Amsal 2:7
Konteks2:7 Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai e bagi orang yang tidak bercela f lakunya,
Amsal 2:9
Konteks2:9 Maka engkau akan mengerti h tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.
Amsal 8:29
Konteks8:29 ketika Ia menentukan batas a kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, b dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi, c
Amsal 14:14
Konteks14:14 Orang yang murtad 1 hatinya menjadi kenyang dengan jalannya, n dan orang yang baik dengan apa yang ada padanya. o
Amsal 21:1
Konteks21:1 Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN 2 , dialirkan-Nya ke mana Ia ingini. d
Amsal 25:12
Konteks25:12 Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar. l
Amsal 26:17
Konteks26:17 Orang yang ikut campur dalam pertengkaran orang lain adalah seperti orang yang menangkap telinga anjing yang berlalu.
Amsal 28:18
Konteks28:18 Siapa berlaku tidak bercela akan diselamatkan, m tetapi siapa berliku-liku jalannya akan jatuh n ke dalam lobang.
Amsal 28:26
Konteks28:26 Siapa percaya kepada hatinya sendiri adalah orang bebal, z tetapi siapa berlaku dengan bijak akan selamat. a
[14:14] 1 Full Life : ORANG YANG MURTAD
Nas : Ams 14:14
(versi Inggris NIV -- tidak beriman). Orang murtad adalah mereka yang hatinya sudah berbalik dari Allah untuk menuruti jalan yang mementingkan diri sendiri
(lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).
Orang semacam itu akan menuai buah keputusan mereka dalam bentuk sakit hati dan kesengsaraan (bd. Ams 1:31; 12:14; Gal 6:7); mereka yang tetap setia kepada Allah (yaitu, yang bijaksana, ayat Ams 14:15) akan menuai pahala-pahala kebenaran, baik di dalam hidup sekarang ini maupun di akhirat
(lihat cat. --> Wahy 2:7).
[atau ref. Wahy 2:7]
[21:1] 2 Full Life : HATI RAJA ... DI DALAM TANGAN TUHAN.
Nas : Ams 21:1
Ayat ini tidak berarti bahwa segala sesuatu yang dirindukan atau dilakukan seorang pemimpin nasional datang langsung dari Tuhan; pasti Allah bukan penyebab aneka kejahatan yang dilakukan para pemimpin (Yak 1:13-15). Sebaliknya, Allah mempunyai kekuasaan tertinggi atas semua pemimpin di dunia ini dan kadang-kadang berkenan mempengaruhi keputusan mereka sehingga menunjang maksud penebusan-Nya dalam sejarah (bd. Kel 10:1-2; Ezr 7:21; Yes 10:5-7; 45:1-6). PB mengajarkan bahwa doa umat Allah mempengaruhi Tuhan untuk mengarahkan keputusan para pemimpin sehingga lebih sesuai dengan kehendak-Nya (1Tim 2:1-3).