Ezra 1:1-11
Koresh mengizinkan orang-orang buangan pulang ke negerinya
1:1 Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati
Koresh
1 , raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia
2 ,
sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
1:2 "Beginilah perintah Koresh, raja Persia
3 : Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan
aku untuk mendirikan
rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.
1:3 Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.
1:4 Dan setiap orang yang tertinggal,
di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas,
harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela
bagi rumah Allah
yang ada di Yerusalem.
"
1:5 Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin,
serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan
Allah
4 untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah
TUHAN yang ada di Yerusalem.
1:6 Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka dengan barang-barang perak, dengan emas,
harta benda dan ternak dan dengan pemberian yang indah-indah, selain dari segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela.
1:7 Pula raja Koresh menyuruh mengeluarkan perlengkapan rumah TUHAN yang telah diangkut Nebukadnezar dari Yerusalem dan yang ditaruhnya di dalam kuil allahnya.
1:8 Koresh, raja Persia itu, menyuruh mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, bendahara raja, yang menghitung seluruhnya bagi Sesbazar
5 ,
pembesar di Yehuda.
1:9 Inilah daftarnya: tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau,
1:10 tiga puluh piala emas, pula empat ratus sepuluh piala perak, seribu buah barang-barang lain.
1:11 Barang-barang emas dan perak itu seluruhnya berjumlah lima ribu empat ratus. Semuanya itu dibawa oleh Sesbazar sewaktu orang-orang buangan itu dibawa pulang dari negeri Babel ke Yerusalem.
Yesaya 40:2
40:2 tenangkanlah
hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya
sudah berakhir,
bahwa kesalahannya telah diampuni,
sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali
lipat karena segala dosanya.
Daniel 9:2-27
9:2 pada tahun pertama kerajaannya itu aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan Kitab jumlah tahun yang menurut firman TUHAN kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh
tahun
6 .
9:3 Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa
dan mengenakan kain kabung serta abu.
9:4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku
dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah
yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia
terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!
9:5 Kami telah berbuat dosa
7 dan salah,
kami telah berlaku fasik dan telah memberontak, kami telah menyimpang
dari perintah dan peraturan-Mu,
9:6 dan kami tidak taat
kepada hamba-hamba-Mu, para nabi,
yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa
kami dan kepada segenap rakyat negeri.
9:7 Ya Tuhan, Engkaulah yang benar,
tetapi patutlah kami malu
seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri kemana Engkau telah membuang
mereka oleh karena mereka berlaku murtad
terhadap Engkau.
9:8 Ya TUHAN, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau.
9:9 Pada Tuhan, Allah kami, ada kesayangan dan keampunan,
walaupun kami telah memberontak terhadap Dia,
9:10 dan tidak mendengarkan suara TUHAN, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi,
hamba-hamba-Nya.
9:11 Segenap orang Israel telah melanggar
hukum-Mu
dan menyimpang karena tidak mendengarkan suara-Mu. Sebab itu telah dicurahkan ke atas kami kutuk
dan sumpah,
yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, hamba Allah itu, sebab kami telah berbuat dosa
terhadap Dia.
9:12 Dan telah ditetapkan-Nya
firman-Nya, yang diucapkan-Nya terhadap kami dan terhadap orang-orang yang telah memerintah kami, yakni bahwa akan didatangkan-Nya kepada kami malapetaka
yang besar, yang belum pernah terjadi di bawah semesta langit, seperti
di Yerusalem.
9:13 Seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, segala malapetaka ini telah menimpa kami, dan kami tidak memohon belas kasihan TUHAN,
Allah kami, dengan berbalik dari segala kesalahan kami dan memperhatikan kebenaran
yang dari pada-Mu.
9:14 Sebab itu TUHAN bersiap dengan malapetaka
itu dan mendatangkannya kepada kami; karena TUHAN, Allah kami, adalah adil dalam segala perbuatan yang dilakukan-Nya,
tetapi kami tidak mendengarkan suara-Nya.
9:15 Oleh sebab itu, ya Tuhan, Allah kami, yang telah membawa umat-Mu keluar dari tanah Mesir dengan tangan
yang kuat dan memasyhurkan nama-Mu,
seperti pada hari ini, kami telah berbuat dosa, kami telah berlaku fasik.
9:16 Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu,
biarlah kiranya murka dan amarah-Mu
berlalu
dari Yerusalem,
kota-Mu, gunung-Mu
yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela
bagi semua orang yang di sekeliling kami.
9:17 Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ini dan permohonannya, dan sinarilah
tempat kudus-Mu yang telah musnah ini dengan wajah-Mu, demi Tuhan sendiri.
9:18 Ya Allahku, arahkanlah telinga-Mu
dan dengarlah,
bukalah mata-Mu dan lihatlah
kebinasaan kami dan kota yang disebut dengan nama-Mu,
sebab kami menyampaikan doa permohonan kami ke hadapan-Mu bukan berdasarkan jasa-jasa kami, tetapi berdasarkan kasih sayang-Mu
yang berlimpah-limpah.
9:19 Ya Tuhan, dengarlah! Ya, Tuhan, ampunilah!
Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri,
Allahku, sebab kota-Mu dan umat-Mu disebut dengan nama-Mu!"
Tujuh puluh kali tujuh masa
9:20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku
dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung
kudus Allahku,
9:21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel,
dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban
petang hari.
9:22 Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti.
9:23 Ketika engkau mulai menyampaikan permohonan
keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi.
Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan
itu!
9:24 Tujuh puluh kali tujuh masa
8 telah ditetapkan atas bangsamu dan atas kotamu
yang kudus, untuk melenyapkan kefasikan, untuk mengakhiri dosa, untuk menghapuskan
kesalahan, untuk mendatangkan keadilan
yang kekal, untuk menggenapkan penglihatan dan nabi, dan untuk mengurapi yang maha kudus.
9:25 Maka ketahuilah dan pahamilah: dari saat firman itu keluar, yakni bahwa Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali,
sampai pada kedatangan seorang yang diurapi,
seorang raja,
ada tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa
9 lamanya kota itu akan dibangun kembali dengan tanah lapang dan paritnya, tetapi di tengah-tengah kesulitan.
9:26 Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan
seorang yang telah diurapi
10 , padahal tidak ada salahnya apa-apa. Maka datanglah rakyat seorang raja memusnahkan kota dan tempat kudus itu, tetapi raja itu akan menemui ajalnya dalam air bah;
dan sampai pada akhir zaman akan ada peperangan dan pemusnahan,
seperti yang telah ditetapkan.
9:27 Raja itu akan membuat perjanjian itu menjadi berat bagi banyak orang selama satu kali tujuh masa
11 . Pada pertengahan tujuh masa itu ia akan menghentikan korban sembelihan dan korban santapan; dan di atas sayap kekejian akan datang yang membinasakan, sampai pemusnahan yang telah ditetapkan
menimpa yang membinasakan
12 itu."
Daniel 12:9
12:9 Tetapi ia menjawab: "Pergilah, Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai
sampai akhir zaman.
Daniel 12:12-13
12:12 Berbahagialah orang yang tetap menanti-nanti
dan mencapai seribu tiga ratus tiga puluh lima hari.
12:13 Tetapi engkau, pergilah sampai tiba akhir zaman,
dan engkau akan beristirahat,
dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu
pada kesudahan zaman."
Kisah Para Rasul 1:7
1:7 Jawab-Nya:
"Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
Galatia 4:4
4:4 Tetapi setelah genap waktunya,
maka Allah mengutus Anak-Nya,
yang lahir dari seorang perempuan
dan takluk kepada hukum Taurat.
Galatia 4:2
4:2 tetapi ia berada di bawah perwalian dan pengawasan sampai pada saat yang telah ditentukan oleh bapanya
13 .
Pengkhotbah 3:8
3:8 ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.
Pengkhotbah 3:12
3:12 Aku tahu bahwa untuk mereka tak ada yang lebih baik dari pada bersuka-suka dan menikmati kesenangan dalam hidup mereka.
Wahyu 11:15-18
Sangkakala yang ketujuh Nyanyian puji-pujian para tua-tua
11:15 Lalu malaikat yang ketujuh meniup
14 sangkakalanya,
dan terdengarlah suara-suara
nyaring di dalam sorga, katanya: "Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapi-Nya,
dan Ia akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.
"
11:16 Dan kedua puluh empat tua-tua
15 ,
yang duduk di hadapan Allah di atas takhta mereka, tersungkur
dan menyembah Allah,
11:17 sambil berkata: "Kami mengucap syukur
kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa,
yang ada dan yang sudah ada,
karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah
sebagai raja
11:18 dan semua bangsa telah marah,
tetapi amarah-Mu telah datang dan saat bagi orang-orang mati
untuk dihakimi dan untuk memberi upah kepada hamba-hamba-Mu, nabi-nabi
dan orang-orang kudus dan kepada mereka yang takut akan nama-Mu, kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar
dan untuk membinasakan barangsiapa yang membinasakan bumi."
1 Full Life: TUHAN MENGGERAKKAN HATI KORESY.
Nas : Ezr 1:1
Tuhan Allah mengarahkan aliran penebusan sepanjang sejarah menuju
sasarannya. Ketika melakukan hal itu, kadang-kadang Ia memutuskan untuk
merendahkan penguasa yang berkuasa (mis. Nebukadnezar, pasal
Dan 4:1-37), menjatuhkan hukuman atas para penguasa (mis. Firaun pada
keluaran, pasal Kel 14:1-31; Belsyazar di Babel, pasal Dan 5:1-31),
atau mengangkat seorang pemimpin internasional (mis. Raja Koresy dari
Persia, ayat Ezr 1:2) supaya menggenapi firman-Nya dan mengerjakan
maksud-maksud-Nya. Dengan menggerakkan hati Koresy untuk berbuat baik
kepada umat yang terkalahkan dan terbuang itu, Allah memungkinkan janji-Nya
melalui Yeremia digenapi pada waktunya. Amsal mengatakan bahwa hati seorang
raja bagai batang air di tangan Tuhan untuk diarahkan ke mana saja
dikehendaki oleh-Nya untuk memastikan kelancaran aliran penebusan dan akhir
sejarah (Ams 21:1).
2 Full Life: MENGGENAPKAN FIRMAN YANG DIUCAPKAN OLEH YEREMIA.
Nas : Ezr 1:1
Yeremia sudah menubuatkan bahwa orang-orang Yahudi akan ditahan di
Babel selama 70 tahun sebelum kembali ke Yehuda (Yer 25:11-12; 29:10).
Masa pembuangan 70 tahun dapat dihitung dari pembuangan tahap pertama tahun
605 SM, tahun ketiga pemerintahan Yoyakim (2Raj 24:1; Dan 1:1) hingga
583 SM (sekitar 70 tahun kemudian) ketika umat itu mulai kembali ke negeri
mereka
(lihat cat. --> Ezr 2:1).
[atau ref. Ezr 2:1]
3 Full Life: KORESY, RAJA PERSIA.
Nas : Ezr 1:2
Sekitar 160 tahun sebelum Koresy muncul, Yesaya sudah bernubuat
tentang seorang raja bernama Koresy yang akan mengizinkan orang Yahudi
kembali ke tanah air mereka untuk membangun kembali Yerusalem dan bait suci
(Yes 44:26-28; 45:1,13; juga lih. Yes 41:2; 45:4-5).
4 Full Life: YANG HATINYA DIGERAKKAN ALLAH.
Nas : Ezr 1:5
Melalui Roh Kudus, Allah menggerakkan hati sebagian umat-Nya yang
setia untuk kembali ke negeri mereka (bd.
lihat cat. --> Fili 2:13).
[atau ref. Fili 2:13]
Sekitar 50.000 orang menanggapi panggilan Allah untuk ikut serta dalam
rombongan peziarah pertama menuju Palestina. Perhatikan bahwa yang lain
tinggal dalam pembuangan (ayat Ezr 1:4,6); maksud mereka ialah memberi
semangat dan mendukung mereka yang kembali ke Yehuda.
5 Full Life: SESBAZAR.
Nas : Ezr 1:8
Sesbazar, gubernur pertama yang ditugaskan atas orang buangan yang
kembali itu (bd. Ezr 5:14,16), mungkin adalah nama lain untuk Zerubabel
(bd. Ezr 2:2; 3:2,8; 4:3).
6 Full Life: TUJUH PULUH TAHUN.
Nas : Dan 9:2
Yeremia bernubuat bahwa pemulihan bagi Yerusalem akan dimulai
setelah 70 tahun (Yer 25:11-12; 29:10-14). 70 tahun itu hampir berlalu
dan masih tidak ada petunjuk mengenai pemulihan dan izin kembali yang
dijanjikan; karena itu Daniel sangat cemas. Dari ayat ini, tampak jelas
Daniel mengharapkan penggenapan harfiah dari nubuat Yeremia. Pada umumnya,
nubuat harus ditafsirkan secara harfiah terkecuali ada petunjuk dalam
konteks bahwa nubuat atau penglihatan itu merupakan lambang; bahkan jika
demikian, lambang itu menggambarkan kenyataan historis (bd.
lihat cat. --> Dan 7:3;
lihat cat. --> Dan 8:3;
lihat cat. --> Dan 8:5).
[atau ref. Dan 7:3; 8:3,5]
7 Full Life: KAMI TELAH BERBUAT DOSA.
Nas : Dan 9:5
Daniel tidak duduk diam dan secara pasif menunggu pemulihan yang
dijanjikan itu
(lihat cat. --> Dan 9:2 sebelumnya);
[atau ref. Dan 9:2]
sebaliknya ia mulai memohon dengan sungguh-sungguh di dalam doa dan puasa
(ayat Dan 9:3) untuk penggenapan firman Allah. Daniel memulai doa
syafaatnya dengan mengakui kebesaran Allah yang membangkitkan rasa hormat,
kasih setia-Nya, dan kemurahan perjanjian-Nya yang ditunjukkan kepada orang
yang mengasihi dan menaati-Nya. Kemudian ia membuat pengakuan, menyamakan
dirinya dengan umat Israel yang telah berdosa dan memberontak terhadap
Allah. Ia meminta pemulihan Yerusalem bukan karena kebenaran di dalam
dirinya atau Israel, tetapi demi Tuhan (Dan 9:17-18). Ketika Allah
menanggapi, Ia menunjukkan kemurahan dan belas kasihan-Nya yang besar
sebagai Allah yang memenuhi janji-janji-Nya.
8 Full Life: TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:24
Di sini nubuat Daniel tentang Israel dan kota kudus sangat penting
bagi hari-hari terakhir zaman ini. Kata yang diterjemahkan "tujuh masa" di
sini berarti kesatuan tujuh tahun; jadi, "tujuh puluh kali tujuh masa"
adalah periode 490 tahun. Enam hal khusus akan terlaksana bagi Irael selama
490 tahun.
- 1) Suatu pendamaian bagi kefasikan akan diadakan, yang terlaksana dalam
kematian Yesus yang mendamaikan.
- 2) Dosa akan diakhiri. Seluruh Israel (yaitu kaum sisa) akan kembali
kepada Allah dalam kebenaran
(lihat cat. --> Rom 11:26;
[atau ref. Rom 11:26]
lihat art. ISRAEL DALAM RENCANA KESELAMATAN ALLAH).
- 3) "Kesalahan" mereka akan dihapuskan; yaitu, pelanggaran nasional
berupa ketidakpercayaan akan berhenti (bd. Yer 33:7-8;
Yeh 37:21-23).
- 4) Suatu pemerintahan "keadilan yang kekal" akan didatangkan (bd.
Yes 59:2-21; Yer 31:31-34).
- 5) Nubuat akan digenapi dan disempurnakan (bd. Kis 8:19-21).
- 6) Yesus Kristus akan diurapi sebagai Raja (bd. 1Sam 9:16; 10:1;
Yeh 21:26-27).
9 Full Life: TUJUH KALI TUJUH MASA DAN ENAM PULUH DUA KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:25
Allah menyatakan kepada Daniel bahwa enam puluh sembilan kali tujuh
masa, yaitu 483 tahun, akan berlangsung di antara saat pengumuman keputusan
untuk membangun kembali Yerusalem dan kedatangan Mesias, seorang Yang
Diurapi. Terdapat perbedaan pendapat tentang waktu tepat 483 tahun ini
dimulai. Ada yang mengatakan 538 SM ketika titah Koresy dikeluarkan; akan
tetapi, ketetapan itu adalah untuk membangun kembali Bait Suci dan bukan
kota. Sangat mungkin itu mulai pada 457 SM, ketika Ezra kembali dan mulai
membangun kembali kota itu (Ezr 4:12-13,16;
lihat cat. --> Ezr 4:11;
lihat cat. --> Ezr 4:23);
[atau ref. Ezr 4:11,23]
anggapan ini akan membuat 483 tahun itu berakhir pada tahun 27 M, kurang
lebih pada waktu Yesus memulai pelayanan-Nya.
10 Full Life: AKAN DISINGKIRKAN SEORANG YANG TELAH DIURAPI.
Nas : Dan 9:26
Setelah "tujuh kali tujuh masa" (ayat Dan 9:25) dan setelah
"enam puluh dua kali tujuh masa," yaitu sejumlah 69 "tujuh masa" (483
tahun) dua hal akan terjadi:
- 1) Mesias akan "disingkirkan" atau disalibkan (bd. Yes 53:8).
- 2) "Rakyat seorang raja" akan memusnahkan Yerusalem dan Bait Suci.
"Rakyat itu" adalah pasukan Roma yang membinasakan Yerusalem pada tahun
70 M
(lihat cat. --> Luk 21:20);
[atau ref. Luk 21:20]
"raja" mengacu kepada antikristus akhir zaman.
- 3) Perhatikan bahwa kebinasaan Yerusalem tidak langsung menyusul
penyaliban Kristus; jadi, akhir dari 69 "tujuh masa" terpisah oleh suatu
jarak waktu dari awal "tujuh masa" ke-70. Banyak penafsir mengatakan
bahwa zaman gereja adalah jarak waktu di antara "tujuh masa" ke-69
dengan yang ke-70.
11 Full Life: MEMBUAT PERJANJIAN ... SELAMA SATU KALI TUJUH MASA.
Nas : Dan 9:27
Ikatan perjanjian di antara "raja yang akan datang" (ayat
Dan 9:26) dengan Israel akan menandai dimulainya "tujuh masa" yang
ke-70, tujuh tahun terakhir masa ini. Mengenai peristiwa ini, Alkitab
mengajarkan yang berikut:
- 1) Penguasa yang akan mengikat perjanjian dengan Israel adalah
antikristus, tetapi ia tidak akan tampak saat itu (bd. 2Tes 2:3-10;
1Yoh 2:18). Rupanya suatu perjanjian damai akan dirundingkan oleh
antikristus di antara Israel dan musuh-musuh mereka mengenai sengketa
tanah (Dan 11:39).
- 2) Pada pertengahan tujuh tahun (yaitu, setelah tiga setengah tahun),
raja itu akan melanggar perjanjiannya dengan Israel, menyatakan dirinya
sebagai Allah, mengambil alih Bait Suci di Yerusalem, melarang ibadah
kepada Tuhan (bd. 2Tes 2:4) dan menghancurkan Palestina; ia akan
memerintah selama tiga setengah tahun (Wahy 11:1-2; 13:4-6;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
- 3) Makna nubuat dari "kekejian yang membinasakan" hanya akan diketahui
oleh orang yang percaya kepada Allah (Dan 12:10-11). Yesus
mengatakan bahwa orang percaya harus memperhatikan tanda yang sangat
penting ini karena itu akan memulaikan hitungan tiga setengah tahun
terakhir sampai kedatangan-Nya kembali ke bumi dalam kemuliaan (lih.
Mat 24:15). Dengan memperhatikan secara teliti, orang percaya dalam
kesengsaraan besar akan mengetahui bahwa kedatangan Kristus sudah dekat,
sudah di ambang pintu (Mat 24:33;
lihat art. KESENGSARAAN BESAR).
Kedatangan Mesias (2Tes 2:8; Wahy 19:11-20) akan terjadi pada akhir
tujuh tahun atau masa tiga setengah tahun yang kedua. Wahyu menegaskan
waktu itu dengan menyatakan dua kali bahwa antikristus (yaitu
"binatang") akan berkuasa hanya selama 42 bulan (Wahy 11:1-2;
Wahy 13:4-6). Daniel kemudian menyatakan lagi bahwa hal itu akan
terjadi tiga setengah tahun ("Satu masa dan dua masa dan setengah masa")
dari saat kesengsaraan besar hingga akhirnya (Dan 12:7).
- 4) Selama tiga setengah tahun yang dijatahkan kepada antikristus,
Yerusalem akan terus diinjak-injak oleh orang bukan Yahudi
(Wahy 11:2).
- 5) "Kekejian yang membinasakan" menjadi tanda yang jelas bahwa
kesengsaraan besar telah dimulai (Dan 12:11; Mat 24:15-21; bd.
Ul 4:30-31; Yer 30:5-7; Za 13:8-9).
- 6) Masa kesengsaraan dan pemerintahan antikristus akan berakhir dengan
kedatangan Kristus dalam kuasa untuk menghukum orang fasik
(Mat 25:31-46), membinasakan antikristus dan memulai
pemerintahan-Nya selama seribu tahun (Yer 23:5-6; Mat 24:27,30).
12 Full Life: KEKEJIAN ... YANG MEMBINASAKAN.
Nas : Dan 9:27
Yesus mengacu kepada penglihatan Daniel ketika mengatakan, "Jadi
apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman
yang disampaikan oleh nabi Daniel" (Mat 24:15); pernyataan Yesus ini
mungkin menunjuk kepada pencemaran Bait Suci Yerusalem oleh antikristus di
masa depan (bd. 2Tes 2:3-4; Wahy 13:14-15;
lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).
13 Full Life: PENGAWASAN SAMPAI PADA SAAT YANG TELAH DITENTUKAN OLEH BAPANYA.
Nas : Gal 4:2
Pernyataan Paulus ini, sekalipun terutama dipakai untuk menjelaskan
keadaan orang percaya di bawah perjanjian yang lama, menunjukkan bahwa
orang-tua rohani biasanya mengawasi pembinaan anak-anak mereka
(lihat cat. --> Ul 6:7).
[atau ref. Ul 6:7]
Pengawasan seperti itu dilaksanakan dengan pendidikan di rumah atau
menyerahkan anak-anak kepada guru yang rohani. Alkitab dengan jelas
mengajar bahwa orang-tua harus berusaha sebaik-baiknya supaya anak-anak
mereka menerima pendidikan yang kudus dan sesuai dengan Kristus dan
terlindung dari filsafat yang menyesatkan dan prinsip-prinsip yang non
alkitabiah dari dunia
(lihat cat. --> Luk 1:17;
[atau ref. Luk 1:17]
lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).
14 Full Life: MALAIKAT YANG KETUJUH MENIUP.
Nas : Wahy 11:15
Suara sangkakala yang ketujuh memberitakan suatu pengumuman bahwa
dunia telah menjadi kerajaan Kristus, dan Ia akan memerintah sebagai Raja
sampai selama-lamanya
(lihat cat. --> Wahy 20:4;
[atau ref. Wahy 20:4]
Yeh 21:26-27; Dan 2:44; 4:3; 6:27; Za 14:9). Dengan kata lain,
sangkakala yang ketujuh menyangkut peristiwa-peristiwa yang berlangsung
sampai kedatangan Kristus kembali, termasuk tujuh cawan hukuman (mulai
pasal Wahy 16:1-21). Bunyi sangkakala ketujuh itu diikuti dengan suatu
perikop sisipan yang menyatakan beberapa peristiwa berkenaan dengan masa
kesengsaraan (Wahy 12:1-15:4).
15 Full Life: KEDUA PULUH EMPAT TUA-TUA.
Nas : Wahy 11:16
Kedua puluh empat tua-tua itu bernubuat tentang apa yang akan
terjadi pada kedatangan Kristus. Bangsa-bangsa akan menjadi marah (ayat
Wahy 11:18), orang-orang mati akan dihakimi (ayat Wahy 11:18) dan
Allah akan membinasakan mereka yang membinasakan bumi, yaitu mereka yang
jahat (bd. Wahy 19:20-21).