Imamat 1:14
1:14 Jikalau persembahannya kepada TUHAN merupakan korban bakaran dari burung, haruslah ia mempersembahkan korbannya itu dari burung tekukur atau dari anak burung merpati.
Imamat 6:14
Korban sajian
6:14 "Inilah hukum tentang korban sajian.
Anak-anak Harun haruslah membawanya ke hadapan TUHAN ke depan mezbah.
Imamat 7:9
7:9 Tiap-tiap korban sajian yang dibakar di dalam pembakaran roti,
dan segala yang diolah di dalam wajan
dan di atas panggangan
adalah bagi imam yang mempersembahkannya.
Imamat 7:13
7:13 Ia harus mempersembahkan persembahannya itu beserta dengan roti bundar yang beragi
1 ,
di samping korban syukur
yang menjadi korban keselamatannya.
Imamat 7:38
7:38 yang diperintahkan TUHAN kepada Musa
di atas gunung Sinai
pada hari TUHAN memerintahkan kepada orang Israel mempersembahkan persembahan mereka kepada TUHAN
di padang gurun Sinai.
Imamat 21:8
21:8 Dan kamu harus menganggap dia kudus,
karena dialah yang mempersembahkan santapan Allahmu.
Ia harus kudus bagimu, sebab Aku, TUHAN, yang menguduskan kamu adalah kudus.
Imamat 21:17
21:17 "Katakanlah kepada Harun, begini: Setiap orang dari antara keturunanmu turun-temurun yang bercacat
2 badannya, janganlah datang mendekat untuk mempersembahkan santapan Allahnya,
Imamat 23:16
23:16 sampai pada hari sesudah sabat
yang ketujuh kamu harus hitung lima puluh hari; lalu kamu harus mempersembahkan korban sajian yang baru kepada TUHAN.
1 Full Life: ROTI BUNDAR YANG BERAGI.
Nas : Im 7:13
Roti yang dibuat dengan ragi dapat dipersembahkan bersamaan dengan
korban keselamatan karena tidak disajikan di mezbah (bd.
lihat cat. --> Im 2:11).
[atau ref. Im 2:11]
2 Full Life: YANG BERCACAT.
Nas : Im 21:17
Cacat-cacat jasmaniah mendiskualifikasikan keturunan Harun untuk
melayani sebagai imam dan membawa persembahan atas nama umat (ayat
Im 21:17-23).
- 1) Keutuhan tubuh melambangkan tujuan Allah bahwa para imam harus
merupakan contoh hidup berkelimpahan sebagaimana dikehendaki Allah; oleh
karena itu mereka akan paling efektif dalam melayani Allah ketika bebas
dari cacat tubuh. Akan tetapi, mereka yang tidak layak untuk melayani
sebagai hamba Allah tetap dapat ikut makan santapan yang paling kudus
(ayat Im 21:22), yaitu keselamatan penuh yang disediakan oleh
perjanjian Allah.
- 2) Tuntutan Allah akan tubuh yang sempurna bagi jabatan imam
melambangkan kesempurnaan moral Kristus (Ibr 9:13-14) dan menunjuk
kepada tuntutan-tuntutan rohaniah Allah bagi para penilik PB. Setiap
orang yang melayani dalam jabatan ini haruslah tidak bercacat-cela
secara rohani
(lihat cat. --> 1Tim 3:2;
[atau ref. 1Tim 3:2]
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).