: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
17 Juli 1999

Yang Benar dan yang Salah

Topik : -

Nats : Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya (Kisah Para Rasul 17:31)
Bacaan : Kisah Para Rasul 17:16-31

Saya mengagumi seorang penyiar berita yang terkenal di televisi. Saya pikir ia adalah seorang yang memiliki standar moral yang tinggi. Maka dari itu, suatu hari saya terkejut ketika mendengar pernyataannya bahwa ia tak ingin orang lain memberitahunya tentang apa yang benar dan yang salah. Ia menjelaskan bahwa ia tidak mau mendengarkan orang lain kecuali dirinya sendiri.

Pemikiran yang mengatakan bahwa kita tidak bertanggung jawab terhadap siapa pun, bahkan terhadap Allah, tampak menarik bagi banyak orang. Namun pemikiran ini bertolak belakang dengan perasaan hati terdalam yang mengatakan bahwa ada hal-hal yang harus kita lakukan dan yang tidak boleh kita lakukan. Alkitab menyebut perasaan ini sebagai hati nurani.

Dalam Roma 1:18-20, Rasul Paulus mengatakan bahwa suara hati nurani dapat mengungkapkan standar Allah dalam hati mereka yang belum pernah mendengar Firman Allah. Pengkhotbah 3:11-14 menyatakan bahwa Allah telah memberikan kekekalan dalam hati setiap orang, sehingga timbul pengakuan bahwa semua yang kita lakukan memiliki konsekuensi kekal.

Saya bersyukur karena Alkitab memberitahu kita tentang Pribadi kepada siapa kita harus bertanggung jawab dan dengan jelas menyatakan tentang yang benar dan yang salah. Terlebih lagi saya bersyukur karena Allah juga menawarkan pengampunan bagi kita melalui iman di dalam Kristus, sehingga kita tidak perlu takut akan penghakiman-Nya (Kisah Para Rasul 17:31).

Suka atau tidak suka, kita harus memberikan pertanggungjawaban kepada Allah --HVL


Our conscience is a gift from God,
It is a guiding light;
And when aligned with God's own Word,
It tells us wrong from right. --Sper



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA