM

Ikonium

Kis 13:51.
NETBible Maps:
JP1 E2
JP2 E2
JP3 E2
JP4 E2
Indo10 G3
NT2 C2

Peta Google: Ikonium (37° 53´, 32° 29´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Ikonium

Yunani

Strongs #2430: Ikonion Ikonion

Iconium = "little image"

1) a famous city of Asia Minor, which was the capital of Lycaonia

2430 Ikonion ee-kon'-ee-on

perhaps from 1504; image-like; Iconium, a place in Asia Minor: KJV -- Iconium.
see GREEK for 1504

[Barclay]

Strongs #2430:

ou [neuter] Ikonium

Ikonium [kecil]

KS.- [PB] Kis 13:51-14:6; 14:9,21; 16:2; 2Tim 3:11

IKONIUM [browning]

Kota *Frigia, di *Asia Kecil, biasanya berada di bawah kekuasaan asing. Kota ini dan bagian tengah Asia Kecil yang kemudian dikenal sebagai *Galatia, direbut oleh orang *Gaul pada 278 sM. Pada 25 sM, seluruh Galatia menjadi provinsi Romawi. Dalam Kis. 13, dikatakan bahwa Ikonium dan kota-kota tetangganya yang lain masuk wilayah Galatia, dan dikatakan bahwa Paulus dan *Barnabas telah menikmati beberapa keberhasilan sebelum diusir karena friksi yang mereka timbulkan di antara penduduk campuran Yahudi dan *bukan Yahudi. Mereka kembali ke Ikonium dua kali (Kis. 14:1-23; 16:1-6, pada 49 dan 50 M). Surat Paulus kepada jemaat-jemaat Galatia mungkin termasuk pula untuk jemaat Ikonium sebagai salah satu penerimanya. Pada abad kedua M, apokrif Kisah Rasul Paulus dan Thecla ditulis di Ikonium.

IKONIUM [ensiklopedia]

Kota di Asia Kecil, disebut dalam Kis 13:15; 14 dan 2 Tim 3:11 sebagai tempat peristiwa kesengsaraan Paulus, dan dalam Kis 16:2 sebagai tempat di mana Timotius diangkat menjadi teman seperjalanan Paulus. Kota ini berdiri di pinggir dataran tinggi, daerahnya diairi dengan baik, hasilnya banyak dan makmur. Mulanya daerah itu masuk Frigia dan bernama Kawania; agama masyarakatnya Frigiani sampai masa Romawi, yakni menyembah satu ibu dewi dan imam-imamnya orang kasim.

Setelah beberapa thn menjadi kota terpenting di daerah Likaonia, dan melewati beraneka ragam pergolakan politik, akhirnya Ikonium dimasukkan ke dalam kerajaan Galatia, dan tidak lama kemudian ke dalam propinsi Romawi Galatia. Kemasyhuran dan nama baik kota itu meningkat pada waktu pemerintahan Romawi: Kaisar Klaudius menghargainya dengan sebutan 'Klaudikonium', dan pada pemerintahan Hadrian Ikonium menjadi koloni dalam arti penghargaan (sebab tidak ada orang Italia tinggal di sana). Pada masa PB tata pemerintahannya seperti pemerintahan suatu kota Yunani, yakni kekuasaan hukum yg berada pada suatu majelis dilimpahkan kepada dua hakim yg tiap thn dipilih.

Nas dalam Kis 14 biarpun pendek, memberi kemungkinan bagi tafsiran yg berbeda-beda. Yg disebut Naskah Barat dari Kis mencatat dua serangan terhadap Paulus, pertama secara terbuka, kedua agak halus, sesudah itu rasul melarikan diri. Dua golongan pemimpin Yahudi disebut 'orang-orang penting dari sinagoge' dan 'orang-orang yg pemerintah', suatu perbedaan yg secara epigrafis dapat dipertahankan.

Kodeks Vatikanus dan sekutunya mempunyai suatu naskah yg lebih sulit, karena hanya mencatat satu serangan yg lama berkelanjutan. Di sini yg disebut'pemimpin-pemimpin' dalam ay 5 bisa sama dengan 'hakim-hakim' dari kota itu, seperti dianjurkan Ramsay. Tapi apakah naskah 'Vatikanus' itu merupakan naskah ringkasan yg buruk, atau apakah Naskah Barat merupakan suatu upaya perbaikan atas suatu naskah yg mungkin salah, masih belum dapat dipastikan.

Ikonium adalah tempat di mana terjadi cerita apokrifa Paulus dan Tekla, yg dimuat dalam Kisah Paulus yg panjang itu. Terlepas dan hal yg hampir tidak disangsikan, tentang seorang martir bernama sama, maka tidak ada isi historis dalam cerita itu.

KEPUSTAKAAN. Tafsiran terkait dalam Kis, khususnya BC, 3, hlm 129-132; 4, hlm 160-162: W. M Ramsay, Cities of St. Paul, 1907, bg 4. JNB/AL

[+] Bhs. Inggris



TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA