1 Korintus 12:21
12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau."
1 Korintus 12:29
12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
1 Korintus 12:1
Rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh
12:1 2 3 Sekarang tentang karunia-karunia
Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui
kebenarannya.
1 Samuel 9:9
9:9 --Dahulu di antara orang Israel, apabila seseorang pergi menanyakan petunjuk
Allah, ia berkata begini: "Mari kita pergi kepada pelihat
4 ," sebab nabi yang sekarang ini disebutkan dahulu pelihat.
--
Mazmur 94:9
94:9 Dia yang menanamkan telinga, masakan tidak mendengar? Dia yang membentuk mata, masakan tidak memandang?
Mazmur 139:13-16
139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku,
menenun
aku dalam kandungan
ibuku
5 .
139:14 Aku bersyukur kepada-Mu
oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib
; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan
di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam
di bagian-bagian bumi
yang paling bawah;
139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis
6 hari-hari yang akan dibentuk,
sebelum ada satupun dari padanya.
Amsal 20:12
20:12 Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, kedua-duanya
dibuat oleh TUHAN.
1 Full Life: ADAKAH MEREKA SEMUA ... BERKATA-KATA DALAM BAHASA ROH?
Nas : 1Kor 12:29-30
Dalam pertanyaan retoris Paulus ini tersirat suatu jawaban negatif.
Konteks dari pasal 1Kor 12:1-31 menunjukkan bahwa Paulus sedang
menunjuk kepada penggunaan karunia berkata-kata dalam bahasa roh dan
pasangannya, yaitu karunia menafsirkan bahasa roh, dalam kebaktian ibadah.
Dia tidak berusaha membatasi pemakaian bahasa roh dalam doa dan pujian yang
ditujukan kepada Allah secara pribadi (bd. 1Kor 14:5). Kebanyakan orang
percaya yang telah dibaptis dalam Roh Kudus merasa mudah untuk berdoa dalam
bahasa roh waktu mereka menyerahkan diri kepada Roh. Pada hari Pentakosta
(Kis 2:4), di Kaisarea (Kis 10:44-46) dan di Efesus
(Kis 19:2-6), semua orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus berkata-kata
dalam bahasa roh sebagai suatu tanda bahwa mereka telah menerima kepenuhan
Roh itu
(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).
2 Full Life: TENTANG KARUNIA-KARUNIA ROH.
Nas : 1Kor 12:1
Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang
karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia
ini adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pelayanan
jemaat yang mula-mula. Allah berkehendak agar karunia ini akan terus
bekerja sampai Kristus datang kembali
(lihat cat. --> 1Kor 1:7).
[atau ref. 1Kor 1:7]
Maksud Allah dalam pemberian karunia rohani ini adalah sebagai berikut:
- 1) Untuk menyatakan kasih karunia, kuasa, dan kasih Roh Kudus di antara
umat-Nya dalam pertemuan umum, rumah, keluarga, dan kehidupan pribadi
mereka (ayat 1Kor 12:4-7; 14:25; Rom 15:18-19; Ef 4:8);
- 2) Untuk menolong supaya pemberitaan Injil menjadi efektif, dengan cara
memberikan peneguhan adikodrati kepada berita itu (Mr 16:15-20;
Kis 14:8-18; 16:16-18; 19:11-20; 28:1-10);
- 3) Untuk memenuhi kebutuhan manusia dan untuk menguatkan dan membangun
kerohanian jemaat (ayat 1Kor 12:7,14-30; 14:3,12,26) dan juga orang
percaya secara pribadi (1Kor 14:4) yaitu, untuk menyempurnakan orang
percaya dalam "kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani
yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas" (1Tim 1:5; bd.
1Kor 13:1-13).
- 4) Untuk berperang dengan efektif dalam peperangan rohani melawan Iblis
dan kuasa-kuasa kejahatan (Yes 61:1; Kis 8:5-7; 26:18; Ef 6:11-12).
Ayat-ayat yang berkenaan dengan karunia rohani meliputi Rom 12:3-8;
1Kor 1:7; 12:1-14:40; Ef 4:4-16; 1Pet 4:10-11.
3 Full Life: KARUNIA-KARUNIA ROHANI.
Nas : 1Kor 12:1-6
Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan
sifatnya.
- 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, berasal dari kata
_pneuma_, artinya "Roh") menunjuk kepada manifestasi adikodrati yang
datang sebagai karunia dari Roh Kudus yang bekerja melalui orang percaya
demi kebaikan bersama (ayat 1Kor 12:1,7; 14:1).
- 2) "Karunia-karunia" (Yun. _charismata_, berasal dari kata _charis_,
artinya "kasih karunia") menunjukkan bahwa karunia rohani mencakup baik
motivasi batin dan kuasa untuk menyelenggarakan pelayanan (yaitu,
pemberian kesanggupan), yang diterima dari Roh Kudus; karunia semacam
itu memberi kekuatan rohani kepada tubuh Kristus dan mereka yang
memerlukan pertolongan rohani (ayat 1Kor 12:4; Ef 4:11; 1Pet 4:10;
lihat cat. --> Rom 12:6;
[atau ref. Rom 12:6]
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
- 3) "Pelayanan" atau "pelayanan-pelayanan" (Yun. _diakoniai_, berasal
dari kata _diakonia_, artinya "pelayanan") menekankan bahwa ada berbagai
cara pelayanan dan bahwa karunia tertentu meliputi penerimaan
kesanggupan dan kuasa untuk menolong orang lain (ayat
1Kor 12:4-5,27-31; Ef 4:7,11-13). Paulus menunjukkan bahwa segi
pelayanan karunia itu mencerminkan pelayanan yang bersifat "hamba" dari
kehidupan Tuhan Yesus. Demikianlah, pekerjaan karunia-karunia
didefinisikan berkenaan dengan kehadiran dan pekerjaan Kristus di antara
kita (bd. ayat 1Kor 12:3; 1:4).
- 4) "Pekerjaan" atau "pengaruh-pengaruh" (Yun. _energemata_, berasal
dari kata _energes_, artinya "aktif atau penuh tenaga") menandakan bahwa
karunia rohani itu adalah pekerjaan langsung dari kuasa Allah Bapa dan
membuahkan hasil-hasil tertentu (ayat 1Kor 12:6,10).
- 5) "Manifestasi Roh" (Yun. _phanerosis_, berasal dari kata _phaneros_,
artinya "terwujud") menekankan bahwa karunia rohani itu menjadi
manifestasi langsung dari pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus di dalam
perhimpunan jemaat (ayat 1Kor 12:7-11).
4 Full Life: PELIHAT.
Nas : 1Sam 9:9
Seorang pelihat (Ibr. _ro'eh_, "dia yang melihat") adalah seorang
yang diberi kemampuan khusus oleh Allah untuk melihat dunia rohani atau
melihat peristiwa-peristiwa yang akan datang (bd. ayat 1Sam 9:19;
2Sam 24:11; 2Taw 29:25; 35:15). Sering kali Allah menyatakan aneka
peristiwa masa kini atau masa depan kepada seorang nabi melalui mimpi atau
penglihatan (bd. Bil 12:6); jadi, ketika karunia nubuat jarang
terlihat, maka diberitahu bahwa "penglihatan-penglihatan pun tidak sering"
(1Sam 3:1). Kemudian dalam sejarah Israel nabi menjadi lebih terkemuka
daripada seorang pelihat, karena tugas utama nabi adalah berbicara kepada
umat perjanjian Allah mengenai apa yang dilihat atau yang didengarnya dari
Allah mengenai kesetiaan mereka kepada Allah
(lihat art. NABI DI DALAM PERJANJIAN LAMA).
5 Full Life: ENGKAULAH ... MENENUN AKU DALAM KANDUNGAN IBUKU.
Nas : Mazm 139:13
Secara kreatif dan aktif Allah terlibat dalam perkembangan kehidupan
manusia. Ia sendiri memperhatikan seorang bayi sejak dikandung;
perhatian-Nya kepada janin itu berlangsung sampai membuat rencana bagi
hidupnya kelak
(lihat cat. --> Mazm 139:16 berikutnya).
[atau ref. Mazm 139:16]
Karena alasan itulah Allah memandang pengguguran kandungan sebagai
pembunuhan nyawa manusia
(lihat cat. --> Kel 21:22-23).
[atau ref. Kel 21:22-23]
6 Full Life: DALAM KITAB-MU SEMUANYA TERTULIS.
Nas : Mazm 139:16
Allah tidak memasukkan kita ke dalam hidup ini tanpa tujuan.
- 1) Pernyataan tentang hari-hari yang telah ditetapkan untuk kita
mungkin mengacu kepada waktu kita berada di bumi ini, yaitu sekitar
70-80 tahun (lih. Mazm 90:10), walaupun seorang dapat mati sebelum
waktunya (lih. Mazm 55:24; Ayub 22:16; Ams 10:27; Pengkh 7:17).
- 2) Waktu yang disebutkan dalam mazmur ini mengacu bukan hanya kepada
hari, tetapi juga kepada rencana Allah bagi kehidupan kita secara
keseluruhan. Dalam rencana-Nya itu, Ia "menghendaki supaya jangan ada
yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat"
(2Pet 3:9; bd. 1Tim 2:4); jadi Allah bermaksud agar kita
menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta memenuhi kehendak-Nya
di dalam hidup yang melayani Dia.