Daftar Isi
GAMBAR: Filipus
BIOTOKOH PB: FILIPUS FILIPUS
BROWNING: FILIPUS
ENSIKLOPEDIA: FILIPUS

Philip

Dalam versi-versi Alkitab:

Filippoes: KL1863
Filipus: BABA BIS FAYH LDKDR SBDR TB WBTCDR
Pilipoes: KL1870
Pilippoes: KL1863
Pilipus: ENDE SBDR TL

Gambar

Filipus: selebihnya..
Topik: Other Portraits of Philip from Beth-saida; Philip and Nathanael; Philip and the Eunuch; Philip, Apostle, in Various Compositions; The Death of Philip

FILIPUS [biotokoh pb]

Disebut pertamaMat 10:3
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutMatius, Markus, Lukas, Yohanes dan Kisah Para Rasul.
Tempat kelahiranMungkin di kota Galilea di Betsaida (Yoh 1:44)
Tempat kematianTradisi mengatakan, dia mati di Hierapolis, kota dekat Kolose dan Laodikia.
Terakhir disebutKis 1: 13
Fakta pentingDia membawa Natanael kepada Kristus (Yoh 1:45-46)
Ringkasan
  1. I. Perjumpaan pertama dengan Kristus.
    1. A. Kerelaan Filipus; Yoh 1:43
    2. B. Kesaksiannya; Yoh 1:45
    3. C. Kearifannya; Yoh 1:46
  2. II. Pelayanan sepenuhnya untuk Kristus.
    1. A. Filipus dan Juruselamat.
      1. 1. Waktu di laut Galilea; Yoh 6:5-7
      2. 2. Di ruang atas; Yoh 14:8-9
    2. B. Filipus dengan orang yang mencari Yesus; Yoh 12:20-22.

FILIPUS (Penginjil) [biotokoh pb]

Disebut pertamaKis 6:5
Namanya disebut16 X
Kitab yang menyebutKisah Para Rasul.
PekerjaanPenginjil
Tempat kelahiranMungkin di Kaisarea
Terakhir disebutKis 21:8
Fakta pentingDia membawa orang Etiopia kepada Kristus dalam perjalanan dari Gaza.
Ringkasan
  1. I. Dia dipilih sebagai diaken di Yerusalem.
    1. A. Alasan untuk dipilih Kis 6:1-2
    2. B. Syarat untuk dipilih Kis 6:3-4; 6:5a
  2. II. Penginjilan di Samaria Kis 8:5-8
    1. A. Pengajarannya; Kis 8:5
    2. B. Melakukan Keajaiban; Kis 8:6-8
  3. III. Pemenang jiwa di Gaza. Kis 8: 26-40
    1. A. Berita dar Malaikat; Kis 8:26
    2. B. Pelayanannya kepada sida-sida.
      1. 1. Kedudukan sida-sida; Kis 8:27
      2. 2. Kebingungan sida-sida; Kis 8:27
        1. a. Perjalanan; Kis 8:28,32-34
        2. b. Persoalan; Kis 8:29,30,34
      3. 3. Penjelasan kepada sida-sida; Kis 8:35
    3. C. Perubahan dari sida-sida; Kis 8:36-37
    4. D. Pengakuan sida-sida; Kis 8:38-39
  4. IV. Keluarga di Kaisarea. Kis 8:40
    1. A. Berkunjung kerumah Filipus; Kis 21:8
    2. B. Empat anak dara Filipus; Kis 21:9

FILIPUS [browning]

Nama dari banyak tokoh Alkitab. Mulai dari Filipus, ayah *Aleksander Agung dan seterusnya (1Mak. 1:1; 6:2).

1) *Herodes Agung memperanakkan seorang putra dari Marianne, yang disebut Herodes Filipus. Ia menikah dengan *Herodias dan mempunyai anak perempuan, *Salome yang menikah dengan Herodes Filipus II, anak laki-laki dari Herodes Agung dan Kleopatra dari Yerusalem. Filipus II ini adalah raja wilayah *Ituraea dan *Trakhonitis (Luk. 3:1), dari 4 sM sampai 33 M.

2) Salah seorang pengikut Yesus bernama Filipus (Mrk. 3:18; Yoh. 1:43). Ia ada di Yerusalem setelah *kebangkitan (Kis. 1:13).

3) Seorang Filipus lagi (si pemberita Injil) adalah salah seorang dari tujuh orang yang ditunjuk untuk mengurusi pelayanan kasih Gereja (Kis. 6:5), tetapi kemudian ia memperluas kegiatannya itu (Kis. 8:29) dengan membaptiskan seorang Etiopia yang takut akan Allah. Kemudian, Filipus hidup di *Kaisarea (Kis. 21:8-9) bersama empat orang putrinya yang bernubuat.

FILIPUS [ensiklopedia]

(Yunani philippos, 'pencinta kuda'). Ada 4 tokoh yg memakai nama ini, yg dikenal oleh para penulis PB.

1. Seorang putra Herodes Agung dan Mariamne, putri Simon, Imam Besar. Untuk beberapa saat dialah penerus terdekat untuk Antipater (Jos., Ant. 17.53), tapi urutan ini dibatalkan oleh wasiat Antipater di kemudian hari, dan akhirnya ia hidup sebagai orang biasa. A. H. M Jones (The Herods of Judaea, 1938, hlm 176n) kemukakan, bahwa namanya sebenarnya ialah Herodes, bukan Filipus (Jos., Ant. 18.137, menyebutnya Herodes, tapi karena begitu banyak anggota keluarga Herodes yg memakai nama itu, maka dirasakan harus ada nama tambahan untuk membedakannya). Istrinya Herodias, ibu Salome, meninggalkannya dan kawin dengan Herodes Antipas, saudara tirinya (Mat 14:3: Mrk 6:17, Luk 3:19).

2. Seorang putra Herodes Agung dari istrinya yg kelima, yaitu Kleopatra orang Yerusalem; menurut keterangan Jos., Ant, 17.21 dia dibesarkan di Roma. Sesuai wasiat Herodes, kaisar Agustus mengangkat Filipus menjadi raja wilayah atas empat daerah, yaitu Gaulanitis, Trakhonitis, Auranitis dan Batanea (Jos), dan Iturea (Luk 3:1). Ia memerintah selama 37 thn, sampai ia mati pada thn 33/34 M. Ia berbeda dari kaum keluarganya dalam hal dilunakkannya pemerintahannya dan dalam menegakkan keadilan (Jos., Ant 18.106). Sesudah ia mati, wilayahnya disatukan dengan propinsi Siria sampai thn 37 M, tatkala Kaisar Gayus Kaligula memberikannya kepada raja Agripa (raja Herodes dim Kis 12:1, 19-23), putra Aristobulus dan cucu Herodes dan Mariamne.

Filipus membangun Panias kembali (Banyas modern) dan memberinya nama Kaisarea Filipi (Mat 16:13; Mrk 8:27) dan Betsaida Yulias (Jos., Ant. 18.28; BJ2.168). Kedua nama itu memantulkan simpatinya terhadap Roma. Dialah pangeran Yahudi pertama yg mencetak gambar kepala kaisar-kaisar Roma di atas mata uangnya. Ia kawin dengan Salome, putri Herodias, tapi tidak mempunyai anak (Jos., Ant. 18.137).

3. Filipus yg rasul, dipanggil mengikuti Yesus pada keesokan harinya sesudah Andreas dan Simon dipanggil, dan dialah pengantara yg membawa Natanael mengikuti Yesus (Yoh 1:43-46). Ia tinggal di Betsaida (Yoh 1:44); inilah Betsaida yg ada di Galilea (Yoh 12:21), yaitu tempat tinggal Andreas dan Simon, suatu kampung nelayan di tepi pantai barat danau Galilea. Dalam daftar rasul-rasul sesuai Mat 10:3; Mrk 3:14: Luk 6:14, namanya nomor lima dalam urutan, dan Bartolomeus nomor enam; dalam daftar Kis 1:13 dia nomor lima, tapi Tomas nomor enam. Ay-ay yg lain dalam PB yg mengandung namanya, menceritakan tentang ucapannya bahwa tak mungkin menyediakan makanan bagi 5.000 orang (Yoh 6:5); bahwa dia membawa orang-orang Yunani kepada Yesus (Yoh 12:21 dab), dan permohonannya kepada Yesus untuk melihat Bapak (Yoh 14:8). Papias 2:4 menyinggung mengenai dia sebagai salah seorang presbuteroi (penatua) (lih sambungannya di bawah).

4. Filipus adalah seorang dari 'tujuh orang' yg terpilih menjadi pelayan dari jemaat di Yerusalem (Kis 6:3,5). Dengan adanya penganiayaan terhadap gereja yg disusul oleh martirnya Stefanus, Filipus pergi ke Samaria untuk memberitakan Injil, dan di situ penginjilannya mendapat berkat yg lebih banyak (Kis 8:5-13). Sesudah itu ia disuruh ke selatan ke jalan Yerusalem-Gaza, untuk membawa sida-sida Etiopia kepada Kristus (Kis 8:26-38). Sesudah peristiwa ini, dia 'dilarikan oleh Rob Tuhan' ke Azotus, yaitu kota Asdod di negeri Filistin. Dari sana ia berkeliling melaksanakan tugasnya sampai ia tiba di pelabuhan Kaisarea (Kis 8:39-40). Agaknya ia menetap di situ (Kis 21:8).

Ia terkenal sebagai 'pemberita Injil', barangkali untuk membedakan dia dari rasul Filipus (lih 3 di atas), dan ada 4 anaknya perempuan, 'yg beroleh karunia untuk bernubuat' (Kis 21:9). Di sini Lukas dengan jelas membedakan Filipus pemberita Injil dari Filipus sang rasul. Eusebius dua kali (EH 3.31; 5.24) mengutip Polikrates, yg maksudnya menunjuk kepada Filipus 'seorang dari 12 rasul', dan kedua anaknya perempuan yg sudah tua itu seakan-akan sudah dikuburkan di Hierapolis, sedang anaknya perempuan yg satu lagi dikuburkan di Efesus. Barangkali yg terakhir inilah yg disebut dalam 3.30 (dikutip dari Klemen Aleksandria, nampaknya di sini memakai bentuk jamak secara serampangan), seakan-akan sudah dikawinkan.

Papias dikutip juga (EH 3.39) sebagai menerangkan bahwa rasul Filipus' bersama anak-anaknya yg perempuan tinggal di Hierapolis, dan anak-anaknya itu memberikan dia penerangan. Suatu kutipan dari Dialogue of Gains and Proclus dalam Eus, EH 3.31, mengatakan bahwa kuburan Filipus bersama keempat anaknya yg bernubuat itu bisa dilihat di Hierapolis, yg disusul dengan menunjuk kepada Kis 21:8-9, dan menunjukkan bahwa Eusebius, sejarahwan itu, mengacaukan Filipus rasul dengan Filipus pemberita Injil. Mungkin sekali, bahwa baik rasul maupun pemberita Injil itu sama-sama mempunyai anak perempuan, yg menimbulkan kekacauan tsb. Lightfoot (Colossians, hlm 45 dst) mungkin benar dalam mempertahankan, bahwa rasul Filipus-lah yg mati di Hierapolis.

Penemuan papirus di Nag Hammadi membuat kita tahu tentang suatu kitab Apokrifa, yaitu Gospel according to Philip: lih R McL Wilson, The Gospel of Philip, 1962. DHW/MHS




TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA