: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
28 September 1998

Talenta untuk Mempedulikan

Topik : -

Nats : Barangsiapa...melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? (1Yohanes 3:17)
Bacaan : 1Yohanes 3:10-18

"Saya bukan orang yang berbakat," kata John Haggai. "saya tak dapat menyanyi, berkhotbah, atau mengajar. Saya hanya dapat membantu orang-orang di sini."

Bagi Kirk Porter, sebenarnya itu sudah cukup. Selama 25 tahun terakhir, melalui sebuah program, dengan setia John telah menolong Kirk menjalani hidup ini. Kirk yang kini memasuki awal tiga puluhan namun bermental seperti anak usia 11 tahun, menyebut John sebagai "ayah terhebat di dunia." Banyaknya waktu yang telah mereka habiskan bersama telah membangun sebuah ikatan persahabatan yang sangat berarti bagi Kirk yang harus berperang melawan tumor otak.

John Haggai salah. Ia adalah orang yang berbakat. Ia memiliki talenta untuk menolong orang yang tak berdaya -- yang merupakan tanda ibadah yang murni (Yakobus 1:27). Ia telah memberikan kasih seperti yang Yesus minta dari kita (1Yohanes 3:17). Ia memiliki talenta untuk memberi diri, membagi hidupnya, meringankan hidup seseorang yang tidak memiliki apa-apa selain kasih sebagai balasannya.

Talenta untuk mempedulikan merupakan talenta pemberian Allah yang paling diremehkan. Mempedulikan, merawat dan mengasihi sesungguhnya memiliki nilai lebih dibandingkan dengan talenta-talenta lain yang menjadikan orang sebagai pusat perhatian.

Tatkala Kirk berada dalam perawatan sambil menantikan hal yang tak terelakkan sehubungan dengan penyakitnya, dengan yakin ia berkata, "Sekarang saya tidak takut. Yesus ada di samping saya." Ia juga memiliki John Haggai. Itulah perpaduan yang tak ada tandingannya JDB


A caring heart, a listening ear,
A thoughtful word, a gentle tear
Will help to lift the heavy load
Of weary souls along life's road. --DJD



TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA