Kejadian 49:5-7
49:5 Simeon
dan Lewi
bersaudara; senjata mereka ialah alat kekerasan.
49:6 Janganlah kiranya jiwaku turut dalam permupakatan mereka, janganlah kiranya rohku bersatu dengan perkumpulan
mereka, sebab dalam kemarahannya
mereka telah membunuh orang dan dalam keangkaraannya mereka telah memotong urat keting
lembu.
49:7 Terkutuklah kemarahan mereka
1 , sebab amarahnya keras, terkutuklah keberangan mereka, sebab berangnya
bengis.
Aku akan membagi-bagikan mereka di antara anak-anak Yakub dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel.
Yosua 7:25
7:25 Berkatalah Yosua: "Seperti engkau mencelakakan
kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini." Lalu seluruh Israel melontari
dia dengan batu
2 , semuanya
itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.
Yosua 7:1
Dosa dan hukuman Akhan
7:1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang
yang dikhususkan itu, karena Akhan
bin Karmi bin Zabdi bin Zerah,
dari suku Yehuda,
mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah
murka TUHAN
3 terhadap orang Israel.
Kisah Para Rasul 18:18
Paulus kembali ke Antiokhia
18:18 Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara
di situ, dan berlayar ke Siria,
sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea,
karena ia telah bernazar.
Priskila dan Akwila
menyertai dia.
Kisah Para Rasul 18:1
Paulus di Korintus
18:1 Kemudian Paulus meninggalkan Atena,
lalu pergi ke Korintus.
Kisah Para Rasul 2:7
2:7 Mereka semua tercengang-cengang
dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
Amsal 11:17
11:17 Orang yang murah hati berbuat baik kepada diri sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri.
Amsal 11:29
11:29 Siapa yang mengacaukan rumah tangganya akan menangkap angin; orang bodoh akan menjadi budak orang bijak.
Amsal 15:27
15:27 Siapa loba akan keuntungan gelap, mengacaukan rumah tangganya, tetapi siapa membenci suap akan hidup.
1 Full Life: TERKUTUKLAH KEMARAHAN MEREKA.
Nas : Kej 49:7
Kutukan Yakub atas Simeon dan Lewi (ayat Kej 49:5-7) tergantung
pada tindakan mereka, sebagaimana halnya semua berkat dan kutuk dalam pasal
ini. Karena sikap berpihak kepada Allah yang ditunjukkan suku Lewi (yaitu
keluarga Lewi) dalam peristiwa anak lembu emas, kutukan ini dihapuskan dan
kedudukan yang terhormat dan berkat diberikan kepada mereka
(Kel 32:26-29; Im 25:32-33; Ul 10:8; 33:8-11) -- ini menunjukkan bahwa
kutukan atas seorang ayah dan keluarganya dapat dihapuskan dan disingkirkan
oleh pertobatan dan iman anak-anaknya (Im 26:39-42; 2Taw 30:7-9;
Yer 31:29-30; Yeh 18:1-9).
2 Full Life: MELONTARI DIA DENGAN BATU.
Nas : Yos 7:25
Tujuan abadi dari Akhan dan keluarganya tidak dapat ditentukan
dengan mudah. PL menekankan kematian jasmani sebagai hukuman atas dosa,
tetapi tidak jelas hubungannya dengan hukuman akhir yang abadi dari setiap
orang.
3 Full Life: AKHAN ... MURKA TUHAN.
Nas : Yos 7:1-26
Dosa Akhan, dampaknya bagi Israel, dan hukuman keras atas Akhan dan
keluarganya menyatakan berbagai prinsip hukuman ketika umat Allah berbuat
dosa dengan terang-terangan.
- 1) Apabila terjadi dosa yang hebat, atau sikap membiarkan dosa yang
hebat di kalangan umat Allah, maka berkat-Nya dapat berkurang,
terhalang, atau hilang sama sekali. Allah tidak akan memberkati umat
yang menolak untuk menyingkirkan dosa dari tengah-tengah mereka (ayat
Yos 7:1,11-13,20-21,25; bd. 1Kor 5:1-13).
- 2) Dosa yang terang-terangan di tengah-tengah jemaat memperhadapkan
anggota-anggotanya kepada pengaruh merusak dari musuh di luar (mis.
Iblis dan dunia, ayat Yos 7:4-13).
- 3) Apabila dosa semacam itu dibiarkan dan tidak ditegur, maka pada
akhirnya itu akan mendatangkan hukuman (ayat Yos 7:13). Akan tetapi,
jika dosa itu disingkapkan, diakui, dan disingkirkan, maka berkat,
kehadiran, dan kasih karunia Allah akan kembali (ayat Yos 7:22-26;
Yos 8:1,18-19; bd. Kis 4:31-5:11).
- 4) Oleh karena itu, dosa di antara umat Allah harus diperhatikan dengan
sungguh-sungguh. Kemurnian harus dijaga dan ketaatan harus dituntut;
jikalau tidak, perkembangan rohani jemaat akan terhambat atau terhenti
sama sekali (bd. Wahy 3:1-3,14-18).