Kejadian 42:1-38
KonteksKejadian 1:5
Konteks1:5 Dan Allah menamai n terang itu siang, dan gelap itu malam. o Jadilah petang dan jadilah pagi, p itulah hari pertama 6 .
Kejadian 1:9
Konteks1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, y sehingga kelihatan yang kering. z " Dan jadilah demikian. a
Kejadian 1:1
KonteksKejadian 16:15
Konteks16:15 Lalu Hagar q melahirkan seorang anak laki-laki r bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismael. s
Nehemia 1:5
Konteks1:5 kataku: "Ya, TUHAN, Allah semesta langit, Allah h yang maha besar dan dahsyat, yang berpegang pada perjanjian dan kasih setia-Nya i terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan tetap mengikuti perintah-perintah-Nya,
Daniel 9:4
Konteks9:4 Maka aku memohon kepada TUHAN, Allahku, dan mengaku y dosaku, demikian: "Ah Tuhan, Allah z yang maha besar dan dahsyat, yang memegang Perjanjian dan kasih setia a terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu!
Lukas 1:72-74
Konteks1:72 untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang c kita dan mengingat akan perjanjian-Nya d yang kudus, 1:73 yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, e bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, 1:74 supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya f tanpa takut, g
[42:4] 1 Full Life : BENYAMIN.
Nas : Kej 42:4
Benyamin adalah putra bungsu Rahel dan dengan demikian menjadi saudara kandung Yusuf. Karena sudah kehilangan satu orang putra Rahel, Yakub dengan hati-hati sekali melindungi Benyamin dengan menahannya di rumah.
[42:8] 2 Full Life : YUSUF MENGENAL SAUDARA-SAUDARANYA.
Nas : Kej 42:8
Yusuf menyembunyikan identitasnya sehingga ia yakin apakah saudara-saudaranya akan menunjukkan penyesalan atas apa yang mereka lakukan kepadanya dan ayahnya bertahun-tahun yang lalu (pasal Kej 37:1-36).
[42:9] 3 Full Life : KAMU INI PENGINTAI.
Nas : Kej 42:9
Walaupun Yusuf mengenali saudara-saudaranya dan mengetahui bahwa mereka bukan pengintai, ia menguji mereka untuk mengetahui apakah mereka telah berubah dan menyesali perbuatan jahat mereka kepada dirinya dan ayahnya, Yakub.
[42:21] 4 Full Life : KITA MENANGGUNG AKIBAT DOSA KITA.
Nas : Kej 42:21
Saudara-saudara itu insaf akan kesalahan mereka karena memperlakukan Yusuf tanpa kenal ampun dua puluh tahun sebelumnya (Kej 37:2; Kej 41:46,53-54). Mereka melihat bahwa Allah dengan adil menghukum mereka atas kejahatan mereka (ayat Kej 42:21-22). Sering kali apabila kita menyembunyikan dosa dalam kehidupan kita, Allah akan bekerja untuk menyadarkan hati nurani kita akan kesalahan kita. Kita dapat mengeraskan hati atau merendahkan diri di hadapan Allah, mengakui dosa kita, dan memutuskan untuk bertindak secara benar.
[42:37] 5 Full Life : KEDUA ANAKKU LAKI-LAKI BOLEH ENGKAU BUNUH.
Nas : Kej 42:37
Ayat Kej 42:29-38 menunjukkan bahwa saudara-saudara Yusuf telah berubah menjadi baik. Ruben, misalnya, bersedia mengorbankan dua putranya daripada menyedihkan ayahnya lagi.
[1:5] 6 Full Life : JADILAH PETANG DAN JADILAH PAGI, ITULAH HARI PERTAMA.
Nas : Kej 1:5
Sebutan ini diulang enam kali dalam pasal ini (Kej 1:5,8,13,19,23,31). Kata Ibrani untuk hari adalah _yom_. Biasanya kata ini artinya suatu hari sepanjang 24 jam (bd. Kej 7:17; Mat 17:1), atau bagian siang dari suatu hari ("hari" sebagai lawan dari "malam"). Tetapi kata ini bisa juga dipakai untuk jangka waktu yang tidak tentu (mis: "musim panen," Ams 25:13). Banyak orang percaya bahwa hari-hari penciptaan merupakan hari dalam arti 24 jam karena digambarkan sebagai terdiri atas "petang" dan "pagi" (ayat Kej 1:5; bd. Kel 20:11). Yang lain percaya bahwa "petang" dan "pagi" hanya berarti bahwa suatu petang mengakhiri tahap penciptaan tersebut dan keesokan paginya merupakan awal yang baru lagi.
[1:1] 7 Full Life : PADA MULANYA ALLAH MENCIPTAKAN.
Nas : Kej 1:1
"Pada mulanya" di sini adalah tegas dan mengarahkan perhatian kepada suatu permulaan yang nyata. Agama-agama kuno lainnya ketika membicarakannya menunjukkan bahwa penciptaan itu dilaksanakan dengan sesuatu yang sudah ada. Mereka melihat sejarah sebagai siklus kejadian yang berulang-ulang terus. Alkitab memahami sejarah sebagai satu garis lurus dengan arah yang ditetapkan oleh Allah. Allah mempunyai rencana dalam penciptaan, dan itu akan diwujudkan-Nya. Untuk ulasan mengenai Allah dan peranan-Nya selaku Pencipta,
lihat art. PENCIPTAAN.
Berbagai implikasi muncul dari kebenaran yang dinyatakan oleh ayat Alkitab yang pertama.
- 1) Karena Allah adalah sumber dari segala sesuatu yang ada, manusia dan alam tidak berdiri sendiri, tetapi menerima keberadaan dan kelangsungannya dari Dia.
- 2) Seluruh keberadaan dan hidup adalah baik jikalau terkait secara benar dengan-Nya dan bergantung pada-Nya.
- 3) Seluruh hidup dan ciptaan dapat penuh makna dan arti selalu.
- 4) Allah memiliki hak berdaulat atas seluruh ciptaan karena Dia Penciptanya. Di dalam dunia yang telah jatuh, Allah menuntut hak-hak-Nya melalui penebusan (Kel 6:6; 15:13; Ul 21:8; Luk 1:68; Rom 3:24; Gal 3:13; 1Pet 1:18).