: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
9 Desember 1998

Disucikan untuk Dipersatukan

Topik : -

Nats : Aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu (1Korintus 11:18)
Bacaan : 1Korintus 11:17-34

Di Makhachkala, sebuah kota di Rusia bagian selatan, 14 orang percaya baru dan beberapa utusan Injil berkumpul di sebuah apartemen kecil untuk mengadakan Perjamuan Kudus. Ruangan itu diliputi oleh kuasa rohani dan sukacita saat mereka bersekutu dalam kesaksian, puji-pujian dan doa.

Saat itu, menyadari makna simbolis dari roti dan anggur tersebut, mereka saling memandang dan berbisik, "Dengan ini kita disucikan. Dengan ini kita disatukan!" Ketika orang-orang itu diingatkan kembali akan kematian Yesus yang penuh pengurbanan di kayu salib bagi mereka dan pengampunan yang telah mereka terima, mereka merasakan adanya kesatuan di dalam Kristus.

Rasul Paulus dalam suratnya mengatakan bahwa jemaat di Korintus tidak mengalami kuasa yang mempersatukan ini. Perjamuan Kudus yang mereka adakan diwarnai dengan perpecahan. Orang yang membawa makanan membiarkan mereka yang tidak membawa makanan tetap kelaparan. Bahkan beberapa di antaranya berada dalam keadaan mabuk! (1Korintus 11:21). Karena itu Paulus memperingatkan orang-orang tersebut dan menyuruh mereka untuk menguji dirinya (ayat 28).

Tak ada yang dapat mempersatukan orang-orang percaya selain pengampunan yang Yesus sediakan ketika Dia mati bagi dosa-dosa kita. Tak heran Dia mengadakan suatu perjamuan khusus sebelum Dia disalibkan. Dia tahu bahwa kita harus sering diingatkan tentang apa yang telah Dia lakukan untuk menyucikan kita -- untuk mempersatukan kita [DJD]



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA