: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Iturea | Ivvah | Iwa | Iye-Abarim | Iyob | Izebel | Izhar | Izharites | Izliah | Izrahiah | Izrahite
Daftar Isi
GREEK: 2403 Iezabel Iezabel
HEBREW: 348 lbzya 'Iyzebel
BARCLAY: 2403
HAAG: Izebel
KECIL: Izebel
TOKOH: Izebel
BIOTOKOH PB: IZEBEL
BIOTOKOH PL: IZEBEL
BROWNING: IZEBEL
ENSIKLOPEDIA: IZEBEL

Izebel

tidak kawin. 1Raj 16:31.

Yunani

Strongs #2403: Iezabel Iezabel

Jezebel = "chaste"

1) wife of Ahab, an impious and cruel queen who protected idolatry and
persecuted the prophets
2) the symbolic name of a woman who pretended to be a prophetess, and
who, addicted to antinomianism, claimed Christian liberty of eating
things sacrificed to idols

2403 Iezabel ee-ed-zab-ale'

of Hebrew origin (348); Jezabel (i.e. Jezebel), a Tyrian woman (used as a synonym of a termagant or false teacher): KJV -- Jezabel.
see HEBREW for 0348

Ibrani

Strongs #0348: lbzya 'Iyzebel

Jezebel = "Baal exalts" or "Baal is husband to" or "unchaste"

1) queen of Israel, wife of Ahab, daughter of Ethbaal

348 'Iyzebel ee-zeh'-bel

from 336 and 2083; Izebel, the wife of king Ahab: KJV -- Jezebel.
see HEBREW for 0336
see HEBREW for 02083

[Barclay]

Strongs #2403:

[feminin] Izebel (Why 2.20)

Izebel [haag]

Izebel. (Bhs. Ibr.: adakah ia seorang tuan?).

Puteri Etbaal dari Tirus, isteri Ahab (1Raj 16:31). Ahab mentolerir penyembahan --> Baal yang dimajukan oleh ~I. Ahab membuat Kenisah Baal di Samaria (1Raj 16:32). Di istana muncul nabi-nabi Baal dari Siria yang bisa kemasukkan rokh (1Raj 18:19). Elia menentangnya lewat kata-kata ancaman. Waktu Yehu datang dalam perarakan di Yizreel, ~I dilempar keluar dari jendela istana (2Raj 9:30-37). Wahy 2:20 mencantumkan nama ~I (secara simbolis) sebagai seorang wanita, pembujuk penyembah berhala.

Izebel [kecil]

KS.-

  1. istri Ahab, raja Israel
    [PL] 1Raj 16:31; 19:1-2; 21:1-25; 2Raj 9:7-10,30-37
  2. julukan yang diberikan kepada wanita yang menggoda orang Kristen untuk berbuat cabul dan menyembah berhala
    [PB] Wahy 2:20-23

Izebel [tokoh]

Izebel

Istri Ahab dari negeri Sidon (1Raj 16:31).

Menyetujui penyembahan Baal (1Raj 16:32-33).

Membunuh nabi-nabi Tuhan (1Raj 18:4,13).

Melawan Elia (1Raj 19:1,2).

Menyuruh Nabat dibunuh (dalam 1Raj 21:1-29).

Kematian dinubuatkan (1Raj 21:17-24).

Dibunuh oleh Yehu (2Raj 9:30-37).

IZEBEL [biotokoh pb]

Disebut pertamaWahyu 2:20
Namanya disebut1 X
Kitab yang menyebutWahyu
PekerjaanNabi palsu
Terakhir disebutWahyu 2:21
Fakta pentingIa adalah orang yang sesat, anggota Gereja lokal di Tiatira.
Ringkasan
  1. I. Perbuatannya yang tidak senonoh.
    1. A. Ia mengajar dan menyesatkan hamba-hamba Tuhan supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala. Wah 2:20
    2. B. Kesempatan untuk bertobat disia-siakan. Wah 2:21
  2. II. Hukuman bagi Izebel.
    1. A. Atas perbuatannya, Izebel akan menderita penyakit. Wah 2:22
    2. B. Anak-anaknya akan dibunuh, dan Allah akan membalas setimpal dengan perbuatannya. Wah 2:23

IZEBEL [biotokoh pl]

Arti nama:TANPA TEMPAT TINGGAL BERSAMA
AyahEtbaal - 1 Raja 16:31
SuamiAkhab - 1 Raja 16:30-31
Anak laki-lakiYoram - 2 Raja 9:22
Anak perempuanAtalia
Disebut pertama1 Raja 16:31
Namanya disebut20 kali
Kitab yang menyebut2 buku : 1 Raja, 2 Raja
PekerjaanRatu Israel - 1 Raja-raja 16:29, 31
Tempat kematianYizriel - 2 Raja-raja 9:30-37
Keadaan kematianIa dilempari dari jendela loteng - 2 Raja-raja 9:33
Terakhir disebut2 Raja 9:37
Fakta pentingIA MENYEBAR LUASKAN PENYEMBAHAN KEPADA BAAL DAN MENCOBA UNTUK MEMBUNUH NABI ELIA (1 Raja 19:1-9).

IZEBEL [browning]

Istri *Ahab, raja Israel dan penyembah *Baal (1Raj.18:19). Ia adalah putri *Tirus dan mengesampingkan hukum-hukum serta adat-istiadat bangsa Israel demi mendapatkan tanah untuk raja dari *Nabot yang dianggap keras kepala, dengan cara yang kejam (1Raj. 21). *Elia menubuatkan kejatuhannya, yang terlaksana ketika *Yehu meraih kekuasaan (2Raj. 9:30-37)

IZEBEL [ensiklopedia]

1. Putri dari Etbaal, raja imam Tirus dan Sidon. Dia kawin dengan Ahab, guna menguatkan persekutuan Tirus dengan Israel. Dengan persekutuan ini Omri, bapak dari Ahab, berusaha meredakan permusuhan Damsyik dengan Israel (880 sM). Di Samaria, tempat tinggal Izebel yg baru, disediakan sarana yg perlu baginya untuk melanjutkan ibadah kepada dewanya, yaitu dewa Baal (1 Raj 16:31-33).

Wataknya keras dan bersifat menguasai, menuruti kehendak sendiri dan bersifat memaksa. Dia penyembah fanatik dewa Melkart, yaitu Baal orang Tirus. Nabi dewa ini pada zaman pemerintahan Ahab berjumlah 450 orang, ditambah lagi dengan 400 nabi dewi Asyera (1 Raj 18:19). Ia berkeras menuntut bahwa hak ilahnya paling tidak sama dengan hak Yahweh, Allah Israel. Hal ini menimbulkan pertentangan sengit antara dia dengan nabi Elia. Perang antara Yahweh melawan Baal terjadi di G Karmel, dan kemenangan akbar lagi mulia di pihak Yahweh (1 Raj 18:17-40). Namun dan kendati semua nabinya dibunuh, ia tidak jera melainkan makin bersemangat.

Idenya tentang pemerintahan dengan kekuatan mutlak bertentangan dengan pemikiran Ibrani tentang hubungan perjanjian antara Yahweh, Raja, dengan Israel umat-Nya Izebel memegang peranan utama dalam peristiwa kebun anggur Nabot, tindakan sadis yg tidak mengenal peri kemanusiaan, yg membangkitkan amarah rakyat dan sekaligus merongrong takhta Ahab. Akibatnya meledak revolusi kenabian yg mengakhiri pemerintahan keturunan Ahab. Izebel menulis surat atas nama Ahab dan mensahkannya dengan meterai raja, tapi ia juga mempunyai meterai sendiri, lih N Avigad, IEJ 14, 1964, hlm 274-276.

Sesudah Ahab mati, Izebel masih terus berkuasa di Israel selama 10 thn, berperan sebagai ibu suri raja, selama pemerintahan Ahazia, kemudian selama masa hidup Yoram. Sesudah Yoram dibunuh oleh Yehu, Izebel mengenakan pakaian kerajaan (2 Raj 9:30), dan menunggu kedatangan Yehu. Dia mengejek Yehu, lalu ia mati bersama semangat dan gengsinya (842 sM).

Agak mengherankan karena nama ketiga anaknya memuliakan Yahweh, yaitu Ahazia, Yoram dan Atalya (jika memang dia ibu Atalya), tapi mungkin mereka bertiga lahir sebelum kekuasaannya secara mutlak mengungguli kekuasaan Ahab.

2. Dalam surat kepada jemaat di Tiatira (Why 2:20), disebut 'wanita Izebel', mengacu kepada seorang nabiah penggoda, yg mendorong percabulan dan penyembahan berhala dengan memakai topeng agama (*NIKOLAUS). Nama 'Izebel' bisa mengacu kepada seseorang atau kepada suatu kelompok di dalam jemaat, dan mengandung pengertian bahwa nama itu sudah menjadi nama sindiran untuk yg murtad. MB/MHS

[+] Bhs. Inggris



TIP #15: Gunakan tautan Nomor Strong untuk mempelajari teks asli Ibrani dan Yunani. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA