Lihat definisi kata "Air" dalam Studi Kata
Daftar Isi
HAAG: Air
PEDOMAN: Air
LAMBANG: Air
BROWNING: AIR
ENSIKLOPEDIA: AIR

Air

Air [haag]

Air.

~A menduduki tempat pertama di antara bahan-bahan yang penting untuk hidup (/RAPC #Sir 29:21; 39:26). Di daerah yang tidak bermata-air orang mengumpulkan ~A hujan di dalam kolam-gua bawah tanah untuk musim kering. Kolam-gua itu dipahat dalam padas (Ul 6:10-12; Neh 9:25) yang dibuat dengan dinding-dinding tertutup rapat agar tahan air (Yer 2:13). Kolam-gua itumempunyai lubang kecil di atasnya yang dibuat melebar kedalam. Kolam-gua itu tidak hanya dibuat di desa atau di daerah sekitarnya, melainkan juga di padang terbuka untuk mendapatkan air bagi binatang ternak piaraan (2Taw 26:10). Kolam-gua yang kering dijadikan tempat persembunyian (1Sam 13:6), atau penjara (Yer 38:6-13), atau tempat penyimpanan bahan makanan di waktu perang (Yer 41:8). Di samping itu orang membuat penggalian sumber-sumber air yang mencapai ~A di dalam tanah. Untuk menghindarkan kota yang sedang dikepung musuh terputus dari sumber air, sebab kebanyakan kkota terletak di daerah dataran, maka orang membuat terowongan di bawah tanah dari kota sampai pada sumber air itu. ~A demikian itu kini terbongkar lewat penggalian-penggalian. Terutama di (-->) Hazor (yang paling hebat pembuatannya), Gibeon, Megido dan di Taanakh (:bdk. pula:-- Siloam). Akhirnya ~A hujan juga dikumpulkan dalam kolam terbuka (2Sam 2:13; 1Raj 22:38; Kid 7:5). Mengambil ~A merupakan tugas para wanita (Kej 24:11,15; 1Sam 9:11; Yoh 4:7). -- ~A merupakan mminuman yang umum dan dicampur dengan cuka (Rut 2:14) atau dengan anggur (2Mak 15:39). Pada bidang ibadat orang menggunakan ~A untuk pencucian rituil. Kesaksian-kesaksian pertama dalam hal tersebut adalah Kej 35:2 dan Kel 19:10. Di kemudian harinya ritus-ritus pembersihan itu semakin kompleks jadinya (Mat 15:2; Mark 7:3-4). Pencucian kaki yang semula adalah sebuah perbuatan profan memperoleh nilai religius di dalam Perjamuan Malam yang terakhir (Yoh 13:1-17). ~A yang mengandung kekuatan melangsungkan kehidupan dan mengandung pula kekuatan pembersihan, mengakibatkan timbulnya kata-kata kiasan yang kaya akan makna : Mulut orang benar (Ams 10:11), kebijaksanaannya (Ams 16:22) dan ajarannya (Ams 13:14) disebut "Sumber air hidup". Yahwe (Yer 2:13; 17:13) dan Yesus (Yoh 7:37-39; 4:10,13-14) menyebut Diri "Sumber air hidup". Berkat-berkat illahi dan harta kekayaan Mesias muncul dalam gambaran air yang meluap-luap (Yes 11:9; 32:2,20 dbtl). Kerinduan akan Tuhan dilukiskan sebagai (rusa dan lain-lain) yang haus dan mendambakan ~A (Mazm 63:2; 143:6).

Air [pedoman]

  1. 1. Salah satu dari unsur bumi.
  2. Kej 1:2
  3. 2. Allah:
    1. 2.1 Menciptakan cakrawala untuk memisahkan - .
    2. Kej 1:6,7,8
    3. 2.2 Mengumpulkan air pada satu tempat.
    4. Kej 1:9
    5. 2.3 Menjadikan burung yang beterbangan dan ikan di dalam - .
    6. Kej 1:20,21
  4. 3. Semua tanaman memerlukan - .
  5. Kej 2:5,6; Ayub 14:9; Yes 1:30
  6. 4. Beberapa tanaman sangat memerlukan - .
  7. Ayub 8:11
  8. 5. Manusia memerlukan - untuk kesenangan dan kebahagiaan hidupnya.
  9. Yes 41:17; Za 9:11
  10. 6. Terkumpul di dalam:
    1. 6.1 Mata air.
    2. Kej 21:19; Yos 15:19; 1Raj 18:5; 2Taw 32:3
    3. 6.2 Kolam.
    4. 1Raj 22:38; Neh 2:14
    5. 6.3 Danau.
    6. Kel 7:19
    7. 6.4 Anak Sungai.
    8. 2Sam 17:20; 1Raj 18:5
    9. 6.5 Sungai.
    10. Mazm 78:16; Yes 8:7; 35:6; Yer 2:18
    11. 6.6 Laut.
    12. Kej 1:9,10; Yes 11:9
    13. 6.7 Cakrawala atau awan-awan.
    14. Kej 1:7; Ayub 26:8,9
  11. 7. Naik sebagai uap air menjadi awan-awan.
  12. Pengkh 1:7; Mazm 104:8
  13. 8. Turun dari awan sebagai - hujan.
  14. Ul 11:11; 2Sam 21:10
  15. 9. Dilukiskan sebagai:
    1. 9.1 Cair.
    2. Mazm 78:16; Ams 30:4
    3. 9.2 Membual.
    4. Kej 49:4
    5. 9.3 Merembes.
    6. Mazm 109:18
    7. 9.4 Mencerminkan wajah.
    8. Ams 27:19
    9. 9.5 Menghancurkan batu.
    10. Ayub 14:19
    11. 9.6 Menyucikan.
    12. Yeh 36:25; Ef 5:26
    13. 9.7 Menyegarkan.
    14. Ayub 22:7; Ams 25:25
  16. 10. Membeku.
  17. Ayub 38:29; Mazm 147:16,17
  18. 11. Dipakai oleh orang Yahudi untuk:
    1. 11.1 Diminum.
    2. Kej 24:43; 1Raj 13:19,22; 18:4; Hos 2:4
    3. 11.2 Untuk memasak.
    4. Kel 12:9
    5. 11.3 Membasuh diri.
    6. Kej 18:4; 24:32
    7. 11.4 Mencuci.
    8. Kel 29:4; Ibr 9:10,19
  19. 12. Disimpan dalam tempayan sebagai air pembasuhan.
  20. Yoh 2:6
  21. 13. Dibawa dengan bermacam-macam tempat.
  22. Kej 21:14; 1Sam 26:11; Mr 14:13
  23. 14. Karena kepandaian manusia, - dapat dialirkan ke dalam kota.
  24. 2Raj 20:20
  25. 15. Seringkali tidak baik, pahit dan tidak berguna.
  26. Kel 15:23; 2Raj 2:19
  27. 16. Kekurangan - dianggap sebagai satu bencana besar.
  28. Kel 17:1-3; Bil 20:24; 2Raj 3:9,10; Yes 3:1
  29. 17. Pada waktu kekurangan - dijual dengan mahal.
  30. Rat 5:4
  31. 18. Mujizat-mujizat yang berhubungan dengan - :
    1. 18.1 Berubah menjadi darah.
    2. Kel 7:17,20
    3. 18.2 Berubah menjadi air anggur.
    4. Yoh 2:7-9
    5. 18.3 Keluar dari batu.
    6. Kel 17:6; Bil 20:11
    7. 18.4 Keluar dari tulang rahang keledai.
    8. Hak 15:19
    9. 18.5 Dijilat habis oleh api dari Tuhan.
    10. 1Raj 18:38
    11. 18.6 Terbelah dan menjadi seperti tembok.
    12. Kel 14:21,22; Yos 3:16
    13. 18.7 Parit-parit penuh dengan - .
    14. 2Raj 3:17-22
    15. 18.8 Besi terapung di atas - .
    16. 2Raj 6:5,6
    17. 18.9 Tuhan kita berjalan di atas - .
    18. Mat 14:26-29
    19. 18.10 Kuasa kesembuhan yang terdapat di dalam - .
    20. 2Raj 5:14; Yoh 5:4; 9:7
  32. 19. Bumi ini pernah dibinasakan oleh - .
  33. Kej 7:20-23; 2Pet 3:6
  34. 20. Bumi ini tidak akan dibinasakan lagi dengan - .
  35. Kej 9:8-15; 2Pet 3:7
  36. 21. Melukiskan:
    1. 21.1 Sokongan Allah.
    2. Yes 8:6
    3. 21.2 Karunia dan anugerah Roh Kudus.
    4. Yes 41:17,18; 44:3; Yeh 36:25; Yoh 7:38,39
    5. 21.3 Para penganiaya.
    6. Mazm 124:4,5
    7. 21.4 Penganiayaan.
    8. Mazm 88:18
    9. 21.5 Tentara musuh.
    10. Yes 8:7; 17:13
    11. 21.6 (Tenang) peraturan-peraturan Injil.
    12. Mazm 23:2
    13. 21.7 (Dalam) penderitaan yang hebat.
    14. Mazm 66:12; 69:2; Yes 30:20; 43:2
    15. 21.8 (Dalam) rancangan di dalam hati.
    16. Ams 20:5
    17. 21.9 (Dalam) perkataan orang yang bijaksana.
    18. Ams 18:4
    19. 21.10 (Dicurahkan) murka Allah.
    20. Hos 5:10
    21. 21.11 (Dicurahkan) kelemahan karena takut.
    22. Mazm 22:15
    23. 21.12 ( - mengalir dari timba) banyaknya keturunan.
    24. Bil 24:7
    25. 21.13 (Tercurah ke bumi) kematian.
    26. 2Sam 14:14
    27. 21.14 (Membual) watak yang goyah.
    28. Kej 49:4
    29. 21.15 (Tawar) kelemahan dan ketakutan.
    30. Yos 7:5; Yeh 7:17
    31. 21.16 (Sukar menghentikan - ) pertengkaran dan perbantahan.
    32. Ams 17:14
    33. 21.17 (Mengalir dengan cepat) pekerjaan orang fasik.
    34. Ayub 24:18; Mazm 58:8
    35. 21.18 (Banyak) bangsa-bangsa.
    36. Wahy 17:1,15; Yer 51:13
    37. 21.19 (Banyak) bermacam-macam kesukaran.
    38. 2Sam 22:17
    39. 21.20 (Desau - bah) sabda Kristus.
    40. Wahy 1:15
    41. 21.21 (Menutupi laut) penyebaran pengetahuan pengenalan akan Allah.
    42. Yes 11:9; Hab 2:14

Air [lambang]

  1. (1) LAMBANG berbagai jenis pencobaan atau hukuman. Pencobaan atau hukuman ini bisa merupakan alas Allah untuk menghukum yang jahat, tapi melalui itu pula Ia menyelamatkan umat-Nya, kendati mereka harus mengalami kesulitan itu untuk sementara waktu. 2 Sam 5:20; Mzm 66:12; 69:2, 3, 15; Yes 28:17; Rat 3:54; Yeh 26:19; Hos 5:10; Why 12:15. Lihat juga BANJIR.
  2. (2) LAMBANG Roh Kudus yang melalui-Nya Allah mencurahkan berkat, pembaruan iman dan kekuatan. Berkat ini bisa berupa anugerah umum bagi semua orang atau anugerah khusus bagi umat pilihan-Nya. Bil 20:8, 10, 11; Ul 8:15; Ayb 29:19; Mzm 1:3; 42:2; 78:20; 105:41; 114:8; Kid 4:15; 5:12; Yes 1:30; 12:3; 32:2; 33:16; 35:6; 41:17-18; 43:20; 48:21; 49:10; Yer 2:13; 17:8, 13; Yeh 16:4, 9; 17:5, 8; 36:25; 47:1-12; Yl 3:18; Nah 2:8; Za 14:8; Yoh 4:10-15; 7:38; Ef 5:26; Ibr 9:19; 10:22; 2 Ptr 2:17; Why 7:17; 21:6; 22:1, 17.
  3. (3) LAMBANG untuk sesuatu yang terhisap atau memancar. Misalnya, keluhan bangsa yang tertindas bagaikan air yang tumpah, sedangkan orang fasik meneguk kejahatan bagaikan minum air. Ayb 3:24; 15:16; 34:7; Mzm 79:3; 109:18; Yer 9:1, 18; Rat 2:19; Mi 1:4.
  4. (4) Pengikisan oleh air atau aliran air, dsb. Digunakan sebagai SIMILE untuk kemerosotan tenaga dan kesehatan seseorang akibat usia dan berbagai kesusahan hidup. Ayb 14:9; Mzm 22:15; 58:8.
  5. (5) LAMBANG hubungan kelamin. Ams 5:15, 16; 9:17; Yoh 3:5.
  6. (6) LAMBANG kata-kata ramah dan santun yang menimbulkan kebahagiaan dan kesenangan bagi pendengarnya. Ams 25:25; Yak 3:11, 12.
  7. (7) LAMBANG segala bantuan dan dukungan manusia yang akan sia-sia pada hari penghakiman Allah. Yes 8:7; Yer 2:18; 48:34; Yeh 17:7.
  8. (8) [a] LAMBANG kejahatan. Yer 6:7; [b] METAFORA untuk perkataan jahat. Yak 3:11.
  9. (9) Air baptisan meLAMBANGkan penyucian hati kita dari dosa, yakni proses pembenaran dan penyucian. N.B. Dalam pembaptisan-Nya, Yesus sama sekali tidak mengacu pada pertobatan diriNya, tapi sebagai mewakili kita, Ia rela melakukan pembaptisan air sebagai tanda ketaatan penuh kepada Allah Bapak demi kita yang berdosa. Mat 3:11; Mrk 1:8; Luk 3:16; Yoh 1:26, 31, 33; Kis 1:5; 11:16; 1 Ptr 3:20, 21; 1 Yoh 5:6, 8. Lihat juga BAPTISAN (1); BASUH; MANDI, PEMANDIAN.
  10. (10) Air Sungai Efrat adalah METAFORA kuasa pengendalian Allah atas orang yang hendak menghancurkan gereja-Nya. Why 16:12.
  11. (11) METAFORA segala suku dan bangsa di dunia yang berada di bawah kuasa Iblis, dan yang berseteru dengan Allah. Why 17:1, 15.
  12. (12) SIMILE perjalanan sejarah hidup, ketika peristiwa demi peristiwa datang dan pergi bagaikan air yang mengalir di sungai. Ayb 11:16.
  13. (13) Air yang dalam digunakan sebagai METAFORA rancangan atau pikiran yang terselubung dalam hati atau di bawah alam sadar seseorang. Ams 18:4; 20:5.
  14. (14) "Seperti air laut yang menutupi dasarnya" adalah SIMILE universalitas pengetahuan yang benar akan Allah di antara orang yang hidup dalam bumi yang baru. Yes 11:9; Hab 2:14.
  15. (15) Air yang bergelora adalah SIMILE kemarahan bangsa-bangsa yang tidak takut akan Allah. Yes 17:12, 13; Yer 46:7, 8; 51:55.
  16. (16) Air yang bergelora juga digunakan sebagai SIMILE untuk suara Allah yang menggemuruh dahsyat dan penuh kuasa. Yeh 1:24; 43:2; Why 1:15.
  17. (17) Desauan air bah digunakan sebagai SIMILE untuk pujian akbar umat tebusan Allah di surga. Why 14:2; 19:6.

AIR [browning]

Teramat penting dalam ekonomi, agama, dan pemikiran Israel. Curah hujan menentukan pola kehidupan; di mana pemukiman dapat diadakan dan pekerjaan apa yang mungkin dilakukan. Memberikan secangkir air minum merupakan tanda *keramahan (Mat. 10:42). Seperti juga menyediakan bejana berair bagi para tamu untuk mencuci kakinya (Luk. 7:44). Ada ketetapan mengenai mencuci dengan air untuk menghilangkan segala ketidakmurnian secara ritual (Im. 11:19-38) serta untuk mentahirkan berbagai penyakit kulit (Im. 14:8). *Naaman ditahirkan penyakit kustanya dengan mencuci diri dalam Sungai *Yordan (2Raj. 5:14). Dan seorang buta dapat melihat kembali setelah mencuci matanya di kolam *Siloam (Yoh. 2:7). Air mempunyai kedudukannya dalam *cerita-cerita Kitab Kejadian. Ada samudera awal yang dibelah Allah menjadi air di atas (yang menurunkan hujan) dan air di bawah (yang menjadi laut). Laut mewakili kekacauan -- laut selalu dibayangkan sebagai bergolak, tetapi Allah bersemayam di atas laut secara berdaulat (Mzm. 29:10). Tenggelam dalam Taut (Mzm. 69:1-2) itu serupa dengan menderita dalam roh, dan *keselamatan adalah pengalaman diselamatkan dari air lautan (kematian, Mzm. 18:16). Ini sesuai dengan apabila Yesus menggambarkan *penyaliban-Nya sebagai *baptisan yang mengerikan roh jasmani-Nya (Mrk. 10:38). Dan dalam Gereja Perdana, baptisan ini dimengerti sebagai ikut serta dalam *kematian Yesus (Rm. 6:3), sementara yang dibaptiskan itu adalah mereka yang diselamatkan Allah dari ancaman *air bah (1Ptr. 3:20).

AIR [ensiklopedia]

(Ibrani mayim, Yunani hudor). Di Timur Tengah di mana sumber air sangat minim, wajarlah bila dalam Alkitab air menjadi kebutuhan yg menonjol dan penting. Tidak ada yg lebih gawat bagi mereka daripada tidak ada air (lih 1 Raj 17:1 dab; Yer 14:3; Yl 1:20; Hag 1:11); curah hujan merupakan tanda perkenan dan kebaikan Allah. Ancaman terhadap hidup yg sama gawatnya, ialah air yg telah dicemarkan atau dibuat tak boleh diminum. Ini merupakan salah satu tulah di Mesir (Kel 7:17 dab). Orang Israel mendapati air di Mara pahit rasanya (Kel 15:23), dan pada zaman Elisa sumur di Yerikho tidak baik (2 Raj 2:19-22).

Pada masa perang adalah praktik yg lazim bagi pasukan penyerang menutup sumber air bagi kota yg dikepung, seperti dilakukan Yosafat terhadap semua mata air Moab (2 Raj 3:19,25), dan oleh Holofernes di Betulia (Yudit 7:7 dab). Dengan bijaksana Hizkia menghindarkan bahaya ini melalui pembangunan terowongan air di Yerusalem yg masih ada sampai hari ini. Terowongan itu, yg pada zamannya berada di luar tembok Yerusalem, memanjang dari Sumber Air Anak Dara (Gihon) ke kolam Siloam (2 Taw 32:30, *SILOAM). Bila air harus dicatu (Rat 5:4; Yeh 4:11,16; Yes 30:20), biasanya kait naskah ini menyatakan penghukuman (1 Raj 22:27; 2 Taw 18:26).

Air sering dipakai melambangkan berkat Allah dan penyegaran rohani, seperti dalam Mzm 23:2; Yes 32:2; 35:6,7; 41:18, dab, dan kerinduan akan air menunjukkan kebutuhan rohani (Mzm 42:1; 63:2; Am 8:11). Dalam penglihatan Yehezkiel tentang rumah Allah (Yeh 47:1-11), air yg keluar dari bawah ambang pintu menggambarkan mengalirnya berkat-berkat Yahweh yg tak terbatas ke atas umat-Nya (bnd Za 14:8). Yeremia melukiskan Yahweh sebagai 'sumber air yg hidup' (Yer 2:13; 17:13), suatu ungkapan yg bergema dalam Yoh 7:38 mengenai Roh Kudus. PB mengaitkan air dengan hidup kekal yg adalah berkat tertinggi yg diberikan Allah (Yoh 4:14; Why 7:17; 21:6; 22:1,17), tapi dalam Ef 5:26; Ibr 10:22, gagasan utamanya ialah pembasuhan baptisan untuk pengampunan dosa.

Gagasan pembasuhan hampir sama pentingnya dengan gagasan penyegaran kembali. Dalam sistem upacara Israel, pembasuhan adalah penting. Imam-imam dibasuh pada penahbisan mereka (Kel 29:4), kepada orang-orang Lewi juga dipercikkan air (Bil 8:7). Pembersihan istimewa dituntut dari imam kepala pada Hari Raya Pendamaian (Im 16:4, 24, 26), dituntut dari imam pada upacara 'air pentahiran' (Bit 19:1-10), dan semua orang dituntut membersihkan diri dari kecemaran (Im 11:40; 15:5 dab; 17:15; 22:6; Ul 23:11). Bejana pembasuhan di depan mezbah, adalah peringatan yg terus-menerus mengenai perlunya pembasuhan pada waktu mendekati hadirat Allah (Kel 30:18-21). Lanjutan bentuk pembasuhan ritual ini, yg dipraktikkan sekte Qumran dan beberapa sekte Baptis Yahudi, berkembang sebelum dan sesudah peralihan zaman Kristen. Ini semua melatarbelakangi baptisan pertobatan Yohanes dan baptisan pembasuhan, awal masuknya dan penyatuan orang Kristen ke dalam Kristus (*BAPTISAN).

Segi ketiga ialah bahaya dan maut. Cerita tentang air bah, tenggelamnya orang-orang Mesir di Laut Merah, dan ketakutan yg umum terhadap taut dan air yg dalam yg diungkapkan oleh pemazmur (Maz 18:16; 32:6; 46:3 dab, dll), menunjukkan bahwa di dalam tangan Yahweh air dapat menjadi alat untuk menghukum, kendati sekaligus mengandung gagasan penyelamatan dari bahaya itu bagi umat Allah yg setia (bnd Yes 43:2; 59:19).

Sulit untuk mengatakan seberapa jauh gagasan-gagasan ini terpengaruhi oleh mitos-mitos orang Kanaan tentang perlawanan antara Baal dengan kemutlakan air laut, diceritakan dalam naskah-naskah Ras Syamra. Beberapa ahli Skandinavia dan pengikut aliran 'Mite dan Ritus' Hooke yg melihat dalam hunjukan PL ini, terutama dalam Mzm, bukti adanya pesta tahunan raja di Israel, yg di dalamnya kemenangan Yahweh diwakili oleh raja, diperankan kembali. Tapi walaupun pikiran dan puisi Ibrani menggemakan bh mitologi Timur Dekat (bnd acuan-acuan pada Rahab, Lewiatan, naga, dll), toh pandangan yg mengatakan bahwa ritus-ritus orang Kanaan atau kepercayaan-kepercayaan ajaran yg mendasarinya telah diambil alih oleh agama Israel, sudah melampaui fakta. Pandangan-pandangan Gunkel, Mowinckel, dan yg lain dibicarakan dengan baik oleh A. R Johnson dalam bukunya 'The Old Testament and Modern Study', 1951.

KEPUSTAKAAN. P Reymond, L'Eau, Sa Vie et Sa Signification dans l'Ancien Testament, 1958; 0 BOcher, R. K Harrison, NIDNTT 3, hlm 982-993. JSTr/BS


Lihat definisi kata "Air" dalam Studi Kata



TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA