: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
14 Juli 2001

Skeptis Tapi Tulus

Topik : -

Nats : Setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian (Kisah Para Rasul 17:11)
Bacaan : Kisah Para Rasul 17:10-15

Orang skeptis cenderung meragukan segala sesuatu. Jika tipe orang seperti ini secara tulus ingin mencari tahu kebenaran, mungkin keraguannya justru dapat dimanfaatkan sebagai langkah awal untuk menemukan kebenaran tersebut.

Di Berea, Paulus menjumpai orang-orang Yahudi di sana lebih "baik hatinya" daripada orang-orang Yahudi di Tesalonika. Mereka menerima firman "dengan segala kerelaan hati" dan "setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian" (Kisah Para Rasul 17:11). Mereka percaya pada Perjanjian Lama, tetapi memiliki keraguan yang sehat terhadap khotbah Paulus. Kelak ketika mereka mengetahui bahwa khotbah tersebut didukung Kitab Suci, maka mereka akan menjadi orang-orang percaya yang tangguh.

Tidak semua keraguan itu buruk. Orang-orang Berea pun dinasihati agar setia mendengarkan Paulus dan dengan tekun mengevaluasi khotbah itu dengan seksama dalam terang firman Tuhan.

Seorang skeptis yang dengan tulus ingin tahu tentang kebenaran pasti bersedia mendengarkan Injil. Ia pun akan bersedia mempertimbangkan bukti-bukti yang ada sebagai kebenaran dan otoritas yang unik dari Alkitab. Ia akan mempelajari dan menguji pernyataan orang-orang yang mengatakan bahwa mereka mendapat kabar baik tersebut dari Allah (1 Tesalonika 5:21). Setelah menyelidiki semuanya, ia akan mengakui bahwa orang Kristen memang memiliki dasar yang rasional atas iman mereka, dan bahwa ada alasan tentang pengharapan yang ada pada mereka benar-benar masuk akal (1 Petrus 3:15).

Ya, Allah akan menyambut dengan hangat para skeptis yang benar-benar ingin tahu tentang kebenaran-HVL



TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA