Yohanes 13:14-15
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu 1 ;
13:15 sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.
Yohanes 13:34
13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi 2 ; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
Yohanes 15:12
15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.
Yohanes 15:1
Pokok anggur yang benar
15:1 "Akulah pokok anggur yang benar 3 dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Kolose 1:21
1:21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya
dalam hati dan pikiran
seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,
Yakobus 2:8
2:8 Akan tetapi, jikalau kamu menjalankan hukum utama yang tertulis dalam Kitab Suci: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri
", kamu berbuat baik.
Yakobus 2:1
Jangan memandang muka
2:1 Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia,
janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka
4 .
Yohanes 2:8-11
2:8 Lalu kata Yesus kepada mereka:
"Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu merekapun membawanya.
2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur
itu--dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya--ia memanggil mempelai laki-laki,
2:10 dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik
5 dahulu dan sesudah orang puas minum
6 , barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."
2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya
dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya,
dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.
Yohanes 4:21
4:21 Kata Yesus kepadanya:
"Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
1 Full Life: WAJIB SALING MEMBASUH KAKIMU.
Nas : Yoh 13:14
Gereja mula-mula rupanya mengikuti teladan Yesus Kristus sehingga
benar-benar menaati peringatan-Nya untuk saling membasuh kaki dalam kasih.
Sebagai contoh, dalam 1Tim 5:10 Paulus menyatakan bahwa janda-janda
jangan dibantu oleh gereja kalau mereka tidak memenuhi syarat tertentu.
Salah satu dari persyaratan itu adalah membasuh kaki "saudara seiman".
2 Full Life: SALING MENGASIHI.
Nas : Yoh 13:34
Orang Kristen diperintahkan untuk mengasihi, dalam cara yang lebih
mulia dan khusus, semua orang Kristen terlepas dari kelompok, keanggotaan
gereja, ataupun pandangan teologis.
- 1) Orang percaya harus membedakan orang Kristen yang sungguh-sungguh
dari mereka yang mempunyai pengakuan palsu dengan cara memeriksa kasih
dan ketaatan mereka kepada Kristus dan kesetiaan kepada Firman Allah
yang suci (Yoh 5:24; 8:31; 10:27; Mat 7:21;
lihat cat. --> Gal 1:9).
[atau ref. Gal 1:9]
- 2) Setiap orang yang memiliki iman yang hidup terhadap Yesus Kristus
serta tetap setia pada Firman Allah yang diilhamkan dan tidak ada
salahnya, sebagaimana yang dimengertinya, sementara menentang suasana
populer yang ada pada masa ini, menjadi saudara saya dalam Kristus, dan
berhak menerima kasih dan sokongan saya.
- 3) Mengasihi semua orang Kristen yang sungguh-sungguh, termasuk mereka
yang berlainan organisasi gerejanya, tidak berarti bahwa kita harus
berkompromi atau mencocokkan kepercayaan alkitabiah yang khusus atau
perbedaan dalam doktrin kita. Hal ini juga tidak berarti bahwa kita
harus berusaha agar organisasi kita bersatu.
- 4) Orang Kristen tidak boleh berkompromi mengenai kekudusan Allah.
Kasih akan Allah dan kehendak-Nya sebagaimana terungkap dalam Alkitab
harus senantiasa menguasai dan menuntun kasih kita terhadap sesama
saudara. Kasih kepada Allah harus selalu didahulukan
(lihat cat. --> Yoh 13:35 berikutnya;
[atau ref. Yoh 13:35]
Mat 23:37,39).
3 Full Life: AKULAH POKOK ANGGUR YANG BENAR.
Nas : Yoh 15:1
Dalam perumpamaan atau kiasan ini Yesus menggambarkan diri-Nya
sebagai "pokok anggur yang benar" dan murid-murid-Nya sebagai "ranting".
Dengan tetap terpaut pada-Nya sebagai Sumber kehidupan, mereka dapat
menghasilkan buah. Allah dilukiskan sebagai tukang kebun yang memelihara
ranting-ranting itu supaya tetap berbuah (ayat Yoh 15:2,8). Allah
mengharapkan agar kita semua berbuah
(lihat cat. --> Yoh 15:2 berikut).
[atau ref. Yoh 15:2]
4 Full Life: MEMANDANG MUKA.
Nas : Yak 2:1
Memandang muka berarti memberikan perhatian khusus terhadap orang
tertentu karena kekayaan, busana atau kedudukan mereka. Melakukan hal ini
salah karena beberapa alasan.
- 1) Hal ini tidak menyenangkan Allah yang tidak pernah memandang
penampilan lahiriah tetapi hati orang (1Sam 16:7).
- 2) Sikap semacam ini tidak didorong oleh kasih yang murni untuk semua
orang (ayat Yak 2:8). Mengagumi kedudukan sosial adalah dosa
terhadap hukum kasih.
- 3) Sikap ini menjadikan kita "hakim dengan pikiran yang jahat" (ayat
Yak 2:4); daripada menghormati "Tuhan kita yang mulia" dan menerima
orang berdasarkan iman mereka kepada Kristus, kita dengan tidak adil
menunjukkan sikap memihak orang kaya atau orang berkedudukan dengan
motivasi yang jahat untuk memperoleh keuntungan.
5 Full Life: ANGGUR YANG BAIK.
Nas : Yoh 2:10
Menurut beberapa penulis kuno, yang dimaksudkan "anggur yang baik"
adalah anggur termanis yang dapat diminum dalam jumlah besar tanpa
membahayakan (yaitu, anggur yang kadar gulanya tidak dihancurkan oleh
peragian). Anggur yang "kurang baik" adalah anggur yang telah dicampur
dengan air terlalu banyak.
- 1) Penulis Romawi bernama Plinius mengakui hal ini. Dia dengan jelas
menyatakan bahwa "anggur yang baik" yang disebut _sapa_, adalah sari
anggur yang tidak beragi. _Sapa_ adalah sari buah anggur yang dididihkan
hingga tinggal sepertiga dari jumlah semula untuk meningkatkan rasa
manisnya (IV.13). Dia menulis dalam karya-karyanya yang lain bahwa
"anggur yang paling bermanfaat adalah anggur yang kehilangan kadar
potensinya ketika disaring" (Plinius, Natural History, XIV. 23-24).
Plinius, Plutarchus, dan Horatius semuanya mengemukakan bahwa anggur
terbaik adalah anggur yang "tak berbahaya dan tak memabukkan".
- 2) Kesaksian para rabi menegaskan bahwa beberapa rabi mengusul
penggunaan anggur yang dididihkan. Kitab Mishna mengatakan, "Rabi Yehuda
mengizinkannya (anggur yang dididihkan sebagai persembahan unjukan)
karena itu memperbaikinya."
- 3) Pentinglah bahwa kata sifat Yunani yang diterjemahkan "baik"
bukanlah _agathos_ tetapi _kalos_, yang berarti "baik secara moral dan
cocok".
6 Full Life: SESUDAH ORANG PUAS MINUM.
Nas : Yoh 2:10
Frasa ini dalam bahasa Yunani adalah kata _methusko_ yang mengandung
arti:
- (1) menjadi atau dijadikan mabuk, dan
- (2) sudah puas minum (tanpa petunjuk kepada kemabukan).
Pengertian kedua inilah yang harus diterima.
- 1) Terlepas dari bagaimana ayat ini diterjemahkan, ini tidak dapat
dipakai untuk membela anggapan bahwa anggur beragilah yang disajikan
dalam pesta ini. Pemimpin pesta hanyalah mengatakan kebijakan umum, yang
menjadi kebiasaan pada pesta pernikahan, jenis minuman apapun yang
disajikan.
- 2) Tidak mungkin kita menduga bahwa Yesus terlibat atau akan menyumbang
kepada suatu pesta mabuk-mabukan
(lihat cat. --> Yoh 2:3; juga
[atau ref. Yoh 2:3]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).