Ibrani 9:18-20
9:18 Itulah sebabnya, maka perjanjian yang pertama tidak disahkan tanpa darah.
9:19 Sebab sesudah Musa memberitahukan
semua perintah hukum Taurat kepada seluruh umat, ia mengambil darah anak lembu
dan darah domba jantan serta air, dan bulu merah dan hisop, lalu memerciki kitab itu sendiri dan seluruh umat,
9:20 sambil berkata: "Inilah darah perjanjian yang ditetapkan
Allah bagi kamu."
Keluaran 24:3-11
24:3 Lalu datanglah Musa dan memberitahukan kepada bangsa itu segala firman TUHAN dan segala peraturan
itu, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak: "Segala firman yang telah diucapkan TUHAN itu, akan kami lakukan.
"
24:4 Lalu Musa menuliskan
segala firman TUHAN itu. Keesokan harinya pagi-pagi didirikannyalah mezbah
di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu
sesuai dengan kedua belas suku Israel.
24:5 Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel, maka mereka mempersembahkan korban bakaran
dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai korban keselamatan
kepada TUHAN.
24:6 Sesudah itu Musa
mengambil sebagian dari darah
itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu, sebagian lagi dari darah itu disiramkannya
pada mezbah itu.
24:7 Diambilnyalah kitab perjanjian
itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: "Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.
"
24:8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa
itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian
1 yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini."
24:9 Dan naiklah Musa dengan Harun, Nadab dan Abihu dan tujuh puluh orang
dari para tua-tua Israel.
24:10 Lalu mereka melihat
Allah Israel; kaki-Nya berjejak pada sesuatu yang buatannya seperti lantai dari batu nilam
dan yang terangnya seperti langit
yang cerah.
24:11 Tetapi kepada pemuka-pemuka orang Israel itu tidaklah diulurkan-Nya tangan-Nya; mereka memandang
Allah, lalu makan dan minum
2 .
Keluaran 34:10
34:10 Firman-Nya: "Sungguh, Aku mengadakan suatu perjanjian.
Di depan seluruh bangsamu ini akan Kulakukan perbuatan-perbuatan
yang ajaib, seperti yang belum pernah dijadikan di seluruh bumi
di antara segala bangsa; seluruh bangsa, yang di tengah-tengahnya engkau diam, akan melihat perbuatan TUHAN, sebab apa yang akan Kulakukan dengan engkau, sungguh-sungguh dahsyat.
Keluaran 34:27-28
34:27 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah
segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian
dengan engkau dan dengan Israel."
34:28 Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari
3 empat puluh malam
lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air,
dan ia menuliskan pada loh
itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.
Ulangan 5:2-3
5:2 TUHAN, Allah kita, telah mengikat perjanjian
4 dengan kita di Horeb.
5:3 Bukan dengan nenek moyang kita TUHAN mengikat perjanjian itu, tetapi dengan kita,
kita yang ada di sini pada hari ini, kita semuanya yang masih hidup.
Ulangan 29:1
Perjanjian dengan Allah diperbaharui
29:1 Inilah perkataan perjanjian
5 yang diikat Musa dengan orang Israel di tanah Moab
sesuai dengan perintah TUHAN, selain perjanjian yang telah diikat-Nya dengan mereka di gunung Horeb.
Ulangan 29:12
29:12 untuk masuk ke dalam perjanjian TUHAN, Allahmu, yakni sumpah janji-Nya, yang diikat TUHAN, Allahmu, dengan engkau pada hari ini,
Galatia 3:15-19
Hukum Taurat atau janji
3:15 Saudara-saudara,
baiklah kupergunakan suatu contoh dari hidup sehari-hari. Suatu wasiat yang telah disahkan, sekalipun ia dari manusia, tidak dapat dibatalkan atau ditambahi oleh seorangpun.
3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya.
Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu
", yaitu Kristus.
3:17 Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun
kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya.
3:18 Sebab, jikalau apa yang ditentukan Allah berasal dari hukum Taurat, ia tidak berasal dari janji;
tetapi justru oleh janjilah Allah telah menganugerahkan kasih karunia-Nya kepada Abraham.
3:19 Kalau demikian, apakah maksudnya hukum Taurat
6 ? Ia ditambahkan oleh karena pelanggaran-pelanggaran
--sampai datang keturunan
yang dimaksud oleh janji itu--dan ia disampaikan dengan perantaraan malaikat-malaikat
ke dalam tangan seorang pengantara.
Galatia 4:24
4:24 Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar--
1 Full Life: DARAH PERJANJIAN.
Nas : Kel 24:8
Perjanjian dengan Israel dimeteraikan dengan percikan darah, yang
menunjukkan bahwa korban-korban pendamaian diperlukan untuk memelihara
hubungan mereka dengan Allah.
- 1) Darah menandakan penyucian dan pengampunan yang dimungkinkan melalui
persembahan sebuah hidup kepada Allah; korban-korban semacam itu membuka
jalan untuk rujuk kembali dengan Allah dan ketaatan umat yang
ditimbulkan oleh iman (bd. Rom 1:5; Ibr 9:19-20).
- 2) Arti utama dari "darah perjanjian" terwujud ketika Kristus
mencurahkan darah-Nya di salib dan menetapkan perjanjian yang baru (bd.
Mr 14:24; Ibr 9:11-18). Kematian-Nya sebagai korban menyucikan
orang percaya dari dosa ketika mereka berusaha untuk berjalan dalam
kesucian (1Yoh 1:7-2:2).
- 3) Ketaatan dan darah (ayat Kel 24:7-8) harus senantiasa
berbarengan untuk mengesahkan penerimaan kembali umat Allah oleh-Nya dan
penyerahan mereka kepada-Nya. Hanya setelah umat itu berikrar untuk taat
kepada Allah melalui darah pendamaian, mereka dapat mengambil bagian
dalam berkat-berkat perjanjian
(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL).
Dengan nada yang sama, rasul Petrus menyatakan bahwa kita terpilih
"supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya"
(1Pet 1:2).
2 Full Life: MEMANDANG ALLAH, LALU MAKAN DAN MINUM.
Nas : Kel 24:11
Kita tidak diberi tahu bagaimana Allah menyatakan diri. Yang
diketahui ialah bahwa Ia tidak menunjukkan seluruh diri-Nya, karena tidak
ada orang yang bisa melihat seluruh kemuliaan Allah dan tetap hidup (lih.
Kel 33:18-23). Penampakan diri Allah dan perjamuan yang menyertainya
menandakan bahwa setelah pendamaian dilaksanakan dan umat itu telah
mengabdikan diri mereka kepada Tuhan, maka dapatlah mereka bersekutu
dengan-Nya; ini juga menjadi prinsip PB (bd. Mat 26:28; Ibr 12:18-24).
3 Full Life: EMPAT PULUH HARI.
Nas : Kel 34:28
Musa dipelihara secara adikodrati oleh Allah selama berpuasa empat
puluh hari ketika ia tidak makan atau minum. Baik secara alkitabiah maupun
fisiologis, puasa yang mencakup hal tidak minum tidak boleh lebih lama
daripada tiga hari
(lihat cat. --> Mat 6:16).
[atau ref. Mat 6:16]
4 Full Life: PERJANJIAN.
Nas : Ul 5:2
Keselamatan Israel merupakan suatu karunia ilahi yang diberikan
sesuai dengan perjanjian Allah bahwa Ia akan mengangkat bangsa Israel
sebagai anak-anak-Nya supaya memelihara dan memberkati mereka, sehingga
mereka dapat tinggal lama di tanah yang diberikan Allah kepada mereka
(Ul 4:40); sebagai tanggapan penuh syukur Israel diharapkan menerima
Allah sebagai Tuhan mereka untuk disembah, dikasihi, dihormati, dan ditaati
dalam iman yang hidup. Untuk pembahasan mengenai perjanjian Allah dengan
Israel
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL;
dan
lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...;
untuk pembahasan mengenai perjanjian yang mengikat orang percaya di dalam
Kristus
lihat cat. --> Luk 22:20;
[atau ref. Luk 22:20]
lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
5 Full Life: INILAH PERKATAAN PERJANJIAN.
Nas : Ul 29:1
Lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN BANGSA ISRAEL.
6 Full Life: KALAU DEMIKIAN, APAKAH MAKSUDNYA HUKUM TAURAT?
Nas : Gal 3:19
Kata "hukum" (Ibr. _Torah_;Yun. _nomos_) berarti "ajaran" atau
"pengarahan". Hukum dapat menunjuk kepada Sepuluh Hukum, Pentateukh atau
perintah apa pun dalam PL; penggunaan kata hukum oleh Paulus di sini akan
meliputi sistem persembahan korban dari perjanjian Musa. Mengenai hukum ini
Paulus menyatakan beberapa hal:
- 1) Hukum diberikan oleh Allah "karena ... pelanggaran," yaitu supaya
menunjukkan dosa sebagai pelanggaran kehendak Allah dan membangkitkan
kesadaran manusia akan perlunya belas kasihan, kasih karunia, dan
keselamatan dalam Kristus (ayat Gal 3:24; bd. Rom 5:20; 8:2).
- 2) Walaupun hukum PL itu kudus, baik, dan benar (Rom 7:12), hukum PL
tidak memadai karena tidak dapat memberikan hidup rohani atau kekuatan
moral (ayat Gal 3:21; Rom 8:3; Ibr 7:18-19).
- 3) Hukum berfungsi sebagai penuntun sementara untuk umat Allah sehingga
keselamatan oleh iman kepada Kristus datang (ayat Gal 3:22-26).
Sebagai penuntun, hukum itu menyatakan kehendak Allah untuk perilaku
umat-Nya (Kel 19:4-6; 20:1-17; 21:1-24:8), menyediakan korban darah
untuk menutup dosa manusia (lih. Im 1:5; 16:33) dan menunjuk kepada
kematian Kristus yang mendamaikan (Ibr 9:14; 10:12-14).
- 4) Hukum diberikan untuk menuntun kita kepada Kristus "supaya kita
dibenarkan karena iman" (ayat Gal 3:24). Tetapi kini setelah Kristus
datang, peranan hukum sebagai penuntun sudah berakhir (ayat
Gal 3:25). Oleh karena itu, kita tidak lagi mencari keselamatan
melalui persediaan perjanjian yang lama, termasuk ketaatan kepada
hukum-hukumnya dan sistem pengorbanan. Keselamatan kini diperoleh
menurut persediaan perjanjian yang baru, khususnya kematian yang
mendamaikan dan kebangkitan yang mulia dari Yesus, dan hak istimewa
untuk menjadi milik Kristus (ayat Gal 3:27-29;
lihat cat. --> Mat 5:17
[atau ref. Mat 5:17]
mengenai hubungan orang Kristen dengan hukum Taurat;
lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA).