Ulangan 14:2
14:2 sebab engkaulah umat yang kudus
bagi TUHAN, Allahmu,
dan engkau dipilih TUHAN untuk menjadi umat kesayangan-Nya
dari antara segala bangsa yang di atas muka bumi."
Ulangan 26:19
26:19 dan Iapun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa
yang telah dijadikan-Nya, untuk menjadi terpuji,
ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus
bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya."
Ulangan 28:9
28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya
yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah
TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
Keluaran 19:5-6
19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh
mendengarkan firman-Ku
1 dan berpegang pada perjanjian-Ku,
maka kamu akan menjadi harta
kesayangan-Ku
2 sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.
19:6 Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam
dan bangsa
yang kudus
3 . Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel."
Mazmur 50:5
50:5 "Bawalah kemari orang-orang yang Kukasihi,
yang mengikat perjanjian
dengan Aku berdasarkan korban sembelihan!"
Yeremia 2:3
2:3 Ketika itu Israel kudus
bagi TUHAN,
sebagai buah bungaran
dari hasil tanah-Nya. Semua orang yang memakannya
menjadi bersalah,
malapetaka menimpa mereka, demikianlah firman TUHAN.
Amos 3:2
3:2 "Hanya kamu yang Kukenal
4 dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum
kamu karena segala kesalahanmu.
Amos 3:1
Nabi sebagai penyambung lidah Allah
3:1 Dengarlah firman ini, yang diucapkan TUHAN tentang kamu,
hai orang Israel, tentang segenap kaum
5 yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir,
bunyinya:
Kolose 1:19-20
1:19 Karena seluruh kepenuhan
Allah berkenan
diam di dalam Dia
6 ,
1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan
segala sesuatu dengan diri-Nya
7 , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga,
sesudah Ia mengadakan pendamaian
oleh darah
salib Kristus.
Titus 2:14
2:14 yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita
8 untuk membebaskan kita dari segala kejahatan
dan untuk menguduskan
bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri,
yang rajin berbuat baik.
Titus 2:2
2:2 Laki-laki yang tua
hendaklah hidup sederhana
9 ,
terhormat, bijaksana,
sehat dalam iman,
dalam kasih dan dalam ketekunan.
Pengkhotbah 2:5
2:5 aku mengusahakan bagiku kebun-kebun dan taman-taman, dan menanaminya dengan rupa-rupa pohon buah-buahan;
Pengkhotbah 2:9
2:9 Dengan demikian aku menjadi besar, bahkan lebih besar dari pada siapapun yang pernah hidup di Yerusalem
sebelum aku;
dalam pada itu hikmatku tinggal tetap padaku.
1 Full Life: JIKA KAMU SUNGGUH-SUNGGUH MENDENGARKAN FIRMAN-KU
Nas : Kel 19:5
(versi Inggris NIV -- sungguh-sungguh menaati Aku). Kesinambungan
pemilihan Israel sebagai umat Allah tergantung pada ketaatan mereka
kepada-Nya sebagai Tuhan; hal ini ditunjukkan oleh susunan "jika ... maka"
dalam ayat ini. Allah mengharapkan agar ketaatan ini, yang begitu penting
dalam mewujudkan maksud-maksud-Nya kelak bagi mereka (ayat Kel 19:5-6),
akan terbit dari hati yang bersyukur yang menanggapi kasih dan
perhatian-Nya yang secara khusus ditunjukkan dalam kelepasan mereka dari
Mesir
(lihat cat. --> Kel 19:4 sebelumnya;
[atau ref. Kel 19:4]
lih. Ul 6:5). Demikian pula, prinsip ketaatan adalah unsur penting
dalam hubungan kita dengan Kristus di bawah perjanjian baru (lih.
Yoh 8:31; 14:21; Rom 4:12; Ibr 3:7-19).
2 Full Life: HARTA KESAYANGAN-KU.
Nas : Kel 19:5
Israel harus menjadi harta kesayangan Allah (bd. Ul 4:10;
Am 3:2; Am 9:7). Sekalipun semua bangsa harus memberi
pertanggungjawaban kepada Allah karena Dia adalah Pencipta mereka, Israel
harus memiliki hubungan yang unik dengan Allah karena Dia adalah Penebus
mereka. Maksud bagi Israel ini melambangkan maksud Allah bagi gereja
(1Kor 3:16; Tit 2:14; 1Pet 2:5,9).
3 Full Life: KERAJAAN IMAM DAN BANGSA YANG KUDUS.
Nas : Kel 19:6
Sebagai bagian dari maksud Allah bagi Israel ketika mengeluarkan
mereka dari Mesir, mereka harus menjadi "kerajaan imam" (yaitu, dipisahkan
dan dikhususkan untuk pelayanan Allah) dan suatu "bangsa yang kudus."
Demikian pula, orang percaya di bawah perjanjian yang baru harus menjadi
kerajaan imam (1Pet 2:5-9; Wahy 1:6; 5:10; 20:6) dan bangsa yang kudus,
yaitu bangsa yang terpisah dari cara-cara fasik dunia ini sambil berjalan
di jalan kebenaran dan kehendak kudus Allah
(lihat cat. --> Kis 9:13
[atau ref. Kis 9:13]
mengenai arti orang kudus;
lihat art. PENGUDUSAN).
4 Full Life: HANYA KAMU YANG KUKENAL
Nas : Am 3:2
(versi Inggris NIV -- Kupilih). Orang Israel menyatakan keberatan
kepada berita Amos karena mereka percaya bahwa Allah tidak akan menghukum
mereka; bukankah mereka itu umat pilihan-Nya yang dipanggil dan
ditebus-Nya. Mereka merasa bahwa keselamatan Allah pada masa lalu menjamin
keamanan mereka sekarang ini, meskipun mereka telah berpaling dari Allah
dan jalan-jalan-Nya. Mereka lupa bahwa pilihan itu menetapkan hubungan
dengan Allah yang mengandung tanggung jawab untuk tetap setia dalam
ketaatan kepada Allah
(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL;
dan
lihat art. PEMILIHAN DAN PREDESTINASI).
Hukuman yang akan diterima Israel adalah akibat kegagalan mereka untuk
memenuhi bagian mereka dalam pemilihan itu.
5 Full Life: SEGENAP KAUM.
Nas : Am 3:1
Baik Israel maupun Yehuda dimaksudkan di sini. Mereka adalah umat
pilihan Allah yang harus diminta pertanggungjawaban.
6 Full Life: SELURUH KEPENUHAN ALLAH ... DIAM DI DALAM DIA.
Nas : Kol 1:19
Paulus menyatakan ke-Allahan Kristus dengan kata-kata yang paling
jelas. Seluruh kepenuhan ke-Allahan yang sempurna dengan segala kuasa dan
kodrat-Nya berdiam di dalam Kristus (Kol 2:9; bd. Ibr 1:8).
7 Full Life: MEMPERDAMAIKAN SEGALA SESUATU DENGAN DIRI-NYA.
Nas : Kol 1:20
Umat manusia dan segala sesuatu dalam alam semesta dipersatukan dan
diselaraskan di bawah Kristus (bd. ayat Kol 1:16-18). Akan tetapi, ini
tidak berarti bahwa semua orang diperdamaikan terlepas dari kehendak
mereka. Orang yang menolak tawaran perdamaian Kristus tetap menjadi musuh
Allah (Rom 2:4-10).
8 Full Life: YANG TELAH MENYERAHKAN DIRI-NYA BAGI KITA.
Nas : Tit 2:14
Kristus mencurahkan darah-Nya di salib (1Pet 1:18-19) supaya
- (1) menebus kita dari semua kejahatan dan keinginan untuk menentang
hukum Allah dan standar-Nya yang kudus (bd. 1Yoh 3:4), dan
- (2) menjadikan kita umat yang kudus, terpisah dari dosa dan dunia
untuk menjadi milik khusus Allah sendiri.
Mereka yang bergumul dengan dosa dan kuasa Iblis harus mengetahui bahwa
jikalau Kristus telah mati bagi penebusan mereka, lebih lagi Dia akan
memberikan kasih karunia cukup untuk hidup berkemenangan atas kuasa dosa
dan kejahatan (Rom 5:9-11).
9 Full Life: LAKI-LAKI YANG TUA HENDAKLAH HIDUP SEDERHANA.
Nas : Tit 2:2
Maksud jelas dari ayat ini ialah bahwa laki-laki yang tua itu harus
menjadi teladan bagi semua orang percaya dalam hal mempersembahkan diri
kepada Allah sebagai persembahan yang hidup tanpa minum anggur yang
memabukkan (lih. 1Tim 3:2,11, di mana istilah ini dipakai untuk gembala
dan wanita). Kenyataan ini didukung oleh berbagai fakta berikut:
- 1) "Sederhana" (Yun. _nephalios_) didefinisikan dalam leksikon Yunani
PB dengan arti utama "berpantang anggur". Perhatikan definisi berikut,
"Kata ini bermula mengandung arti berpantangan alkohol" (Reinecher and
Rogers); "orang yang tidak minum anggur" (Greek Dictionary of Byzantius,
Athens, 1839); "Tanpa anggur, tuna anggur" (Liddell and Scott); "bebas
dari semua pemasukan anggur" (Moulton-Milligan); "tidak mengandung
anggur" (Kittel dan Friedrich); "tidak tercampur anggur" (Abbott-Smith);
"secara harfiah, tidak minum anggur sama sekali" (Brown, Dictionary of
New Testament Theology, Vol. 1). Brown menambahkan: "Nephalios dipakai
hanya dalam Surat-Surat Penggembalaan dan menunjuk kepada gaya hidup
berpantang yang dituntut dari para penilik (1Tim 3:2), wanita
(1Tim 3:11) dan penatua (Tit 2:2)." R. Laird Harris menyatakan
bahwa "istilah ini dipakai umumnya dalam pengertian klasiknya, yaitu
bebas dari semua anggur" (The Bible Today, hal.139).
- 2) Para penulis Yahudi, seangkatan dengan Paulus dan Petrus,
membenarkan penggunaan umum definisi utama itu. Yosefus mengatakan
berhubungan dengan para imam Yahudi bahwa "semuanya dalam segala hal
tahir dan berpantang (nephalioi) karena dilarang minum anggur ketika
memakai jubah imam" (Antiquities, 3.12.2). Philo menyatakan bahwa jiwa
yang dibaharui "berpantang (nephein) senantiasa dan sepanjang hidup ini"
(Drunkenness, 37).
- 3) Berdasarkan semua masukan itu, tidak mungkin Paulus menggunakan
istilah ini tanpa mengetahui pengertian utamanya (bd. 1Tes 5:6).