: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
3 November 1999

Usahakanlah

Topik : -

Nats : Bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya (Efesus 5:33)
Bacaan : Efesus 5:22-33

Jika pernikahan Anda tidak berjalan mulus, jangan putus asa. Pasangan lain pun pernah mengalaminya. Pernikahan yang sehat tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi diusahakan oleh pasangan tersebut. Sebuah suratkabar memuat dua berita utama yang menarik: DI JEPANG, ISTRI-ISTRI YANG TERTINDAS SUAMI MULAI MEMBERONTAK, dan PEMERINTAH INGGRIS BERUSAHA MENYELAMATKAN BANYAK PERNIKAHAN. Dua negara yang berbeda dengan budaya yang berbeda, memiliki masalah yang sama. Mengapa?

Mungkinkah hal itu terjadi karena kita mengharapkan pasangan kita memenuhi semua kebutuhan hati kita yang terdalam? Jika demikian halnya, berarti kita telah menaruh beban yang tak mungkin ditanggungnya. Ataukah karena kita enggan menghadapi kenyataan bahwa ada yang tidak beres dengan diri kita, dan menganggap bahwa pasangan kitalah yang bermasalah?

Perintah yang kudus bagi para suami dan istri dalam Efesus 5:22-33 merupakan kerangka kerja bagi pernikahan yang berhasil, bukan lembar pengujian yang digunakan untuk mengevaluasi apa yang telah dilakukan pasangan kita. Dalam ayat-ayat itu kita dapat mengetahui rincian tugas kita masing-masing. Petunjuk-petunjuk ini diberikan bagi orang-orang yang lemah dan berdosa, yang membutuhkan sang Juruselamat dan kuasa-Nya yang mengubahkan.

Kebanyakan kita cenderung menginginkan pernikahan kita sukses dan memuaskan dengan sendirinya. Namun pernikahan yang bertumbuh memerlukan usaha dan ketekunan. Allah memanggil kita untuk mengusahakan kedekatan hubungan kita dengan Dia dan dengan orang yang kepadanya kita berjanji untuk saling mengasihi --DCM


"For better or for worse," we pledge,
Through sickness and through strife;
And by God's grace and with His help
We'll keep these vows for life. --DJD



TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA