: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Moabitess | Moadiah | Moaja | Molada | Moladah | Molech | Molehet | Molekhet | Molid | Moloch | Mordecai
Daftar Isi
GAMBAR: Molokh
BROWNING: MOLOKH
ENSIKLOPEDIA: MOLOKH

Molech

Dalam versi-versi Alkitab:

Molekh: TL
Molokh: BIS FAYH TB

Gambar

Molokh: selebihnya..
Topik: The Cult of Molech

MOLOKH [browning]

Dewa yang kepadanya dikorbankan anak-anak sebagai persembahan di Tofet, dekat Yerusalem; adat musyrik ini dikutuk (Im. 18:21; 2Raj. 23:10; Yer. 32:35). Ternyata reformasi *Yosia tidak mampu memusnahkan sisa keagamaan kafir orang *Kanaan ini.

MOLOKH [ensiklopedia]

Ilah yg disembah oleh bangsa Amon. Bentuk Ibrani nama ini ialah Molek. Beberapa penafsir menyarankan bahwa huruf mati Ibrani dari kata melekh, artinya 'raja', dan huruf hidup dari kata bosyet, 'malu', digabungkan membentuk kata Ibrani molekh, untuk mengungkapkan kekejian terhadap ilah bangsa lain itu. Kata Ibrani molekh (LXX molokh) mungkin dihubungkan kepada kata Fenisia-Kartago molok, yg dikenal pada tulisan ukir dari thn 400-150 sM, dan terdapat sebagai molc dalam tulisan ukir Latin dari Kartago kr thn 200 M (W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst). Ilah itu dihubungkan dengan muluk, yg disembah di Mari kr thn 1800 sM, dan malik, yg ada dalam naskah-naskah Akad, dan tampil dalam bentuk majemuk Adramelekh dan Anamelekh dalam 2 Raj 17:31. Melalui akar yg sama mlk, nama itu dihubungkan dengan Milkom dan Malkam. Dalam PL Molek umumnya mempunyai kata sandang (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35), yg menyarankan bahwa kata itu mungkin merupakan kata umum bagi 'orang yg memerintah'. Yer 32:35 menunjukkan suatu hubungan dengan Baal, yg namanya juga adalah kata biasa (bukan kata orang) dan kepadanya, di bawah nama Baal-Melgart, orang mempersembahkan anak di Tirus.

Kebaktian kepada Molokh dihubungkan dengan mempersembahkan kepada Molokh anak-anak, laki atau perempuan, dalam api (Im 18:21; 20:2-5; 2 Raj 23:10; Yer 32:35; bnd 2 Raj 17:31). Praktik itu sudah terbukti pada dokumen-dokumen dari Siria (W. F Albright, lih kitabnya yg dikutip, hlm 163).

Taurat Musa menuntut hukuman mati terhadap seseorang yg mempersembahkan anaknya sebagai korban kepada Molokh (Im 18:21; 20:2-5). Kemudian hari, Salomo sendiri mendirikan suatu bukit pengorbanan bagi ilah ini 'di gunung di sebelah timur Yerusalem', yaitu Bukit Zaitun (1 Raj 11:7). Beberapa ay PL yg menyinggung persembahan anak-anak, walaupun tidak khusus disebut kepada Molokh, dapat dicantumkan di sini (Mzm 106:38; Yer 7:31; 19:4-5; Yeh 16:21; 23:37, 39). Raja Ahas, kr thn 730 sM, membakar anak-anaknya sebagai korban dalam api (2 Taw 28:3), dan Manasye melakukan kekejian yg sama (2 Raj 21:6). Samaria dihukum karena dosa ini (2 Raj 17:17). Raja Yosia di Yehuda memusnahkan bukit-bukit pengorbanan untuk dewa Molokh (2 Raj 23:10, 13). Nabi Yehezkiel masih mengutuk perbuatan itu pada awal abad 6 (Yeh 16:20 dab; 20:26, 31; 23:37). Masa pembuangan kelihatannya mengakhiri kebaktian ini, tapi itu terus hidup di Afrika Utara di tengah-tengah orang Fenisia penduduk Kartago sampai ke zaman agama Kristen.

KEPUSTAKAAN. W. F Albright, Archaeology and the Religion of Israel, 1953, hlm 162 dst; H Ringgren, Religions of the Ancient Near East, 1973, hlm 161 dst; M Weinfeld, 'The Worship of Molech and the Queen of Heaven', OF 4, 1972, hlm 133-154; A. R. W Green, The Role of Human Sacrifice in the Ancient Near East, 1976, hlm 176 dst. JAT/MHS/HAO




TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA