Matius 2:23
2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret.
Hal itu terjadi supaya genaplah
firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.
Matius 3:9
3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami!
Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
Matius 4:23
Yesus mengajar dan menyembuhkan banyak orang
4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea;
Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat
dan memberitakan Injil
Kerajaan
Allah serta melenyapkan segala penyakit
1 dan kelemahan di antara bangsa
itu.
Matius 5:20
5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar 2 dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
Matius 5:47
5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
Matius 6:1
Hal memberi sedekah
6:1 "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang 3 supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.
Matius 6:31
6:31 Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
Matius 7:16
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka 4 . Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Matius 9:28
9:28 Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka:
"Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya.
"
Matius 9:35
Belas kasihan Yesus terhadap orang banyak
9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.
Matius 10:26
10:26 Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka 5 , karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
Matius 12:3
12:3 Tetapi jawab Yesus kepada mereka:
"Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
Matius 12:27
12:27 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa siapakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.
Matius 12:29
12:29 Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu 6 ? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.
Matius 12:31-32
12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus 7 tidak akan diampuni.
12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Matius 12:50
12:50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."
Matius 13:31
Perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi
13:31 Yesus membentangkan suatu perumpamaan lain lagi kepada mereka, kata-Nya:
"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi 8 , yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya.
Matius 13:33
13:33 Dan Ia menceriterakan perumpamaan ini juga kepada mereka:
"Hal Kerajaan Sorga itu seumpama ragi 9 yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."
Matius 13:43
13:43 Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!"
Matius 13:55
13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu?
Bukankah ibu-Nya
bernama Maria dan saudara-saudara-Nya:
Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
Matius 13:57
13:57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.
Maka Yesus berkata kepada mereka:
"Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."
Matius 14:3
14:3 Sebab memang Herodes telah menyuruh menangkap Yohanes, membelenggunya dan memenjarakannya,
berhubung dengan peristiwa Herodias, isteri
Filipus saudaranya.
Matius 15:31
15:31 Maka takjublah orang banyak itu melihat orang bisu berkata-kata, orang timpang sembuh, orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan mereka memuliakan Allah Israel.
Matius 18:15-16
Tentang menasihati sesama saudara
18:15 "Apabila saudaramu berbuat dosa 10 , tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.
18:16 Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.
Matius 18:18
18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.
Matius 18:32
18:32 Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku.
Matius 18:35--19:1
18:35 Maka Bapa-Ku yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni 11 saudaramu dengan segenap hatimu."
Perceraian
19:1 Setelah Yesus selesai dengan pengajaran-Nya itu,
berangkatlah Ia dari Galilea dan tiba di daerah Yudea yang di seberang sungai Yordan.
Matius 19:9
19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah 12 , lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah."
Matius 20:28
20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang 13 ."
Matius 21:27
21:27 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Dan Yesuspun berkata kepada mereka:
"Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."
Matius 23:4
23:4 Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya.
Matius 23:25
23:25 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kamu bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan.
Matius 24:14
24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya 14 15 ."
Matius 24:24
24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
Matius 24:36
24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri 16 ."
Matius 26:35
26:35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau,
aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.
Matius 26:42
26:42 Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya:
"Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!"
Matius 26:50-51
26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya:
"Hai teman, untuk itukah engkau datang?" Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.
26:51 Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya
dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya.
Matius 27:4
27:4 dan berkata: "Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah." Tetapi jawab mereka: "Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!
"
Matius 27:54
27:54 Kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya yang menjaga
Yesus menjadi sangat takut ketika mereka melihat gempa bumi dan apa yang telah terjadi, lalu berkata: "Sungguh, Ia ini adalah Anak Allah.
"
1 Full Life: KERAJAAN ALLAH SERTA MELENYAPKAN SEGALA PENYAKIT.
Nas : Mat 4:23
Di dalam kitab-kitab Injil, Kerajaan Allah berkaitan erat dengan
penyembuhan, pengadaan mukjizat dan pengusiran setan-setan
(Mat 4:23-24; Mat 9:35; 10:7-8; 12:28; Luk 9:1-2; bd.
Kis 8:6-7,12). Kerajaan Allah meliputi baik berkat bagi tubuh maupun
bagi jiwa
(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).
2 Full Life: JIKA ... TIDAK LEBIH BENAR.
Nas : Mat 5:20
Kebenaran orang Farisi dan para ahli Taurat hanya bersifat lahiriah.
Mereka menaati banyak peraturan, berdoa, memuji Tuhan, berpuasa, membaca
Firman Allah, dan menghadiri kebaktian. Akan tetapi, tindakan lahiriah
tersebut mereka lakukan sebagai ganti sikap batiniah yang benar. Yesus
mengatakan bahwa kebenaran yang dikehendaki Allah dari orang percaya adalah
lebih dari itu. Hati dan roh seseorang, bukan sekedar tindakan lahiriah,
harus selaras dengan kehendak Allah dalam iman dan kasih
(lihat cat. --> Mr 7:6
[atau ref. Mr 7:6]
mengenai legalisme).
3 Full Life: MELAKUKAN KEWAJIBAN AGAMAMU DI HADAPAN ORANG.
Nas : Mat 6:1
Prinsip yang dinyatakan di sini berbicara tentang motivasi kita
dalam bertindak secara benar.
- 1) Apabila orang percaya, orang awam ataupun pendeta, berbuat baik agar
dipuji orang lain atau karena alasan yang mementingkan diri sendiri,
mereka akan kehilangan pahala dan pujian dari Allah. Mereka malah
dinilai sebagai orang munafik yang berkedok hendak memuliakan Allah,
namun sesungguhnya mencari kemuliaan untuk diri sendiri.
- 2) Yesus berbicara tentang kewajiban agama di tiga bidang: memberikan
sedekah (ayat Mat 6:2-4), berdoa (ayat Mat 6:5-8), dan berpuasa
(ayat Mat 6:16-18). Kecaman Yesus terhadap pelaksanaan kewajiban
keagamaan agar dilihat oleh orang lain tidak membenarkan banyak kegiatan
kristiani dewasa ini, termasuk bersaing untuk menjadi yang lebih besar,
membanggakan keberhasilan dalam pelayanan, melaksanakan kegiatan
kebaktian dengan gaya acara hiburan agar menarik orang, dan keinginan
untuk menjadi nomor satu (lih. 1Kor 3:13-15; 4:5).
4 Full Life: DARI BUAHNYALAH KAMU AKAN MENGENAL MEREKA.
Nas : Mat 7:16
Guru-guru palsu yang secara lahiriah tampaknya saleh, tetapi di
dalam hati adalah "serigala yang buas" (ayat Mat 7:15), kadang-kadang
dapat dikenal dari "buah" mereka. Buah guru palsu itu adalah sifat-sifat
buruk yang nyata dalam kehidupan para pengikut mereka (lih.
1Yoh 4:5-6), seperti yang tertulis di bawah ini:
- 1) Mereka akan mengaku diri mereka sebagai orang Kristen, tetapi mereka
lebih setia kepada tokoh-tokoh mereka daripada Firman Allah (ayat
Mat 7:21). Mereka menyembah makhluk ciptaan dan bukan Penciptanya
(bd. Rom 1:25).
- 2) Mereka lebih mengutamakan kepentingan mereka sendiri daripada
kemuliaan dan kehormatan Allah. Ajaran mereka akan berpusat pada diri
mereka dan bukan kepada Allah (ayat Mat 7:21-23;
lihat cat. --> 2Tim 4:3).
[atau ref. 2Tim 4:3]
- 3) Mereka akan menerima ajaran dan tradisi manusia, bahkan yang
bertentangan dengan Firman Allah (ayat Mat 7:24-27; 1Yoh 4:6).
- 4) Mereka akan mencari dan menanggapi pengalaman religius dan penyataan
adikodrati sebagai kekuasaan yang mengesahkan kebenaran (ayat
Mat 7:22-23), dan bukan memantapkan dirinya di dalam seluruh ajaran
Firman Allah.
- 5) Mereka tidak mau menerima ajaran yang sehat, tetapi akan mencari
guru-guru yang menawarkan keselamatan dengan "jalan lebar" yang tidak
benar itu (ayat Mat 7:13-14,23;
lihat cat. --> 2Tim 4:3).
[atau ref. 2Tim 4:3]
5 Full Life: JANGANLAH KAMU TAKUT TERHADAP MEREKA.
Nas : Mat 10:26
Pelayanan para murid bagi Kristus dan pertempuran mereka melawan
Iblis membuka peluang bagi Iblis untuk menyerang mereka kembali (ayat
Mat 10:16-25); namun mereka tidak perlu takut karena Roh Kudus dan Bapa
di sorga akan menyertai mereka (ayat Mat 10:20,29-31). Mereka harus
tetap setia kepada Firman Allah, berkhotbah secara terang-terangan, tegas,
dan dengan berani.
6 Full Life: DIIKATNYA DAHULU ORANG KUAT ITU.
Nas : Mat 12:29
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
7 Full Life: HUJAT TERHADAP ROH KUDUS.
Nas : Mat 12:31
Hujat terhadap Roh Kudus adalah penolakan terus-menerus dan dengan
sengaja terhadap kesaksian Roh Kudus mengenai Kristus, Firman-Nya dan
karya-Nya yang menginsafkan orang akan dosa (bd. Yoh 16:7-11). Orang
yang menolak dan melawan suara Roh Kudus ini menjauhkan diri sendiri dari
satu-satunya kekuatan yang dapat membawanya kepada pengampunan dosa. Proses
yang membawa kepada hujat terhadap Roh Kudus adalah sebagai berikut:
- 1) Mendukakan Roh (Ef 4:30), apabila diteruskan akan membuat orang
menentang Roh Kudus (Kis 7:51);
- 2) Menentang Roh Kudus akan membawa kepada memadamkan api Roh
(1Tes 5:19);
- 3) Memadamkan api Roh membuat seseorang mengeraskan hatinya
(Ibr 3:8-13);
- 4) Mengeraskan hati menghasilkan pikiran yang rusak sehingga yang benar
dikatakan salah dan yang salah dikatakan benar (Yes 5:20; Rom 1:28).
Pada saat pengerasan hati ini telah mencapai tingkatan tertentu, yang
ditetapkan oleh Allah saja, maka Roh Kudus tidak lagi akan berusaha
untuk menuntun orang itu kepada pertobatan (bd. Kej 6:3;
lihat cat. --> Ul 29:18-21;
lihat cat. --> 1Sam 2:25;
lihat cat. --> Ams 29:1).
[atau ref. Ul 29:18-21; 1Sam 2:25; Ams 29:1]
Bagi orang yang khawatir mengenai kemungkinan telah melakukan dosa yang
tidak bisa diampuni ini, kenyataan bahwa ia ingin memperoleh pengampunan
dosa dan kesediaan untuk bertobat dari dosa adalah bukti bahwa ia tidak
melakukan dosa yang tak terampuni ini
(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).
8 Full Life: BIJI SESAWI.
Nas : Mat 13:31
Lihat cat. --> Luk 13:19.
[atau ref. Luk 13:19]
9 Full Life: RAGI.
Nas : Mat 13:33
Lihat cat. --> Luk 13:21.
[atau ref. Luk 13:21]
10 Full Life: APABILA SAUDARAMU BERBUAT DOSA.
Nas : Mat 18:15
Dalam ayat Mat 18:15-17 Yesus menguraikan cara mendisiplinkan
atau menerima kembali seorang saudara Kristen yang berbuat dosa kepada
seorang anggota lain di dalam gereja. Mengabaikan ajaran Kristus ini
berarti berkompromi secara rohani dan akhirnya mengakibatkan kehancuran
kepada gereja sebagai umat Allah yang kudus (bd. 1Pet 2:9;
lihat cat. --> Mat 5:13).
[atau ref. Mat 5:13]
- 1) Tujuan disiplin gerejani ialah melindungi nama baik Allah
(Mat 6:9; Rom 2:23-24), menjaga kemurnian moral dan integritas ajaran
gereja (1Kor 5:6-7; 2Yoh 1:7-11), serta berusaha untuk menyelamatkan
anggota yang tidak patuh dan mengembalikan mereka kepada jalan yang
benar (1Kor 5:5; Yak 5:19-20).
- 2) Anggota yang berdosa itu harus lebih dahulu dihadapi dan ditegor di
bawah empat mata. Apabila ia mau mendengarkan, maka ia harus diampuni
(ayat Mat 18:15). Apabila ia tidak mau mendengarkan saudara
seimannya (ayat Mat 18:15-16), dan setelah itu satu atau dua anggota
lain (ayat Mat 18:16), akhirnya masih tidak mau mendengarkan jemaat,
maka ia harus dianggap sebagai "seorang yang tidak mengenal Allah",
yaitu, seseorang yang bukan anggota Kerajaan Allah, terpisah dari
Kristus dan hidup di luar kasih karunia (ayat Mat 18:17; bd.
Gal 5:4). Ia tidak berhak menjadi anggota gereja dan harus
dikucilkan dari persekutuan gereja.
- 3) Kebiasaan untuk menjaga kemurnian gereja ini bukan saja dilaksanakan
dalam hal dosa dan kedursilaan, tetapi juga dalam hal ajaran yang sesat
dan ketidaksetiaan terhadap iman PB yang asli dan mendasar
(lihat cat. --> Gal 1:9 dan
lihat cat. --> Yud 1:3;
[atau ref. Gal 1:9; Yud 1:3]
lihat art. GURU-GURU PALSU, dan
lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).
- 4) Disiplin gerejani harus dilaksanakan dengan rendah hati, kasih,
penyesalan, dan pemeriksaan diri
(lihat cat. --> Mat 23:37;
[atau ref. Mat 23:37]
2Kor 2:6-7; Gal 6:1).
- 5) Dosa di dalam gereja yang melibatkan kebejatan seksual harus
ditangani berdasarkan 1Kor 5:1-5 dan 2Kor 2:6-11. Bentuk-bentuk
dosa yang berat ini menuntut penyesalan dan perkabungan dari seluruh
jemaat (1Kor 5:2), hukuman yang setimpal bagi pelanggar itu
(2Kor 2:6) dan pengucilan dari gereja (1Kor 5:2,13). Kemudian
hari, setelah masa pertobatan yang nyata, orang itu dapat diampuni,
menerima pernyataan kasih lagi dan diterima kembali dalam persekutuan
(2Kor 2:6-8).
- 6) Dosa seorang penatua, setelah ditangani di bawah empat mata, juga
harus diumumkan kepada jemaat, dan dikenakan tindakan disiplin di depan
umum, yaitu, "ditegur di depan semua orang agar yang lain itu pun takut"
(Gal 2:11-18;
lihat cat. --> 1Tim 5:20;
[atau ref. 1Tim 5:19-20]
lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
- 7) Para pemimpin gereja dan para gembala jemaat lokal sebaiknya
mengingat bahwa mereka ditugaskan untuk menjaga seluruh kawanan domba
Allah
(lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).
Tuhan akan meminta pertanggungjawaban pribadi dari mereka atas "darah
semua orang" (Kis 20:26) yang terhilang karena para pemimpin gagal
mengembalikan, mendisiplinkan, atau mengucilkan mereka sesuai dengan
maksud dan kehendak Allah (bd. Yeh 3:20-21; Kis 20:26-27;
lihat cat. --> Yeh 3:18).
[atau ref. Yeh 3:18]
11 Full Life: APABILA KAMU ... TIDAK MENGAMPUNI.
Nas : Mat 18:35
Dalam perumpamaan ini, Yesus mengajarkan bahwa pengampunan Allah,
sekalipun diberikan dengan cuma-cuma kepada semua orang berdosa yang
bertobat, namun tetap ada syaratnya juga, yaitu sampai sejauh mana si calon
penerima bersedia mengampuni sesamanya. Dengan kata lain, seseorang dapat
kehilangan pengampunan Allah dengan tetap menyimpan dendam dan tidak
bersedia mengampuni orang lain (lih. Mat 6:14-15; Ibr 12:15;
Yak 3:11,14; perhatikan secara khusus Ef 4:31-32 di mana Paulus
menegaskan bahwa kedengkian, dendam, dan perseteruan sama sekali
bertentangan dengan pengakuan iman Kristen sehingga harus dibuang
jauh-jauh).
12 Full Life: KECUALI KARENA ZINAH.
Nas : Mat 19:9
Kehendak Allah bagi pernikahan adalah satu pasangan, satu pernikahan
untuk seumur hidup (ayat Mat 19:5-6;
lihat cat. --> Kej 2:24;
lihat cat. --> Kid 2:7;
lihat cat. --> Kid 4:12;
lihat cat. --> Mal 2:14).
[atau ref. Kej 2:24; Kid 2:7; 4:12; Mal 2:14]
Terhadap peraturan ini Yesus memberikan satu perkecualian yaitu "zinah".
Perzinahan (Yun. _porneia_) meliputi segala macam bentuk kebejatan seksual
(bd. Mat 5:32). Oleh karena itu, perceraian diizinkan apabila telah
terjadi kebejatan seksual. Berikut ini ada beberapa fakta alkitabiah yang
penting mengenai perceraian.
- 1) Ketika Yesus mengecam perceraian dalam ayat Mat 19:7-8, yang
dikecam-Nya bukanlah perpisahan karena zinah, melainkan perceraian yang
diizinkan dalam masa PL jikalau suami menemukan bahwa istrinya tidak
perawan lagi setelah upacara pernikahan diadakan (Ul 24:1-4). Allah
menginginkan agar dalam kasus semacam itu pasangan suami istri tetap
bersatu. Akan tetapi, Ia mengizinkan perceraian dalam kasus semacam itu
karena orang sudah keras hatinya (ayat Mat 19:7-8).
- 2) Dalam kasus perzinahan sesudah pernikahan, hukum PL mengizinkan
terputusnya hubungan pernikahan itu dengan menghukum mati kedua pihak
yang bersalah (Im 20:10; Ul 22:22). Tentu saja, hal ini akan
membebaskan orang yang tidak berdosa untuk menikah kembali (Rom 7:2;
1Kor 7:39).
- 3) Di bawah perjanjian yang baru syarat-syarat bagi orang percaya sama
saja. Sekalipun perceraian adalah peristiwa yang menyedihkan,
ketidaksetiaan dalam hubungan pernikahan merupakan dosa yang begitu
kejam terhadap pasangan dalam pernikahan. Kristus menyatakan pihak yang
tidak bersalah berhak untuk mengakhiri pernikahan itu dengan menceraikan
pasangannya.
- 4) Uraian Paulus dalam 1Kor 7:12-16 mengenai pernikahan dan
pembelotan menunjukkan bahwa pernikahan dapat dibatalkan juga apabila
pasangan yang belum beriman pergi meninggalkannya.
13 Full Life: TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG.
Nas : Mat 20:28
Tebusan berarti suatu harga yang dibayar untuk memperoleh kebebasan
seorang. Dalam karya penebusan Kristus, kematian-Nya merupakan harga yang
dibayar untuk membebaskan manusia dari kuasa dosa
(lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).
Kita dibebaskan dari hukuman (Rom 3:25-26), dosa (Ef 1:7) dan
kematian (Rom 8:2). Istilah "banyak orang" dipakai dengan pengertian
"semua orang" (1Tim 2:5-6;
lihat cat. --> Rom 3:25
[atau ref. Rom 3:25]
mengenai makna salib Kristus).
14 Full Life: INJIL KERAJAAN ... KESUDAHANNYA.
Nas : Mat 24:14
Kesudahan zaman ini baru tiba setelah "Injil Kerajaan" telah
diberitakan secukupnya di seluruh dunia.
- 1) Yang dimaksud dengan "Injil Kerajaan" ini ialah Injil rasuli yang
diberitakan dalam kuasa dan kebenaran Roh Kudus dan disertai tanda-tanda
utama Injil itu
(lihat art. KERAJAAN ALLAH).
- 2) Hanya Allah yang mengetahui apabila tugas ini telah dilaksanakan
sesuai dengan maksud-Nya. Tugas orang percaya ialah dengan setia dan
terus-menerus memberitakan Injil kepada "semua bangsa" hingga Tuhan
kembali untuk membawa gereja-Nya ke sorga
(lihat cat. --> Mat 28:19;
lihat cat. --> Mat 28:20;
lihat cat. --> Yoh 14:3 dan
lihat cat. --> 1Tes 4:13).
[atau ref. Mat 28:19-20; Yoh 14:3; 1Tes 4:13]
- 3) Banyak penafsir beranggapan bahwa istilah "kesudahan" menunjuk
kepada saat "orang yang mati di dalam Kristus akan bangkit" dan mereka
yang setia akan bertemu dengan Tuhan di awan-awan (1Tes 4:16-17;
lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Kristus lebih merinci hal-hal mengenai kedatangan-Nya yang tak terduga
untuk menjemput jemaat yang setia dalam ayat Mat 24:37-44.
15 Full Life: BARULAH TIBA KESUDAHANNYA.
Nas : Mat 24:14
Kristus berbicara kepada murid-Nya seakan-akan semua nubuat ini akan
digenapi pada zaman mereka. Oleh karena itu, hal ini merupakan harapan
gereja Perjanjian Baru. Hal yang sama ini hendaknya juga menjadi harapan
dari semua orang yang percaya pada Yesus Kristus sepanjang zaman. Kita
harus senantiasa mengharapkan kedatangan kembali Tuhan dan bahwa akhir
zaman akan tiba pada angkatan kita
(lihat cat. --> 1Kor 15:51).
[atau ref. 1Kor 15:51]
Kita harus senantiasa hidup dalam suasana di antara dekatnya kedatangan
Kristus dan kenyataan bahwa kita diperintahkan untuk tetap memberitakan
Injil ke seluruh dunia.
16 Full Life: HANYA BAPA SENDIRI.
Nas : Mat 24:36
Ayat ini mengatakan bahwa hanya Bapa yang mengetahui saat kedatangan
Kristus. Kita harus memahami bahwa ayat ini menunjuk kepada waktu Yesus
masih ada di dunia. Pastilah Yesus yang kembali pada kemuliaan-Nya yang
semula (Yoh 17:5) kini telah mengetahui saat kedatangan-Nya kembali.
Orang kudus pada masa kesengsaraan besar juga mengetahui saat
kedatangan-Nya kembali dengan mengamati tanda-tanda masa kesengsaraan yang
telah digambarkan oleh Kristus
(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).