Zakharia 1:7--6:15
Penglihatan pertama: para penunggang kuda
1:7 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas--itulah bulan Syebat--pada tahun yang kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido,
bunyinya:
1:8 "Tadi malam aku mendapat suatu penglihatan
1 : tampak seorang yang menunggang kuda merah!
Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon murad yang di dalam jurang; dan di belakangnya ada kuda-kuda
yang merah, yang merah jambu dan yang putih.
1:9 Maka aku bertanya: Apakah arti semuanya ini, ya tuanku? Lalu malaikat
yang berbicara dengan aku
2 itu menjawab: Aku ini akan memperlihatkan kepadamu apa arti
semuanya ini!
1:10 Orang yang berdiri di antara pohon-pohon murad itu mulai berbicara, katanya: Inilah mereka semua yang diutus TUHAN untuk menjelajahi bumi!
1:11 Berbicaralah mereka kepada Malaikat TUHAN
yang berdiri di antara pohon-pohon murad itu, katanya: Kami telah menjelajahi bumi, dan sesungguhnya seluruh bumi itu tenang dan aman.
1:12 Berbicaralah Malaikat TUHAN itu
3 , katanya: Ya TUHAN semesta alam, berapa lama
lagi Engkau tidak menyayangi
Yerusalem dan kota-kota Yehuda
yang telah tujuh puluh
tahun lamanya Kaumurkai itu?
1:13 Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku
itu, TUHAN menjawab
dengan kata-kata
yang ramah dan yang menghiburkan.
1:14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku
untuk Yerusalem
4 dan Sion,
1:15 tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman,
yang, sementara Aku murka
sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan
5 .
1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi
kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur
akan direntangkan lagi di atas Yerusalem.
1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam:
Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan
Sion dan akan memilih
Yerusalem
pula."
Penglihatan kedua: empat tanduk dan empat orang tukang besi
1:18 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk.
1:19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem."
1:20 Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi
7 .
1:21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Inipun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorangpun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk
terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya.
"
Penglihatan ketiga: seorang yang memegang tali ukuran
2:1 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur
8 .
2:2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya.
"
2:3 Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya,
2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka
oleh karena banyaknya
manusia dan hewan di dalamnya.
2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok
berapi
baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan
9 di dalamnya.
"
Orang-orang buangan dipanggil pulang
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara
10 , demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin
Aku telah menyerakkan
kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah
dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya
11 --:
2:9 "Sesungguhnya Aku akan menggerakkan tangan-Ku terhadap mereka, dan mereka
akan menjadi jarahan bagi orang-orang yang tadinya takluk kepada mereka. Maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku.
2:10 Bersorak-sorailah
dan bersukarialah, hai puteri Sion,
sebab sesungguhnya Aku datang
dan diam di tengah-tengahmu,
demikianlah firman TUHAN;
2:11 dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku
dan Aku akan diam di tengah-tengahmu." Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
2:12 Dan TUHAN akan mengambil Yehuda
sebagai milik-Nya
di tanah yang kudus, dan Ia akan memilih
Yerusalem pula.
2:13 Berdiam
dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya
yang kudus.
Penglihatan keempat: imam besar Yosua
3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua
berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis
berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia
13 .
3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau,
hai Iblis
14 ! TUHAN, yang memilih
Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung
yang telah ditarik dari api?
"
3:3 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu,
3:4 yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu
dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian
pesta
15 ."
3:5 Kemudian ia berkata: "Taruhlah serban
tahir pada kepalanya!" Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.
3:6 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya:
3:7 "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan
16 dan melakukan tugas
yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku
dan mengurus
pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini.
3:8 Dengarkanlah, hai imam besar
Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu--sungguh kamu merupakan suatu lambang.
Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas
17 .
3:9 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua
--satu permata
yang bermata tujuh
18 --sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan
negeri ini dalam satu hari saja.
3:10 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk
di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara.
"
Penglihatan kelima: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
4:1 Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah
aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?
" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil,
dari emas
19 seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya
dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.
4:3 Dan pohon zaitun
20 ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4:4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
4:5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku:
"Tidak, tuanku!"
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel
bunyinya: Bukan
dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,
melainkan dengan roh-Ku
21 ,
firman TUHAN semesta alam.
4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar
22 ? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata.
Ia akan mengangkat batu utama,
sedang orang bersorak:
Bagus! Bagus sekali batu itu!"
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar
Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya.
Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku
kepadamu.
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari
peristiwa-peristiwa
yang kecil
23 , mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel.
Yang tujuh ini adalah mata
TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."
4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun
yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
4:12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
4:13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi
yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"
Penglihatan keenam: gulungan kitab yang terbang
5:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak sebuah gulungan kitab
yang terbang
24 .
5:2 Berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?
" Jawabku: "Aku melihat sebuah gulungan kitab yang terbang; panjangnya dua puluh hasta dan lebarnya sepuluh hasta."
5:3 Lalu ia berkata kepadaku: "Inilah sumpah serapah
yang keluar menimpa seluruh negeri; sebab menurut sumpah serapah itu setiap pencuri
di sini masih bebas dari hukuman, dan setiap orang yang bersumpah palsu
di sini juga masih bebas dari hukuman.
5:4 Aku telah menyuruhnya keluar, demikianlah firman TUHAN semesta alam, supaya itu masuk ke dalam rumah pencuri dan ke dalam rumah orang yang bersumpah palsu
demi nama-Ku, dan supaya itu bermalam di dalam rumah mereka dan memusnahkannya, baik kayunya maupun batu-batunya.
"
Penglihatan ketujuh: perempuan dalam gantang
5:5 Tampillah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Cobalah layangkan matamu dan lihatlah apa yang muncul itu!"
5:6 Lalu tanyaku: "Apa itu?" Jawabnya: "Yang muncul itu sebuah gantang!
" Lagi katanya: "Inilah kejahatan mereka di seluruh negeri!"
5:7 Lihat, tutup timah gantang itu telah terangkat, dan seorang perempuan duduk di dalamnya!
5:8 Kemudian berkatalah ia: "Itulah kefasikan!" Lalu didorongnyalah perempuan itu kembali ke dalam gantang dan dibantingnyalah batu timah itu ke mulut
gantang.
5:9 Lalu aku melayangkan mataku dan aku melihat: tampak tampil dua orang perempuan yang sayapnya didorong oleh angin. Adapun sayap mereka adalah sayap seperti burung ranggung.
Mereka mengangkut gantang itu di antara bumi dan langit.
5:10 Bertanyalah aku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Ke mana mereka membawa gantang itu?"
5:11 Jawabnya kepadaku: "Ke tanah Sinear,
untuk mendirikan sebuah rumah
bagi perempuan itu. Dan apabila itu selesai, maka mereka akan menempatkan dia di sana di tempat rumah itu didirikan.
"
Penglihatan kedelapan: empat kereta
6:1 Aku melayangkan mataku pula, maka aku melihat: tampak keluar empat kereta
dari antara dua gunung. Adapun gunung-gunung itu adalah gunung-gunung tembaga.
6:2 Kereta pertama ditarik oleh kuda merah, kereta kedua oleh kuda hitam.
6:3 Kereta ketiga oleh kuda putih,
dan kereta keempat oleh kuda yang berbelang-belang dan berloreng-loreng.
6:4 Berbicaralah aku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
6:5 Berbicaralah malaikat itu kepadaku: "Semuanya ini keluar ke arah keempat mata angin,
sesudah mereka menghadap kepada Tuhan seluruh bumi.
"
6:6 Yang ditarik oleh kuda hitam itu keluar ke Tanah Utara; yang putih itu keluar ke arah barat; yang berbelang-belang itu keluar ke Tanah Selatan;
6:7 dan yang merah itu keluar, gelisah untuk pergi, hendak menjelajahi bumi.
Lalu berkatalah ia: "Pergilah, jelajahilah bumi!" Maka mereka menjelajahi bumi.
6:8 Kemudian berteriaklah ia kepadaku: "Lihat, mereka yang keluar ke Tanah Utara itu akan menenteramkan
roh-Ku
27 di Tanah Utara.
"
Kerajaan Sang Tunas di Yerusalem
6:9 Datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya:
6:10 "Pergilah pada hari ini juga ke rumah Yosia bin Zefanya dan pungutlah persembahan dari pihak orang-orang buangan, yaitu dari Heldai, Tobia dan Yedaya, semuanya orang-orang yang sudah datang kembali dari Babel,
6:11 pungutlah perak dan emas, buatlah mahkota
dan kenakanlah itu pada kepala imam besar Yosua
bin Yozadak;
6:12 katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Inilah orang yang bernama Tunas.
Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN.
6:13 Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam
28 dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.
6:14 Dan mahkota itu akan tetap tinggal dalam bait TUHAN sebagai tanda peringatan
akan Heldai, Tobia, Yedaya dan akan Yosia bin Zefanya.
6:15 Orang-orang dari jauh akan datang
29 untuk turut membangun bait TUHAN;
maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
Dan hal ini akan terjadi, apabila kamu dengan baik-baik mendengarkan
suara TUHAN Allahmu."
1 Full Life: AKU MENDAPAT SUATU PENGLIHATAN.
Nas : Za 1:8-11
Dalam bulan Februari 519 SM, Allah memberikan penglihatan kepada
Zakharia tentang seorang penunggang kuda merah di antara pohon-pohon murad
dengan beberapa kuda lain di belakangnya. Beberapa orang percaya bahwa
laki-laki itu merupakan perwujudan Kristus selaku malaikat Tuhan (bd. ayat
Za 1:12;
lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).
Seorang malaikat penafsir menjelaskan bahwa kuda-kuda itu telah menjelajah
seluruh bumi dan menemukannya dalam keadaan tenang dan aman (ayat
Za 1:11), namun umat Allah di Yehuda masih tertindas dan tidak aman.
Tuhan akan mengubah situasi dunia dengan memulihkan dan memberkati
Yerusalem dan kota-kota Yehuda.
2 Full Life: MALAIKAT YANG BERBICARA DENGAN AKU.
Nas : Za 1:9
Malaikat penafsir melanjutkan penjelasannya kepada Zakharia (ayat
Za 1:3-4,19; 2:3; 4:1,4-5; 5:5,10; 6:4-5). Akan tetapi, malaikat ini
bukan yang sama dengan malaikat Tuhan
(lihat cat. --> Za 1:8 sebelumnya).
[atau ref. Za 1:8]
3 Full Life: BERBICARALAH MALAIKAT TUHAN ITU.
Nas : Za 1:12
Penunggang kuda merah itu kini diperkenalkan sebagai malaikat Tuhan
yang memohon syafaat demi Israel dan Yerusalem agar segera mengakhiri 70
tahun hukuman Allah atas Yerusalem dan Bait Suci, yang dibinasakan pada
tahun 586 SM. Pembangunan kembali Bait Suci itu selesai pada tahun 516 SM,
70 tahun kemudian. Malaikat Tuhan itu mungkin Kristus
(lihat cat. --> Za 1:8-11;
[atau ref. Za 1:8-11]
bd. Kel 23:20-21; Yes 63:9), yang hingga kini masih membela kita
(1Yoh 2:1).
4 Full Life: SANGAT BESAR USAHA-KU UNTUK YERUSALEM.
Nas : Za 1:14
Kasih Allah berada di balik pemilihan-Nya atas Yerusalem dan bangsa
Israel. Akan tetapi, kasih itu tidak dimaksudkan untuk bangsa Israel saja;
kasih itu dimaksudkan untuk menjangkau semua orang. Allah ingin memberkati
semua keluarga di bumi melalui Abram dan keturunannya
(lihat cat. --> Kej 12:3).
[atau ref. Kej 12:3]
5 Full Life: BANGSA-BANGSA ... MEMBANTU MENIMBULKAN KEJAHATAN.
Nas : Za 1:15
Allah memakai bangsa-bangsa kafir untuk menghukum Yerusalem
(Yes 10:5-6; Hab 1:6). Akan tetapi, dalam keserakahan untuk memperoleh
kekayaan dan kuasa, bangsa-bangsa ini bertindak keterlaluan. Kini mereka
sendiri akan dihukum Allah karena keangkuhan mereka.
6 Full Life: TANDUK-TANDUK YANG TELAH MENYERAKKAN YEHUDA, ISRAEL DAN YERUSALEM.
Nas : Za 1:18-19
Tanduk-tanduk binatang ini melambangkan Asyur, Mesir, Babel, dan
Media-Persia.
7 Full Life: EMPAT TUKANG BESI.
Nas : Za 1:20-21
Tukang besi ini mungkin adalah empat kerajaan yang membawa hukuman
Allah atas tanduk-tanduk tadi (ayat Za 1:18). Semua penindas umat Allah
akhirnya harus dihukum juga (bd. Mazm 2:5,9).
8 Full Life: SEORANG YANG MEMEGANG TALI PENGUKUR.
Nas : Za 2:1
Yerusalem masih dalam keadaan yang memprihatinkan pada akhir
pembuangan di Babel. Jumlah orang yang kembali relatif sedikit. Allah
memberikan semangat kepada mereka dengan mengatakan bahwa Ia belum selesai
dengan Yerusalem; kota itu akan dijadikan tempat paling mulia di bumi.
Penglihatan ketiga ini memandang ke depan kepada kerajaan seribu tahun,
ketika kota ini tidak akan bertembok lagi dan penuh sesak dengan orang
banyak
(lihat cat. --> Za 2:5 berikut).
[atau ref. Za 2:5]
9 Full Life: AKU SENDIRI ... AKAN MENJADI TEMBOK ... KEMULIAAN.
Nas : Za 2:5
Dalam kerajaan seribu tahun, Yerusalem tidak akan memerlukan tembok
karena Tuhan sendiri akan menjadi tembok berapi di sekitarnya (bd.
Yes 4:5). Bahkan yang lebih penting, kemuliaan Allah di tengah-tengah
umat-Nya akan menjadikan seluruh kota itu suatu bait suci yang dipenuhi
kehadiran-Nya (bd. Yeh 43:1-7). Bahkan kini, kehadiran dan kemuliaan
Allah di antara umat-Nya adalah sesuatu yang seharusnya didambakan dan
dicari gereja melebihi segala sesuatu lain
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
10 Full Life: LARILAH DARI TANAH UTARA.
Nas : Za 2:6
Pengarahan Zakharia di sini dapat ditafsirkan pada berapa tingkat
yang berbeda.
- 1) Pembangunan kembali Bait Suci menjadi tanda bagi lebih banyak orang
Yahudi buangan untuk kembali dari Babel (ayat Za 2:7).
- 2) Para nabi PL juga melihat adanya rombongan Yahudi yang kelak kembali
pada akhir zaman yang akan memuncak dalam kerajaan seribu tahun (ayat
Za 2:7-9).
- 3) Kita dapat menerapkan kata-kata ini pada zaman kita sendiri sebagai
imbauan untuk meninggalkan penyembahan berhala, kebejatan, kefasikan,
perbuatan ilmu gaib, dan cara-cara berdosa dari sistem dunia dewasa ini.
11 Full Life: MENJAMAH BIJI MATA-NYA.
Nas : Za 2:8
Sion (ayat Za 2:7) melambangkan sisa orang Israel yang saleh;
mereka inilah biji mata Allah, yang berharga dan penting bagi Dia
(lihat cat. --> Mazm 17:8).
[atau ref. Mazm 17:8]
Orang percaya masa kini sama pentingnya dan dikasihi Allah seperti umat-Nya
pada zaman PL; kita ini berada di bawah pemeliharaan dan pengawasan-Nya.
12 Full Life: MENGGABUNGKAN DIRI KEPADA TUHAN PADA WAKTU ITU.
Nas : Za 2:10-12
"Pada waktu itu" mengacu kepada waktu ketika Yesus Kristus akan
memerintah di bumi. Ketika itu, Sion, sisa Israel yang saleh, bersama
dengan orang bukan Yahudi, akan menjadi umat Allah semuanya. Mereka akan
menikmati berkat kehadiran Allah di antara mereka bersama berkat pilihan
Allah akan Yerusalem sebagai kota kudus-Nya.
13 Full Life: IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA.
Nas : Za 3:1
Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si
penuduh"
(lihat cat. --> Mat 4:10),
[atau ref. Mat 4:10]
berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan
perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari
Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita"
(Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.
14 Full Life: MENGHARDIK ENGKAU, HAI IBLIS!
Nas : Za 3:2
Selaku wakil Israel, Yosua tidak dapat melawan Iblis, karena imam
besar itu memakai jubah yang kotor (yaitu, dosa).
- 1) Allah sendiri melawan Iblis dan menghardiknya, karena Allah telah
memilih Israel untuk melaksanakan rencana-Nya.
- 2) Israel merupakan "puntung yang disentak dari api". Api itu
melambangkan penderitaan Israel dalam pembuangan Babel. Allah telah
menuntun Israel melalui penderitaan-penderitaan ini, bukan untuk
memusnahkan mereka, tetapi untuk mendisiplin mereka dan mempersiapkan
mereka untuk tugas yang lebih besar.
15 Full Life: MENGENAKAN KEPADAMU PAKAIAN PESTA.
Nas : Za 3:4
Jubah Yosua yang kotor ditanggalkan, yang melambangkan penghapusan
dosa Yosua (dan Israel). Dia kemudian dikenakan pakaian pesta dengan serban
yang bersih di kepalanya, yang menunjukkan pemulihan penuh kepada jabatan
imam. Dosa Israel telah dihapuskan dan mereka dikenakan jubah kebenaran
ilahi; pentahiran yang sama tersedia bagi kita melalui Kristus (Ef 1:7;
Rom 1:16-17; 3:22,25-26).
16 Full Life: APABILA ENGKAU HIDUP MENURUT JALAN YANG KUTUNJUKKAN.
Nas : Za 3:7
Firman pribadi Allah kepada Yosua sangat mendorong dia untuk ikut
Tuhan dan memenuhi syarat-syarat-Nya; apabila hal ini dilakukan Yosua, dia
akan memimpin di Bait Suci, mengurus semua pelataran Allah di bumi, dan
berhak menghampiri ruang takhta Allah di sorga, tempat malaikat melayani.
Kita juga dengan leluasa dapat memasuki ruang sorga melalui doa jikalau
berjalan di jalan Allah.
17 Full Life: HAMBA-KU, YAKNI SANG TUNAS.
Nas : Za 3:8
Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang
menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas
(lihat cat. --> Yes 4:2;
lihat cat. --> Yes 11:1;
lihat cat. --> Yer 23:5).
[atau ref. Yes 4:2; 11:1; Yer 23:5]
Malaikat Tuhan (Kristus), yang berdiri di situ sementara pentahiran dan
pemulihan Yosua (ayat Za 3:5), di sini diperkenalkan sebagai Sang
Tunas, tunas baru yang akan menanggung dosa-dosa kita sebagai korban karena
dosa dan menyediakan penebusan kita (bd. Yes 53:1-6). Dia akan
mengalahkan Iblis dengan mengenakan pakaian kotor dosa-dosa dunia pada
diri-Nya sendiri dan dengan mati ganti kita.
18 Full Life: SATU PERMATA YANG BERMATA TUJUH.
Nas : Za 3:9
Permata ini adalah sebuah lambang lagi dari Mesias (bd.
Yes 28:16; 1Pet 2:6). Mata tujuh melambangkan kesempurnaan wawasan,
kemahatahuan, dan kecerdasan ilahi (bd. Wahy 5:6). Kristus akan
menghapus dosa dalam satu hari, yaitu hari ketika Dia mengadakan pendamaian
untuk dosa di salib.
19 Full Life: SEBUAH KANDIL DARI EMAS.
Nas : Za 4:2
Kandil ini adalah kandil minyak zaitun.
- 1) Kandil ini memiliki tujuh pelita yang setingkat, disusun di bawah
sebuah tempat minyak. Minyak mengalir dari tempat minyak sehingga pelita
itu tetap penuh. Tempat minyak melambangkan kuasa Allah melalui Roh
Kudus yang tak habis-habis dan berlimpah.
- 2) Setiap pelita memiliki tujuh saluran atau corot dengan sumbu, jadi
seluruhnya terdiri atas 49 lampu. Lampu-lampu ini melambangkan umat
Allah yang memancarkan terang ke dunia karena aliran Roh Kudus yang
berlimpah-limpah.
20 Full Life: (DUA) POHON ZAITUN.
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat
Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[atau ref. Hag 1:1]
- 1) Pohon melambangkan sumber minyak yang tidak pernah habis; kedua
pemimpin itu harus menuntun umat itu kepada hidup yang dimungkinkan oleh
kuasa Roh Kudus (ayat Za 4:12).
- 2) Demikian, kedua pohon itu melambangkan pelayanan pemerintahan dan
imamat Yesus Kristus sendiri. Dialah yang membaptis dalam Roh Kudus, dan
semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.
21 Full Life: BUKAN DENGAN KEPERKASAAN DAN BUKAN DENGAN KEKUATAN, MELAINKAN DENGAN ROH-KU.
Nas : Za 4:6
Sekalipun berita ini disampaikan kepada Zerubabel, itu dapat
diterapkan kepada semua orang percaya (bd. 2Tim 3:16). Kekuatan
senjata, kuasa politik atau kekuatan manusia tidak dapat melaksanakan
pekerjaan Allah; kita hanya dapat melaksanakan pekerjaan-Nya jikalau kita
diberi kuasa oleh Roh Kudus (bd. Hak 6:34; Yes 31:3). Yesus memulai
pelayanan-Nya dengan kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18), dan gereja diberi
kuasa oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Hanya jikalau Roh Kudus terus memerintah dan menguasakan hidup kita barulah
kita dapat melaksanakan kehendak Allah bagi kita; inilah sebabnya Yesus
membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus
(lihat cat. --> Luk 3:16).
[atau ref. Luk 3:16]
22 Full Life: GUNUNG YANG BESAR.
Nas : Za 4:7
Kesulitan yang tampaknya sebesar gunung dapat diatasi dengan kuasa
Roh Kudus yang bekerja melalui kita. Sebaliknya, ketika manifestasi Roh
Kudus tidak ada di antara umat Allah, maka perlawanan terhadap pekerjaan
Tuhan dan persoalan-persoalan rohani akan membuat mereka kewalahan
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).
23 Full Life: SIAPA YANG MEMANDANG HINA HARI PERISTIWA-PERISTIWA YANG KECIL?
Nas : Za 4:10
Yang dilakukan umat itu bagi kalangan tertentu kelihatan tidak
penting; akan tetapi, tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan dalam kuasa dan
dengan berkat Roh Allah yang tidak penting, sebaliknya itu memiliki nilai
dan kepentingan kekal.
24 Full Life: GULUNGAN KITAB YANG TERBANG.
Nas : Za 5:1-4
Gulungan terbang ini melambangkan kutukan atau hukuman Allah atas
orang berdosa di negeri Israel. Walaupun Allah penuh kemurahan dan panjang
sabar (lih. 2Pet 3:9), saat hukuman akan tiba yang dengan segera akan
melalap orang fasik. Zaman kasih karunia suatu hari akan berakhir. Puncak
penggenapan hukuman ini akan terjadi pada masa kesengsaraan besar.
25 Full Life: SEBUAH GANTANG.
Nas : Za 5:5-11
Gantang melambangkan dosa dan kebejatan umat itu.
- 1) Si wanita melambangkan penyembahan berhala dan segala bentuk
kejahatan; dia terkurung di dalam gantang oleh sebuah tutup timah yang
berat dan kemudian dibawa ke Babel, yang melambangkan sistem dunia fasik
yang dikuasai Iblis
(lihat cat. --> Wahy 17:1).
[atau ref. Wahy 17:1]
Orang fasik di antara umat Allah bukan hanya harus dihukum tetapi juga
disingkirkan dari negeri itu.
- 2) Dosa dan kefasikan harus disingkirkan dari gereja-gereja kita, jika
tidak Allah akan menarik Roh-Nya dari kita (lih. pasal
Wahy 2:1-3:22). Pada akhir zaman Allah akan menghapus semua dosa dari
seluruh bumi, dan Yesus Kristus akan memerintah dalam kemuliaan bersama
umat-Nya (pasal Wahy 19:1-22:21).
26 Full Life: SEMUANYA INI KELUAR KE ARAH EMPAT MATA ANGIN
Nas : Za 6:1-5
(versi Inggris NIV -- ini adalah keempat roh dari surga). Di dalam
penglihatan yang ke-delapan, Zakharia melihat empat kereta perang di antara
dua gunung tembaga.
- 1) Warna kuda-kuda penarik kereta-kereta tersebut ialah merah
(melambangkan perang), hitam (melambangkan kelaparan dan maut), dan
berbelang-belang dan berloreng-loreng (melambangkan wabah; bd.
Wahy 6:2-8). Kebanyakan penafsir percaya bahwa kereta perang yang
ditarik kuda putih melambangkan kemenangan yang gemilang dari para
pelaksana hukuman Allah.
- 2) Keempat roh itu sebenarnya malaikat (bd. Mazm 104:4; Wahy 7:1-3).
- 3) Baik kereta perang maupun gunung tembaga itu berbicara tentang
hukuman atas musuh-musuh Allah. Para penunggang dan kereta pergi ke
utara dan selatan, yaitu ke arah Babel dan Mesir yang juga melambangkan
kekuatan utara dan selatan pada akhir zaman, yang akan dimusnahkan
Allah.
27 Full Life: AKAN MENENTERAMKAN ROH-KU.
Nas : Za 6:8
Dengan membawa hukuman Allah, malaikat-malaikat ini telah memuaskan
keadilan-Nya dan menghentikan murka-Nya. Allah akan memastikan bahwa
rencana-Nya terlaksana pada saat yang telah ditentukan-Nya.
28 Full Life: DI SEBELAH KANANNYA AKAN ADA SEORANG IMAM.
Nas : Za 6:13
Tuhan memerintahkan Zakharia membuat mahkota dari perak dan emas dan
mengenakannya pada kepala Yosua, sang imam besar.
- 1) Pemahkotaan Yosua melambangkan pemahkotaan dan pemerintahan Yesus,
yang adalah "Tunas", yaitu Mesias (Yes 11:1; Yer 33:15; bd.
Yes 53:2;
lihat cat. --> Za 3:8).
[atau ref. Za 3:8]
Yesus akan menjadi imam besar dan raja; Dia akan melaksanakan tugas
keimaman-Nya dahulu dan baru kemudian memerintah (bd. Yes 53:10;
Luk 24:26).
- 2) Pada saat ini Yesus adalah sejahtera kita (Ef 2:14-15), di dalam
Dia kita menemukan Kerajaan Allah, yang berada dalam kebenaran, damai
sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus (Rom 14:17). Puncak penggenapan
pemerintahan Kristus dimulai dalam kerajaan seribu tahun ketika Dia akan
memerintah bumi dengan damai (bd. Yes 9:5).
29 Full Life: ORANG-ORANG DARI JAUH AKAN DATANG.
Nas : Za 6:15
Frase ini mengacu kepada orang-orang bukan Yahudi (bd.
Ef 2:11-13).