Ulangan 14:26
14:26 dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan,
atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria,
engkau dan seisi rumahmu
1 .
Ulangan 14:1
Cara berkabung yang dilarang
14:1 "Kamulah anak-anak
TUHAN, Allahmu; janganlah kamu menoreh-noreh dirimu ataupun menggundul rambut di atas dahimu karena kematian seseorang;
1 Samuel 25:36
25:36 Sampailah Abigail kepada Nabal dan tampaklah, Nabal mengadakan perjamuan di rumahnya, seperti perjamuan raja-raja. Nabal riang gembira
dan mabuk
sekali. Sebab itu tidaklah diceriterakan
perempuan itu sepatah katapun kepadanya, sampai fajar menyingsing.
Amsal 31:4
31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur
2 ,
ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
1 Full Life: ANGGUR ATAU MINUMAN YANG MEMABUKKAN ... ENGKAU DAN SEISI RUMAHMU.
Nas : Ul 14:26
Ayat ini berkenaan dengan kesempatan khusus untuk ibadah dan ucapan
syukur yang diikuti seluruh rumah tangga, termasuk laki-laki, wanita,
pemuda dan anak-anak. Kata Ibrani yang dipakai di sini untuk "anggur"
(_yayin_) dapat menunjuk pada sari anggur beragi dan sari anggur tidak
beragi. Kata Ibrani untuk "minuman yang beragi" (_shekar_) dapat
diterjemahkan "minuman yang manis"
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA
untuk keterangan terinci mengenai arti kedua kata Ibrani ini). Terjemahan
ini meniadakan kesulitan yang mengusulkan bahwa orang dewasa dan anak-anak
diperintahkan untuk menyembah Allah dengan minum minuman yang membuat
kecanduan dan memabukkan. Setiap usaha untuk menafsirkan ayat ini dengan
benar harus mempertimbangkan hal-hal berikut.
- 1) Tujuan dari kebaktian penyembahan itu ialah agar "belajar untuk
selalu takut akan Tuhan, Allahmu" (ayat Ul 14:23). Supaya menyembah
Allah dengan tepat dan belajar takut akan Dia, kita perlu senantiasa
waspada dan menguasai diri
(lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tes 5:6;
[atau ref. Ef 5:18; 1Tes 5:6-8]
lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).
Perhatikan bahwa Allah menuntut pantangan mutlak dari minuman-minuman
memabukkan supaya membedakan yang kudus dengan yang cemar, untuk
mengajarkan perintah-perintah-Nya dengan benar (Im 10:9) dan
memastikan bahwa kita tidak melupakan hukum Allah dan melakukan
kesalahan
(lihat cat. --> Ams 31:4-5).
[atau ref. Ams 31:4-5]
- 2) Para imam Lewi harus hadir pada kebaktian penyembahan ini (ayat
Ul 14:27-29). Allah memerintahkan para imam ini untuk berpantang
minum minuman yang memabukkan (dengan ancaman hukuman mati) sementara
bertugas sebagai imam (Im 10:9). Sangatlah bertentangan dengan sifat
kudus Allah untuk membiarkan para penyembah meminum minuman memabukkan
ketika bersama dengan para imam.
- 3) Sifat dari perayaan ini ialah perayaan panen ketika dipergunakan
hasil bumi yang masih segar (versi Inggris NIV -- "anggur baru") (ayat
Ul 14:23); hal ini menunjukkan bahwa yang dimaksudkan di sini adalah
sari anggur segar.
- 4) Penemuan modern bahwa minuman beralkohol merusak janin kiranya juga
harus dipertimbangkan sebelum beranggapan bahwa Allah yang mahatahu
memberkati, mengizinkan, atau memerintahkan ayah, ibu, dan anak-anak
Israel untuk "bersukaria" di hadapan-Nya sambil minum minuman yang
memabukkan
(lihat cat. --> Ams 23:31;
[atau ref. Ams 23:31]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).
2 Full Life: TIDAKLAH PANTAS BAGI RAJA MEMINUM ANGGUR.
Nas : Ams 31:4-5
Allah memiliki standar yang tinggi sekali bagi para raja dan
pemimpin umat-Nya, khususnya mengenai minum anggur yang difermentasi dan
minuman memabukkan.
- 1) Bahasa Ibraninya secara harfiah mengatakan, "Janganlah ada yang
minum." Ayat ini sama sekali tidak memberi peluang untuk minum secara
terbatas
(lihat cat. --> Ams 20:1;
lihat cat. --> Ams 23:29-35;
[atau ref. Ams 20:1; 23:29-35]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).
- 2) Alasan raja dan pemimpin tidak boleh minum minuman memabukkan ialah
bahwa mereka mungkin akan melupakan apa yang ditetapkan hukum; minuman
semacam itu akan melemahkan moral mereka dan menyebabkan mereka tidak
menaati hukum Allah dan memutarbalikkan keadilan. Ayat ini membuat para
rabi Yahudi menetapkan bahwa seorang hakim yang minum renuth (yaitu,
segelas anggur) "tidak diizinkan duduk dalam sidang pengadilan, atau di
sekolah, atau dalam keadaan yang serupa tidak diizinkan untuk mengajar"
(Koplowitz, Midrush, yayin, hal.30).
- 3) Prinsip yang sama di dalam PL diterapkan pada para imam dan suku
Lewi yang melayani di hadapan Allah untuk umat Israel (Im 10:8-11;
lihat cat. --> Im 10:9).
[atau ref. Im 10:9]
- 4) Semua orang percaya PB dianggap sebagai raja dan imam yang
memerintah kerajaan rohani Allah (1Pet 2:9). Oleh karena itu,
standar Allah bagi raja dan imam mengenai minuman yang memabukkan juga
berlaku kepada kita (lih. Bil 6:1-3;
lihat cat. --> Ef 5:18;
lihat cat. --> 1Tim 3:3).
[atau ref. Ef 5:18; 1Tim 3:3]