TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amsal 13:4

Konteks
13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, v  sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Amsal 23:3

Konteks
23:3 Jangan ingin akan makanannya yang lezat, w  itu adalah hidangan yang menipu.

Amsal 24:1

Konteks
24:1 Jangan iri x  kepada orang jahat, jangan ingin bergaul dengan mereka.

Amsal 6:25

Konteks
6:25 Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya.

Amsal 23:6

Konteks
23:6 Jangan makan roti orang yang kikir, jangan ingin akan makanannya yang lezat. z 

Amsal 13:19

Konteks
13:19 Keinginan yang terlaksana menyenangkan hati, q  menghindari kejahatan adalah kekejian bagi orang bebal.

Amsal 10:24

Konteks
10:24 Apa yang menggentarkan a  orang fasik, itulah yang akan menimpa dia, b  tetapi keinginan orang benar akan diluluskan. c 

Amsal 11:23

Konteks
11:23 Keinginan orang benar mendatangkan bahagia semata-mata, harapan orang fasik mendatangkan murka.

Amsal 21:10

Konteks
21:10 Hati orang fasik mengingini kejahatan dan ia tidak menaruh belas kasihan kepada sesamanya.

Amsal 3:15

Konteks
3:15 Ia lebih berharga dari pada permata; u  apapun yang kauinginkan, tidak dapat menyamainya. v 

Amsal 8:11

Konteks
8:11 Karena hikmat lebih berharga b  dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya. c 

Amsal 31:4

Konteks
31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur 1 , x  ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,

Amsal 6:30

Konteks
6:30 Apakah seorang pencuri tidak akan dihina, apabila ia mencuri untuk memuaskan nafsunya karena lapar?

Amsal 10:28

Konteks
10:28 Harapan orang benar akan menjadi sukacita, tetapi harapan orang fasik menjadi sia-sia. j 

Amsal 12:10

Konteks
12:10 Orang benar memperhatikan hidup hewannya 2 , r  tetapi belas kasihan orang fasik itu kejam.

Amsal 21:25-26

Konteks
21:25 Si pemalas dibunuh c  oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja. 21:26 Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar d  memberi tanpa batas. e 

Amsal 18:2

Konteks
18:2 Orang bebal tidak suka kepada pengertian, hanya suka membeberkan isi hatinya. x 

Amsal 19:18

Konteks
19:18 Hajarlah anakmu 3  selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya. y 

Amsal 28:20

Konteks
28:20 Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat 4 , tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman. p 

Amsal 10:3

Konteks
10:3 TUHAN tidak membiarkan orang benar menderita kelaparan 5 , t  tetapi keinginan orang fasik u  ditolak-Nya.

Amsal 12:12

Konteks
12:12 Orang fasik mengingini jala orang jahat, tetapi akar orang benar mendatangkan hasil.

Amsal 13:12

Konteks
13:12 Harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan. e 

Amsal 1:4

Konteks
1:4 untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, d  dan pengetahuan serta kebijaksanaan e  kepada orang muda--

Amsal 22:5

Konteks
22:5 Duri dan perangkap t  ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

Amsal 1:16

Konteks
1:16 karena kaki mereka lari menuju kejahatan z  dan bergegas-gegas untuk menumpahkan darah. a 

Amsal 18:15

Konteks
18:15 Hati orang berpengertian memperoleh pengetahuan, m  dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan.

Amsal 19:15

Konteks
19:15 Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar. u 

Amsal 22:19

Konteks
22:19 Supaya engkau menaruh kepercayaanmu kepada TUHAN, aku mengajarkannya kepadamu sekarang, ya kepadamu.

Amsal 23:2

Konteks
23:2 Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!

Amsal 30:22

Konteks
30:22 karena seorang hamba, kalau ia menjadi raja, p  karena seorang bebal, kalau ia kekenyangan makan,

Amsal 1:3

Konteks
1:3 untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,

Amsal 3:1

Konteks
Berkat dari hikmat
3:1 Hai anakku, x  janganlah engkau melupakan ajaranku, y  dan biarlah hatimu memelihara perintahku,

Amsal 4:11

Konteks
4:11 Aku mengajarkan p  jalan hikmat kepadamu, aku memimpin engkau di jalan q  yang lurus.

Amsal 13:2

Konteks
13:2 Dari buah mulutnya seseorang akan makan yang baik, r  tetapi nafsu seorang pengkhianat ialah melakukan kelaliman.

Amsal 14:9

Konteks
14:9 Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan, tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan.

Amsal 16:26

Konteks
16:26 Rasa lapar bekerja untuk seorang pekerja, karena mulutnya memaksa dia.

Amsal 17:9

Konteks
17:9 Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, b  tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib. c 

Amsal 18:1

Konteks
18:1 Orang yang menyendiri, mencari keinginannya, amarahnya meledak terhadap setiap pertimbangan.

Amsal 19:22

Konteks
19:22 Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.

Amsal 20:3

Konteks
20:3 Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh q  membiarkan amarahnya meledak. r 

Amsal 24:19

Konteks
24:19 Jangan menjadi marah p  karena orang yang berbuat jahat, jangan iri kepada orang fasik.

Amsal 27:20

Konteks
27:20 Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, r  demikianlah mata manusia s  tak akan puas.

Amsal 28:22

Konteks
28:22 Orang yang kikir tergesa-gesa mengejar harta, dan tidak mengetahui bahwa ia akan mengalami kekurangan. t 

Amsal 29:21

Konteks
29:21 Siapa memanjakan hambanya sejak muda, akhirnya menjadikan dia keras kepala.

Amsal 30:7

Konteks
30:7 Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni:

Amsal 31:16

Konteks
31:16 Ia membeli sebuah ladang yang diingininya, dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya.

Amsal 1:5

Konteks
1:5 baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu f  dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan--

Amsal 2:3

Konteks
2:3 ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian 6 , z  dan menujukan suaramu kepada kepandaian,

Amsal 3:4

Konteks
3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. d 

Amsal 8:34

Konteks
8:34 Berbahagialah orang yang mendengarkan i  daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.

Amsal 20:19

Konteks
20:19 Siapa mengumpat, membuka rahasia, l  sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut.

Amsal 21:1

Konteks
21:1 Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN 7 , dialirkan-Nya ke mana Ia ingini. d 

Amsal 6:16

Konteks
6:16 Enam perkara ini yang dibenci b  TUHAN, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya:
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[31:4]  1 Full Life : TIDAKLAH PANTAS BAGI RAJA MEMINUM ANGGUR.

Nas : Ams 31:4-5

Allah memiliki standar yang tinggi sekali bagi para raja dan pemimpin umat-Nya, khususnya mengenai minum anggur yang difermentasi dan minuman memabukkan.

  1. 1) Bahasa Ibraninya secara harfiah mengatakan, "Janganlah ada yang minum." Ayat ini sama sekali tidak memberi peluang untuk minum secara terbatas

    (lihat cat. --> Ams 20:1;

    lihat cat. --> Ams 23:29-35;

    [atau ref. Ams 20:1; 23:29-35]

    lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

  2. 2) Alasan raja dan pemimpin tidak boleh minum minuman memabukkan ialah bahwa mereka mungkin akan melupakan apa yang ditetapkan hukum; minuman semacam itu akan melemahkan moral mereka dan menyebabkan mereka tidak menaati hukum Allah dan memutarbalikkan keadilan. Ayat ini membuat para rabi Yahudi menetapkan bahwa seorang hakim yang minum renuth (yaitu, segelas anggur) "tidak diizinkan duduk dalam sidang pengadilan, atau di sekolah, atau dalam keadaan yang serupa tidak diizinkan untuk mengajar" (Koplowitz, Midrush, yayin, hal.30).
  3. 3) Prinsip yang sama di dalam PL diterapkan pada para imam dan suku Lewi yang melayani di hadapan Allah untuk umat Israel (Im 10:8-11;

    lihat cat. --> Im 10:9).

    [atau ref. Im 10:9]

  4. 4) Semua orang percaya PB dianggap sebagai raja dan imam yang memerintah kerajaan rohani Allah (1Pet 2:9). Oleh karena itu, standar Allah bagi raja dan imam mengenai minuman yang memabukkan juga berlaku kepada kita (lih. Bil 6:1-3;

    lihat cat. --> Ef 5:18;

    lihat cat. --> 1Tim 3:3).

    [atau ref. Ef 5:18; 1Tim 3:3]

[12:10]  2 Full Life : ORANG BENAR MEMPERHATIKAN HIDUP HEWANNYA.

Nas : Ams 12:10

Cara Allah untuk hidup benar mencakup bersikap baik bahkan kepada binatang. Binatang bermanfaat bagi manusia untuk persahabatan, kerja, dan makanan, dan mereka tidak boleh dianiaya atau dimanfaatkan dengan cara kejam (Kej 1:28; 9:3; 24:32; Ul 25:4).

[19:18]  3 Full Life : HAJARLAH ANAKMU.

Nas : Ams 19:18

Anak-anak harus dihajar pada usia muda selagi ada kesempatan untuk membentuk hidup mereka menjadi baik dan mengajar mereka jalan-jalan saleh. Apabila orang-tua mengabaikan hal itu, mereka ikut bertanggung jawab atas kehancuran yang kemudian menimpa anak-anak mereka

(lihat cat. --> Ams 13:24).

[atau ref. Ams 13:24]

[28:20]  4 Full Life : ORANG YANG DAPAT DIPERCAYA MENDAPAT BANYAK BERKAT.

Nas : Ams 28:20

Lihat cat. --> Luk 24:50.

[atau ref. Luk 24:50]

[10:3]  5 Full Life : TIDAK MEMBIARKAN ORANG BENAR MENDERITA KELAPARAN.

Nas : Ams 10:3

Amsal ini menguraikan pemeliharaan dan penyediaan Allah yang umum dalam memenuhi kebutuhan jasmaniah umat-Nya (bd. Mat 6:11,33). Kebenaran ini tidak menyangkal bahwa mungkin adakalanya sukar bagi kita untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah kita atau keluarga kita. Masa perang, bencana kelaparan, atau keadaan sosial ekonomi yang menghancurkan, maupun masa-masa penganiayaan, mungkin mengakibatkan kesusahan berat bagi orang benar

(lihat cat. --> 3Yoh 1:2);

[atau ref. 3Yoh 1:2]

sekalipun demikian, Allah takkan pernah meninggalkan anak-anak-Nya yang sepenuhnya percaya kepada-Nya.

[2:3]  6 Full Life : BERSERU KEPADA PENGERTIAN.

Nas : Ams 2:3

Mempelajari firman Allah

(lihat cat. --> Ams 2:1 sebelumnya)

[atau ref. Ams 2:1]

harus disertai sikap doa yang sungguh-sungguh berseru memohon hikmat dan pengertian. Belajar saja mungkin menjadikan kita sarjana Alkitab, tetapi berdoa bersama belajar firman Allah mengizinkan Roh Kudus mengambil penyataan itu dan mengubah kita menjadi orang rohani. Dengan dahaga akan penerangan dan pemahaman ilahi, berdoalah tentang ayat-ayat Alkitab yang saudara baca (ayat Ams 2:5-7)

[21:1]  7 Full Life : HATI RAJA ... DI DALAM TANGAN TUHAN.

Nas : Ams 21:1

Ayat ini tidak berarti bahwa segala sesuatu yang dirindukan atau dilakukan seorang pemimpin nasional datang langsung dari Tuhan; pasti Allah bukan penyebab aneka kejahatan yang dilakukan para pemimpin (Yak 1:13-15). Sebaliknya, Allah mempunyai kekuasaan tertinggi atas semua pemimpin di dunia ini dan kadang-kadang berkenan mempengaruhi keputusan mereka sehingga menunjang maksud penebusan-Nya dalam sejarah (bd. Kel 10:1-2; Ezr 7:21; Yes 10:5-7; 45:1-6). PB mengajarkan bahwa doa umat Allah mempengaruhi Tuhan untuk mengarahkan keputusan para pemimpin sehingga lebih sesuai dengan kehendak-Nya (1Tim 2:1-3).



TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA