Yohanes 5:36-37
5:36 Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting dari pada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku, supaya Aku melaksanakannya. Pekerjaan itu juga yang Kukerjakan sekarang, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku.
5:37 Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat,
Yohanes 1:33
1:33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air,
telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus
1 .
Yohanes 8:17-18
8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;
8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."
Yohanes 12:28-30
12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga:
"Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"
12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata: "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."
12:30 Jawab Yesus:
"Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.
Matius 3:17
3:17 2 lalu terdengarlah suara dari sorga
yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku
yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.
"
Matius 17:5
17:5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan,
dengarkanlah Dia.
"
Markus 1:11
1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: "Engkaulah Anak-Ku
yang Kukasihi
3 , kepada-Mulah Aku berkenan.
"
Lukas 3:22
3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya
4 .
Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku
yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.
"
Lukas 3:1
Yohanes Pembaptis
3:1 Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus
menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes
raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene,
Yohanes 5:6-9
5:6 Ketika Yesus melihat orang itu berbaring di situ dan karena Ia tahu, bahwa ia telah lama dalam keadaan itu, berkatalah Ia kepadanya:
"Maukah engkau sembuh?"
5:7 Jawab orang sakit itu kepada-Nya: "Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku."
5:8 Kata Yesus kepadanya:
"Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah."
5:9 Dan pada saat itu juga sembuhlah orang itu
5 lalu ia mengangkat tilamnya dan berjalan. Tetapi hari itu hari Sabat.
1 Full Life: AKAN MEMBAPTIS DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Yoh 1:33
Kata "dengan" adalah terjemahan preposisi bah. Yunani _en_ yang
dapat diartikan sebagai "oleh", "dengan", atau "dalam". Terjemahan lain
akan berbunyi "Dia yang akan membaptis dalam Roh Kudus", sama seperti
"membaptis dengan air" dapat diterjemahkan "membaptis dalam air".
Semua Injil menekankan bahwa Yesus adalah "Dia ... yang akan membaptis
dengan (dalam) Roh Kudus" (Mat 3:11; Mr 1:8; Luk 3:16; Yoh 1:33).
Baptisan ini merupakan tanda dan ciri dinamis dari pengikut Yesus. Roh
Kudus akan dicurahkan atas mereka supaya mereka dapat melanjutkan karya
penyelamatan-Nya di seluruh dunia (bd. Kis 1:8). Tugas Yesus membaptis
dalam Roh Kudus merupakan tujuan-Nya yang berlangsung sepanjang zaman ini
(lihat cat. --> Mat 3:11; dan
lihat cat. --> Kis 2:39).
[atau ref. Mat 3:11; Kis 2:39]
2 Full Life: CONTOH TENTANG TRINITAS.
Nas : Mat 3:17
Baptisan Yesus merupakan perwujudan yang sangat baik untuk
menunjukkan kebenaran tentang Trinitas.
- 1) Yesus Kristus, yang dinyatakan setara dengan Allah (Yoh 10:30),
dibaptis di Sungai Yordan.
- 2) Roh Kudus, yang juga setara dengan Bapa (Kis 5:3-4) turun ke
atas Yesus sebagai burung merpati.
- 3) Bapa menyatakan bahwa Ia sangat berkenan kepada Yesus. Jadi, kita
mempunyai tiga oknum ilahi yang setara; adalah bertentangan dengan
seluruh Alkitab bila kita menafsirkan peristiwa ini dengan cara yang
lain. Menurut doktrin Trinitas ketiga oknum ilahi ini demikian bersatu
hakikatnya sehingga mereka merupakan Allah yang Esa
(lihat cat. --> Mr 1:11
[atau ref. Mr 1:11]
mengenai Trinitas; bd. Mat 28:19; Yoh 15:26; 1Kor 12:4-13; Ef 2:18;
1Pet 1:2).
3 Full Life: ANAK-KU YANG KUKASIHI.
Nas : Mr 1:11
Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus
(lihat cat. --> Mat 3:17).
[atau ref. Mat 3:17]
Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai
satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa,
Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:19; 2Kor 13:14; Ef 4:4-6;
1Pet 1:2; Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu
kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
- 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu
sifat dan hakikat (Mr 12:29; Ul 6:4; Gal 3:20). Salah satu oknum
ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum
bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
- 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang
berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah
tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan
tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya
benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah
maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh
Allah sendiri (lih. Kej 1:2; Yes 61:1; Yoh 14:16; 16:8,13;
Kis 5:3-4; Rom 8:2,26-27; 1Kor 2:10-11; 2Tes 2:13; Ibr 9:14; dan
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Yoh 1:14;
lihat cat. --> Yoh 5:18;
lihat cat. --> Yoh 20:28).
[atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]
Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing
berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang
setingkat.
- 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan
kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat
ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga
pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:24; 1Kor 2:10).
4 Full Life: TURUNLAH ROH KUDUS ... KE ATAS-NYA.
Nas : Luk 3:22
Yesus, yang sejak awal telah dikandung dan didiami oleh Roh Kudus
(Luk 1:35), sekarang secara pribadi diurapi dan diberi kuasa oleh Roh
Kudus bagi pelayanan-Nya. Untuk keterangan lebih lanjut tentang pentingnya
baptisan Yesus dalam Roh Kudus,
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS.
5 Full Life: SEMBUHLAH ORANG ITU.
Nas : Yoh 5:9
Sering kali Yesus menyembuhkan sebagai tanggapan terhadap iman
seseorang. Akan tetapi, dalam kasus ini Yesus menyembuhkan tanpa ada unsur
iman; Ia hanya berkata dan orang itu sembuh. Dewasa ini pun orang mungkin
disembuhkan menurut maksud Allah sekalipun mereka tidak beriman kepada
Yesus. Alkitab mengajarkan bahwa ada tiga hubungan untuk iman yang
menyembuhkan:
- (1) iman dari penderita yang mau disembuhkan (Mat 9:27-29);
- (2) iman orang lain untuk si penderita (Mat 8:5-10; bd.
Yoh 17:15-20; Yak 5:14-16); dan
- (3) iman dari seseorang yang diurapi untuk menyembuhkan
(1Kor 12:9).