1 Tawarikh 24:1-2
Para imam dibagi dalam rombongan
24:1 Inilah rombongan-rombongan
anak-anak Harun
1 .
Anak-anak Harun ialah Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.
24:2 Tetapi Nadab dan Abihu mati lebih dahulu dari pada ayah mereka
dengan tidak mempunyai anak laki-laki, maka yang memegang jabatan imam ialah Eleazar dan Itamar.
Keluaran 6:23
6:23 (6-22) Dan Harun mengambil Eliseba, anak perempuan Aminadab,
saudara perempuan Nahason,
menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan baginya Nadab, Abihu,
Eleazar
dan Itamar.
Keluaran 24:1
Upacara pengikatan perjanjian antara TUHAN dengan bangsa Israel
24:1 Berfirmanlah Ia kepada Musa: "Naiklah menghadap TUHAN, engkau dan Harun,
Nadab dan Abihu
dan tujuh puluh orang dari para tua-tua
Israel dan sujudlah kamu menyembah dari jauh.
Keluaran 28:1
Mengenai pakaian imam
28:1 "Engkau harus menyuruh abangmu Harun
bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam
bagi-Ku
2 --Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu,
Eleazar dan Itamar.
Imamat 10:1
Kematian Nadab dan Abihu
10:1 Kemudian anak-anak Harun, Nadab dan Abihu,
masing-masing mengambil perbaraannya,
membubuh api ke dalamnya
serta menaruh ukupan
di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN
api yang asing
3 yang tidak diperintahkan-Nya
kepada mereka.
Imamat 10:12
Bagian imam dari korban
10:12 Kemudian berkatalah Musa kepada Harun dan kepada Eleazar dan Itamar, anak-anak Harun yang tinggal itu: "Ambillah korban sajian
yang tinggal dari segala korban api-apian TUHAN, dan makanlah itu sebagai roti yang tidak beragi di samping mezbah,
karena itulah bagian maha kudus.
Imamat 10:16
10:16 Kemudian Musa mencari dengan teliti kambing jantan korban penghapus dosa
itu, tetapi ternyata kambing itu sudah habis dibakar. Sebab itu dimarahinyalah Eleazar dan Itamar, anak-anak Harun yang tinggal itu, katanya:
1 Full Life: ROMBONGAN-ROMBONGAN ANAK-ANAK HARUN.
Nas : 1Taw 24:1
Pasal 1Taw 24:1-31 membahas penataan imam-imam. Tugas mereka
terdiri atas mempersembahkan korban-korban yang dengannya umat dapat
menghampiri Allah untuk menerima pengampunan dan memberikan ketaatan kepada
kehendak-Nya; tugas itu berakhir dengan datangnya Yesus Kristus dan
penetapan perjanjian yang baru dengan darah-Nya (lih. Ibr 3:1; 4:14-16;
Ibr 7:23-25; 8:1-13;
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).
Secara ironis, pada zaman PB, para imam sudah demikian menyimpang dari
kebenaran firman Allah sehingga merekalah yang menyebabkan penyaliban Yesus
(Mat 27:1,6,20). Kini semua orang percaya harus menjadi keimaman yang
kudus
(lihat cat. --> 1Pet 2:5).
[atau ref. 1Pet 2:5]
2 Full Life: HARUN ... MEMEGANG JABATAN IMAM BAGI-KU.
Nas : Kel 28:1
Tuhan memberikan pengarahan mengenai pelayanan Harun selaku imam
besar, dan tugas-tugas keimaman pada umumnya (pasal Kel 28:1-29:46).
Imam adalah seorang yang berdiri di hadapan Allah sebagai wakil umat.
- 1) Imam bertugas membakar kemenyan, mengawasi kaki dian dan meja roti
Kehadiran Allah, mempersembahkan korban di atas mezbah, dan memberkati
umat. Mereka juga menghakimi kasus-kasus perdata (mis. Bil 5:5-31)
dan mengajarkan Taurat (bd. Neh 8:8-9).
- 2) Para imam bertindak selaku perantara di antara umat dengan Allah
(bd. ayat Kel 28:12,29-30), menyampaikan kehendak dan perjanjian
Allah kepada umat (Yer 33:20-26; Mal 2:4,7), dan menjadi perantara
dosa-dosa umat di hadapan Allah. Dalam melaksanakan tugas-tugas itu,
mereka mengadakan pendamaian bagi dosa umat dan dosa mereka sendiri
(Kel 29:33; Ibr 9:6-8) dan menyatakan kekudusan Allah (ayat
Kel 28:38; Bil 18:1).
- 3) Bagi orang percaya PB Yesus adalah imam umat Allah. Ia memulai
perjanjian yang baru melalui kematian-Nya (Ibr 9:15-22) dan
mempersembahkan diri-Nya sebagai korban sempurna (Ibr 9:23-28). Ia
turut merasakan kelemahan kita (Ibr 4:15), tampil di hadapan Allah
demi kita (Ibr 9:24), menyelesaikan keselamatan kita
(Ibr 10:14), dan memungkinkan kita menghampiri Allah Bapa
(Ibr 4:16; 6:19-20; 7:25; 19:19-22).
3 Full Life: API YANG ASING.
Nas : Im 10:1
Nadab dan Abihu memasukkan ke dalam perbaraan mereka api dari sumber
yang tidak diperkenankan Allah (bd. Kel 30:7-9); perhatikan pula bahwa
persembahan kemenyan di atas mezbah hanya boleh dilakukan oleh imam besar
saja (Kel 30:7-9). Beberapa penafsir telah mengemukakan bahwa Nadab dan
Abihu berdosa ketika mereka di bawah pengaruh alkohol (lih. ayat
Im 10:9-10).