Amsal 6:5
Konteks6:5 lepaskanlah dirimu seperti kijang l dari pada tangkapan, m seperti burung dari pada tangan pemikat. n
Amsal 11:21
Konteks11:21 Sungguh, orang jahat tidak akan luput dari hukuman, tetapi keturunan orang benar akan diselamatkan. y
Amsal 16:5
Konteks16:5 Setiap orang yang tinggi hati 1 a adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman. b
Amsal 12:24
Konteks12:24 Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa. m
Amsal 30:28
Konteks30:28 cicak yang dapat kautangkap dengan tangan, tetapi yang juga ada di istana-istana raja.
Amsal 31:19-20
Konteks31:19 Tangannya ditaruhnya pada jentera, jari-jarinya memegang pemintal. 31:20 Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin. j
Amsal 1:24
Konteks1:24 Oleh karena kamu menolak h ketika aku memanggil, i dan tidak ada orang yang menghiraukan j ketika aku mengulurkan tanganku,
Amsal 3:27
KonteksAmsal 6:10
Konteks6:10 "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring s " --
Amsal 6:17
Konteks6:17 mata sombong, c lidah dusta, d tangan yang menumpahkan darah e orang yang tidak bersalah,
Amsal 7:20
Konteks7:20 sekantong uang dibawanya, ia baru pulang menjelang bulan purnama."
Amsal 8:3
Konteks8:3 di samping pintu-pintu gerbang, di depan kota, pada jalan masuk, ia berseru dengan nyaring: v
Amsal 10:4
Konteks10:4 Tangan yang lamban membuat miskin, v tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. w
Amsal 13:11
Konteks13:11 Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, d tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.
Amsal 14:1
Konteks14:1 Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya 2 , a tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.
Amsal 18:21
Konteks18:21 Hidup dan mati r dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. s
Amsal 21:25
Konteks21:25 Si pemalas dibunuh c oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja.
Amsal 24:33
Konteks24:33 "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring, a "
Amsal 26:6
Konteks26:6 Siapa mengirim pesan dengan perantaraan orang bebal e mematahkan kakinya sendiri dan meminum kecelakaan.
Amsal 26:9
Konteks26:9 Amsal di mulut orang bebal h adalah seperti duri yang menusuk tangan pemabuk.
Amsal 26:15
Konteks26:15 Si pemalas mencelupkan tangannya ke dalam pinggan, tetapi ia terlalu lelah untuk mengembalikannya ke mulutnya. p
Amsal 30:32
Konteks30:32 Bila engkau menyombongkan diri tanpa atau dengan berpikir, tekapkanlah tangan pada mulut! t
Amsal 31:31
Konteks31:31 Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji m dia di pintu-pintu gerbang!
Amsal 12:14
Konteks12:14 Setiap orang dikenyangkan dengan kebaikan v oleh karena buah perkataan, dan orang mendapat balasan w dari pada yang dikerjakan tangannya.
Amsal 17:16
Konteks17:16 Apakah gunanya uang di tangan orang bebal untuk membeli hikmat, j sedang ia tidak berakal budi?
Amsal 19:24
Konteks19:24 Si pemalas mencelup tangannya ke dalam pinggan, tetapi tidak juga mengembalikannya ke mulut. d
Amsal 21:1
Konteks21:1 Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN 3 , dialirkan-Nya ke mana Ia ingini. d
[16:5] 1 Full Life : TINGGI HATI.
Nas : Ams 16:5
Lihat cat. --> Yak 4:6, lih. cat. Yak 4:16.
[atau ref. Yak 4:6,16]
[14:1] 2 Full Life : PEREMPUAN YANG BIJAK MENDIRIKAN RUMAHNYA.
Nas : Ams 14:1
Perempuan yang bijak dan saleh menjadikan rumahnya tempat berteduh, penuh damai dan sukacita, sedangkan perempuan yang bebal mengabaikan rumah dan keluarganya
(lihat cat. --> 1Tim 2:15;
lihat cat. --> Tit 2:4-5).
[atau ref. 1Tim 2:15; Tit 2:4-5]
[21:1] 3 Full Life : HATI RAJA ... DI DALAM TANGAN TUHAN.
Nas : Ams 21:1
Ayat ini tidak berarti bahwa segala sesuatu yang dirindukan atau dilakukan seorang pemimpin nasional datang langsung dari Tuhan; pasti Allah bukan penyebab aneka kejahatan yang dilakukan para pemimpin (Yak 1:13-15). Sebaliknya, Allah mempunyai kekuasaan tertinggi atas semua pemimpin di dunia ini dan kadang-kadang berkenan mempengaruhi keputusan mereka sehingga menunjang maksud penebusan-Nya dalam sejarah (bd. Kel 10:1-2; Ezr 7:21; Yes 10:5-7; 45:1-6). PB mengajarkan bahwa doa umat Allah mempengaruhi Tuhan untuk mengarahkan keputusan para pemimpin sehingga lebih sesuai dengan kehendak-Nya (1Tim 2:1-3).