Daftar Isi
HAAG: Sirakh, Kitab

Sirakh

Sirakh, Kitab [haag]

Sirakh (Kitab).

  1. (I). NASKAH. Kitab Suci yang deuterokanonis dikenal dengan berbagai nama: Bahasa Ibr.: "Amsal-amsal Yesus Putera Sirakh", bahasa Yun.: "Kebijaksanaan Sirakh", di antara orang kristen yang berbahasa latin "Ecclesisticus" (Kitab Gereja). Kitab itu termasuk bilangan ---> sastera kebijaksanaan. Orang membaginya dalam dua bagian:
    1. (1) Sebuah kumpulan nasihat dan amsal (/RAPC #Sir 1:1-42:14) yang membagi tema pandangan hidup religius dan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan banyak kecocokannya dengan Kitab Amsal.
    2. (2) Sebuah pujian terhadap kebijaksanaan (/RAPC #Sir 42:15-43:33), "Memuji kemuliaan para Bapa bangsa" (/RAPC #Sir 44:1-50:26), kata penutup dan lampiran (/RAPC #Sir 50:27-51:30). --- Yang paling sering timbul di situ adalah bait (: dua garis) pengenal (sering diperluas menurut baitnya dalam hal penjelasan-penjelasannya). Di situ kebijaksanaan itu bukanlah hanya sebuah sifat religius yang diberikan oleh Tuhan, tetapi juga merupakan sifat atau milik dari pada .Tuhan sendiri (menjadi hypostasi: bab 24). Meskipun ada pengaruh filsafat Yunani, namun soal kebijaksanaan hidup dan soal moral utilitaris kurang ditekankan daripada sikap religius susila: pengendalian diri pribadi, kemurnian, kesederhanaan, kecermetan, suka membantu, derma, semangat berkorban dan berdoa. --- Naskah asli dari Yesus Sirakh itu berbahasa Ibr. yang diperkirakan timbul sekitar tahun 180 sebelum Mas. (/RAPC #Sir 50:1-24 dimaksudkan Imam Agung Simon II; kekacauan di bawah Antiokhus IV Epifanes [175-164] masih belum terjadi). Kemudian timbul terjemahan dalam bahasa Yunani yang pertama (bdk.: prolog) yang terjadi segera setelah tahun 132 sebelum Mas. Sampai pada tahun 1896 orang hanya mengenal naskah Yunani dan Siria. Kemudian orang temukan di dalam ---> Genisa dari Kairo, - di waktu berikut juga di ---> Kumran dan di dalam salah satu Kasemat dari ---> Masada -, fragmen-fragmen manuskrip berbahasa Ibr., yang memperlihatkan ketidak-tepatan maupun salah tangkap daripada terjemahan-terjemahan itu.
  2. (II). KANONISITAS. Kitab ~S adalah sebuah buku ajaran filsafat hidup yang praktis, yang disusun dari harta tradisi dalam agama Isr. oleh pembuatnya. Kitab~S beberapa kali dikutip dalam Talmud, tetapi tidak dimasukkan ke dalam ---> Kanon Yahudi.Bagi Gereja Katolik kanonisitasnya baru disahkan pada konsili Trente. Pihak Alkitab protestan memasukkan Kitab ~S ini dalam golongan Kitab-kitab --> Apokrif.



TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA