Kejadian 32:1-32
Yakub takut bertemu dengan Esau
32:1 Yakub melanjutkan perjalanannya, lalu bertemulah malaikat-malaikat Allah
dengan dia
1 .
32:2 Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia: "Ini bala tentara Allah.
" Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.
32:3 Sesudah itu Yakub menyuruh utusannya
berjalan lebih dahulu mendapatkan Esau,
kakaknya, ke tanah Seir,
daerah Edom.
32:4 Ia memerintahkan kepada mereka: "Beginilah kamu katakan kepada tuanku,
kepada Esau: Beginilah kata hambamu
Yakub: Aku telah tinggal pada Laban
sebagai orang asing dan diam di situ selama ini.
32:5 Aku telah mempunyai lembu sapi, keledai dan kambing domba, budak laki-laki dan perempuan,
dan aku menyuruh memberitahukan hal ini kepada tuanku,
supaya aku mendapat kasihmu.
"
32:6 Kemudian pulanglah para utusan itu kepada Yakub dan berkata: "Kami telah sampai kepada kakakmu, kepada Esau, dan iapun sedang di jalan menemui engkau, diiringi
oleh empat ratus orang."
32:7 Lalu sangat takutlah
Yakub dan merasa sesak hati;
maka dibaginyalah
orang-orangnya yang bersama-sama dengan dia, kambing dombanya, lembu sapi dan untanya menjadi dua pasukan.
32:8 Sebab pikirnya: "Jika Esau datang menyerang pasukan yang satu, sehingga terpukul kalah, maka pasukan yang tinggal akan terluput."
32:9 Kemudian berkatalah Yakub: "Ya Allah nenekku Abraham
2 dan Allah ayahku Ishak,
ya TUHAN, yang telah berfirman kepadaku: Pulanglah ke negerimu serta kepada sanak saudaramu dan Aku akan berbuat baik kepadamu
--
32:10 sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih dan kesetiaan
yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu ini, sebab aku membawa hanya tongkatku
ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan.
32:11 Lepaskanlah kiranya aku dari tangan kakakku, dari tangan Esau, sebab aku takut
kepadanya, jangan-jangan ia datang membunuh aku,
juga ibu-ibu dengan anak-anaknya.
32:12 Bukankah Engkau telah berfirman: Tentu Aku akan berbuat baik kepadamu dan menjadikan keturunanmu sebagai pasir
di laut, yang karena banyaknya tidak dapat dihitung.
"
32:13 Lalu bermalamlah ia di sana pada malam itu. Kemudian diambilnyalah dari apa yang ada padanya suatu persembahan
untuk Esau, kakaknya,
32:14 yaitu dua ratus kambing betina dan dua puluh kambing jantan, dua ratus domba betina dan dua puluh domba jantan,
32:15 tiga puluh unta yang sedang menyusui beserta anak-anaknya, empat puluh lembu betina dan sepuluh lembu jantan, dua puluh keledai betina dan sepuluh keledai jantan.
32:16 Diserahkannyalah semuanya itu kepada budak-budaknya untuk dijaga, tiap-tiap kumpulan tersendiri, dan ia berkata kepada mereka: "Berjalanlah kamu lebih dahulu dan jagalah supaya ada jarak antara kumpulan
yang satu dengan kumpulan yang lain."
32:17 Diperintahkannyalah kepada yang paling di muka: "Apabila Esau, kakakku, bertemu dengan engkau dan bertanya kepadamu: Siapakah tuanmu? dan ke manakah engkau pergi? dan milik siapakah ternak yang di depanmu itu? --
32:18 jawablah: milik hambamu
Yakub; inilah persembahan
yang dikirim kepada tuanku Esau, dan Yakub sendiripun ada di belakang kami."
32:19 Begitulah diperintahkannya baik kepada yang kedua maupun kepada yang ketiga dan kepada sekalian orang yang berjalan menggiring kumpulan hewan itu, katanya: "Seperti perkataanku tadilah kamu katakan kepada Esau, apabila kamu berjumpa dengan dia;
32:20 dan kamu harus mengatakan juga: Hambamu
Yakub sendiri ada di belakang kami." Sebab pikir Yakub: "Baiklah aku mendamaikan hatinya dengan persembahan
yang diantarkan lebih dahulu,
kemudian barulah aku akan melihat mukanya; mungkin ia akan menerima aku
dengan baik."
32:21 Jadi persembahan
itu diantarkan lebih dahulu, tetapi ia sendiri bermalam pada malam itu di tempat perkemahannya.
Pergumulan Yakub dengan Allah
32:22 Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya,
dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.
32:23 Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.
32:24 Lalu tinggallah Yakub seorang diri.
Dan seorang laki-laki
bergulat dengan dia
3 sampai fajar menyingsing.
32:25 Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha
Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.
32:26 Lalu kata orang itu: "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing." Sahut Yakub: "Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.
"
32:27 Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub.
"
32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu
tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel
4 ,
sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.
"
32:29 Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu.
" Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?
" Lalu diberkatinyalah
Yakub di situ
5 .
32:30 Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: "Aku telah melihat Allah berhadapan muka,
tetapi nyawaku tertolong!"
32:31 Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel;
dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.
32:32 Itulah sebabnya sampai sekarang orang Israel tidak memakan daging yang menutupi sendi pangkal paha,
karena Dia telah memukul sendi pangkal paha Yakub, pada otot pangkal pahanya.
Kejadian 33:11
33:11 Terimalah kiranya pemberian
tanda salamku ini, yang telah kubawa kepadamu, sebab Allah telah memberi karunia kepadaku
dan akupun mempunyai segala-galanya.
" Lalu dibujuk-bujuknyalah Esau, sehingga diterimanya.
Ratapan 3:33
3:33 Karena tidak dengan rela hati Ia menindas
6 dan merisaukan anak-anak manusia.
Hosea 11:8
11:8 Masakan Aku membiarkan
engkau, hai Efraim
7 ,
menyerahkan engkau, hai Israel? Masakan Aku membiarkan engkau seperti Adma, membuat engkau seperti Zeboim?
Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku
bangkit serentak.
Hosea 11:1
Kasih TUHAN mengalahkan kedegilan orang Israel
11:1 Ketika Israel masih muda,
Kukasihi
dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku
8 itu.
Titus 2:4
2:4 dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda
mengasihi suami dan anak-anaknya
9 ,
Titus 2:2
2:2 Laki-laki yang tua
hendaklah hidup sederhana
10 ,
terhormat, bijaksana,
sehat dalam iman,
dalam kasih dan dalam ketekunan.
Pengkhotbah 3:9
3:9 Apakah untung pekerja dari yang dikerjakannya dengan berjerih payah?
1 Full Life: BERTEMULAH MALAIKAT-MALAIKAT ALLAH DENGAN DIA.
Nas : Kej 32:1
Yakub telah menaati perintah Allah dengan meninggalkan Laban dan
kembali ke tanah Kanaan (Kej 31:13), wilayah kediaman Esau kakaknya
yang bermusuhan itu. Allah mengirim para malaikat untuk meyakinkan Yakub
akan kehadiran dan perlindungan-Nya.
2 Full Life: YA ALLAH NENEKKU ABRAHAM.
Nas : Kej 32:9
Yakub ketakutan dan tertekan ketika mendekati wilayah Esau. Apakah
dia dan keluarganya akan menderita kekerasan dari Esau karena penipuan
Yakub lebih dari dua puluh tahun sebelumnya? Dalam situasi semacam itu
Yakub berdoa mohon pertolongan dari Allah. Doa Yakub merupakan pola bagi
semua orang percaya yang berada dalam keadaan yang berbahaya.
- (1) Yakub mengingatkan Allah akan janji-Nya untuk memberikan
perlindungan bagi mereka yang mengikuti kehendak-Nya (ayat
Kej 32:9);
- (2) dengan menyadari ketidaklayakannya, Yakub mengucapkan rasa
syukurnya atas berkat dan pertolongan Allah pada masa lalu (ayat
Kej 32:10);
- (3) ia berdoa supaya Allah melepaskan dia (ayat Kej 32:11); dan
- (4) ia menyatakan alasan pokok untuk memohon perlindungan Allah,
yaitu menggenapi maksud perjanjian Allah di dalam hidupnya (ayat
Kej 32:12).
3 Full Life: SEORANG LAKI-LAKI BERGULAT DENGAN DIA.
Nas : Kej 32:24
Orang yang bergulat dengan Yakub kemungkinan besar adalah "malaikat
Tuhan" (lih. Kej 16:7-11 dst.; Kej 21:17; 22:11; 31:11; Hos 12:5),
yang sering kali dihubungkan dengan Allah sendiri (bd. ayat
Kej 32:28,30; Hak 6:12-14,22;
lihat cat. --> Kel 3:2).
[atau ref. Kel 3:2]
Sementara Yakub mati-matian bergumul dengan Allah untuk memperoleh berkat
yang dijanjikan, Allah mengizinkannya menang (ayat Kej 32:28); tetapi
pangkal paha Yakub dicederai Allah (ayat Kej 32:25) sebagai peringatan
bahwa Yakub tidak boleh lagi hidup dalam kekuatannya sendiri, tetapi harus
bersandar sepenuhnya kepada Allah dan hidup dalam ketergantungan pada-Nya
(ayat Kej 32:30-32).
4 Full Life: NAMAMU ... ISRAEL.
Nas : Kej 32:28
Nama Yakub, yang artinya seorang penipu ulung, kini diganti menjadi
"Israel" yang artinya "dia bergumul dengan Allah"
(lihat cat. --> Kej 32:29 selanjutnya).
[atau ref. Kej 32:29]
Para pengikut Kristus kadang-kadang disebut "Israel milik Allah"
(Gal 6:16) -- yaitu, yang bergumul dengan Allah. Allah tidak ingin
umat-Nya bersikap pasif, tetapi ingin agar mereka sungguh-sungguh
mencari-Nya untuk memperoleh berkat dan kasih karunia dari-Nya
(Mat 5:6; Mat 6:33; 7:7-8; 11:12; Luk 11:5-10).
5 Full Life: DIBERKATINYALAH YAKUB DI SITU.
Nas : Kej 32:29
Pergumulan Yakub dengan Allah sepanjang malam berakibat berkat Allah
dalam hidupnya.
- 1) Sejak saat itu, Yakub tahu bahwa hidup dan kesejahteraannya tidak
tergantung pada akalnya tetapi pada pertolongan, bimbingan, dan berkat
Allah. Kemudian hari Allah mengingatkan keturunan Israel akan kebenaran
ini, "Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan
dengan Roh-Ku, firman TUHAN semesta alam" (Za 4:6).
- 2) Kemenangan dan berkat dalam kehidupan seluruh umat Allah diperoleh
dengan cara yang sama. Sekalipun kita mungkin tidak bergumul secara
jasmaniah dengan Allah, kita dapat mencari Dia dengan sungguh-sungguh
dan dengan gigih di dalam doa (Luk 11:5-10), mengakui dosa-dosa kita
dan memohon pengampunan-Nya (Luk 11:4), lapar dan dahaga akan
kerajaan-Nya dan kehadiran-Nya (Luk 11:2), merindukan realitas dan
kuasa Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4), dan mengejar hidup beriman yang
sejati dan kebenaran (Mat 6:30-33).
6 Full Life: TIDAK DENGAN RELA HATI IA MENINDAS.
Nas : Rat 3:33
Allah tidak senang menghukum orang karena dosa-dosa mereka; Ia
menghukum karena Ia harus memelihara ketertiban moral di dunia ini. Harapan
Allah yang terakhir ialah agar penderitaan membuat orang berbalik kembali
kepada-Nya (lih. Yeh 18:23,32; Hos 11:8; 2Pet 3:9).
7 Full Life: MASAKAN AKU MEMBIARKAN ENGKAU, HAI EFRAIM?
Nas : Hos 11:8
Ayat ini termasuk ayat Alkitab yang paling mengesankan, yang
menunjukkan kasih mendalam, belas kasihan dan kesedihan yang diderita oleh
Tuhan demi orang berdosa. Ayat ini menunjukkan dengan sangat jelas bahwa
kasih dan belas kasihan-Nya adalah bagaikan Bapa yang memperhatikan
anak-anaknya (Yer 31:9). Dia tidak mau melepaskan umat-Nya yang tidak
patuh, dan Ia merasa sedih bila terpaksa harus menghukum mereka.
8 Full Life: DARI MESIR KUPANGGIL ANAK-KU.
Nas : Hos 11:1
Allah menunjuk kepada sejarah Israel ketika mereka dibawa keluar
dari Mesir untuk menjadi bangsa yang merdeka. Ia memanggil mereka "anak"
(bd. Kel 4:22), namun tidak lama kemudian mereka menjadi anak yang
murtad dan tidak taat (ayat Hos 11:2). Mat 2:14-15 menerapkan ayat
ini kepada Yesus yang dibawa oleh Yusuf dan Maria ke Mesir dan kemudian
dipanggil kembali ke Palestina setelah kematian Herodes.
9 Full Life: PEREMPUAN-PEREMPUAN MUDA MENGASIHI SUAMI DAN ANAK-ANAKNYA.
Nas : Tit 2:4-5
Allah mempunyai rencana khusus bagi wanita dalam hubungan dengan
keluarga, rumah tangga, dan keibuan.
- 1) Keinginan Allah bagi seorang istri dan ibu ialah supaya perhatian
dan pengabdiannya difokuskan pada keluarganya. Rumah tangga, suami, dan
anak-anak harus merupakan pusat dunia seorang ibu Kristen; inilah cara
yang ditetapkan secara ilahi baginya untuk menghormati Firman Allah (bd.
Ul 6:7; Ams 31:27; 1Tim 5:14).
- 2) Tugas khusus wanita yang diberi Allah sebagaimana dikaitkan dengan
keluarga termasuk:
- (a) memelihara anak-anak yang dipercayakan Allah kepadanya (ayat
Tit 2:4; 1Tim 5:14) sebagai pelayanan bagi Allah (Mazm 127:3;
Mat 18:5; Luk 9:48);
- (b) menjadi seorang penolong dan teman setia kepada suaminya (ayat
Tit 2:4-5;
lihat cat. --> Kej 2:18);
[atau ref. Kej 2:18]
- (c) membantu sang ayah mengasuh anak-anak agar mempunyai watak saleh
dan berbagai ketrampilan praktis dalam hidup (Ul 6:7; Ams 1:8-9;
Kol 3:20; 1Tim 5:10;
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK);
- (d) menyediakan tumpangan di rumah (Yes 58:6-8; Luk 14:12-14;
1Tim 5:10);
- (e) menggunakan ketrampilannya untuk menyediakan keperluan rumah
tangga (Ams 31:13,15-16,18-19,22,24);
- (f) memelihara orang-tua yang sudah lanjut usia (1Tim 5:8;
Yak 1:27).
- 3) Para ibu yang ingin memenuhi rencana Allah bagi kehidupan mereka dan
keluarga mereka, tetapi harus bekerja mencari nafkah jauh dari anak-anak
karena keadaan ekonomi, harus menyerahkan keadaan ini kepada Tuhan
sambil berdoa kepada Allah untuk membuka jalan supaya ia dapat memenuhi
tempat dan fungsi dalam rumah bersama anak-anak (Ams 3:5-6;
1Tim 5:3; juga
(lihat cat. --> Ef 5:21;
lihat cat. --> Ef 5:22;
lihat cat. --> Ef 5:23)
[atau ref. Ef 5:21-23]
10 Full Life: LAKI-LAKI YANG TUA HENDAKLAH HIDUP SEDERHANA.
Nas : Tit 2:2
Maksud jelas dari ayat ini ialah bahwa laki-laki yang tua itu harus
menjadi teladan bagi semua orang percaya dalam hal mempersembahkan diri
kepada Allah sebagai persembahan yang hidup tanpa minum anggur yang
memabukkan (lih. 1Tim 3:2,11, di mana istilah ini dipakai untuk gembala
dan wanita). Kenyataan ini didukung oleh berbagai fakta berikut:
- 1) "Sederhana" (Yun. _nephalios_) didefinisikan dalam leksikon Yunani
PB dengan arti utama "berpantang anggur". Perhatikan definisi berikut,
"Kata ini bermula mengandung arti berpantangan alkohol" (Reinecher and
Rogers); "orang yang tidak minum anggur" (Greek Dictionary of Byzantius,
Athens, 1839); "Tanpa anggur, tuna anggur" (Liddell and Scott); "bebas
dari semua pemasukan anggur" (Moulton-Milligan); "tidak mengandung
anggur" (Kittel dan Friedrich); "tidak tercampur anggur" (Abbott-Smith);
"secara harfiah, tidak minum anggur sama sekali" (Brown, Dictionary of
New Testament Theology, Vol. 1). Brown menambahkan: "Nephalios dipakai
hanya dalam Surat-Surat Penggembalaan dan menunjuk kepada gaya hidup
berpantang yang dituntut dari para penilik (1Tim 3:2), wanita
(1Tim 3:11) dan penatua (Tit 2:2)." R. Laird Harris menyatakan
bahwa "istilah ini dipakai umumnya dalam pengertian klasiknya, yaitu
bebas dari semua anggur" (The Bible Today, hal.139).
- 2) Para penulis Yahudi, seangkatan dengan Paulus dan Petrus,
membenarkan penggunaan umum definisi utama itu. Yosefus mengatakan
berhubungan dengan para imam Yahudi bahwa "semuanya dalam segala hal
tahir dan berpantang (nephalioi) karena dilarang minum anggur ketika
memakai jubah imam" (Antiquities, 3.12.2). Philo menyatakan bahwa jiwa
yang dibaharui "berpantang (nephein) senantiasa dan sepanjang hidup ini"
(Drunkenness, 37).
- 3) Berdasarkan semua masukan itu, tidak mungkin Paulus menggunakan
istilah ini tanpa mengetahui pengertian utamanya (bd. 1Tes 5:6).