2 Tawarikh 1:8
Konteks1:8 Berkatalah Salomo kepada Allah: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada Daud, ayahku, dan telah mengangkat aku n menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 1:13
Konteks1:13 Lalu pulanglah Salomo dari bukit pengorbanan yang di Gibeon itu, dari depan Kemah Pertemuan, ke Yerusalem dan ia memerintah atas Israel.
2 Tawarikh 9:31--10:1
Konteks9:31 Kemudian Salomo mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud, z ayahnya. Maka Rehabeam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 11:22
Konteks11:22 Rehabeam mengangkat Abia, c anak Maakha, sebagai pemuka, yakni sebagai pemimpin di antara saudara-saudaranya, karena ia bermaksud menjadikan dia raja.
2 Tawarikh 12:16--13:1
Konteks12:16 Kemudian Rehabeam a mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Maka Abia, b anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 16:13
Konteks16:13 Kemudian Asa mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya. Ia mati pada tahun keempat puluh satu pemerintahannya,
2 Tawarikh 21:8
Konteks21:8 Pada zamannya memberontaklah Edom z terhadap kekuasaan Yehuda dan mereka mengangkat seorang raja atas mereka sendiri.
2 Tawarikh 22:12
Konteks22:12 Maka tinggallah Yoas enam tahun lamanya bersama-sama mereka dengan bersembunyi di rumah Allah, sementara Atalya memerintah negeri.
2 Tawarikh 27:9
Konteks27:9 Kemudian Yotam mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Maka Ahas, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 29:3
Konteks2 Tawarikh 33:20
Konteks33:20 Kemudian Manasye mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan k di dalam istananya. Maka Amon, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
2 Tawarikh 36:1
Konteks[10:1] 1 Full Life : PECAHNYA KERAJAAN ITU.
Nas : 2Taw 10:1
Pasal ini menandakan saat ketika kerajaan Israel terbelah dua menjadi dua kerajaan (ayat 2Taw 10:15-19;
lihat cat. --> 1Raj 12:20;
lihat cat. --> 1Raj 12:24).
[atau ref. 1Raj 12:20,24]
Kerajaan utara disebut Israel, kerajaan selatan Yehuda. Aliran utama sejarah Ibrani sepanjang kitab ini selalu dipandang sebagai kerajaan selatan Yehuda. Penulis sedikit sekali membahas kerajaan utara, tetapi memusatkan perhatian kepada kerajaan selatan karena tiga alasan:
- (1) Rakyat Yehuda merupakan sebagian besar orang Yahudi pasca-pembuangan yang kembali ke Palestina dan untuknya Tawarikh ditulis;
- (2) Yehuda tetap merupakan pusat penyembahan Tuhan Allah; dan
- (3) raja-raja Yehuda menjadi keturunan Daud dan dengan demikian bagian dari janji perjanjian.
[13:1] 2 Full Life : MENJADI RAJALAH ABIA ATAS YEHUDA.
Nas : 2Taw 13:1
Tawarikh mencatat bahwa kemenangan Abia tercapai karena ia dan pengikutnya mengandalkan Allah (ayat 2Taw 13:18). Akan tetapi, penulis Raja-Raja tidak mencatat peristiwa ini tetapi menyatakan bahwa Abia "hidup dalam segala dosa yang dilakukan ayahnya" (1Raj 15:3). Perbedaan tekanan di antara kedua kitab ini disebabkan oleh tujuan penulis. Penulis kitab Raja-Raja mengarahkan perhatian pada penilaian gambaran keseluruhan pemerintahan setiap raja; penulis Tawarikh ingin menekankan saat-saat iman dan ketaatan yang luar biasa untuk menunjukkan kepada Israel bahwa Allah akan membantu dan membebaskan mereka jikalau mereka mempercayai dan menaati Allah.