Kejadian 29:1-35
Yakub di rumah Laban
29:1 Kemudian berangkatlah Yakub dari situ dan pergi ke negeri Bani Timur.
29:2 Ketika ia memandang sekelilingnya, dilihatnya ada sebuah sumur di padang, dan ada tiga kumpulan kambing domba berbaring di dekatnya, sebab dari sumur
itulah orang memberi minum kumpulan-kumpulan kambing domba itu. Adapun batu
penutup sumur itu besar;
29:3 dan apabila segala kumpulan kambing domba itu digiring berkumpul ke sana, maka gembala-gembala menggulingkan
batu itu dari mulut sumur, lalu kambing domba
itu diberi minum; kemudian dikembalikanlah batu itu lagi ke mulut sumur itu.
29:4 Bertanyalah Yakub kepada mereka: "Saudara-saudara, dari manakah kamu ini?
" Jawab mereka: "Kami ini dari Haran.
"
29:5 Lagi katanya kepada mereka: "Kenalkah kamu Laban
1 , cucu
Nahor?" Jawab mereka: "Kami kenal."
29:6 Selanjutnya katanya kepada mereka: "Selamatkah ia?" Jawab mereka: "Selamat! Tetapi lihat, itu datang anaknya perempuan, Rahel,
dengan kambing dombanya.
"
29:7 Lalu kata Yakub: "Hari masih siang, belum waktunya untuk mengumpulkan ternak; berilah minum kambing dombamu itu, kemudian pergilah menggembalakannya lagi."
29:8 Tetapi jawab mereka: "Kami tidak dapat melakukan itu selama segala kumpulan binatang itu belum berkumpul; barulah batu
itu digulingkan dari mulut sumur dan kami memberi minum
kambing domba kami."
29:9 Selagi ia berkata-kata dengan mereka, datanglah Rahel dengan kambing domba
ayahnya, sebab dialah yang menggembalakannya.
29:10 Ketika Yakub melihat Rahel,
anak Laban saudara ibunya, serta kambing domba Laban, ia datang mendekat, lalu menggulingkan batu
itu dari mulut sumur, dan memberi minum
kambing domba
itu.
29:11 Kemudian Yakub mencium
Rahel serta menangis dengan suara keras.
29:12 Lalu Yakub menceritakan kepada Rahel, bahwa ia sanak saudara
ayah Rahel, dan anak Ribka.
Maka berlarilah Rahel menceritakannya kepada ayahnya.
29:13 Segera sesudah Laban
mendengar kabar tentang Yakub, anak saudaranya itu, berlarilah ia menyongsong dia, lalu mendekap
dan mencium dia, kemudian membawanya ke rumahnya. Maka Yakub menceritakan segala hal ihwalnya kepada Laban.
29:14 Kata Laban kepadanya: "Sesungguhnya engkau sedarah sedaging
dengan aku." Maka tinggallah Yakub padanya genap sebulan lamanya.
29:15 Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: "Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku,
engkau bekerja padaku dengan cuma-cuma? Katakanlah kepadaku apa yang patut menjadi upahmu.
"
29:16 Laban mempunyai dua anak perempuan; yang lebih tua namanya Lea
dan yang lebih muda namanya Rahel.
29:17 Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel
itu elok sikapnya dan cantik
parasnya.
29:18 Yakub cinta kepada Rahel,
sebab itu ia berkata: "Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel,
anakmu yang lebih muda itu."
29:19 Sahut Laban: "Lebih baiklah ia kuberikan kepadamu dari pada kepada orang lain; maka tinggallah padaku."
29:20 Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel
itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel.
29:21 Sesudah itu berkatalah Yakub kepada Laban: "Berikanlah kepadaku bakal isteriku itu, sebab jangka waktuku telah genap, supaya aku akan kawin dengan dia.
"
29:22 Lalu Laban mengundang semua orang di tempat itu, dan mengadakan perjamuan.
29:23 Tetapi pada waktu malam diambilnyalah Lea,
anaknya, lalu dibawanya kepada Yakub. Maka Yakubpun menghampiri dia.
29:24 Lagipula Laban memberikan Zilpa,
budaknya perempuan, kepada Lea, anaknya itu, menjadi budaknya.
29:25 Tetapi pada waktu pagi tampaklah bahwa itu Lea! Lalu berkatalah Yakub kepada Laban: "Apakah yang kauperbuat terhadap aku
ini? Bukankah untuk mendapat Rahel aku bekerja padamu? Mengapa engkau menipu aku
2 ?
"
29:26 Jawab Laban: "Tidak biasa orang berbuat demikian di tempat kami ini, mengawinkan adiknya lebih dahulu dari pada kakaknya.
29:27 Genapilah dahulu tujuh hari perkawinanmu
dengan anakku ini; kemudian anakku yang lainpun akan diberikan kepadamu sebagai upah, asal engkau bekerja pula padaku tujuh tahun
lagi."
29:28 Maka Yakub berbuat demikian; ia menggenapi ketujuh hari perkawinannya dengan Lea, kemudian Laban memberikan kepadanya Rahel, anaknya itu, menjadi isterinya
3 .
29:29 Lagipula Laban memberikan Bilha,
budaknya perempuan, kepada Rahel, anaknya itu, menjadi budaknya.
29:30 Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea.
Demikianlah ia bekerja pula pada Laban tujuh tahun
lagi.
Anak-anak Yakub
29:31 Ketika TUHAN melihat, bahwa Lea tidak dicintai
4 ,
dibuka-Nyalah kandungannya,
tetapi Rahel mandul.
29:32 Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki,
dan menamainya Ruben,
sebab katanya: "Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku;
sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku."
29:33 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai,
lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku." Maka ia menamai anak itu Simeon.
29:34 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku,
karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi.
29:35 Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda.
Sesudah itu ia tidak melahirkan
lagi.
Kejadian 1:1
Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya
1:1 Pada mulanya
Allah menciptakan
7 langit
dan bumi.
Kejadian 1:1
Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya
1:1 Pada mulanya
Allah menciptakan
8 langit
dan bumi.
Kejadian 1:1
Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya
1:1 Pada mulanya
Allah menciptakan
9 langit
dan bumi.
Yesaya 44:20
44:20 Orang yang sibuk dengan abu
belaka, disesatkan
oleh hatinya yang tertipu; ia tidak dapat menyelamatkan jiwanya atau mengatakan: "Bukankah dusta
yang menjadi peganganku?"
Efesus 4:22
4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan
manusia lama,
yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya
yang menyesatkan,
Efesus 5:6
5:6 Janganlah kamu disesatkan
8 orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka
Allah atas orang-orang durhaka.
Efesus 5:2
5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu
dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita
sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.
Efesus 2:9-11
2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu
9 :
jangan ada orang yang memegahkan diri.
2:10 Karena kita ini buatan
Allah, diciptakan
dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik,
yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
Dipersatukan di dalam Kristus
2:11 Karena itu ingatlah, bahwa dahulu
kamu--sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya "sunat", yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia,
--
Efesus 2:2
2:2 Kamu hidup
di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini,
karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa,
yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka
10 .
Titus 3:13
3:13 Tolonglah sebaik-baiknya Zenas, ahli Taurat itu, dan Apolos,
dalam perjalanan mereka, agar mereka jangan kekurangan sesuatu apa.
Titus 3:1
Pesan-pesan penutup
3:1 Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah
11 dan orang-orang yang berkuasa,
taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.
Yohanes 2:21
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya
sendiri.
Wahyu 18:23
18:23 Dan cahaya lampu tidak akan bersinar lagi di dalammu, dan suara mempelai laki-laki dan pengantin perempuan tidak akan kedengaran lagi
di dalammu. Karena pedagang-pedagangmu adalah pembesar-pembesar
di bumi, oleh ilmu sihirmu
semua bangsa disesatkan."
1 Full Life: LABAN.
Nas : Kej 29:5
Laban adalah paman Yakub. Yakub sedang mencari keluarga ibunya di
dekat Haran (ayat Kej 29:10; bd. Kej 24:15,50).
2 Full Life: MENGAPA ENGKAU MENIPU AKU?
Nas : Kej 29:25
Mungkin Allah mengizinkan Yakub ditipu oleh Laban dan Lea untuk
menghukum dan menyadarkannya akan kejahatan dan derita yang disebabkannya
ketika menipu ayah dan kakaknya sendiri (bd. pasal Kej 27:1-46). Kita
harus mengerti bahwa sekalipun Allah mengampuni kita untuk suatu dosa
tertentu dan memulihkan kita, pada saat yang bersamaan Ia mungkin menghukum
kita untuk dosa tersebut (lih. 2Sam 12:7-14). Prinsip Allah tetap sama,
"Jangan sesat! ... apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya"
(Gal 6:7; bd. Ams 22:8; Hos 8:7; 10:12-13).
3 Full Life: LABAN MEMBERIKAN KEPADANYA RAHEL, ANAKNYA ITU, MENJADI ISTERINYA.
Nas : Kej 29:28
Pernikahan Yakub dengan dua orang bersaudara bertentangan dengan
peraturan ciptaan Allah bahwa pernikahan hanya boleh terdiri dari satu
orang laki-laki dan satu orang perempuan
(lihat cat. --> Kej 2:24;
[atau ref. Kej 2:24]
bd. Kel 20:17; Ul 5:21). Kemudian, di dalam Hukum Musa, Allah secara
khusus melarang bentuk pernikahan Yakub (Im 18:18). PB memandang
monogami (satu istri dan satu suami) sebagai satu-satunya bentuk pernikahan
yang sah (Mat 19:4-6; Mr 10:4-9). Allah mungkin membiarkan poligami
dalam PL karena mereka tidak memahami sepenuhnya kehendak Allah mengenai
pernikahan dan karena hati mereka keras. Berbagai dampak buruk dari
poligami digambarkan dalam ayat Kej 29:30; 30:1; 35:22; 1Raj 11:1-12.
4 Full Life: TUHAN MELIHAT, BAHWA LEA TIDAK DICINTAI.
Nas : Kej 29:31
Allah mengizinkan Lea mempunyai anak. Dari Lea lahirlah Yehuda, dan
dari keturunan Yehuda lahirlah Kristus (Mat 1:3,16). Sering kali Allah
berada di pihak orang yang ditindas atau diperlakukan tidak adil (bd.
Mazm 9:19; 22:25; Luk 4:18). Ketidakadilan tidak dapat diterima oleh
Allah, khususnya antara umat perjanjian-Nya
(lihat cat. --> Kol 3:25).
[atau ref. Kol 3:25]
5 Full Life: PADA MULANYA ALLAH MENCIPTAKAN.
Nas : Kej 1:1
"Pada mulanya" di sini adalah tegas dan mengarahkan perhatian kepada
suatu permulaan yang nyata. Agama-agama kuno lainnya ketika membicarakannya
menunjukkan bahwa penciptaan itu dilaksanakan dengan sesuatu yang sudah
ada. Mereka melihat sejarah sebagai siklus kejadian yang berulang-ulang
terus. Alkitab memahami sejarah sebagai satu garis lurus dengan arah yang
ditetapkan oleh Allah. Allah mempunyai rencana dalam penciptaan, dan itu
akan diwujudkan-Nya. Untuk ulasan mengenai Allah dan peranan-Nya selaku
Pencipta,
lihat art. PENCIPTAAN.
Berbagai implikasi muncul dari kebenaran yang dinyatakan oleh ayat Alkitab
yang pertama.
- 1) Karena Allah adalah sumber dari segala sesuatu yang ada, manusia dan
alam tidak berdiri sendiri, tetapi menerima keberadaan dan
kelangsungannya dari Dia.
- 2) Seluruh keberadaan dan hidup adalah baik jikalau terkait secara
benar dengan-Nya dan bergantung pada-Nya.
- 3) Seluruh hidup dan ciptaan dapat penuh makna dan arti selalu.
- 4) Allah memiliki hak berdaulat atas seluruh ciptaan karena Dia
Penciptanya. Di dalam dunia yang telah jatuh, Allah menuntut hak-hak-Nya
melalui penebusan (Kel 6:6; 15:13; Ul 21:8; Luk 1:68; Rom 3:24;
Gal 3:13; 1Pet 1:18).
6 Full Life: PADA MULANYA ALLAH MENCIPTAKAN.
Nas : Kej 1:1
"Pada mulanya" di sini adalah tegas dan mengarahkan perhatian kepada
suatu permulaan yang nyata. Agama-agama kuno lainnya ketika membicarakannya
menunjukkan bahwa penciptaan itu dilaksanakan dengan sesuatu yang sudah
ada. Mereka melihat sejarah sebagai siklus kejadian yang berulang-ulang
terus. Alkitab memahami sejarah sebagai satu garis lurus dengan arah yang
ditetapkan oleh Allah. Allah mempunyai rencana dalam penciptaan, dan itu
akan diwujudkan-Nya. Untuk ulasan mengenai Allah dan peranan-Nya selaku
Pencipta,
lihat art. PENCIPTAAN.
Berbagai implikasi muncul dari kebenaran yang dinyatakan oleh ayat Alkitab
yang pertama.
- 1) Karena Allah adalah sumber dari segala sesuatu yang ada, manusia dan
alam tidak berdiri sendiri, tetapi menerima keberadaan dan
kelangsungannya dari Dia.
- 2) Seluruh keberadaan dan hidup adalah baik jikalau terkait secara
benar dengan-Nya dan bergantung pada-Nya.
- 3) Seluruh hidup dan ciptaan dapat penuh makna dan arti selalu.
- 4) Allah memiliki hak berdaulat atas seluruh ciptaan karena Dia
Penciptanya. Di dalam dunia yang telah jatuh, Allah menuntut hak-hak-Nya
melalui penebusan (Kel 6:6; 15:13; Ul 21:8; Luk 1:68; Rom 3:24;
Gal 3:13; 1Pet 1:18).
7 Full Life: PADA MULANYA ALLAH MENCIPTAKAN.
Nas : Kej 1:1
"Pada mulanya" di sini adalah tegas dan mengarahkan perhatian kepada
suatu permulaan yang nyata. Agama-agama kuno lainnya ketika membicarakannya
menunjukkan bahwa penciptaan itu dilaksanakan dengan sesuatu yang sudah
ada. Mereka melihat sejarah sebagai siklus kejadian yang berulang-ulang
terus. Alkitab memahami sejarah sebagai satu garis lurus dengan arah yang
ditetapkan oleh Allah. Allah mempunyai rencana dalam penciptaan, dan itu
akan diwujudkan-Nya. Untuk ulasan mengenai Allah dan peranan-Nya selaku
Pencipta,
lihat art. PENCIPTAAN.
Berbagai implikasi muncul dari kebenaran yang dinyatakan oleh ayat Alkitab
yang pertama.
- 1) Karena Allah adalah sumber dari segala sesuatu yang ada, manusia dan
alam tidak berdiri sendiri, tetapi menerima keberadaan dan
kelangsungannya dari Dia.
- 2) Seluruh keberadaan dan hidup adalah baik jikalau terkait secara
benar dengan-Nya dan bergantung pada-Nya.
- 3) Seluruh hidup dan ciptaan dapat penuh makna dan arti selalu.
- 4) Allah memiliki hak berdaulat atas seluruh ciptaan karena Dia
Penciptanya. Di dalam dunia yang telah jatuh, Allah menuntut hak-hak-Nya
melalui penebusan (Kel 6:6; 15:13; Ul 21:8; Luk 1:68; Rom 3:24;
Gal 3:13; 1Pet 1:18).
8 Full Life: DISESATKAN.
Nas : Ef 5:6
Paulus tahu ada guru yang akan mengajar jemaat Efesus bahwa mereka
tidak perlu takut akan murka Allah atas kebejatan mereka. Karena itu dia
menasihati, "Janganlah kamu disesatkan orang". Jelas di sini bahwa orang
dapat saja ditipu untuk percaya bahwa orang yang amoral dan tidak suci
hidupnya mempunyai bagian di dalam Kerajaan Kristus
(lihat art. GURU-GURU PALSU).
9 Full Life: BUKAN HASIL PEKERJAANMU.
Nas : Ef 2:9
Orang tidak dapat diselamatkan oleh usahanya sendiri, perbuatan amal
atau usaha sungguh-sungguh untuk menaati perintah Allah. Seorang hanya
diselamatkan oleh kasih karunia Allah. Sebab-sebabnya adalah sebagai
berikut:
- 1) Semua orang yang tidak selamat mati secara rohani (ayat Ef 2:1),
berada di bawah kuasa Iblis (ayat Ef 2:2), diperbudak dosa (ayat
Ef 2:3), dan di bawah murka Allah (ayat Ef 2:3).
- 2) Agar selamat, seseorang harus menerima keselamatan yang disediakan
Allah (ayat Ef 2:4-5), diampuni dosa (Rom 4:7,8), dihidupkan
secara rohani (Kol 1:13), dibebaskan dari kuasa Iblis dan dosa
(Kol 1:13), dijadikan ciptaan baru (ayat Ef 2:10; 2Kor 5:17),
dan menerima Roh Kudus (Yoh 7:37-39; 20:22). Tidak ada usaha sendiri
yang dapat mengerjakan hal-hal di atas.
- 3) Yang mendatangkan keselamatan adalah kasih karunia Allah oleh iman
(ayat Ef 2:5,8). Pemberian kasih karunia Allah ini meliputi hal-hal
berikut:
- (a) Pertama datanglah panggilan untuk bertobat dan beriman
(Kis 2:38). Bersamaan dengan panggilan ini mulailah Roh Kudus
bekerja di dalam diri orang, memberikan kepadanya kuasa dan
kemampuan untuk menanggapi Allah.
- (b) Mereka yang menanggapi dengan iman dan pertobatan serta menerima
Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat menerima kasih karunia
tambahan untuk dibaharui atau dilahirkan kembali oleh Roh Kudus
(lihat art. PEMBAHARUAN)
dan dipenuhi dengan Roh (Kis 1:8; 2:38; Ef 5:18).
- (c) Mereka yang menjadi ciptaan baru di dalam Kristus menerima kasih
karunia terus-menerus untuk menjalani hidup Kristen, menolak dosa
dan melayani Allah (Rom 8:13-14; 2Kor 9:8). Orang percaya
berjuang untuk hidup bagi Allah oleh kasih karunia-Nya yang bekerja
di dalam mereka (1Kor 15:10). Kasih karunia Allah bekerja dalam
orang percaya yang sungguh-sungguh, hingga mereka rela dan bertindak
menurut maksud baik Allah (Fili 2:12-13). Sejak awal hingga
akhir, keselamatan terjadi karena kasih karunia Allah
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
10 Full Life: ORANG-ORANG DURHAKA.
Nas : Ef 2:2
Ayat Ef 2:1-4 mengungkapkan alasan utama mengapa orang Kristen
harus menaruh belas kasihan dan kemurahan besar terhadap mereka yang masih
hidup dalam pelanggaran dan dosa.
- 1) Semua orang yang tanpa Kristus dikuasai oleh "penguasa kerajaan
angkasa", yaitu Iblis (ayat Ef 2:2). Pikiran mereka dibutakan oleh
Iblis terhadap kebenaran Allah (ayat Ef 2:2; 2Kor 4:3-4). Mereka
diperbudak oleh dosa dan dorongan tabiat berdosa (ayat Ef 2:3;
Luk 4:18).
- 2) Karena kondisi rohani orang yang tidak dibaharui, maka terlepas dari
kasih karunia Allah, mereka tidak dapat menerima atau mengerti kebenaran
(ayat Ef 2:5,8; 1Kor 1:18; Tit 2:11-14).
- 3) Orang Kristen harus memandang sesama manusia dari perspektif
alkitabiah. Mereka yang terlibat dalam percabulan dan kesombongan patut
dikasihani karena perbudakan mereka kepada dosa dan Iblis (ayat
Ef 2:1-3; bd. Yoh 3:16).
- 4) Mereka yang hidup tanpa Kristus tetap bertanggung jawab atas
dosa-dosa mereka, karena Allah memberikan setiap orang terang dan kasih
karunia seperlunya agar mereka dapat mencari Allah dan meloloskan diri
dari belenggu dosa oleh iman dalam Kristus (Yoh 1:9; Rom 1:18-32;
Rom 2:1-16).
11 Full Life: TUNDUK PADA PEMERINTAH.
Nas : Tit 3:1
Karena penting untuk kelangsungan kesaksian dan pemberitaan Injil,
orang percaya harus taat kepada pemerintah, menaati peraturan sipil,
menjadi warganegara yang baik dan bertindak sebagai tetangga yang terhormat
(bd. Mat 17:24-27; 22:15-22; Rom 13:1-7; 1Pet 2:13-17). Satu-satunya
perkecualian ialah bila peraturan pemerintah bertentangan dengan ajaran
alkitabiah (bd. Kis 5:29).