1 Full Life: ROH TUHAN AKAN ADA PADANYA.
Nas : Yes 11:2
Mesias akan diurapi secara luar biasa oleh Roh Kudus supaya dapat
melaksanakan kehendak Bapa dan membawa keselamatan penuh bagi bangsa-bangsa
(Yes 61:1; Mat 3:16-17; Yoh 1:33-34;
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
Supaya melaksanakan rencana keselamatan-Nya, Mesias juga akan membaptis dan
mengurapi para pengikut-Nya dengan Roh Kudus. Ini adalah tuntutan penting
dalam karya penebusan yang berlangsung terus
(lihat cat. --> Mat 3:11;
lihat cat. --> Luk 3:16;
lihat cat. --> Kis 1:5;
[atau ref. Mat 3:11; Luk 3:16; Kis 1:5]
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
2 Full Life: ROH TUHAN.
Nas : Yes 11:2-3
Yesaya lebih banyak menyebutkan Roh Kudus daripada nabi PL lainnya
(Yes 11:2; 30:1; 32:15; 34:16; 40:13; 42:1; 44:3; 48:16; 59:21; 61:1;
Yes 63:10-11,14;
lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA).
Lukisan kenabian mengenai pengurapan Mesias ini berkaitan dengan sifat dan
keunggulan rohani-Nya
(lihat cat. --> Yes 61:1-3).
[atau ref. Yes 61:1-3]
Mesias dipenuhi dengan Roh Kudus, dan berbagai karunia Roh-Nya dilukiskan
sebagai
- (1) Roh Tuhan ALLAH (ayat Yes 11:1),
- (2) hikmat (ayat Yes 11:2),
- (3) pengertian (ayat Yes 11:2),
- (4) nasihat (ayat Yes 11:2),
- (5) perkasa (ayat Yes 11:2),
- (6) pengenalan (ayat Yes 11:2), dan
- (7) takut akan Tuhan.
Kepenuhan dari lukisan ini adalah tanpa tandingan dalam Alkitab; ketujuh
unsur karunia ini menandakan kelimpahan karunia itu.
3 Full Life: HARI-HARI TERAKHIR.
Nas : Kis 2:17
Teks :
- 1) Dalam PL istilah ini dianggap saat ketika Tuhan akan bertindak
dengan cara yang luar biasa untuk menghakimi kejahatan dan membawa
keselamatan kepada umat-Nya (bd. pasal Yes 2:2-21; 3:18-4:6;
Yes 10:20-23; Hos 1:1-2:23; Yoel 1:1-3:21; Am 8:9-11; 9:9-12).
- 2) PB menyingkapkan bahwa "hari-hari terakhir" diawali dengan
kedatangan Kristus yang pertama serta pencurahan pertama Roh Kudus atas
umat Allah, dan berakhir dengan kedatangan-Nya yang kedua (Mr 1:15;
Luk 4:18-21; Ibr 1:1-2). Saat yang khusus ini digambarkan sebagai
zaman penghakiman terhadap kejahatan, kuasa atas setan-setan,
keselamatan bagi manusia, dan kehadiran kerajaan Allah.
- (a) "Hari-hari terakhir" ini akan berlangsung dengan kuasa Roh Kudus
(Mat 12:28).
- (b) "Hari-hari terakhir" menyangkut serbuan kuasa Allah lewat
Kristus ke dalam alam kekuasaan Iblis dan dosa. Namun peperangan ini
baru saja dimulai; itu belum berakhir karena kejahatan dan kegiatan
Iblis masih sangat berkuasa (Ef 6:10-18). Hanya kedatangan
Kristus yang kedua akan mengakhiri aktivitas kekuatan jahat dan
menyelesaikan "hari-hari terakhir" (bd. 1Pet 1:3-5;
Wahy 19:1-21).
- (c) "Hari-hari terakhir" merupakan saat kesaksian yang memanggil
setiap orang untuk bertobat, percaya kepada Kristus dan mengalami
pencurahan Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4,38-40; Yoel 2:28-32). Kita
harus menyampaikan karya keselamatan Kristus melalui kuasa Roh Kudus
sementara kita menantikan hari akhir murka Allah (Rom 2:5),
yaitu, "hari yang besar dan mulia itu" (Kis 2:20). Kita harus
hidup dengan siaga dan waspada setiap hari, sementara menantikan
hari penebusan dan kedatangan Kristus untuk umat-Nya (Yoh 14:3;
1Tes 4:15-17).
- (d) "Hari-hari terakhir" meresmikan kerajaan Allah yang kini datang
dengan seluruh kuasa
(lihat cat. --> Luk 11:20;
[atau ref. Luk 11:20]
lihat art. KERAJAAN ALLAH).
Kita harus mengalami kepenuhan kuasa itu waktu kita menghadapi
peperangan rohani (2Kor 10:3-5; Ef 6:11-12) dan penganiayaan
oleh karena kebenaran (Mat 5:10-12; 1Pet 1:6-7).
4 Full Life: ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT.
Nas : Kis 2:17
Petrus menghubungkan berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain itu (ayat
Kis 2:4,11) dengan nubuat (ayat Kis 2:17-18). Dengan demikian,
berkata-kata dalam bahasa lain dianggap salah satu bentuk bernubuat. Arti
sesungguhnya dari bernubuat adalah memakai suara seorang di bawah tuntunan
langsung Roh Kudus untuk kemuliaan dan pelayanan Allah. Dalam kitab ini:
- (1) seratus dua puluh orang itu "penuhlah -- dengan Roh Kudus, lalu
mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain seperti yang
diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya"
(Kis 2:4);
- (2) Roh Kudus turun pada Kornelius dan rumah tangganya, dan Petrus
"mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan
memuliakan Allah" (Kis 10:44-47); dan
- (3) murid-murid di Efesus, ketika "turunlah Roh Kudus ke atas mereka
... berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat" (Kis 19:6).