2 Tawarikh 32:33
32:33 Kemudian Hizkia mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan dikuburkan di pendakian ke pekuburan anak-anak Daud. Pada waktu kematiannya seluruh Yehuda dan penduduk Yerusalem memberi penghormatan kepadanya. Maka Manasye, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 32:2
32:2 Ketika Hizkia mengetahui, bahwa Sanherib datang hendak memerangi Yerusalem,
Kisah Para Rasul 21:1-18
Paulus di Tirus dan di Siprus
21:1 Sesudah perpisahan yang berat itu bertolaklah kami
dan langsung berlayar menuju Kos. Keesokan harinya sampailah kami di Rodos dan dari situ kami ke Patara.
21:2 Di Patara kami mendapat kapal, yang hendak menyeberang ke Fenisia.
Kami naik kapal itu, lalu bertolak.
21:3 Kemudian tampak Siprus di sebelah kiri, tetapi kami melewatinya dan menuju ke Siria.
Akhirnya tibalah kami di Tirus, sebab muatan kapal harus dibongkar di kota itu.
21:4 Di situ kami mengunjungi murid-murid
dan tinggal di situ tujuh hari lamanya. Oleh bisikan Roh
murid-murid itu menasihati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem
1 .
21:5 Tetapi setelah lewat waktunya, kami berangkat meneruskan perjalanan kami. Murid-murid semua dengan isteri dan anak-anak mereka mengantar kami sampai ke luar kota; dan di tepi pantai kami berlutut dan berdoa.
21:6 Sesudah minta diri kami naik ke kapal, dan mereka pulang ke rumah.
21:7 Dari Tirus
kami tiba di Ptolemais dan di situ berakhirlah pelayaran kami. Kami memberi salam kepada saudara-saudara
dan tinggal satu hari di antara mereka.
21:8 Pada keesokan harinya kami berangkat dari situ dan tiba di Kaisarea.
Kami masuk ke rumah Filipus,
pemberita Injil itu,
yaitu satu dari ketujuh orang yang dipilih di Yerusalem, dan kami tinggal di rumahnya.
21:9 Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat.
21:10 Setelah beberapa hari kami tinggal di situ, datanglah dari Yudea seorang nabi bernama Agabus
2 .
21:11 Ia datang pada kami, lalu mengambil ikat pinggang Paulus. Sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri ia berkata: "Demikianlah kata
Roh Kudus: Beginilah orang yang empunya ikat pinggang ini akan diikat
oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain.
"
21:12 Mendengar itu kami bersama-sama dengan murid-murid di tempat itu meminta, supaya Paulus jangan pergi ke Yerusalem.
21:13 Tetapi Paulus menjawab
3 : "Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku? Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati
di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus.
"
21:14 Karena ia tidak mau menerima nasihat kami, kami menyerah
dan berkata: "Jadilah
kehendak Tuhan
4 !"
Pertemuan Paulus dengan Yakobus di Yerusalem
21:15 Sesudah beberapa hari lamanya tinggal di Kaisarea, berkemaslah kami, lalu berangkat ke Yerusalem.
21:16 Bersama-sama dengan kami turut juga beberapa murid dari Kaisarea.
Mereka membawa kami ke rumah seorang yang bernama Manason. Ia dari Siprus
dan sudah lama menjadi murid. Kami akan menumpang di rumahnya.
21:17 Ketika kami tiba di Yerusalem, semua saudara
menyambut kami dengan suka hati.
21:18 Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-sama dengan kami mengunjungi Yakobus;
semua penatua
telah hadir di situ.
Kisah Para Rasul 21:1
Paulus di Tirus dan di Siprus
21:1 Sesudah perpisahan yang berat itu bertolaklah kami
dan langsung berlayar menuju Kos. Keesokan harinya sampailah kami di Rodos dan dari situ kami ke Patara.
Kisah Para Rasul 3:13
3:13 Allah Abraham, Ishak dan Yakub,
Allah nenek moyang
kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus yang kamu serahkan
dan tolak di depan Pilatus,
walaupun Pilatus berpendapat, bahwa Ia harus dilepaskan.
Matius 1:10
1:10 Hizkia memperanakkan Manasye,
Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia,
1 Full Life: OLEH BISIKAN ROH MURID-MURID ITU MENASIHATI PAULUS SUPAYA IA JANGAN PERGI KE YERUSALEM.
Nas : Kis 21:4
"Oleh bisikan Roh" artinya "karena apa yang dikatakan Roh." Roh
Kudus tidak menghalangi Paulus pergi ke Yerusalem, karena Allah menghendaki
dia pergi (lih. ayat Kis 21:14; 23:11). Namun, Allah sedang memberikan
peringatan kepada Paulus bahwa banyak penderitaan menunggu dia di sana.
Kemungkinan Roh mengatakan yang sama di Tirus seperti di Kaisarea (ayat
Kis 21:8-14). Akan tetapi, Paulus sudah menghitung harganya dan tetap
bersedia mati bagi Injil (ayat Kis 21:10-14).
2 Full Life: SEORANG NABI BERNAMA AGABUS.
Nas : Kis 21:10
Agabus, salah satu nabi yang meramalkan kelaparan yang terjadi pada
tahun 46 (Kis 11:27-28), kini menubuatkan penawanan dan pemenjaraan
Paulus. Makin dekat Paulus dengan Yerusalem makin nyata dan pasti
penyataan-penyataannya (ayat Kis 21:11). Nubuat Agabus tidak melarang
Paulus pergi ke Yerusalem, tetapi memberi tahu apa yang menantinya kalau
dia pergi.
Perhatikan bahwa tidak ada peristiwa tercatat dalam PB di mana karunia
nubuat dipakai untuk memberi bimbingan pribadi kepada orang dalam hal-hal
yang dapat diputuskan menurut prinsip-prinsip alkitabiah.
Keputusan-keputusan yang berhubungan dengan moralitas, membeli atau
menjual, perjodohan, dan masalah keluarga harus diambil dengan menerapkan
dan menaati prinsip-prinsip Firman Allah dan bukan dengan memakai landasan
"nubuat." Ucapan nubuat dalam PB terutama untuk membangun, menasihati, dan
menghibur (1Kor 14:3) dan sering kali untuk menuntun dalam misi.
(lihat cat. --> Kis 16:6).
[atau ref. Kis 16:6]
3 Full Life: PAULUS MENJAWAB.
Nas : Kis 21:13
Kehendak dari mayoritas, dan bahkan keinginan suara bulat dari
saudara-saudara seiman yang mengasihi belum tentu adalah kehendak Allah.
Paulus tidak acuh tak acuh terhadap permohonan dan tangisan teman-temannya;
namun ia tidak mungkin mengubah maksudnya yang tetap untuk bersedia
dipenjarakan dan bahkan mati bagi Tuhan Yesus Kristus.
4 Full Life: JADILAH KEHENDAK TUHAN.
Nas : Kis 21:14
Banyak murid (ayat Kis 21:4) dan juga nabi Agabus (ayat
Kis 21:11) sudah bernubuat tentang penderitaan yang akan dialami Paulus
jikalau ia pergi ke Yerusalem. Orang-orang Kristen ini menganggap nubuat
itu sebagai petunjuk pribadi kepada Paulus bahwa ia tidak boleh pergi ke
Yerusalem (ayat Kis 21:4,12). Walaupun Paulus mengakui kebenaran
penyataan itu (ayat Kis 21:11), ia tidak menerima tafsiran mereka
tentang nubuat tersebut (ayat Kis 21:13). Paulus lebih bersandar pada
bimbingan pribadi Roh Kudus dan Firman Allah bagi dirinya sendiri untuk
suatu keputusan yang begitu penting (Kis 23:11;
lihat cat. --> Kis 21:4).
[atau ref. Kis 21:4]
Mengenai pelayanan kemudian hari, seorang harus menantikan perkataan Allah
secara pribadi dan bukan hanya perkataan dari orang-orang lain.