: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
9 September 1997

Salah Kutip

Topik : -

Nats : Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi (Matius 5:38)
Bacaan : Matius 5:27-42

Dalam bab pembuka buku berjudul Tom Sawyer, Mark Twain menyajikan suatu percakapan menarik yang menggambarkan sifat manusia. Tom mencoba membujuk temannya, Huck, untuk terlibat dalam rencananya membentuk sebuah kelompok perampok dan menyandera tawanan seperti yang biasa dilakukan bajak laut. Huck bertanya kepada Tom, apa yang dilakukan bajak laut terhadap tawanan mereka, dan Tom menjawab, "Menukar mereka." "Menukar? Apa itu?" tanya Huck. "Saya tidak tahu. Tetapi itulah yang mereka lakukan. Saya membacanya dalam buku-buku; dan tentu saja itu yang harus kita lakukan," jelas Tom. "Apa kamu mau melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang terdapat dalam buku-buku itu, dan mengacaukan segalanya?"

Dialog ini menggambarkan cara berpikir yang tidak jauh berbeda dengan apa yang Yesus temui. Orang-orang hanya mengutip dan mengulang hal-hal yang mereka temukan dalam sebuah buku, yakni Perjanjian Lama. Tetapi mereka hanya mengucapkan kata-katanya. Pemikiran dasarnya telah dilepaskan dari ungkapan aslinya. Dengan menerapkan secara salah potongan-potongan prinsip untuk berperilaku, orang-orang itu hanya membenarkan sikap dan tindakan mereka yang penuh dosa (Matius 5:27-42).

Hal ini seharusnya menjadi peringatan bagi kita. Ketika kita mengutip Alkitab, pastikanlah bahwa kita mengerti dengan benar makna dan konteksnya. Dengan demikian, kita tidak akan "mengacaukan segalanya" [MRD II]


When reading God's Word, take special care
To find the rich treasure hidden there;
Give thought to each line, each precept clear,
Then practice it well with godly fear. --Anon.



TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA