Daniel 4:1--6:28
Nebukadnezar meninggikan diri dan direndahkan
4:1 Dari raja Nebukadnezar kepada orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa,
yang diam di seluruh bumi: "Bertambah-tambahlah
kiranya kesejahteraanmu!
4:2 Aku berkenan memaklumkan tanda-tanda
dan mujizat-mujizat yang telah dilakukan Allah
yang maha tinggi kepadaku.
4:3 Betapa besarnya tanda-tanda-Nya dan betapa hebatnya mujizat-mujizat-Nya!
Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal
dan pemerintahan-Nya turun-temurun!
4:4 Aku, Nebukadnezar, diam dalam rumahku dengan tenang
dan hidup dengan senang dalam istanaku;
4:5 lalu aku mendapat mimpi
yang mengejutkan aku, dan khayalanku di tempat tidurku
serta penglihatan-penglihatan yang kulihat
menggelisahkan aku.
4:6 Maka aku mengeluarkan titah, bahwa semua orang bijaksana di Babel harus dibawa menghadap aku, supaya mereka memberitahukan kepadaku makna
mimpi itu.
4:7 Kemudian orang-orang berilmu,
ahli jampi, para Kasdim dan ahli nujum
datang menghadap dan aku menceritakan kepada mereka mimpi itu, tetapi mereka tidak dapat memberitahukan maknanya kepadaku.
4:8 Pada akhirnya Daniel datang menghadap aku, yakni Daniel yang dinamai Beltsazar
menurut nama dewaku, dan yang penuh dengan roh para dewa
yang kudus. Lalu kuceritakan kepadanya mimpi itu:
4:9 Hai Beltsazar, kepala
orang-orang berilmu
2 ! Aku tahu, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa
yang kudus, dan bahwa tidak ada rahasia yang sukar bagimu! Sebab itu inilah riwayat penglihatan mimpi yang kudapat, maka ceritakanlah kepadaku maknanya.
4:10 Adapun penglihatan yang kudapat di tempat tidurku
itu, demikian: di tengah-tengah bumi ada sebatang pohon
3 yang sangat tinggi;
4:11 pohon itu bertambah besar dan kuat, tingginya sampai ke langit, dan dapat dilihat sampai ke ujung seluruh bumi.
4:12 Daun-daunnya indah, buahnya berlimpah-limpah, padanya ada makanan bagi semua yang hidup; di bawahnya binatang-binatang di padang mencari tempat bernaung dan di dahan-dahannya
bersarang burung-burung di udara, dan segala makhluk mendapat makanan dari padanya.
4:13 Kemudian dalam penglihatan yang kudapat di tempat tidurku
itu tampak seorang penjaga, seorang kudus,
turun dari langit;
4:14 ia berseru dengan nyaring, demikian katanya: Tebanglah pohon
itu dan potonglah dahan-dahannya, gugurkanlah daun-daunnya dan hamburkanlah buah-buahnya! Biarlah binatang-binatang lari dari bawahnya dan burung-burung dari dahan-dahannya!
4:15 Tetapi biarkanlah tunggulnya tinggal di dalam tanah, terikat dengan rantai dari besi dan tembaga, di rumput muda di padang; biarlah ia dibasahi dengan embun dari langit dan bersama-sama dengan binatang-binatang mendapat bagiannya dari rumput di bumi!
4:16 Biarlah hati manusianya berubah dan diberikan kepadanya hati binatang. Demikianlah berlaku atasnya sampai tujuh masa berlalu
4 .
4:17 Titah ini adalah menurut putusan para penjaga dan hal ini menurut perkataan orang-orang kudus, supaya orang-orang yang hidup tahu, bahwa Yang Mahatinggi
berkuasa
5 atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, bahkan orang yang paling kecil
sekalipun dapat diangkat-Nya untuk kedudukan itu.
4:18 Itulah mimpi yang telah kudapat, aku, raja Nebukadnezar; sekarang engkau, Beltsazar, katakanlah kepadaku maknanya, sebab semua orang bijaksana dari kerajaanku tidak dapat memberitahukan maknanya kepadaku;
tetapi engkaulah yang sanggup,
karena engkau
penuh dengan roh para dewa
yang kudus!"
4:19 Lalu berdirilah Daniel yang namanya Beltsazar, tercengang beberapa saat, pikiran-pikirannya menggelisahkan
dia. Berkatalah raja: "Beltsazar, janganlah mimpi dan maknanya itu menggelisahkan engkau!
" Beltsazar menjawab: "Tuanku, biarlah mimpi itu tertimpa atas musuh tuanku dan maknanya atas seteru tuanku!
4:20 Pohon yang tuanku lihat itu, yang bertambah besar dan kuat, yang tingginya sampai ke langit dan yang terlihat sampai ke seluruh bumi,
4:21 yang daun-daunnya indah dan buahnya berlimpah-limpah dan padanya ada makanan bagi semua yang hidup, yang di bawahnya ada binatang-binatang di padang dan di dahan-dahannya bersarang burung-burung di udara
--
4:22 tuankulah itu,
ya raja, tuanku yang telah bertambah besar dan kuat, yang kebesarannya bertambah sampai ke langit, dan yang kekuasaannya sampai ke ujung bumi!
4:23 Tentang yang tuanku raja lihat, yakni seorang penjaga, seorang kudus,
yang turun dari langit, sambil berkata: Tebanglah pohon ini dan binasakanlah dia, tetapi biarkanlah tunggulnya ada di dalam tanah, terikat dengan rantai dari besi dan tembaga, di rumput muda di padang, dan biarlah ia dibasahi dengan embun dari langit dan mendapat bagiannya bersama-sama dengan binatang-binatang di padang, hingga sudah berlaku yang demikian atasnya sampai tujuh masa berlalu
--
4:24 inilah maknanya, ya raja, dan inilah putusan
Yang Mahatinggi mengenai tuanku raja:
4:25 tuanku akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggal tuanku akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepada tuanku akan diberikan makanan rumput, seperti kepada lembu, dan tuanku akan dibasahi
dengan embun dari langit; dan demikianlah akan berlaku atas tuanku sampai tujuh masa berlalu, hingga tuanku mengakui, bahwa Yang Mahatinggi
berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya.
4:26 Yang dikatakan tentang membiarkan tunggul pohon itu,
berarti: kerajaan tuanku akan kembali tuanku pegang segera sesudah tuanku mengakui, bahwa Sorgalah yang mempunyai kekuasaan.
4:27 Jadi, ya raja, biarlah nasihatku berkenan pada hati tuanku: lepaskanlah diri tuanku dari pada dosa dengan melakukan keadilan
6 , dan dari pada kesalahan dengan menunjukkan belas kasihan terhadap orang yang tertindas;
dengan demikian kebahagiaan
tuanku akan dilanjutkan!
"
4:28 Semuanya itu terjadi
atas raja Nebukadnezar;
4:29 sebab setelah lewat dua belas bulan, ketika ia sedang berjalan-jalan di atas istana raja di Babel,
4:30 berkatalah raja: "Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan
kebesaranku
telah kubangun menjadi kota kerajaan?"
4:31 Raja belum habis bicara, ketika suatu suara terdengar dari langit: "Kepadamu dinyatakan, ya raja Nebukadnezar, bahwa kerajaan telah beralih dari padamu;
4:32 engkau akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepadamu akan diberikan makanan rumput seperti kepada lembu; dan demikianlah akan berlaku atasmu sampai tujuh masa berlalu, hingga engkau mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya!
"
4:33 Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah
oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung.
4:34 Tetapi setelah lewat waktu yang ditentukan, aku, Nebukadnezar, menengadah ke langit, dan akal
budiku kembali
7 lagi kepadaku. Lalu aku memuji Yang Mahatinggi dan membesarkan dan memuliakan Yang Hidup kekal
itu, karena kekuasaan-Nya ialah kekuasaan yang kekal dan kerajaan-Nya
turun-temurun.
4:35 Semua penduduk bumi dianggap remeh;
Ia berbuat menurut kehendak-Nya
terhadap bala tentara langit dan penduduk bumi; dan tidak ada seorangpun yang dapat menolak
tangan-Nya
dengan berkata kepada-Nya: "Apa yang Kaubuat?
"
4:36 Pada waktu akal budiku kembali kepadaku, kembalilah juga kepadaku kebesaran dan kemuliaanku untuk kemasyhuran kerajaanku.
Para menteriku dan para pembesarku menjemput aku lagi; aku dikembalikan kepada kerajaanku, bahkan kemuliaan yang lebih besar dari dahulu diberikan kepadaku.
4:37 Jadi sekarang aku, Nebukadnezar, memuji, meninggikan
dan memuliakan
Raja Sorga, yang segala perbuatan-Nya adalah benar dan jalan-jalan-Nya adalah adil,
dan yang sanggup merendahkan
mereka yang berlaku congkak.
Tulisan di dinding
5:1 Raja Belsyazar
mengadakan perjamuan
yang besar
8 untuk para pembesarnya,
seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur.
5:2 Dalam kemabukan
anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas
dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya
9 , dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik
mereka minum dari perkakas
itu.
5:3 Kemudian dibawalah perkakas dari emas dan perak itu, yang diambil dari dalam Bait Suci
10 , Rumah Allah di Yerusalem, lalu raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu;
5:4 mereka minum anggur dan memuji-muji dewa-dewa
dari emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu.
5:5 Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu.
5:6 Lalu raja menjadi pucat,
dan pikiran-pikirannya menggelisahkan
dia; sendi-sendi pangkal pahanya menjadi lemas
dan lututnya berantukan.
5:7 Kemudian berserulah raja dengan keras, supaya para ahli jampi,
para Kasdim
dan para ahli nujum
dibawa menghadap. Berkatalah raja kepada para orang bijaksana
di Babel itu: "Setiap orang yang dapat membaca tulisan ini dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, kepadanya akan dikenakan pakaian dari kain ungu, dan lehernya
akan dikalungkan rantai emas, dan di dalam kerajaanku
ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga.
"
5:8 Tetapi semua orang bijaksana
dari raja, yang telah datang menghadap, tidak sanggup membaca tulisan itu dan tidak sanggup memberitahukan maknanya
kepada raja.
5:9 Sesudah itu sangatlah cemas
hati raja Belsyazar dan ia menjadi pucat; juga para pembesarnya terperanjat.
5:10 Karena perkataan raja dan para pembesarnya itu masuklah permaisuri ke dalam ruang perjamuan; berkatalah ia: "Ya raja, kekallah hidup
tuanku! Janganlah pikiran-pikiran tuanku menggelisahkan tuanku dan janganlah menjadi pucat;
5:11 sebab dalam kerajaan tuanku ada seorang yang penuh dengan roh para dewa
yang kudus! Dalam zaman ayah tuanku ada terdapat pada orang itu kecerahan, akal budi dan hikmat
yang seperti hikmat para dewa.
Ia telah diangkat oleh raja Nebukadnezar, ayah tuanku menjadi kepala orang-orang berilmu, para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum,
5:12 karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi
dan menguraikan kekusutan
, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar
oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!
"
5:13 Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Daniel itu, salah seorang buangan yang telah diangkut oleh raja, ayahku, dari tanah Yehuda?
5:14 Telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa,
dan bahwa padamu terdapat kecerahan, akal budi dan hikmat
yang luar biasa.
5:15 Kepadaku telah dibawa orang-orang bijaksana, para ahli jampi, supaya mereka membaca tulisan ini dan memberitahukan maknanya kepadaku, tetapi mereka tidak sanggup mengatakan makna
perkataan itu.
5:16 Tetapi telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau dapat memberikan makna dan dapat menguraikan kekusutan.
Oleh sebab itu, jika engkau dapat membaca tulisan itu dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, maka kepadamu akan dikenakan pakaian dari kain ungu dan pada lehermu
akan dikalungkan rantai emas, dan dalam kerajaan
ini engkau akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga."
5:17 Kemudian Daniel menjawab raja: "Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang lain!
Namun demikian, aku akan membaca tulisan itu bagi raja dan memberitahukan maknanya kepada tuanku.
5:18 Ya tuanku raja! Allah, Yang Mahatinggi, telah memberikan kekuasaan sebagai raja, kebesaran, kemuliaan dan keluhuran
kepada Nebukadnezar,
ayah tuanku.
5:19 Dan oleh karena kebesaran yang telah diberikan-Nya kepadanya itu, maka takut dan gentarlah terhadap dia orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa; dibunuhnya
siapa yang dikehendakinya dan dibiarkannya hidup siapa yang dikehendakinya, ditinggikannya siapa yang dikehendakinya dan direndahkannya
siapa yang dikehendakinya.
5:20 Tetapi ketika ia menjadi tinggi hati dan keras kepala, sehingga berlaku terlalu angkuh,
maka ia dijatuhkan dari takhta
kerajaannya dan kemuliaannya
diambil
dari padanya.
5:21 Ia dihalau dari antara manusia dan hatinya menjadi sama seperti hati binatang, dan tempat tinggalnya ada di antara keledai hutan; kepadanya diberikan makanan rumput seperti kepada lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai ia mengakui, bahwa Allah, Yang Mahatinggi, berkuasa
atas kerajaan manusia dan mengangkat siapa yang dikehendaki-Nya
untuk kedudukan itu.
5:22 Tetapi tuanku, Belsyazar, anaknya, tidak merendahkan diri,
walaupun tuanku mengetahui semuanya ini
11 .
5:23 Tuanku meninggikan diri terhadap
Yang Berkuasa di sorga: perkakas dari Bait-Nya dibawa orang kepada tuanku, lalu tuanku serta para pembesar tuanku, para isteri
dan para gundik tuanku telah minum anggur dari perkakas itu; tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui,
dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas
tuanku dan menentukan segala jalan
tuanku.
5:24 Sebab itu Ia menyuruh punggung tangan itu dan dituliskanlah tulisan ini.
5:25 Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mene, mene, tekel ufarsin.
5:26 Dan inilah makna perkataan itu: Mene: masa
pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah
12 dan telah diakhiri;
5:27 Tekel: tuanku ditimbang dengan neraca
dan didapati terlalu ringan
13 ;
5:28 Peres: kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media
dan Persia
14 .
"
5:29 Lalu atas titah Belsyazar dikenakanlah kepada Daniel pakaian dari kain ungu dan pada lehernya
dikalungkan rantai emas, dan dimaklumkanlah tentang dia, bahwa di dalam kerajaan
ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga.
5:30 Pada malam itu juga terbunuhlah
Belsyazar
15 ,
raja
orang Kasdim itu.
Gua singa
5:31 (6-1) Darius,
orang Media,
menerima pemerintahan
16 ketika ia berumur enam puluh dua tahun.
6:1 (6-2) Lalu berkenanlah Darius
mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja
atas kerajaannya; mereka akan ditempatkan di seluruh kerajaan;
6:2 (6-3) membawahi mereka diangkat pula tiga pejabat tinggi, dan Daniel
adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab,
supaya raja jangan dirugikan.
6:3 (6-4) Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya
17 .
6:4 (6-5) Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan
terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya.
6:5 (6-6) Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali
18 dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!
"
6:6 (6-7) Kemudian bergegas-gegaslah para pejabat tinggi dan wakil raja itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ya raja Darius, kekallah hidup
tuanku!
6:7 (6-8) Semua pejabat tinggi kerajaan ini, semua penguasa dan wakil raja, para menteri dan bupati
telah mufakat
19 , supaya dikeluarkan kiranya suatu penetapan raja dan ditetapkan suatu larangan, agar barangsiapa yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, maka ia akan dilemparkan ke dalam gua singa.
6:8 (6-9) Oleh sebab itu, ya raja, keluarkanlah larangan itu dan buatlah suatu surat perintah yang tidak dapat diubah, menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut
kembali."
6:9 (6-10) Sebab itu raja Darius membuat surat perintah dengan larangan itu.
6:10 (6-11) Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah
Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut,
berdoa serta memuji Allahnya
20 , seperti yang biasa dilakukannya.
6:11 (6-12) Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohon
kepada Allahnya.
6:12 (6-13) Kemudian mereka menghadap raja dan menanyakan kepadanya tentang larangan raja: "Bukankah tuanku mengeluarkan suatu larangan, supaya setiap orang yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, akan dilemparkan ke dalam gua singa?" Jawab raja: "Perkara ini telah pasti menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut
kembali."
6:13 (6-14) Lalu kata mereka kepada raja: "Daniel, salah seorang buangan dari Yehuda,
tidak mengindahkan
tuanku, ya raja, dan tidak mengindahkan larangan yang tuanku keluarkan, tetapi tiga kali sehari ia mengucapkan doanya."
6:14 (6-15) Setelah raja mendengar hal itu, maka sangat sedihlah
ia, dan ia mencari jalan untuk melepaskan Daniel, bahkan sampai matahari masuk, ia masih berusaha untuk menolongnya.
6:15 (6-16) Lalu bergegas-gegaslah orang-orang itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ketahuilah, ya raja, bahwa menurut undang-undang orang Media dan Persia tidak ada larangan atau penetapan yang dikeluarkan raja yang dapat diubah!
"
6:16 (6-17) Sesudah itu raja memberi perintah, lalu diambillah Daniel dan dilemparkan ke dalam gua singa.
Berbicaralah raja kepada Daniel: "Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan
engkau!"
6:17 (6-18) Maka dibawalah sebuah batu dan diletakkan pada mulut gua itu
21 , lalu raja mencap
itu dengan cincin meterainya dan dengan cincin meterai para pembesarnya, supaya dalam hal Daniel tidak dibuat perubahan apa-apa.
6:18 (6-19) Lalu pergilah raja ke istananya dan berpuasalah
ia semalam-malaman itu; ia tidak menyuruh datang penghibur-penghibur, dan ia tidak dapat tidur.
6:19 (6-20) Pagi-pagi sekali ketika fajar menyingsing, bangunlah raja dan pergi dengan buru-buru ke gua singa;
6:20 (6-21) dan ketika ia sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara yang sayu. Berkatalah ia kepada Daniel: "Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kausembah dengan tekun, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa
itu?"
6:21 (6-22) Lalu kata Daniel kepada raja: "Ya raja, kekallah hidupmu!
6:22 (6-23) Allahku telah mengutus malaikat-Nya
untuk mengatupkan mulut singa-singa
itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya;
tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan."
6:23 (6-24) Lalu sangat sukacitalah raja dan ia memberi perintah, supaya Daniel ditarik dari dalam gua itu. Maka ditariklah Daniel dari dalam gua itu, dan tidak terdapat luka
apa-apa padanya, karena ia percaya
kepada Allahnya
22 .
6:24 (6-25) Raja memberi perintah, lalu diambillah orang-orang yang telah menuduh Daniel dan mereka dilemparkan ke dalam gua singa,
baik mereka maupun anak-anak
dan isteri-isteri mereka. Belum lagi mereka sampai ke dasar gua itu, singa-singa itu telah menerkam mereka, bahkan meremukkan tulang-tulang
mereka.
6:25 (6-26) Kemudian raja Darius mengirim surat kepada orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa,
yang mendiami seluruh bumi, bunyinya: "Bertambah-tambahlah
kiranya kesejahteraanmu!
6:26 (6-27) Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar
kepada Allahnya Daniel,
sebab Dialah Allah
yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya;
pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir.
6:27 (6-28) Dia melepaskan dan menolong,
dan mengadakan tanda dan mujizat
di langit dan di bumi, Dia yang telah melepaskan Daniel dari cengkaman singa-singa.
"
6:28 (6-29) Dan Daniel ini mempunyai kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius dan pada zaman pemerintahan Koresh,
orang Persia
itu.
1 Full Life: TANDA-TANDA DAN MUJIZAT-MUJIZAT.
Nas : Dan 4:1-3
Nebukadnezar mengakui kebesaran dan kuasa Allah. Dia sampai pada
keyakinan ini setelah mengalami penyakit gila yang merendahkan hatinya
sebagaimana tercatat dalam pasal ini.
2 Full Life: KEPALA ORANG-ORANG BERILMU.
Nas : Dan 4:9
Orang berilmu (Aram -- hartumaya) sebenarnya mengacu kepada para
juru tulis terpelajar yang menyalin dan memahami tulisan berbentuk baji
yang paling kuno; beberapa di antara mereka memakai kalimat bertuah. Akan
tetapi, raja mengakui bahwa pengetahuan dan kemampuan Daniel diberikan
kepadanya secara adikodrati dan tidak diperolehnya dari hal-hal yang
mungkin telah dibacanya dalam dongeng-dongeng kafir kuno.
3 Full Life: SEBATANG POHON.
Nas : Dan 4:10
Lih. ayat Dan 4:22 tentang apa yang dilambangkan pohon ini
menurut Daniel.
4 Full Life: HATI BINATANG ... SAMPAI TUJUH MASA BERLALU
Nas : Dan 4:16
(versi Inggris NIV -- pikiran binatang). Pada saat ini gambaran
berubah dari sebuah pohon yang ditebang kepada makhluk hidup. Makhluk ini
akan kehilangan pikirannya, atau kemampuannya untuk bernalar, dan diberikan
pikiran binatang. Kehilangan akal ini akan berlangsung selama "tujuh masa"
yang mungkin berarti tujuh musim (yaitu 3 1/2 tahun, karena pada hakikatnya
hanya ada dua musim, musim basah dan musim kering).
5 Full Life: YANG MAHATINGGI BERKUASA.
Nas : Dan 4:17
Raja perlu belajar bahwa Tuhan Allah itu mahakuasa dan dapat
menempatkan siapa saja yang diinginkan-Nya untuk memerintah
kerajaan-kerajaan dunia.
6 Full Life: LEPASKANLAH DIRI TUANKU DARIPADA DOSA DENGAN MELAKUKAN KEADILAN.
Nas : Dan 4:27
Kenyataan bahwa Daniel meminta raja untuk bertobat menunjukkan bahwa
hukuman Allah yang hebat itu dapat dielakkan. Jikalau Nebukadnezar
meninggalkan dosanya dan berpaling kepada gaya hidup yang benar, berbaik
hati kepada orang miskin dan melarat yang ditindasnya, Allah tidak akan
melaksanakan apa yang dinyatakan-Nya di dalam mimpi itu.
7 Full Life: AKAL BUDIKU KEMBALI.
Nas : Dan 4:34-37
Tujuh merupakan angka kesempurnaan, karena itu pada akhir tujuh
masa, akal budi Nebukadnezar dipulihkan. Dia bukan saja mengerti apa yang
telah terjadi atas dirinya, tetapi juga mengakui kuasa, kebesaran, dan
kedaulatan Allah Daniel, Tuhan Allah Israel.
8 Full Life: BELSYAZAR MENGADAKAN PERJAMUAN YANG BESAR.
Nas : Dan 5:1
Pemerintahan Nebukadnezar yang cemerlang berlangsung selama 44
tahun; setelah dia wafat, kemuliaan Babel mulai memudar. Sekalipun kerajaan
itu masih bertahan selama 22 tahun lagi, berbagai pemberontakan dan
pembunuhan melemahkannya. Raja Babel terakhir ialah Nabonidus dan putra
sulungnya Belsyazar. Mereka memerintah kerajaan itu bersama-sama.
9 Full Life: NEBUKADNEZAR, AYAHNYA.
Nas : Dan 5:2
"Ayah" dipakai di sini dalam pengertian yang umum yaitu leluhur atau
pendahulu, bukan orang-tua.
10 Full Life: PERKAKAS DARI EMAS ... YANG DIAMBIL DARI DALAM BAIT SUCI.
Nas : Dan 5:3
Dengan minum dari cawan-cawan suci Tuhan untuk menghormati dewa-dewa
kafir Babel, Belsyazar dan para bangsawannya menghina Allah yang esa dan
benar sehingga mendatangkan hukuman terakhir atas diri mereka (ayat
Dan 5:22-24).
11 Full Life: TIDAK MERENDAHKAN DIRI WALAUPUN TUANKU MENGETAHUI SEMUANYA INI.
Nas : Dan 5:22
Daniel mengingatkan Belsyazar bagaimana Allah merendahkan
Nebukadnezar. Sekalipun Belsyazar pasti telah mendengar tentang peristiwa
tragis ini, ia menolak untuk menarik pelajaran daripadanya. Pencemaran
benda-benda kudus Tuhan merupakan tindakan yang sengaja menentang Allah
yang hidup. Sedikit sekali orang yang menarik pelajaran dari sejarah.
Kesetiaan kepada hal-hal dari dunia ini -- keinginan daging, keinginan
mata, dan keangkuhan hidup serta kemandirian (bd. 1Yoh 2:15-17;
lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA)
-- menuntun mereka pada jalan lebar menuju kebinasaan yang telah ditempuh
banyak orang sebelum mereka (bd. Mat 7:13-14).
12 Full Life: MASA PEMERINTAHAN TUANKU DIHITUNG OLEH ALLAH.
Nas : Dan 5:26
Istilah "Mene" dituliskan tangan itu dua kali di dinding karena
mempunyai dua arti: "dihitung" dan "diuji." Penafsiran Daniel sangat
sederhana: Allah telah menguji kerajaan Babel dan mendapatinya kurang
berat, dan karena itu menghitung hari-harinya.
13 Full Life: DITIMBANG DENGAN NERACA DAN DIDAPATI TERLALU RINGAN.
Nas : Dan 5:27
Istilah "terlalu ringan" di sini berarti "rusak" atau "mutunya
rendah." Belsyazar telah ditimbang di neraca sorga dan didapati sangat
rusak menurut standar ukuran Allah.
14 Full Life: DIPECAH DAN DIBERIKAN KEPADA ORANG MEDIA DAN PERSIA.
Nas : Dan 5:28
Perhatikan bahwa ayat Dan 5:25 ada istilah "_ufarsin_". "_U_"
adalah bahasa Aram untuk "dan"; "_farsin_" adalah jamak bahasa Aram untuk
"_peres_" yang mempunyai dua arti: "pemecahan" dan "Persia." Istilah ini
menandai pemecahan kerajaan Babel dan penaklukannya oleh orang Media dan
orang Persia.
15 Full Life: TERBUNUHLAH BELSYAZAR.
Nas : Dan 5:30
Catatan Babel dan Persia keduanya menunjukkan bahwa ketika pasukan
Media-Persia mendekati Babel, penduduknya membuka pintu-pintu gerbang
sehingga pasukan itu masuk dengan leluasa. Belsyazar mungkin satu-satunya
orang yang terbunuh. Beberapa saat kemudian Koresy memasuki kota itu dan
disambut sebagai pembebas dari kelaliman Nabonidus dan Belsyazar.
16 Full Life: DARIUS, ORANG MEDIA, MENERIMA PEMERINTAHAN.
Nas : Dan 6:1
Mungkin sekali "Darius" merupakan gelar yang dipakai Koresy ketika
mengalahkan Babel; nama ini bisa juga menjadi nama lain dari Gubaru yang
ditunjuk Koresy sebagai bawahan dan yang memerintah di Babel beberapa lama
sesudah Koresy wafat.
17 Full Life: MENEMPATKANNYA ATAS SELURUH KERAJAAN.
Nas : Dan 6:4
Daniel menjadi tokoh terkemuka di antara tiga pejabat tinggi yang
membantu Darius dalam memerintah kerajaan. Karena Daniel "mempunyai roh
yang luar biasa" termasuk kepandaian yang luar biasa, maka raja
memberikannya kedudukan baru di atas semua pejabat lainnya. Karena
kemurahan Allah maka pada usia 80 tahun pikirannya masih tajam dan
kemampuannya belum memudar (bd. Musa, Kaleb, dan Yosua pada usia 80 --
Kel 7:7; Ul 34:7; Yos 14:10-11; 24:29).
18 Full Life: TERHADAP DANIEL INI, KECUALI.
Nas : Dan 6:6
Musuh-musuh Daniel tidak ada harapan untuk mendakwanya telah berbuat
kesalahan; satu-satunya cara untuk menghukum dia adalah menuntut sesuatu
darinya yang mempunyai dukungan pemerintah tetapi bertentangan dengan
kesetiaan Daniel kepada Allah dan firman-Nya. Strategi yang sama akan
dipakai Iblis terhadap umat Allah yang setia sementara masa pemerintahan
antikristus pada akhir zaman. Supaya menemukan alasan untuk menuduh umat
Allah, antikristus akan menciptakan situasi di mana hukum Allah akan
bertentangan dengan tuntutan resmi pemerintah; jadi, antikristus akan
mendirikan patung dan memerintahkan agar patung itu disembah sebagai ilah
(bd. Dan 3:1-6; lih. 2Tes 2:1-12;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
19 Full Life: SEMUA ... TELAH MUFAKAT.
Nas : Dan 6:8
Iri hati karena kenaikan pangkat Daniel, maka para bawahannya
berkomplot untuk menjebak Daniel atas kesetiaannya kepada hukum Allahnya.
Mereka mufakat untuk membujuk Darius mengeluarkan ketetapan yang mereka
tahu tidak akan ditaati Daniel; tindakan ketidaktaatannya itu akan memaksa
raja menjatuhkan hukuman mati. Kesetiaan Daniel kepada Allah dan firman-Nya
yang kokoh adalah teladan baik bagi semua orang percaya. Kita harus
menunjukkan integritas dan melakukan pekerjaan yang unggul bahkan di
tengah-tengah situasi yang paling sulit tanpa berkompromi dalam pendirian
alkitabiah kita; dengan cara ini Allah akan dihormati.
20 Full Life: DANIEL ... BERDOA SERTA MEMUJI ALLAHNYA.
Nas : Dan 6:11
Keputusan raja tidak menyebabkan Daniel menjadi gentar sehingga
mengubah kebiasaannya berdoa; jendela-jendelanya tetap terbuka ke arah
Yerusalem di mana Bait Suci pernah berdiri (bd. 2Taw 6:21). Sekalipun
dia menyadari bahayanya, ia tidak membiarkan apa pun menghalangi dirinya
memanjatkan permohonan-permohonannya kepada Allah (bd. Fili 4:6).
Demikian pula, kita tidak boleh membiarkan apa pun menyebabkan kita
mengabaikan doa dan ibadah kita kepada Allah setiap hari.
21 Full Life: SEBUAH BATU DAN DILETAKKAN PADA MULUT GUA ITU.
Nas : Dan 6:18
Gua singa itu terletak di bawah tanah dengan bagian atasnya terbuka.
Sebuah batu besar yang ceper diletakkan di atas lubang itu, dan meterai
raja berarti lubang itu tidak boleh dibuka tanpa izin raja. Karena
integritas Daniel (ayat Dan 6:5) dan "roh yang luar biasa" (ayat
Dan 6:4), maka raja sudah mulai mengagumi dan menghormati Allah Daniel.
Jadi, ketika raja memenuhi surat ketetapannya, ia menyatakan harapan bahwa
Allah akan melepaskannya (ayat Dan 6:17); mungkin ia telah mendengar
kisah tentang Allah yang melepaskan ketiga kawan Daniel dari perapian yang
menyala-nyala (pasal Dan 3:1-30).
22 Full Life: KARENA IA PERCAYA KEPADA ALLAHNYA.
Nas : Dan 6:24
Sekalipun raja berusaha untuk membesarkan hati Daniel untuk
mengandalkan Allahnya (ayat Dan 6:17), suaranya pada keesokan hari
tidak menunjukkan harapannya bahwa Daniel telah dilepaskan (ayat
Dan 6:21); tetapi malaikat Allah telah menutup mulut singa-singa itu
terhadap nabi yang setia, karena itu dia dalam keadaan sehat walafiat.
Kelepasan ini mendorong Darius untuk bersaksi tentang kuasa Allah yang
lebih besar daripada kuasa singa (ayat Dan 6:27-28). Perhatikan juga
bahwa nama Daniel, "Allah adalah Hakimku," terbukti benar dalam
pengalamannya sendiri. Ia dibenarkan oleh Tuhan dan dinyatakan benar
berhubung dengan halnya memilih kemurnian hukum Allah (pasal
Dan 1:1-21) dan kesetiaannya dalam doa (pasal Dan 6:1-28).