TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Amsal 1:21

Konteks
1:21 di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya.

Amsal 1:31

Konteks
1:31 maka mereka akan memakan buah perbuatan mereka, dan menjadi kenyang oleh rencana t  mereka.

Amsal 2:11

Konteks
2:11 kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau j 

Amsal 3:1

Konteks
Berkat dari hikmat
3:1 Hai anakku, x  janganlah engkau melupakan ajaranku, y  dan biarlah hatimu memelihara perintahku,

Amsal 3:6

Konteks
3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu 1 , maka Ia akan meluruskan f  jalanmu. g 

Amsal 3:20

Konteks
3:20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun.

Amsal 4:3

Konteks
4:3 Karena ketika aku masih tinggal di rumah ayahku sebagai anak, lemah dan sebagai anak tunggal bagi ibuku,

Amsal 4:13

Konteks
4:13 Berpeganglah pada didikan, janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah hidupmu 2 . s 

Amsal 5:13

Konteks
5:13 mengapa aku tidak mendengarkan suara guru-guruku, dan tidak mengarahkan telingaku kepada pengajar-pengajarku?

Amsal 5:20

Konteks
5:20 Hai anakku, mengapa engkau berahi akan perempuan jalang, dan mendekap dada perempuan asing?

Amsal 5:22

Konteks
5:22 Orang fasik tertangkap c  dalam kejahatannya, dan terjerat d  dalam tali dosanya sendiri.

Amsal 6:5

Konteks
6:5 lepaskanlah dirimu seperti kijang l  dari pada tangkapan, m  seperti burung dari pada tangan pemikat. n 

Amsal 10:3

Konteks
10:3 TUHAN tidak membiarkan orang benar menderita kelaparan 3 , t  tetapi keinginan orang fasik u  ditolak-Nya.

Amsal 10:6

Konteks
10:6 Berkat ada di atas kepala orang benar, tetapi mulut orang fasik y  menyembunyikan kelaliman.

Amsal 10:30

Konteks
10:30 Orang benar tidak terombang-ambing untuk selama-lamanya, tetapi orang fasik tidak akan mendiami negeri. l 

Amsal 11:5

Konteks
11:5 Jalan orang saleh diratakan y  oleh kebenarannya, tetapi orang fasik jatuh karena kefasikannya. z 

Amsal 11:8-9

Konteks
11:8 Orang benar diselamatkan dari kesukaran 4 , lalu orang fasik menggantikannya. d  11:9 Dengan mulutnya orang fasik membinasakan sesama manusia, tetapi orang benar diselamatkan e  oleh pengetahuan.

Amsal 12:21

Konteks
12:21 Orang benar tidak akan ditimpa g  oleh bencana apapun, tetapi orang fasik akan senantiasa celaka.

Amsal 13:5

Konteks
13:5 Orang benar benci kepada dusta 5 , w  tetapi orang fasik memalukan dan memburukkan diri.

Amsal 13:14

Konteks
13:14 Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, i  sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. j 

Amsal 13:23

Konteks
13:23 Huma orang miskin menghasilkan banyak makanan, tetapi ada yang lenyap karena tidak ada keadilan 6 .

Amsal 14:3-4

Konteks
14:3 Di dalam mulut orang bodoh ada rotan untuk punggungnya, b  tetapi orang bijak dipelihara oleh bibirnya. c  14:4 Kalau tidak ada lembu, juga tidak ada gandum, tetapi dengan kekuatan sapi d  banyaklah hasil.

Amsal 14:8

Konteks
14:8 Mengerti jalannya g  sendiri adalah hikmat orang cerdik, tetapi orang bebal ditipu h  oleh kebodohannya.

Amsal 15:8

Konteks
15:8 Korban f  orang fasik 7  g  adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya. h 

Amsal 15:25

Konteks
15:25 Rumah e  orang congkak dirombak TUHAN, tetapi batas tanah seorang janda dijadikan-Nya tetap. f 

Amsal 17:16-17

Konteks
17:16 Apakah gunanya uang di tangan orang bebal untuk membeli hikmat, j  sedang ia tidak berakal budi? 17:17 Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran 8 . k 

Amsal 17:28

Konteks
17:28 Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam w  diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.

Amsal 19:24

Konteks
19:24 Si pemalas mencelup tangannya ke dalam pinggan, tetapi tidak juga mengembalikannya ke mulut. d 

Amsal 20:13

Konteks
20:13 Janganlah menyukai tidur, supaya engkau tidak jatuh miskin, f  bukalah matamu dan engkau akan makan sampai kenyang.

Amsal 20:17-18

Konteks
20:17 Roti hasil tipuan sedap rasanya, i  tetapi kemudian mulutnya penuh dengan kerikil. j  20:18 Rancangan terlaksana oleh pertimbangan, sebab itu berperanglah dengan siasat. k 

Amsal 20:22

Konteks
20:22 Janganlah engkau berkata: "Aku akan membalas 9  kejahatan, o " nantikanlah TUHAN, Ia akan menyelamatkan engkau. p 

Amsal 20:25

Konteks
20:25 Suatu jerat bagi manusia ialah kalau ia tanpa berpikir mengatakan "Kudus", dan baru menimbang-nimbang sesudah bernazar. u 

Amsal 23:26

Konteks
23:26 Hai anakku, r  berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku. s 

Amsal 24:19

Konteks
24:19 Jangan menjadi marah p  karena orang yang berbuat jahat, jangan iri kepada orang fasik.

Amsal 24:23

Konteks
24:23 Juga ini adalah amsal-amsal dari orang bijak. t  Memandang bulu u  dalam pengadilan tidaklah baik. v 

Amsal 25:6

Konteks
25:6 Jangan berlagak di hadapan raja, atau berdiri di tempat para pembesar.

Amsal 25:16

Konteks
25:16 Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya. p 

Amsal 27:3

Konteks
27:3 Batu adalah berat dan pasirpun e  ada beratnya, tetapi lebih berat dari kedua-duanya adalah sakit hati terhadap orang bodoh.

Amsal 27:21

Konteks
27:21 Kui untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, t  dan orang dinilai menurut pujian 10  yang diberikan kepadanya.

Amsal 27:27

Konteks
27:27 pula cukup susu kambing untuk makananmu dan makanan keluargamu, dan untuk penghidupan pelayan-pelayanmu perempuan.

Amsal 29:21

Konteks
29:21 Siapa memanjakan hambanya sejak muda, akhirnya menjadikan dia keras kepala.

Amsal 30:7

Konteks
30:7 Dua hal aku mohon kepada-Mu, jangan itu Kautolak sebelum aku mati, yakni:

Amsal 31:23

Konteks
31:23 Suaminya dikenal di pintu gerbang, kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua k  negeri.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[3:6]  1 Full Life : AKUILAH DIA DALAM SEGALA LAKUMU.

Nas : Ams 3:6

Dalam semua rencana, keputusan, dan tindakan kita, hendaknya kita mengakui Allah sebagai Tuhan dan kehendak-Nya sebagai keinginan tertinggi kita. Setiap hari kita harus hidup dalam hubungan yang erat dan percaya Allah, senantiasa mengharapkan pengarahan dari Dia "dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur"

(lihat cat. --> Fili 4:6).

[atau ref. Fili 4:6]

Apabila kita melaksanakan hal ini, Allah berjanji untuk meluruskan jalan kita; yaitu, Dia akan menuntun kita menuju sasaran yang ditetapkan-Nya untuk kehidupan kita, menyingkirkan semua halangan dan memungkinkan kita melakukan pilihan yang betul (lih. Ams 11:5; Yes 45:13).

[4:13]  2 Full Life : KARENA DIALAH HIDUPMU.

Nas : Ams 4:13

Di dalam kitab Amsal hikmat membawa hidup dan adalah hidup. Untuk hidup sebagaimana direncanakan Allah menghasilkan

  1. (1) hidup yang baik dan penuh sukacita (Ams 15:23,27),
  2. (2) biasanya hidup jasmani menjadi lebih panjang (ayat Ams 4:10; Ams 3:2; 9:11),
  3. (3) memiliki hidup yang moral dan rohani (Ams 8:35; 9:6; 10:16; Ams 19:23), dan
  4. (4) harapan untuk hidup setelah kematian (bd. Ams 11:7 dengan Ams 14:32). Kristus, yang menjadi hikmat kita

    (lihat cat. --> Ams 4:13 sebelumnya)

    [atau ref. Ams 4:13]

    adalah penggenapan cita-cita hikmat PL ini; kini Dia adalah hidup kita (Yoh 5:40; 11:25; 14:6), dan orang yang memiliki Anak memiliki hidup (1Yoh 5:12).

[10:3]  3 Full Life : TIDAK MEMBIARKAN ORANG BENAR MENDERITA KELAPARAN.

Nas : Ams 10:3

Amsal ini menguraikan pemeliharaan dan penyediaan Allah yang umum dalam memenuhi kebutuhan jasmaniah umat-Nya (bd. Mat 6:11,33). Kebenaran ini tidak menyangkal bahwa mungkin adakalanya sukar bagi kita untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah kita atau keluarga kita. Masa perang, bencana kelaparan, atau keadaan sosial ekonomi yang menghancurkan, maupun masa-masa penganiayaan, mungkin mengakibatkan kesusahan berat bagi orang benar

(lihat cat. --> 3Yoh 1:2);

[atau ref. 3Yoh 1:2]

sekalipun demikian, Allah takkan pernah meninggalkan anak-anak-Nya yang sepenuhnya percaya kepada-Nya.

[11:8]  4 Full Life : ORANG BENAR DISELAMATKAN DARI KESUKARAN.

Nas : Ams 11:8

Sebagai prinsip yang umum, hidup benar kurang menimbulkan persoalan-persoalan dibandingkan dengan hidup fasik (bd. ayat Ams 11:3-9). Ini tidak berarti bahwa orang yang mengikut Allah tidak akan pernah mengalami persoalan. Tetapi orang benar bisa yakin bahwa apabila mereka ditimpa penderitaan, mereka akhirnya akan dilepaskan pada waktu yang ditetapkan Allah.

[13:5]  5 Full Life : ORANG BENAR BENCI KEPADA DUSTA.

Nas : Ams 13:5

Seorang yang benar akan lebih suka menderita siksaan karena mengatakan yang benar daripada mengelak penderitaan dengan berdusta (Dan 3:16-18). Orang semacam itu tahu bahwa menyerah kepada kebiasaan untuk berdusta adalah berdosa terhadap Tuhan (Ams 12:22); mereka yang melakukan hal itu tidak dapat masuk kerajaan Allah (Yoh 8:44;

lihat cat. --> Wahy 22:15).

[atau ref. Wahy 22:15]

[13:23]  6 Full Life : ADA YANG LENYAP KARENA TIDAK ADA KEADILAN.

Nas : Ams 13:23

Ada orang yang miskin dan tetap miskin karena mereka menjadi korban ketidakadilan masyarakat (bd. Mazm 35:10; lih. Yak 5:1-6).

[15:8]  7 Full Life : KORBAN ORANG FASIK.

Nas : Ams 15:8-9

Hanya orang yang benar dan yang berusaha untuk mengikut jalan-jalan Allah diterima oleh-Nya

(lihat cat. --> Ams 28:9).

[atau ref. Ams 28:9]

[17:17]  8 Full Life : MENJADI SEORANG SAUDARA DALAM KESUKARAN.

Nas : Ams 17:17

Seorang saudara dilahirkan untuk menolong kita pada masa kesulitan.

[20:22]  9 Full Life : AKU AKAN MEMBALAS.

Nas : Ams 20:22

Bila kita dianiaya, kita sendiri tidak boleh membalas dendam (bd. Ul 32:35; Rom 12:19; Ibr 10:30). Sebaliknya, kita harus membawa penderitaan kita kepada Tuhan dan mempercayakan diri kepada Allah kita yang setia (bd. 1Pet 2:23; 4:19). Pada saatnya sendiri Dia akan membalas semua ketidakadilan yang diderita oleh orang benar yang berseru kepada-Nya siang dan malam (Luk 18:7-8).

[27:21]  10 Full Life : ORANG DINILAI MENURUT PUJIAN.

Nas : Ams 27:21

Pujian yang kita terima dari orang lain menguji kita mengenai cara kita menanggapinya -- dengan sombong atau rendah hati. Sikap sombong menyatakan penipuan diri di dalam hati kita, karena kita tidak sadar bahwa diri kita dan apa yang telah kita lakukan sebagian besar adalah karena Allah dan orang lain

(lihat cat. --> Fili 2:3).

[atau ref. Fili 2:3]

Tindakan kita tidak boleh dilaksanakan untuk memuji atau memuliakan diri, tetapi hendaknya mengalir dari pengabdian kita kepada Allah, firman, dan kerajaan-Nya. Apabila kita lulus ujian pujian ini, terbukti kita hidup untuk menyenangkan Allah daripada orang lain dan hati kita murni dan roh kita manunggal dengan Allah.



TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA