1 Korintus 11:24
11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata:
"Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"
1 Korintus 16:24
16:24 Kasihku menyertai kamu sekalian dalam Kristus Yesus.
Bilangan 5:22
5:22 sebab air
yang mendatangkan kutuk
ini akan masuk ke dalam tubuhmu untuk mengembungkan perutmu dan mengempiskan pahamu. Dan haruslah perempuan itu berkata: Amin, amin.
Ulangan 27:15-26
27:15 Terkutuklah orang yang membuat patung pahatan atau patung tuangan,
suatu kekejian
bagi TUHAN, buatan tangan seorang tukang, dan yang mendirikannya dengan tersembunyi
2 . Dan seluruh bangsa itu haruslah menjawab: Amin!
27:16 Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu
dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:17 Terkutuklah orang yang menggeser batas tanah
sesamanya manusia. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:18 Terkutuklah orang yang membawa seorang buta ke jalan yang sesat.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:19 Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing,
anak yatim dan janda.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:20 Terkutuklah orang yang tidur dengan isteri ayahnya, sebab ia telah menyingkapkan punca kain ayahnya.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:21 Terkutuklah orang yang tidur dengan binatang
apapun. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:22 Terkutuklah orang yang tidur dengan saudaranya perempuan, anak ayah atau anak ibunya.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:23 Terkutuklah orang yang tidur dengan mertuanya
perempuan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:24 Terkutuklah orang yang membunuh
sesamanya manusia dengan tersembunyi.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
27:25 Terkutuklah orang yang menerima suap untuk membunuh seseorang
yang tidak bersalah. Dan seluruh bangsa itu harus berkata: Amin!
27:26 Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan.
Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
"
Ulangan 27:1
Batu peringatan dan mezbah di gunung Ebal
27:1 Lagi Musa dan para tua-tua Israel memerintahkan kepada bangsa itu: "Berpeganglah pada segenap perintah
yang kusampaikan kepadamu pada hari ini.
Kisah Para Rasul 1:1
Roh Kudus dijanjikan
1:1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama
5 aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan
Yesus,
Kisah Para Rasul 1:1
Roh Kudus dijanjikan
1:1 Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama
6 aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan
Yesus,
Kisah Para Rasul 16:36
16:36 Kepala penjara
meneruskan pesan itu kepada Paulus, katanya: "Pembesar-pembesar kota telah menyuruh melepaskan kamu; jadi keluarlah kamu sekarang dan pergilah dengan selamat!
"
Mazmur 41:13
41:13 (41-14) Terpujilah
TUHAN, Allah Israel,
dari selama-lamanya sampai selama-lamanya! Amin, ya amin.
Mazmur 72:19
72:19 Dan terpujilah kiranya nama-Nya
yang mulia selama-lamanya, dan kiranya kemuliaan-Nya
memenuhi seluruh bumi. Amin, ya amin
.
Mazmur 89:52
89:52 (89-53) Terpujilah TUHAN untuk selama-lamanya! Amin, ya amin.
Mazmur 106:48
106:48 Terpujilah TUHAN, Allah Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, dan biarlah seluruh umat mengatakan: "Amin!
" Haleluya!
Yeremia 28:6
28:6 kata nabi Yeremia: "Amin! Moga-moga TUHAN berbuat demikian
5 ! Moga-moga TUHAN menepati perkataan-perkataan yang kaunubuatkan itu dengan dikembalikannya perkakas-perkakas rumah TUHAN dan semua orang buangan itu dari Babel
ke tempat ini.
Matius 6:13
6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat 6 . (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)
Matius 28:20
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu 7 senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Markus 16:20
16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda
yang menyertainya.
Yohanes 21:25
21:25 Masih banyak hal-hal lain
lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.
Wahyu 5:14
5:14 Dan keempat makhluk
itu berkata: "Amin
". Dan tua-tua
itu jatuh tersungkur dan menyembah.
Wahyu 22:20
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini,
berfirman:
"Ya, Aku datang segera!" Amin, datanglah, Tuhan Yesus
8 !
1 Full Life: TUBUHKU ... DARAHKU.
Nas : 1Kor 11:24-25
Kata-kata ini menunjuk kepada tubuh Kristus yang diserahkan dalam
kematian-Nya dan darah-Nya yang dicurahkan sebagai korban di kayu salib.
Ketika Kristus berkata tentang roti, "Inilah tubuhKu", Dia bermaksud bahwa
roti itu melambangkan tubuh-Nya. "Cawan" itu melambangkan darah Kristus
yang dicurahkan untuk mengesahkan "perjanjian baru". Makan roti dan minum
cawan itu berarti mengumumkan dan menerima keuntungan dari korban kematian
Kristus (ayat 1Kor 11:26).
2 Full Life: MENDIRIKANNYA DENGAN TERSEMBUNYI.
Nas : Ul 27:15
Banyak dosa yang terdaftar di sini dilakukan dengan
sembunyi-sembunyi (ayat Ul 27:15,24). Dengan demikian bangsa Israel
mengakui bahwa seseorang bertanggung jawab kepada Allah sekalipun dia itu
sendirian. Semua perbuatan dan pikiran kita terjadi di hadapan Allah dan
dilihat oleh-Nya (lih. Mazm 139:1-24).
3 Full Life: BUKUKU YANG PERTAMA.
Nas : Kis 1:1
Dalam Injil Lukas tertulis segala sesuatu yang dilakukan dan
diajarkan Yesus dalam kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18). Dalam Kisah Para
Rasul tertulis lanjutan cerita bagaimana para pengikut Yesus, dengan kuasa
Roh yang sama, menyampaikan Injil yang sama, mengadakan mukjizat-mukjizat
yang sama dan cara hidup yang sama dengan Yesus. Roh Kudus yang
menghasilkan kembali kehidupan dan pelayanan Yesus melalui gereja merupakan
tema teologis kitab Kisah Para Rasul. Kitab ini memang dapat disebut "Kisah
Roh Kudus". Perhatikan hal-hal berikut mengenai catatan yang diilhami Roh
Kudus dalam kitab ini:
- 1) Semua ayat, termasuk narasi-narasi historis dalam Kisah Para Rasul
ini, memiliki makna didaktis (yaitu, mengajar) dan teologis. Hal ini
didukung oleh dua kenyataan:
- (a) pernyataan Alkitab bahwa "segala tulisan yang diilhamkan Allah
memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk
memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran"
(2Tim 3:16);
- (b) pernyataan Paulus bahwa semua narasi historis dalam PL bertujuan
mendidik dan bersifat pelajaran (1Kor 10:11). Paulus berpendapat
bahwa peristiwa-peristiwa itu menjadi contoh dengan relevansi
praktis dan teologis bagi orang percaya (Rom 15:4). Yang berlaku
terhadap narasi sejarah dalam PL juga berlaku bagi Kisah Para Rasul.
- 2) Catatan Lukas yang diilhamkan mengenai gereja mula-mula merupakan:
- (a) pola definitif dari kegiatan Roh Kudus yang harus diikuti
sepanjang zaman gereja,
- (b) data untuk mengembangkan suatu doktrin Roh Kudus dan
- (c) penyataan mengenai bagaimana pelayanan Roh Kudus berhubungan
dengan kehidupan orang percaya di dalam Kristus. Perhatikan secara
khusus dua unsur di dalam kitab ini yang bersifat normatif secara
praktis dan teologis:
- (i) baptisan dalam atau kepenuhan dengan Roh Kudus adalah
janji Allah bagi semua orang percaya
(lihat cat. --> Kis 2:39;
[atau ref. Kis 2:39]
bd. Kis 1:5,8; 2:4; 4:8,31; 8:15-17; 9:17; 10:44-46;
Kis 13:9,52; 15:8; 19:1-6);
- (ii) berbagai aktivitas Roh Kudus yang memberikan kepada
gereja tolok ukur kebenaran, kesaksian dan kuasa yang
dikehendaki Allah bagi umat-Nya pada hari-hari terakhir ini
(yaitu, zaman gereja).
4 Full Life: BUKUKU YANG PERTAMA.
Nas : Kis 1:1
Dalam Injil Lukas tertulis segala sesuatu yang dilakukan dan
diajarkan Yesus dalam kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18). Dalam Kisah Para
Rasul tertulis lanjutan cerita bagaimana para pengikut Yesus, dengan kuasa
Roh yang sama, menyampaikan Injil yang sama, mengadakan mukjizat-mukjizat
yang sama dan cara hidup yang sama dengan Yesus. Roh Kudus yang
menghasilkan kembali kehidupan dan pelayanan Yesus melalui gereja merupakan
tema teologis kitab Kisah Para Rasul. Kitab ini memang dapat disebut "Kisah
Roh Kudus". Perhatikan hal-hal berikut mengenai catatan yang diilhami Roh
Kudus dalam kitab ini:
- 1) Semua ayat, termasuk narasi-narasi historis dalam Kisah Para Rasul
ini, memiliki makna didaktis (yaitu, mengajar) dan teologis. Hal ini
didukung oleh dua kenyataan:
- (a) pernyataan Alkitab bahwa "segala tulisan yang diilhamkan Allah
memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk
memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran"
(2Tim 3:16);
- (b) pernyataan Paulus bahwa semua narasi historis dalam PL bertujuan
mendidik dan bersifat pelajaran (1Kor 10:11). Paulus berpendapat
bahwa peristiwa-peristiwa itu menjadi contoh dengan relevansi
praktis dan teologis bagi orang percaya (Rom 15:4). Yang berlaku
terhadap narasi sejarah dalam PL juga berlaku bagi Kisah Para Rasul.
- 2) Catatan Lukas yang diilhamkan mengenai gereja mula-mula merupakan:
- (a) pola definitif dari kegiatan Roh Kudus yang harus diikuti
sepanjang zaman gereja,
- (b) data untuk mengembangkan suatu doktrin Roh Kudus dan
- (c) penyataan mengenai bagaimana pelayanan Roh Kudus berhubungan
dengan kehidupan orang percaya di dalam Kristus. Perhatikan secara
khusus dua unsur di dalam kitab ini yang bersifat normatif secara
praktis dan teologis:
- (i) baptisan dalam atau kepenuhan dengan Roh Kudus adalah
janji Allah bagi semua orang percaya
(lihat cat. --> Kis 2:39;
[atau ref. Kis 2:39]
bd. Kis 1:5,8; 2:4; 4:8,31; 8:15-17; 9:17; 10:44-46;
Kis 13:9,52; 15:8; 19:1-6);
- (ii) berbagai aktivitas Roh Kudus yang memberikan kepada
gereja tolok ukur kebenaran, kesaksian dan kuasa yang
dikehendaki Allah bagi umat-Nya pada hari-hari terakhir ini
(yaitu, zaman gereja).
5 Full Life: AMIN! MOGA-MOGA TUHAN BERBUAT DEMIKIAN!
Nas : Yer 28:6-9
"Amin" dari Yeremia menunjukkan bahwa ia juga menginginkan
kembalinya para tawanan; namun, lebih dahulu dia menubuat malapetaka lebih
lanjut bagi bangsa itu. Waktu akan membuktikan bahwa Hananya itu nabi palsu
dan Yeremia itu benar. Yeremia di sini tidak langsung memberi nubuat baru;
ia malah mengacu kepada firman Allah yang telah disampaikan para nabi
terdahulu (seperti Yesaya).
6 Full Life: LEPASKANLAH KAMI DARIPADA YANG JAHAT.
Nas : Mat 6:13
Semua orang percaya merupakan sasaran khusus dari permusuhan Iblis
dan maksudnya yang jahat. Oleh karena itu, kita sekali-kali tidak boleh
lupa untuk berdoa agar kita dibebaskan dari kuasa dan rencana jahatnya
(lihat cat. --> Luk 11:26;
lihat cat. --> Luk 18:1;
[atau ref. Luk 11:26; 18:1]
Luk 22:31; Yoh 17:15; 2Kor 2:11).
7 Full Life: AKU MENYERTAI KAMU.
Nas : Mat 28:20
Janji ini merupakan jaminan Kristus bagi mereka yang terlibat dalam
menjangkau jiwa-jiwa yang terhilang dan mengajar mereka untuk menaati
prinsip-prinsip-Nya yang benar. Yesus sudah bangkit dan kini Dia hidup
serta secara pribadi memperhatikan setiap anak-Nya. Ia menyertai saudara di
dalam diri Roh Kudus (Yoh 14:16,26) dan melalui Firman-Nya
(Yoh 14:23). Bagaimanapun keadaan saudara -- lemah, miskin, rendah,
tampaknya tidak penting -- Ia memperdulikan saudara, memperhatikan setiap
pencobaan dan pergumulan yang saudara alami dalam kehidupan ini dan
memberikan kasih karunia yang memadai (2Kor 12:9) serta menyertai dan
menuntun saudara pulang ke rumah Bapa (Mat 18:20; Kis 18:10). Inilah
jawaban orang Kristen terhadap semua bentuk ketakutan, keragu-raguan,
kesulitan, sakit hati, dan keputusasaan.
8 Full Life: DATANGLAH, TUHAN YESUS!
Nas : Wahy 22:20
Alkitab berakhir dengan janji Yesus bahwa Ia akan datang segera,
yang ditanggapi Yohanes dengan mengatakan, "Datanglah, Tuhan Yesus!"
Kerinduan ini menjadi bagian dari semua orang Kristen yang sejati.
- 1) Doa ini merupakan suatu pengakuan bahwa sebelum Ia datang,
keselamatan kita tetap belum sempurna, kejahatan dan dosa masih belum
diatasi dan dunia ini belum dibaharui.
- 2) Kita memiliki cukup alasan untuk percaya bahwa hari itu dengan cepat
mendekat ketika Ia yang disebut "Firman Allah" (Wahy 19:13) dan
"Bintang Timur yang gilang-gemilang" itu (ayat Wahy 22:16) akan turun
dari sorga untuk mengambil umat-Nya yang setia dari bumi untuk dibawa ke
rumah Bapa-Nya (Yoh 14:1-3; 1Tes 4:16-18). Setelah itu Ia akan
datang kembali dengan kemenangan dalam kemuliaan untuk memerintah
selama-lamanya sebagai "Raja Segala Raja Dan Tuan Di Atas Segala Tuan"
(Wahy 19:16). Ini merupakan pengharapan kita yang tak kunjung padam
dan penuh bahagia (2Pet 1:19).