Zakharia 2:1--4:14
Penglihatan ketiga: seorang yang memegang tali ukuran
2:1 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur
1 .
2:2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya.
"
2:3 Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya,
2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka
oleh karena banyaknya
manusia dan hewan di dalamnya.
2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok
berapi
baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan
2 di dalamnya.
"
Orang-orang buangan dipanggil pulang
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara
3 , demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin
Aku telah menyerakkan
kamu, demikianlah firman TUHAN.
2:7 Ayo, luputkanlah
dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya
4 --:
2:9 "Sesungguhnya Aku akan menggerakkan tangan-Ku terhadap mereka, dan mereka
akan menjadi jarahan bagi orang-orang yang tadinya takluk kepada mereka. Maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku.
2:10 Bersorak-sorailah
dan bersukarialah, hai puteri Sion,
sebab sesungguhnya Aku datang
dan diam di tengah-tengahmu,
demikianlah firman TUHAN;
2:11 dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku
dan Aku akan diam di tengah-tengahmu." Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.
2:12 Dan TUHAN akan mengambil Yehuda
sebagai milik-Nya
di tanah yang kudus, dan Ia akan memilih
Yerusalem pula.
2:13 Berdiam
dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya
yang kudus.
Penglihatan keempat: imam besar Yosua
3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua
berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis
berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia
6 .
3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: "TUHAN kiranya menghardik engkau,
hai Iblis
7 ! TUHAN, yang memilih
Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung
yang telah ditarik dari api?
"
3:3 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu,
3:4 yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu
dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian
pesta
8 ."
3:5 Kemudian ia berkata: "Taruhlah serban
tahir pada kepalanya!" Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.
3:6 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya:
3:7 "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan
9 dan melakukan tugas
yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku
dan mengurus
pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini.
3:8 Dengarkanlah, hai imam besar
Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu--sungguh kamu merupakan suatu lambang.
Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas
10 .
3:9 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua
--satu permata
yang bermata tujuh
11 --sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan
negeri ini dalam satu hari saja.
3:10 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk
di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara.
"
Penglihatan kelima: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
4:1 Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah
aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.
4:2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?
" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil,
dari emas
12 seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya
dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.
4:3 Dan pohon zaitun
13 ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."
4:4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"
4:5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku:
"Tidak, tuanku!"
4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel
bunyinya: Bukan
dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,
melainkan dengan roh-Ku
14 ,
firman TUHAN semesta alam.
4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar
15 ? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata.
Ia akan mengangkat batu utama,
sedang orang bersorak:
Bagus! Bagus sekali batu itu!"
4:8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
4:9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar
Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya.
Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku
kepadamu.
4:10 Sebab siapa yang memandang hina hari
peristiwa-peristiwa
yang kecil
16 , mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel.
Yang tujuh ini adalah mata
TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."
4:11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun
yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"
4:12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"
4:13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"
4:14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi
yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"
1 Full Life: SEORANG YANG MEMEGANG TALI PENGUKUR.
Nas : Za 2:1
Yerusalem masih dalam keadaan yang memprihatinkan pada akhir
pembuangan di Babel. Jumlah orang yang kembali relatif sedikit. Allah
memberikan semangat kepada mereka dengan mengatakan bahwa Ia belum selesai
dengan Yerusalem; kota itu akan dijadikan tempat paling mulia di bumi.
Penglihatan ketiga ini memandang ke depan kepada kerajaan seribu tahun,
ketika kota ini tidak akan bertembok lagi dan penuh sesak dengan orang
banyak
(lihat cat. --> Za 2:5 berikut).
[atau ref. Za 2:5]
2 Full Life: AKU SENDIRI ... AKAN MENJADI TEMBOK ... KEMULIAAN.
Nas : Za 2:5
Dalam kerajaan seribu tahun, Yerusalem tidak akan memerlukan tembok
karena Tuhan sendiri akan menjadi tembok berapi di sekitarnya (bd.
Yes 4:5). Bahkan yang lebih penting, kemuliaan Allah di tengah-tengah
umat-Nya akan menjadikan seluruh kota itu suatu bait suci yang dipenuhi
kehadiran-Nya (bd. Yeh 43:1-7). Bahkan kini, kehadiran dan kemuliaan
Allah di antara umat-Nya adalah sesuatu yang seharusnya didambakan dan
dicari gereja melebihi segala sesuatu lain
(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).
3 Full Life: LARILAH DARI TANAH UTARA.
Nas : Za 2:6
Pengarahan Zakharia di sini dapat ditafsirkan pada berapa tingkat
yang berbeda.
- 1) Pembangunan kembali Bait Suci menjadi tanda bagi lebih banyak orang
Yahudi buangan untuk kembali dari Babel (ayat Za 2:7).
- 2) Para nabi PL juga melihat adanya rombongan Yahudi yang kelak kembali
pada akhir zaman yang akan memuncak dalam kerajaan seribu tahun (ayat
Za 2:7-9).
- 3) Kita dapat menerapkan kata-kata ini pada zaman kita sendiri sebagai
imbauan untuk meninggalkan penyembahan berhala, kebejatan, kefasikan,
perbuatan ilmu gaib, dan cara-cara berdosa dari sistem dunia dewasa ini.
4 Full Life: MENJAMAH BIJI MATA-NYA.
Nas : Za 2:8
Sion (ayat Za 2:7) melambangkan sisa orang Israel yang saleh;
mereka inilah biji mata Allah, yang berharga dan penting bagi Dia
(lihat cat. --> Mazm 17:8).
[atau ref. Mazm 17:8]
Orang percaya masa kini sama pentingnya dan dikasihi Allah seperti umat-Nya
pada zaman PL; kita ini berada di bawah pemeliharaan dan pengawasan-Nya.
5 Full Life: MENGGABUNGKAN DIRI KEPADA TUHAN PADA WAKTU ITU.
Nas : Za 2:10-12
"Pada waktu itu" mengacu kepada waktu ketika Yesus Kristus akan
memerintah di bumi. Ketika itu, Sion, sisa Israel yang saleh, bersama
dengan orang bukan Yahudi, akan menjadi umat Allah semuanya. Mereka akan
menikmati berkat kehadiran Allah di antara mereka bersama berkat pilihan
Allah akan Yerusalem sebagai kota kudus-Nya.
6 Full Life: IBLIS BERDIRI DI SEBELAH KANANNYA UNTUK MENDAKWA DIA.
Nas : Za 3:1
Yosua sedang mewakili bangsa Israel di hadapan Allah. Iblis, "si
penuduh"
(lihat cat. --> Mat 4:10),
[atau ref. Mat 4:10]
berdiri untuk menentangnya, yang menunjukkan bahwa semua halangan dan
perlawanan terhadap pembangunan kembali Bait Suci sesungguhnya berasal dari
Iblis. Dia masih merupakan musuh kita, "pendakwa saudara-saudara kita"
(Wahy 12:10) yang berusaha mengalahkan kita.
7 Full Life: MENGHARDIK ENGKAU, HAI IBLIS!
Nas : Za 3:2
Selaku wakil Israel, Yosua tidak dapat melawan Iblis, karena imam
besar itu memakai jubah yang kotor (yaitu, dosa).
- 1) Allah sendiri melawan Iblis dan menghardiknya, karena Allah telah
memilih Israel untuk melaksanakan rencana-Nya.
- 2) Israel merupakan "puntung yang disentak dari api". Api itu
melambangkan penderitaan Israel dalam pembuangan Babel. Allah telah
menuntun Israel melalui penderitaan-penderitaan ini, bukan untuk
memusnahkan mereka, tetapi untuk mendisiplin mereka dan mempersiapkan
mereka untuk tugas yang lebih besar.
8 Full Life: MENGENAKAN KEPADAMU PAKAIAN PESTA.
Nas : Za 3:4
Jubah Yosua yang kotor ditanggalkan, yang melambangkan penghapusan
dosa Yosua (dan Israel). Dia kemudian dikenakan pakaian pesta dengan serban
yang bersih di kepalanya, yang menunjukkan pemulihan penuh kepada jabatan
imam. Dosa Israel telah dihapuskan dan mereka dikenakan jubah kebenaran
ilahi; pentahiran yang sama tersedia bagi kita melalui Kristus (Ef 1:7;
Rom 1:16-17; 3:22,25-26).
9 Full Life: APABILA ENGKAU HIDUP MENURUT JALAN YANG KUTUNJUKKAN.
Nas : Za 3:7
Firman pribadi Allah kepada Yosua sangat mendorong dia untuk ikut
Tuhan dan memenuhi syarat-syarat-Nya; apabila hal ini dilakukan Yosua, dia
akan memimpin di Bait Suci, mengurus semua pelataran Allah di bumi, dan
berhak menghampiri ruang takhta Allah di sorga, tempat malaikat melayani.
Kita juga dengan leluasa dapat memasuki ruang sorga melalui doa jikalau
berjalan di jalan Allah.
10 Full Life: HAMBA-KU, YAKNI SANG TUNAS.
Nas : Za 3:8
Yosua dan para imam lainnya merupakan lambang-lambang nubuat, yang
menunjuk kepada pekerjaan hamba Allah, Sang Tunas
(lihat cat. --> Yes 4:2;
lihat cat. --> Yes 11:1;
lihat cat. --> Yer 23:5).
[atau ref. Yes 4:2; 11:1; Yer 23:5]
Malaikat Tuhan (Kristus), yang berdiri di situ sementara pentahiran dan
pemulihan Yosua (ayat Za 3:5), di sini diperkenalkan sebagai Sang
Tunas, tunas baru yang akan menanggung dosa-dosa kita sebagai korban karena
dosa dan menyediakan penebusan kita (bd. Yes 53:1-6). Dia akan
mengalahkan Iblis dengan mengenakan pakaian kotor dosa-dosa dunia pada
diri-Nya sendiri dan dengan mati ganti kita.
11 Full Life: SATU PERMATA YANG BERMATA TUJUH.
Nas : Za 3:9
Permata ini adalah sebuah lambang lagi dari Mesias (bd.
Yes 28:16; 1Pet 2:6). Mata tujuh melambangkan kesempurnaan wawasan,
kemahatahuan, dan kecerdasan ilahi (bd. Wahy 5:6). Kristus akan
menghapus dosa dalam satu hari, yaitu hari ketika Dia mengadakan pendamaian
untuk dosa di salib.
12 Full Life: SEBUAH KANDIL DARI EMAS.
Nas : Za 4:2
Kandil ini adalah kandil minyak zaitun.
- 1) Kandil ini memiliki tujuh pelita yang setingkat, disusun di bawah
sebuah tempat minyak. Minyak mengalir dari tempat minyak sehingga pelita
itu tetap penuh. Tempat minyak melambangkan kuasa Allah melalui Roh
Kudus yang tak habis-habis dan berlimpah.
- 2) Setiap pelita memiliki tujuh saluran atau corot dengan sumbu, jadi
seluruhnya terdiri atas 49 lampu. Lampu-lampu ini melambangkan umat
Allah yang memancarkan terang ke dunia karena aliran Roh Kudus yang
berlimpah-limpah.
13 Full Life: (DUA) POHON ZAITUN.
Nas : Za 4:3
Kedua pohon zaitun melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat
Zerubabel dan Yosua
(lihat cat. --> Hag 1:1).
[atau ref. Hag 1:1]
- 1) Pohon melambangkan sumber minyak yang tidak pernah habis; kedua
pemimpin itu harus menuntun umat itu kepada hidup yang dimungkinkan oleh
kuasa Roh Kudus (ayat Za 4:12).
- 2) Demikian, kedua pohon itu melambangkan pelayanan pemerintahan dan
imamat Yesus Kristus sendiri. Dialah yang membaptis dalam Roh Kudus, dan
semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.
14 Full Life: BUKAN DENGAN KEPERKASAAN DAN BUKAN DENGAN KEKUATAN, MELAINKAN DENGAN ROH-KU.
Nas : Za 4:6
Sekalipun berita ini disampaikan kepada Zerubabel, itu dapat
diterapkan kepada semua orang percaya (bd. 2Tim 3:16). Kekuatan
senjata, kuasa politik atau kekuatan manusia tidak dapat melaksanakan
pekerjaan Allah; kita hanya dapat melaksanakan pekerjaan-Nya jikalau kita
diberi kuasa oleh Roh Kudus (bd. Hak 6:34; Yes 31:3). Yesus memulai
pelayanan-Nya dengan kuasa Roh Kudus (Luk 4:1,18), dan gereja diberi
kuasa oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta (Kis 1:8; 2:4;
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Hanya jikalau Roh Kudus terus memerintah dan menguasakan hidup kita barulah
kita dapat melaksanakan kehendak Allah bagi kita; inilah sebabnya Yesus
membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus
(lihat cat. --> Luk 3:16).
[atau ref. Luk 3:16]
15 Full Life: GUNUNG YANG BESAR.
Nas : Za 4:7
Kesulitan yang tampaknya sebesar gunung dapat diatasi dengan kuasa
Roh Kudus yang bekerja melalui kita. Sebaliknya, ketika manifestasi Roh
Kudus tidak ada di antara umat Allah, maka perlawanan terhadap pekerjaan
Tuhan dan persoalan-persoalan rohani akan membuat mereka kewalahan
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).
16 Full Life: SIAPA YANG MEMANDANG HINA HARI PERISTIWA-PERISTIWA YANG KECIL?
Nas : Za 4:10
Yang dilakukan umat itu bagi kalangan tertentu kelihatan tidak
penting; akan tetapi, tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan dalam kuasa dan
dengan berkat Roh Allah yang tidak penting, sebaliknya itu memiliki nilai
dan kepentingan kekal.