TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

2 Korintus 13:13

Konteks
13:13 (13-12b) Salam o  dari semua orang kudus kepada kamu.

2 Korintus 9:1

Konteks
Pengumpulan uang untuk Yerusalem
9:1 Tentang pelayanan r  kepada orang-orang kudus s  tidak perlu lagi t  aku menuliskannya kepada kamu.

2 Korintus 13:14

Konteks
13:14 (13-13) Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, p  dan kasih Allah, q  dan persekutuan 1  Roh Kudus r  menyertai kamu sekalian.

2 Korintus 6:6

Konteks
6:6 dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus d  dan kasih e  yang tidak munafik;

2 Korintus 8:4

Konteks
8:4 Dengan kerelaan sendiri mereka meminta dan mendesak kepada kami, supaya mereka juga beroleh kasih karunia untuk mengambil bagian j  dalam pelayanan k  kepada orang-orang kudus. l 

2 Korintus 9:12

Konteks
9:12 Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan r  orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. s 

2 Korintus 1:1

Konteks
Salam
1:1 Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah a  menjadi rasul b  Kristus Yesus, dan dari Timotius c  saudara kita, kepada jemaat Allah d  di Korintus e  dengan semua orang kudus di seluruh Akhaya. f 

2 Korintus 7:1

Konteks
7:1 Saudara-saudaraku i  yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu 2 , j  marilah kita menyucikan diri kita 3  dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan k  kita dalam takut akan Allah.

2 Korintus 13:12

Konteks
13:12 Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. n 

2 Korintus 3:8

Konteks
3:8 betapa lebih besarnya lagi kemuliaan yang menyertai pelayanan Roh 4 !

2 Korintus 1:22

Konteks
1:22 memeteraikan r  tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan 5  dari semua yang telah disediakan s  untuk kita.

2 Korintus 3:6

Konteks
3:6 Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, j  yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, k  tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan 6 , tetapi Roh menghidupkan. l 

2 Korintus 5:5

Konteks
5:5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan y  bagi kita.

2 Korintus 12:18

Konteks
12:18 Memang aku telah meminta a  Titus b  untuk pergi dan bersama-sama dengan dia aku mengutus saudara yang lain itu. c  Adakah Titus mengambil untung dari pada kamu? Tidakkah kami berdua hidup menurut roh yang sama dan tidakkah kami berlaku menurut cara yang sama?

2 Korintus 1:12

Konteks
Perubahan dalam rencana Paulus
1:12 Inilah yang kami megahkan 7 , yaitu bahwa suara hati v  kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan w  dan kemurnian x  dari Allah bukan oleh hikmat y  duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah.

2 Korintus 11:4

Konteks
11:4 Sebab kamu sabar j  saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, k  atau memberikan kepada kamu roh l  yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil m  yang lain 8  dari pada yang telah kamu terima.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[13:14]  1 Full Life : KASIH KARUNIA ... KASIH ... PERSEKUTUAN.

Nas : 2Kor 13:13

Ucapan berkat Paulus yang terakhir ini menyokong kepercayaan jemaat PB dalam Trinitas. Paulus berdoa kiranya jemaat Korintus akan terus-menerus mengalami

  1. (1) kasih karunia Kristus, yaitu dekatnya kehadiran, kuasa, rahmat dan penghiburan-Nya;
  2. (2) kasih Allah Bapa dengan segala berkat-Nya; dan
  3. (3) persekutuan yang semakin dalam dengan Roh Kudus. Jikalau ketiga kenyataan ini merupakan berkat yang tinggal di dalam diri kita, maka keselamatan kekal kita sudah pasti.

[7:1]  2 Full Life : KARENA KITA SEKARANG MEMILIKI JANJI-JANJI ITU.

Nas : 2Kor 7:1

Paulus dengan terang menjelaskan bahwa orang tidak dapat menerima janji-janji karunia Allah yang terdaftar dalam 2Kor 6:16-18 tanpa memiliki kehidupan yang terpisah dan kudus

(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Hal ini menerangkan mengapa ada orang yang telah kehilangan sukacita Kristennya (Yoh 15:11), perlindungan ilahi (Yoh 17:12,14-15), jawaban doa (Yoh 15:7,16) dan rasa kehadiran Allah sebagai Bapa (Yoh 14:21,23). Berkompromi dengan dunia berarti kehilangan kehadiran dan janji Allah.

[7:1]  3 Full Life : MARILAH KITA MENYUCIKAN DIRI KITA.

Nas : 2Kor 7:1

Orang percaya harus memutuskan hubungan sama sekali dengan setiap bentuk kompromi yang tidak saleh dan secara terus-menerus menolak keinginan tubuh untuk berbuat dosa. Kita harus mematikan perbuatan kita yang berdosa, makin membencinya dan menjauhkan diri daripadanya (ayat 2Kor 7:9-11; Rom 8:12-13; Gal 5:16).

[3:8]  4 Full Life : PELAYANAN ROH.

Nas : 2Kor 3:8

Paulus menyebut perjanjian yang baru itu "pelayanan Roh". Melalui iman dalam Kristus seorang menerima Roh Kudus, dilahirkan kembali

(lihat art. PEMBAHARUAN)

dan dijanjikan baptisan dalam Roh (Kis 1:8; 2:4). Semua manfaat penebusan dalam Kristus datang melalui Roh itu. Dia yang mengantar kehadiran Kristus dengan segala berkat-Nya (ayat 2Kor 3:9;

lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

[1:22]  5 Full Life : ROH KUDUS DI DALAM HATI KITA SEBAGAI JAMINAN.

Nas : 2Kor 1:22

Paulus menguraikan empat aspek karya Allah dalam diri orang percaya melalui Roh Kudus.

  1. 1) Roh Kudus menetapkan orang percaya dan menolong mereka bertekun dalam kehidupan iman mereka

    (lihat cat. --> 1Pet 1:5).

    [atau ref. 1Pet 1:5]

  2. 2) Roh mengurapi orang percaya supaya memberikan mereka kuasa untuk bersaksi

    (lihat cat. --> Kis 1:8),

    [atau ref. Kis 1:8]

    untuk melakukan pekerjaan Kristus (Yes 61:1; Mat 10:19-20; Yoh 14:12; Kis 10:38) dan untuk mengetahui kebenaran (1Yoh 2:20).
  3. 3) Roh adalah meterai yang resmi dari kemilikan Allah, yang menandakan orang percaya sebagai milik-Nya sendiri dan menghasilkan sifat yang saleh dalam kepribadian manusiawi mereka (bd. 2Kor 3:18; Gal 5:22; Ef 1:13).
  4. 4) Roh adalah suatu "jaminan" yang tinggal di dalam, yaitu jaminan dan "angsuran pertama" bagi orang percaya yang menyatakan bahwa suatu kehidupan yang lebih mulia bersama Kristus akan datang pada masa depan (2Kor 5:5; Rom 8:23;

    lihat cat. --> Ef 1:13-14).

    [atau ref. Ef 1:13-14]

[3:6]  6 Full Life : HUKUM YANG TERTULIS MEMATIKAN.

Nas : 2Kor 3:6

Sebenarnya bukanlah hukum atau Firman Allah yang tertulis itu sendiri yang membinasakan, melainkan tuntutan hukum tanpa hidup dan kuasa Roh itulah yang membawa hukuman (ayat 2Kor 3:7,9; bd. Yer 31:33; Rom 3:31;

lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

Melalui keselamatan dalam Kristus, Roh mengaruniakan hidup dan kuasa rohani kepada orang percaya agar mereka dapat memenuhi kehendak Allah. Dengan Roh Kudus, hukum yang tertulis itu tidak lagi mematikan.

[1:12]  7 Full Life : INILAH YANG KAMI MEGAHKAN.

Nas : 2Kor 1:12

Landasan Paulus untuk bersukacita dan bermegah ialah ketulusan dan integritas perilakunya. Dia telah menetapkan bahwa sepanjang kehidupan Kristennya, dia akan tetap setia kepada Tuhannya, menolak untuk menjadi serupa dengan dunia yang menyalibkan Juruselamatnya, dan bertekun dalam kekudusan sampai Allah memanggilnya pulang ke rumah Bapa (Rom 12:1-2). Dalam kekekalan yang akan datang, sukacita kita yang terbesar ialah kesadaran bahwa kita telah menjalankan kehidupan kita dalam "ketulusan dan kemurnian" bagi Kristus, Juruselamat kita.

[11:4]  8 Full Life : MEMBERITAKAN ... INJIL YANG LAIN.

Nas : 2Kor 11:4

Pengajar-pengajar sesat mungkin mengatakan bahwa penyataan alkitabiah itu benar, tetapi pada saat yang sama mereka juga mengatakan bahwa mereka memiliki penyataan dan pengetahuan tambahan di luar yang alkitabiah yang setara dengan kekuasaan Alkitab dan absah bagi jemaat secara keseluruhan. Pengajaran palsu semacam itu biasanya mendatangkan suatu sinkretisme antara iman Kristen dengan agama-agama atau filsafat-filsafat lain. Hal ini akan mengakibatkan kesalahan berikut:

  1. 1) Penyataan yang dinyatakan sebagai sesuatu yang baru itu disejajarkan dengan kekuasaan penyataan alkitabiah yang asli dari rasul-rasul dalam Kristus.
  2. 2) Alkitab menjadi kurang penting dan Kristus menjadi urutan kedua setelah "orang kudus" atau pendiri suatu gerakan atau gereja tertentu.
  3. 3) Pengajar palsu itu menyatakan bahwa mereka memiliki pengertian yang lebih dalam atau eksklusif mengenai apa yang disebut sebagai "penyataan tersembunyi" dalam Alkitab.



TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA